CEKLIST.ID – Penggunaan ragi instan yang bagus memang dibutuhkan untuk pembuatan berbagai macam hidangan. Lalu, sebenarnya apa itu ragi instan? Pada dasarnya, ragi atau yeast akan membuat adonan roti atau kue yang Anda buat menjadi lebih mengembang. Dibandingkan dengan ragi basah dan kering, ragi instan bisa dicampurkan langsung pada adonan tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

Merk Ragi Instan Terbaik
Gambar Ilustrasi Ragi Instan / Wellnessbakeries

Selain itu, ragi instan bentuknya lebih halus dibandingkan dengan ragi aktif kering. Hanya saja, ragi instan akan lebih cepat mati sehingga Anda harus segera memindahkannya ke tempat kedap udara untuk menyimpannya apabila masih ada yang belum digunakan. Lalu, bagaimana cara memilih merk ragi instan terbaik? Mari, simak ulasan artikel ceklist.id berikut ini untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai ragi instan!

Cara Memilih Merk Ragi Instan yang Bagus

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ragi instan yang bagus, ya.

1. Pastikan untuk memilih ragi instan yang sesuai dengan kebutuhan

Kira-kira makanan apa yang ingin Anda buat dengan menggunakan ragi instan yang bagus? Nah, pemilihan ragi bisa ditentukan dari menu tersebut karena beberapa produk ragi hanya dikhususkan untuk membuat menu tertentu.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat donat sehingga hasilnya akan lebih maksimal kalau menggunakan ragi yang memang dikhususkan untuk donat. Namun, ada juga ragi instan yang bisa digunakan untuk mengembangkan berbagai macam adonan kue, seperti pizza, kue pukis, bakpao, corndog, cakwe, martabak, maupun kue lainnya.

2. Lihat kandungan bahan pada ragi instan

Tidak hanya yeast, pada sebuah ragi instan terbaik juga ada bahan lain sebagai penunjangnya. Komposisi tersebut bisa Anda temukan pada kemasan bagian belakang, ya.

Salah satu bahan tersebut adalah emulsifier atau sorbitan monostearate yang berguna untuk menyatukan bahan-bahan yang secara alami memang sulit bercampur, seperti minyak dan air. Selain itu, kue akan memiliki rasa yang lebih enak dan tekstur yang dihasilkan bisa menjadi lebih lembut dengan adanya emulsifier.

3. Pastikan ragi perlu ditambahkan gula atau tidak

Biasanya memang dibutuhkan gula dan air untuk mengaktifkan ragi dan mengembangkan adonan. Namun bukan berarti tidak ada ragi instan yang bagus tanpa perlu tambahan gula, ya.

Bahkan, kue yang dihasilkan juga tetap terasa lezat dan lembut meskipun tidak atau hanya sedikit ditambahkan gula sehingga Anda yang sedang menjalani diet bisa merasa lebih tenang saat memakan kue yang telah dibuat. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan gula yang memang dikhususkan untuk diet seperti Tropicana Slim.

4. Perhatikan tekstur ragi instan secara keseluruhan

Pada dasarnya ragi instan yang bagus memiliki tekstur halus seperti pasir sehingga akan terdengar suara cukup nyaring saat digoyangkan kemasannya. Selain itu, ketika kemasannya diraba juga tidak ada yang menggumpal sama sekali.

Apabila Anda tidak menemukan kedua hal tersebut, sebaiknya hindari untuk membeli produk itu karena bisa saja ragi instan sudah terkontaminasi jamur, air, dan sebagainya. Kalau Anda membeli melalui marketplace dan memperoleh produk yang tidak sesuai, langsung ajukan komplain dengan menyertakan video unboxing.

Merk Ragi Instan Terbaik
Gambar Ilustrasi Ragi Instan / mashed.com

5. Cek aroma atau wangi ragi instan

Anda bisa mencium aroma segar yang khas pada ragi instan, lho. Tentu saja hal tersebut bisa menandakan kalau Anda telah berhasil menemukan ragi instan yang bagus. Apabila yang Anda temukan adalah sebaliknya, bisa jadi ragi tersebut sudah tidak layak pakai. Selain itu, ragi instan yang tidak berbau juga sebaiknya tidak Anda pilih untuk mengembangkan adonan kue yang akan dibuat.

6. Pilih kemasan ragi instan sesuai kebutuhan

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah banyak sedikitnya kebutuhan ragi instan untuk mengembangkan adonan kue, rasa, dan aroma.  Kalau memang tidak membutuhkan banyak ragi, maka sebaiknya Anda memilih kemasan sachet berukuran kecil untuk satu kali pakai yang banyak dijual di toko kelontong, Indomaret, Alfamart, dan tempat lainnya.

Sedangkan memilih ragi instan berukuran besar akan lebih menguntungkan bagi Anda yang memiliki toko kue atau menjalankan usaha kuliner karena harganya lebih terjangkau. Tenang saja, hal yang perlu dilakukan apabila masih ada ragi instan yang tersisa adalah menyimpannya ke dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara agar tetap aktif.

10 Rekomendasi Merk Ragi Instan Terbaik

Banyaknya produk ragi instan yang dijual di pasaran terkadang akan membuat Anda merasa bingung untuk memilih. Yuk, simak ulasan sepuluh rekomendasi merk ragi instan terbaik di bawah ini!

1. Saf Instant

Merk Ragi Instan Terbaik Saf Instan
Merk Ragi Instan Saf Instan
Nama ProdukRagi Instan Saf Instant
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Merk ragi instan yang bagus dan legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, lho. Tidak hanya dipilih oleh home industry, Saf Instant juga menjadi pilihan para profesional karena kualitasnya yang bagus. Jadi, wajar saja kalau produknya kini bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Kini Anda tidak perlu merasa khawatir kalau sedang menjalankan program diet, namun ingin membuat kue karena ada Saf Instant Red.

Ragi instan terbaik tersebut memang khusus dikembangkan untuk adonan kue yang rendah atau bahkan tanpa gula. Anda bisa langsung menambahkannya ke tepung atau saat awal pencampuran, ya. Kemudian, ragi Saf Instant akan menyatu dengan seluruh adonan secara merata agar hasilnya bisa maksimal.

2. Fermipan

Merk Ragi Instan Terbaik Fermipan
Merk Ragi Instan Fermipan
Nama ProdukRagi Instan Fermipan
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Kira-kira apa ya perbedaan Fermipan dan ragi instan? Sebenarnya Fermipan adalah salah satu merk ragi instan yang bagus dan banyak dijual di toko kelontong sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh lagi kalau ingin membelinya. Produknya dikemas dalam sebuah sachet seberat 11 gram dengan sedikit sobekan di sebelah kanan untuk memudahkan Anda saat membukanya. Fermipan ini diimport oleh PT Sangra Ratu Boga yang beroperasi di Jakarta.

Ragi instan terbaik ini sudah BPOM sehingga sangat aman digunakan untuk membuat adonan donat empuk dan mengembang maupun adonan kue lainnya. Meskipun tekstur raginya halus, tetapi produk ini bukanlah ragi bubuk. Kalau menggunakan 1 kilogram tepung, maka Anda hanya perlu menambahkan satu sachet saja.

3. Mauri-Pan

Merk Ragi Instan Terbaik Mauri-Pan
Merk Ragi Instan Mauri-Pan
Nama ProdukRagi Instan Mauri-Pan
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Penggunaan ragi instan yang bagus kemasan sachet memang terbilang praktis karena bisa digunakan untuk sekali pakai. Anda tidak perlu repot mencari tempat penyimpanan demi menjaga ragi tetap aktif. Harganya juga sangat terjangkau sehingga cocok digunakan oleh para pengusaha bakery skala kecil maupun kebutuhan rumah tangga. Nah, kurang lebih itulah hal-hal yang bisa menggambarkan ragi instan merk Mauri-Pan ini.

Ragi instan yang diproduksi oleh PT Indo Fermex di Bogor ini sudah mendapatkan terdaftar resmi di BPOM dan memperoleh sertifikat halal LPPOM MUI. Jika beberapa merk ragi instan hanya memiliki komposisi bahan berupa ragi dan emulsifier, Mauri-Pan juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Demi memperoleh hasil yang memuaskan, Anda hanya perlu menambahkan ragi sebanyak 1%-2% dari jumlah terigu atau menggunakan 1 sachet ragi untuk 500 gr terigu.

4. Gloripan

Merk Ragi Instan Terbaik Gloripan
Merk Ragi Instan Gloripan
Nama ProdukRagi Instan Gloripan
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Menjalankan sebuah usaha dengan menjual berbagai macam kue, tak jarang membuat ragi menjadi bahan yang wajib ada. Nah, salah satu merk ragi instan yang bagus untuk mengembangkan adonan, yaitu Gloripan. Produknya bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat penjualan online maupun offline, ya. Selain ragi, pada Gloripan Instant Dry Yeast juga terdapat sorbitan monostearate atau emulsifier.

Hal yang menarik dari ragi instan Gloripan ini adalah mampu mempersingkat waktu fermentasi adonan secara efektif sehingga pembuatan kue bisa dilakukan dengan lebih cepat. Namun, banyaknya ragi yang boleh digunakan hanya sekitar 0.8-1.2% dari jumlah tepung, ya. Kemudian, campurkan langsung ragi dengan bahan kering lainnya sebelum ditambahkan air. Ragi instan terbaik ini juga cocok untuk adonan roti dengan kadar gula 5-25%, lho.

5. Angel

Merk Ragi Instan Terbaik Angel
Merk Ragi Instan Angel
Nama ProdukRagi Instan Angel
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sebaiknya Anda memilih ragi instan Angel kemasan warna putih yang logonya berwarna merah dan gold apabila ingin membuat adonan roti manis dengan kadar gula di atas 10% dari jumlah tepung. Selain itu, fermentasi yang dilakukan juga lebih cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu adonan mengembang terlalu lama. Angel sendiri juga termasuk merk ragi asal Cina yang legendaris, lho. Proses pembuatan ragi dilakukan dengan teknologi tinggi sehingga bisa menghasilkan produk terbaiknya.

Selain BPOM, ragi instan merk Angel juga berlisensi FSSAI atau Food Safety and Standards Authority of India. Dengan begitu, kualitas produknya terjamin dan aman digunakan untuk membuat makanan. Setiap ragi instan yang bagus kemasan 500 gr ke atas lebih cocok untuk penggunaan industri, ya.

6. Bruggeman

Merk Ragi Instan Terbaik Bruggeman
Merk Ragi Instan Bruggeman
Nama ProdukRagi Instan Bruggeman
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi merk ragi instan yang bagus berikutnya adalah Bruggeman yang tersedia dalam kemasan berwarna biru dan coklat. Produk-produknya dijamin memiliki kualitas premium dengan tingkat fermentasi yang cukup tinggi dan stabil untuk memperoleh hasil pemanggangan terbaik. Kalau Anda ingin membuat adonan tanpa lemak, sebaiknya pilih Bruggeman kemasan biru yang juga cocok untuk hampir semua resep dan semua teknik memanggang.

Selain mengembangkan adonan, ragi instan terbaik milik Bruggeman juga menghasilkan aroma dan rasa yang enak. Kalau biasanya ada ragi yang harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu, maka lain halnya dengan ragi Angel. Anda bisa langsung mencampurnya dengan tepung sebelum menuangkan air. Namun, penambahan ragi sebaiknya dilakukan satu menit setelah mengaduk adonan apabila menggunakan air dingin agar tidak terjadi kontak langsung antara ragi dengan air dingin tersebut.

7. Red Star

Merk Ragi Instan Terbaik Red Star
Merk Ragi Instan Red Star
Nama ProdukRagi Instan Red Star
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Red Star menjadi merk ragi instan selanjutnya yang juga memiliki kandungan Ascorbic Acid atau vitamin C. Salah satu produknya yang dinamakan Red Star Quick·Rise tersebut bisa membantu Anda menghemat waktu saat proses proofing, lho. Bahkan lebih cepat dibandingkan dengan ragi kering aktif biasa. Tidak hanya itu, ragi instan yang bagus ini juga ideal digunakan untuk pembuatan roti secara tradisional maupun menggunakan mesin roti.

Anda bisa menerapkan metode pencampuran kering yang langsung mencampurkan ragi instan ini dengan tepung atau menggunakan metode rehidrasi dengan cara melarutkan ragi pada campuran air hangat dan gula. Kalau biasanya ragi instan terbaik kemasan sachet sudah dipotong satuan, maka lain halnya dengan produk Red Star ini. Ada tiga potongan paket seberat 7 gram, ya.

8. Pakmaya

Merk Ragi Instan Terbaik Pakmaya
Merk Ragi Instan Pakmaya
Nama ProdukRagi Instan Pakmaya
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Pada mulanya ragi memang ditemukan di luar negeri sehingga tidak heran kalau banyak ragi instan yang bagus berasal dari berbagai negara dan diimpor ke Indonesia. Nah, Pakmaya ini adalah merk ragi asal Turki yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu. Di dalam ragi instan tersebut ada komposisi bahan ragi, pengemulsi nabati, dan antioksidan asam askorbat untuk membuat adonan Anda mengembang dengan baik dan cepat.

Sama seperti beberapa produk lainnya, Pakmaya juga memiliki ragi yang cocok untuk proses pembuatan kue secara tradisional maupun mesin roti. Nah, tingkat pemberian ragi yang direkomendasikan, yaitu antara 1-2% dari berat tepung. Tidak perlu khawatir kalau Anda tidak langsung menghabiskan semuanya, ragi instan terbaik ini memiliki umur simpan cukup lama asalkan disimpan dengan benar.

9. Tulip

Merk Ragi Instan Terbaik Tulip
Merk Ragi Instan Tulip
Nama ProdukRagi Instan Tulip
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Tulip menjadi salah satu merk ragi instan yang bagus lainnya dari PT Hakiki Donarta. Sesuai dengan namanya, ada gambar bunga tulip pada kemasan sebagai identitas. Nah, jenis kemasan yang digunakan berupa aluminium foil, ya. Di dalamnya ada komposisi bahan berupa ragi alami, emulsi makanan, asam ascorbat, dan zat pelarut yang juga lebih lengkap dibandingkan dengan beberapa produk lainnya.

Anda bisa memperoleh ragi, bread improver, dan enzim pengempuk yang siap pakai apabila memilih produk dengan kemasan bunga Tulip warna ungu. Dikemas dengan berat 500 gr membuat ragi instan terbaik dari Tulip ini kurang cocok untuk Anda yang baru belajar membuat kue. Produk ini memang sebaiknya digunakan oleh pengusaha roti agar lebih cepat habis. Terlalu lama menyimpan ragi instan yang sudah pernah dibuka tentunya tidak baik, ya.

10. Magest

Merk Ragi Instan Terbaik Magest
Merk Ragi Instan Magest
Nama ProdukRagi Instan Magest
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi merk ragi instan yang bagus terakhir asal Cina, yaitu Magest. Meskipun begitu, Magest cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia karena mempunyai tingkat kelembapan yang cukup baik. Tentu saja produknya sudah familiar di kalangan para pengusaha roti home industry maupun pabrik.

Sama seperti beberapa produk sebelumnya, ragi instan terbaik merk Magest ini juga disimpan dalam kemasan berbahan alumunium foil dengan sistem vacum untuk menjaga kualitas ragi. Tidak heran juga kalau produk tersebut bisa memiliki masa simpan yang cukup lama. Meskipun bisa disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara, namun akan tetap lebih baik kalau ragi instan Magest bisa dihabiskan setidaknya 48 jam setelah kemasan dibuka.

Cara Kerja Ragi Instan yang Bagus Dalam Adonan

Setiap kali membuat kue yang adonannya harus mengembang, pasti akan ditambahkan ragi terlebih dahulu. Biasanya ada ragi yang perlu dan tidak perlu dilarutkan ke dalam air untuk mengaktifkannya. Namun, apa Anda sudah tahu bagaimana cara kerja ragi instan yang bagus tersebut? Ketika sudah bercampur dengan adonan, mikroorganisme pada ragi akan mengubah gula atau tepung menjadi karbondioksida yang kemudian akan membuat roti mengembang dan mekar.

Setiap selesai menguleni, biasanya adonan akan dibiarkan dalam suhu ruang sampai mengembang. Kalau berhasil berarti ragi instan yang bagus itu benar-benar bekerja dan begitu pula sebaliknya. Setelah mengembang, adonan perlu dikempiskan dulu dan didiamkan lagi sampai mengembang agar bisa membentuk adonan kue yang diinginkan. Pada akhirnya, roti atau kue yang memiliki tekstur seperti spons telah menjadi bukti keberhasilan aktivasi ragi, ya.

Kesalahan penggunaan ragi instan

Meskipun terlihat mudah, namun masih ada orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan ragi instan yang bagus. Terlebih lagi kalau ada yang berpikir bahwa semakin lama adonan dibiarkan mengembang, maka akan semakin bagus pula hasilnya. Namun ternyata, hal tersebut justru salah karena ragi bisa mati dalam suhu ruang dan membuat adonan kue jadi mengempis dan mengeras. Alhasil, kue yang Anda buat akan terasa bantat dan keras saat dimakan.

Kesimpulan

Nah, itulah review sepuluh rekomendasi merk ragi instan terbaik serta beberapa informasi penting lainnya. Setiap orang pasti memiliki pandangannya masing-masing terhadap sebuah ragi instan terbaik. Kalau Anda pilih produk yang mana?

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */