CEKLIST.ID – Semakin menjamurnya perkulineran Indonesia dengan sentuhan keju, kehadiran keju parmesan pun ikut meningkat. Dari segi rasa, keju parmesan dikategorikan sebagai keju dengan cita rasa terbaik. Namun, ada pembedaan kembali yang perlu diketahui, yakni keju Parmigiano Reggiano yang hanya diproduksi di bagian timur laut negara Italia, atau lebih tepat di Parma, Reggio Emilia, Modena, dan sejumlah wilayah di provinsi Matua dan Bologna.

Jika Anda ingin menyajikan makanan dengan memadupadankan keju parmesan untuk menghadirkan cita rasa khas Italia, Anda dapat menggunakan keju parmesan. Namun, manakah yang hendak dipilih keju parmesan biasa atau keju Parmigiano Reggiano? Bila Anda belum mengetahuinya, sebaiknya simak terlebih dahulu ulasan kami yang diakhiri dengan perekomendasian keju parmesan terbaik dalam artikel ini. Mohon disimak, ya!

Tips Cara Memilih Keju Parmesan yang Bagus

Keju Parmesan Terbaik dan Enak
Gambar Ilustrasi Keju Parmesan / Vegetariantimes

Cita rasa dan aroma dari keju parmesan memang dianggap paling baik dibandingkan jenis keju lainnya. Hal ini dikarenakan keju parmesan diperoleh dari susu sapi yang berkualitas tinggi. Di samping itu, pengolahannya pun beragam sehingga akan banyak varian rasa dan aroma yang menjadi kekhasan dari masing-masing daerah penghasil keju.

Apabila Anda berencana membeli keju parmesan, tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu beberap bentuk, kegunaan, dan karakteristik dari masing-masing keju yang dijual di pasaran. Bacalah bagian ini untuk mengetahuinya!

1. Keju Parmigiano Reggiano asli Italia lebih kaya cita rasa

Masih banyak yang keliru menyebutkan keju parmesan biasa sebagai keju Parmigiano Reggiano. Padahal, untuk bisa mendapatkan cap Parmigiano Reggiano tidaklah sembarangan dan mudah. Pada kesepakatannya, meski sama-sama didapat dari keju asli, keju Parmigiano Reggiano adalah keju yang hanya diproduksi di bagian timur laut Italia.

Keju Parmigiano Reggiano tidak bisa dipasarkan sebelum mencapai usia minimal 12 bulan. Semakin lama keju didiamkan (atau lebih tua), maka keju tersebut akan memberikan aroma dan rasa terbaiknya. Keju jenis ini hadir dalam bentuk bongkahan atau batangan maupun bubuk yang telah diparut. Anda dapat menggunakannya sebagai taburan pada berbagai hidangan utama untuk menambah kelezatan sekaligus memberi sentuhan sajian khas Italia.

2. Pilih keju parmesan bentuk bubuk yang pengolahannya mirip Parmigiano Reggiano asli

Di negara-negara lain, semisal Amerika Serikat, Australia, dan Indonesia bahkan, keju parmesan didapat dari bubuk keju alami. Tentu saja tidak bisa dikategorikan sebagai keju Parmigiano Reggiano mengingat bahan dasar, tempat produksi, sekaligus cara produksinya. Meski demikian, keju parmesan bubuk non-Italia juga telah dibuat dengan proses panajng guna menciptakan kualitas yang mendekati aslinya.

Beberapa produsen juga menjanjikan keju parmesan olahannya memiliki rasa khas Italia sehingga pada kemasannya biasa ditemui keterangan Italian style. Apabila Anda ingin menikmati sajian berbalut keju parmesan yang rasanya menyerupai keju Parmigiano Reggiano khas Italia, Anda dapat membeli keju parmesan bubuk. Harganya lebih terjangkau dan umumnya tidak terdapat zat aditif, ideal pula untuk dikonsumsi anak-anak.

3. Sensasi rasa yang autentik dalam keju bentuk batangan

Jikalau Anda ingin menyecap sensasi rasa keju seutuhnya, entahkah keju parmesan biasa atau Parmigiano Reggiano asli, Anda bisa membeli keju dalam bentuk batangan (ungrated cheese). Keju batangan ini dapat dimakan langsung dengan memotongnya kecil-kecil atau diparut sebagai taburan pada salad, hasil panggangan, atau olahan lainnya.

Keju dalam bentuk bongkahan besar menawarkan sensasi rasa yang autentik karena memiliki tekstur lebih berpasir. Untuk kekuatan rasanya sendiri bergantung pada usia pendiaman produk yang berkisar mulai dari 1 tahun hingga 30 bulan. Menyoal usia keju batangan sendiri, terdapat tiga kelas keju berdasarkan usia pendiamannya, yakni argaosta yang mengalami periode penuaan selama 18 bulan, perak selama 22 bulan, dan emas selama 30 bulan.

4. Kenali keju olahan yang terdiri dari bahan mentah

Saat datang ke supermarket atau pasar untuk mencari keju parmesan, Anda mungkin akan banyak menjumpai label parmesan pada kemasannya. Ingatlah, tidak semua keju parmesan diproses dari keju alami seutuhnya. Beberapa jenis diolah dengan menambahkan bahan metah sehingga tidak dapat dikatakan keju parmesan utuh.

Apabila ingin menggunakan keju parmesan sebatas untuk membumbui masakan dengan sentuhan keju, Anda dapat membeli keju olahan. Keju olahan juga tidak mudah mengalami perubahan rasa, sehingga cocok digunakan sebagai penguat rasa di samping teksturnya yang juga halus. Namun, karena berjenis keju olahan, rasa, aroma, serta tekstur yang dimiliki cukup jauh dibandingkan keju alami.

10 Rekomendasi keju parmesan terbaik

Sebelum membeli keju parmesan yang akan kami rekomendasikan pilihannya, ingat kembali poin apa saja yang harus diingat saat memilih, seperti bentuk keju, usia keju, negara produksi, bahan asal, dan semacamnya. Di bawah ini, ceklist.id telah rangkum sepuluh keju parmesan terbaik berbagai merk. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Fonterra Anchor Food Professionals Parmesan Cheese Block

Gambar Fonterra Anchor Food Professionals Parmesan Cheese Block
Fonterra Anchor Food Professionals Parmesan Cheese Block

Fonterra Anchor Food menawarkan keju parmesan yang memiliki rasa autentik. Produk ini telah didistribusikan ke banyak sekali negara, termasuk di Indonesia yang kemasannya diganti namun tetap terjamin kualitas kejunya. Bagi Anda yang mencari keju parmesan dalam bentuk batangan, inilah pilihannya!

Dijual dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan keju alami yang didapat dari susu sapi murni. Jika ingin menggunakannya sebagai pelengkap makanan matang, Anda bisa memarutnya dan taburi pada segala macam makanan di meja Anda.

2. Green Valley Grated Parmesan Cheese

Gambar Green Valley Grated Parmesan Cheese
Green Valley Grated Parmesan Cheese

Tidak perlu datang ke restoran Italia untuk bisa menyicip hidangan bernuansa Italia. Di rumah pun, Anda bisa mendapatkan pengalaman tersebut, lho! Caranya, beli saja Green Valley Grated Parmesan Cheese. Dihadirkan dalam bentuk bubuk berkemasan botol, Anda bisa langsung menaburinya pada makanan Anda.

Karena dikemas dalam botol, Anda bisa membawa keju parmesan ini kemana pun Anda mau. Produk ini mempunyai aroma dengan tingkatan kuat, cocok sebagai topping berbagai camilan kesukaan Anda. Di Indonesia sendiri, Green Valley telah di-repack kemasannya sehingga memiliki masa shelf life sekitar 9 bulan.

3. Happy Valley Grated Parmesan Cheese

Gambar Keju Parmesan Terbaik Happy Valley Grated Parmesan Cheese
Happy Valley Grated Parmesan Cheese

Meski sama-sama berjenis keju bubuk, Anda jangan sampai keliru dengan penamaannya yang mirip antara Green Valley dan Happy Valley. Untuk rekomendasi satu ini, Happy Valley menyebutkan keju buatannya didapat dari keju asli. Buat Anda yang mencari keju parmesan utuh, belilah produk ini.

Selain menawarkan kekayaan rasa dan aroma yang kuat, keju ini juga memiliki daya tahan lama karena kadar kelembapannya yang rendah. Di pasaran, keju ini dijual dengan berbagai varian berat kemasan, mulai dari 1 hingga 2 kg. Anda dapat menggunakan keju ini sebagai taburan pda spategi atau pasta favorit Anda.

4. Alba Cheese Matured Cheese Grated Parmesan

Gambar Alba Cheese Matured Cheese Grated Parmesan
Alba Cheese Matured Cheese Grated Parmesan

Alba Grated Parmesan merupakan keju bubuk yang mengantongi karakteristik Italian style. Apabila Anda bosan dengan cita rasa keju olahan yang kurang nendang, bergantilah ke produk satu ini. Alba memprosesnya dengan gaya Italia sehingga kualitasnya pun mendekati keju Parmigiano yang asli.

Produk yang diedarkan dari Australia sebagai negara produsennya ini tidak menggunakan rannet dari hewan, sehingga cocok untuk Anda yang vegetarian. Keju ini memiliki warna kuning pucat sehingga ketika dijadikan pelengkap hidangan, Anda akan membayangkan seperti sedang menyantap makanan ala Italia.

5. Galbani Grana Padano DOP

Gambar Keju Parmesan yang Bagus Galbani Grana Padano DOP
Galbani Grana Padano DOP

Periode penuaan yang diterapkan oleh Galbani pada produk ini mencapai 24 bulan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin tua usia keju didiamkan, maka kualitas rasa dan aromanya pun semakin kaya dan kuat. Dengan kata lain, keju ini menjamin kualitas yang bakal memuaskan lidah Anda.

Berasal dari Italia, Galbani Grana Padano telah mendapatkan cap dari Protected Designation of Origin (DOP), salah satu lembaga yang memberikan cap segal pada keju Parmagiano asli  Italia. Bentuknya yang masih batangan memungkinkan Anda menyantap keju ini tanpa harus menjadikannya topping yang umumnya berlaku pada makanan saja.

6. Galbani Parmigiano Reggiano DOP

Gambar Keju Parmesan Terbaik Galbani Parmigiano Reggiano DOP
Galbani Parmigiano Reggiano DOP

Ingin menjajal keautentikan dari keju asli Italia? Anda dapat mencoba Galbani Parmigiano Reggiano DOP. Produk ini berasal dari bahan baku berupa keju asli yang telah mengalami periode penuaan lebih dari satu tahun atau minimal berusia 16 bulan. Berkat proses panjang ini, keju pun memiliki warna emas pucat sempurna.

Keju ini dapat Anda andalkan sebagai taburan dan pelengkap berbagai hidangan tumis, panggang, atau pada camilan yang digoreng. Tekstur bubuknya yang flaky setelah diparut diperkaya oleh sentuhan rasa asin yang akan membuat lidah Anda riang gembira. Jika ingin menikmatinya dalam bentuk bongkahan, Anda bisa menemani keju ini dengan buah-buahan atau anggur merah.

7. Galbani Paesano

Gambar Keju Parmesan Terbaik Galbani Paesano
Galbani Paesano

Produsen keju kenamaan asal Italia, Galbani, memiliki cukup banyak keju dengan kualitas nomor satu di dunia. Selain dua pilihan sebelumnya, kali ini kami rekomendasikan Anda Galbani Paesano. Produk satu ini termasuk ke dalam kelas Galbani Hard Cheese yang sudah diproduksi mulai abad ke-12 di kawasan Italia bagian utara.

Hasil produksinya memperoleh sertifikat terakreditasi dari British Retailers Standars. Galbani Paesano sudah diedarkan ke lebih dari 50 negara, termasuk kawasan Asia. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa merasakan hidangan bercita rasa asli Italia hanya dengan menambahkan keju bubuk satu ini sebagai grating.

8. Lemnos Grated Parmesan

Gambar Keju Parmesan Terbaik Lemnos Grated Parmesan
Lemnos Grated Parmesan

Buatkan sajian menyehatkan ala Italia untuk keluarga langsung dari tangan hebat  Anda. Cukup taburkan Lemnos Grater Parmesan, hidangan pun berubah layaknya makanan di restoran-restoran Italia. Lemnos, produsen yang mengembangkannya, menyebut kalau produk ini mengedepankan rasa yang khas.

Bahkan tidak hanya itu, keju bubuk ini pun diproses dengan mengikuti gaya Italia. Bagi pecinta keju, sangat disayangkan jika melewatkan produk satu ini. Belum lagi dengan kelebihan lain yang dikantonginya, semisal serifikasi halal, organik, dan sebagainya yang membuat keju ini bagaikan primadona dalam dunia perkejuan!

9. Kraft 100% Grated Parmesan Cheese

Gambar Keju Parmesan Terbaik Kraft 100% Grated Parmesan Cheese
Kraft 100% Grated Parmesan Cheese

Meskipun telah diberi nama dagang dengan sematan “100%”, produk dari Kraft ini masih menambahkan kandungan zat aditif di dalamnya. Karena itulah, keju iparmesan ini lebih cocok Anda gunakan sekadar untuk taburan biasa, baik pada olahan ikan, daging, ayam, pizza, dan lain sebagainya.

Kraft memproduksi keju ini dengan susu part-skim. Menurut review dari orang yang telah menggunakannya, Kraft 100% Grated Parmesan Cheese dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan brand lainnya. Bagi Anda yang ingin berkreasi dengan keju pada resep masakan andalan Anda, gunakan saja keju ini sebagai pelengkap rasa.

10. Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese

Gambar Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese
Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese

Apabila Anda ingin merasakan kualitas keju hasil produksi lokal, Grated Parmesan Cheese dari Indocheese ini layak dicoba. Produk ini terbuat keju asli lokal seutuhnya yang didapat dari hasil fermentasi susu sapi murni yang didiamkan pada periode cukup lama. Hasilnya, rasa keju dari Indocheese ini dinilai strong.

Mengaitkan perihal keamanan, keju bubuk ini telah memperoleh sertifikasi izin edar dari BPOM. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi meragukan kualitasnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan keju bubuk praktis guna dengan bobot 300 gram.

Rekomendasi Lainnya : 10 Keju Mozarella Terbaik

Kesimpulan

Dengan keju parmesan, hidangan Anda akan terasa lebih lezat dua kali lipat dibandingkan biasanya. Anda dapat menaburkan keju yang telah diparut pada berbagai jenis makanan, baik kering ataupun basah. Misal pun Anda ingin menikmatinya dalam bentuk batangan, Anda dapat menyantap ditemani anggur atau minuman lain.

Bagi Anda yang membeli keju sebagai stok, maka sediakan freezer sebagai tempat penyimpanan. Jangan letakkan keju parmesan di lokasi yang lembap dan panas sehingga tidak turun atau bahkan rusak cita rasanya. Kemudian, tutup atau bungkus keju dengan rapat apabila Anda membeli keju parmesan dalam bentuk bongkahan besar untuk menjaga kualitas rasanya.

Write A Comment

/* */