CEKLIST.ID – Salah satu bahan makanan yang sering menjadi andalan saat malas masak adalah frozen food. Meski dibuat tanpa pengawet, frozen food bisa bertahan hingga beberapa hari saat disimpan di dalam freezer sebagai stok makanan. Ada beberapa merk frozen food terlaris di pasaran, misalnya So Good, Fiesta, dan Kanzler. Berikut artikel selengkapnya mengenai cara memilih frozen food, rekomendasi merk frozen food, hingga resep membuat frozen food.

Merk Produk Frozen Food Terlaris
Gambar Ilustrasu Produk Frozen Food / freepik.com

Membekukan makanan hingga menjadi frozen food sebenarnya merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Pembekuan dilakukan dengan mengubah kandungan air pada makanan menjadi es untuk menghambat mikroorganisme penyebab pembusukan. Namun suhu yang digunakan untuk menyimpan frozen food setidaknya -18 derajat celcius.

Cara Memilih Frozen Food yang Bagus

Selain mengawetkan, pembekuan makanan juga bisa mempertahankan warna, rasa, bahkan zat gizi yang terkandung pada makanan. Sebelum memilih merk frozen food untuk persediaan Anda di freezer, yuk ketahui dulu cara memilih produk frozen food terbaik.

1. Mengetahui jenis frozen food

Jenis merk frozen food pertama adalah makanan siap masak yang penyajiannya praktis, tingal digoreng, direbus, dikukus, atau direndam dalam air hangat. Makanan siap masak juga bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan yang lain, misalnya pada tumis atau mie instan. Frozen food yang termasuk kategori ini, antara lain nugget, sosis, dimsum, dan bakso.

Produk Frozen Food
Gambar Ilustrasi Produk Frozen Food yang Telah Dimasak / Healthyfood.com

Merk frozen food yang siap masak mempunyai ketahanan berbeda-beda. Contohnya, produk chicken nugget yang kemasannya belum dibuka bisa bertahan hingga satu tahun, namun hanya bisa bertahan 1-2 bulan dalam freezer jika sudah dibuka.

Jenis berikutnya adalah makanan siap santap yang jauh lebih praktis lagi dibandingkan makanan siap santap. Frozen food jenis ini tidak perlu dimasak lagi, biasanya cukup dihangatkan dalam microwave atau rice cooker. Beberapa produk frozen food yang termasuk kategori ini adalah lauk sapi lada hitam, lauk ayam rica-rica, atau lauk ikan suwir. Makanan siap santap biasanya disarankan untuk disimpan maksimal selama satu bulan.

Jenis lain dari beberapa merk frozen food adalah makanan siap olah, seperti seafood, sapi, atau ayam yang masih segar dan sudah dibersihkan. Beberapa produsen juga sudah ada yang membekali bumbu di dalam makanan siap olah ini, jadi Anda hanya perlu menyiapkan sedikit bumbu tambahan untuk menyempurnakan rasanya.

Namun cara menyimpan makanan siap olah juga harus sesuai petunjuk yang tertera supaya tetap fresh ketika akan diolah. Misalnya, ikan tanpa lemak seperti ikan cod dapat disimpan maksimal dua bulan, sedangkan ikan jenis lainnya dapat disimpan maksimal satu bulan. Sedangkan untuk jenis daging merah bisa tahan dalam penyimpanan maksimal tiga bulan.

Beberapa produsen merk frozen food juga ada yang memproduksi sayur dan buah beku untuk menyeimbangkan gizi harian. Ada salah satu penelitian di Jepang yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam sayur beku lebih tinggi dibandingkan sayuran segar. Biasanya sayuran dan buah segar yang dibekukan merupakan sayur dan buah yang sudah ranum dan masak sehingga nutrisinya berada dalam jumlah tertinggi.

2. Membeli frozen food dari produsen terpercaya

Sebagaimana yang diketahui, berbagai frozen food rentan ditumbuhi oleh bakteri pembawa penyakit, sehingga lebih baik memilih produsen terpercaya yang sudah jelas kualitas dan higienitasnya. Brand besar tersebut biasanya diproses dengan tahapan pengawasan yang ketat dan memperoleh izin BPOM.

Sertifikasi khusus lain untuk menjamin keamanan makanan adalah HACCP. HACCP merupakan sistem pengawasan dan pengendalian keamanan pangan secara preventif dan bertujuan untuk mengidentifikasi, memonitor, dan mengendalikan bahaya dari bahan baku makanan. Jadi akan lebih aman jika Anda memilih memastikan merk frozen food yang telah mempunyai sertifikat BPOM atau HACCP.

3. Mengecek kemasan dan tekstur frozen food

Baik itu di swalayan, minimarket, maupun e-commerce, Anda akan menjumpai berbagai macam kemasan frozen food. Ada yang dikemas dalam kemasan yang rapi dan ada juga dalam bentuk curah. Merk frozen food dalam bentuk curah memang dijua lebih murah, namun berisiko mengalami oksidasi kalau dibiarkan terlalu lama dan lebih mudah terpapar bakteri yang terbawa udara.

Namun jika Anda memilih merk frozen food dalam kemasan, maka pastikan tidak ada kerusakan pada bungkusnya, seperti lubang, celah, atau sobekan. Kerusakan tersebut memungkinkan bakteri mudah masuk dan menyebabkan kerusakan pada produk. Kemasan yang dipilih pun sebaiknya kemasan yang kedap udara supaya aman saat disimpan dalam freezer.

10 Rekomendasi Merk Frozen Food Terlaris

Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa merk frozen food, seperti Fiesta, So Good, Kanzler, dan Kimbo. Berikut ceklist.id bahas selengkapnya rekomendasi berbagai merk frozen food terlaris dan terbaik di pasaran.

1. Fiesta Chicken Nugget

Merk Frozen Food Terlaris - Fiesta Chicken Nugget
Produk Frozen Food Merk Fiesta – Chicken Nugget
Nama ProdukFiesta Chicken Nugget
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Fiesta merupakan merk frozen food yang diproduksi oleh Charoend Pokphand Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Dari sekian banyak produk Fiesta, salah satu yang paling laris adalah Fiesta Chicken Nugget.

Fiesta Chicken Nugget diolah menggunakan bahan daging dada ayam yang digiling, diproses, dicetak dengan beragam bentuk, kemudian ditaburi tepung roti pada bagian luarnya. Semua proses yang dilakukan juga higienis dan sudah berstandar ISO, HACCP, serta FSSC. Bentuk Fiesta Chicken Nugget juga unik, ada bentuk hewan, stik, dan huruf.

Selain Merk froze food ini tersedia dalam banyak varian, ada cheesy chicken with broccoli, stikie, nugget dino, happy star, cheese 123, pizzABC, nugget zoo, serta mixed vegetables nugget. Tersedia dalam pilihan kemasan 250 gram dan 500 gram, Fiesta Chicken Nugget dijual dengan harga 50 ribuan rupiah untuk kemasan 500 gram.

2. So Good Ayam Potong

Merk Frozen Food Terlaris - So Good Ayam Potong
Produk Frozen Food Merk So Good – Ayam Potong
Nama ProdukSo Good Ayam Potong
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Kalau Anda ingin memasak ayam tapi tidak sempat membersihkannya, maka So Good Ayam Potong akan sangat membantu untuk keperluan tersebut. Merk frozen food ini juga ada yang sudah dilengkapi dengan bumbu kuning atau pedas manis, jadi pengolahannya akan lebih praktis.

Ada cukup banyak varian dari So Good Ayam Potong, antara lain ayam potong paha & dada, ayam utuh potong 10, ayam potong daging sup ayam, ayam potong paha dada bumbu kuning, serta ayam potong paha dada pedas manis. Tersedia dalam kemasan 450 gram dan 1 kg, merk frozen food terlaris ini dijual dengan harga mulai dari 20 ribuan rupiah.

3. CEDEA Baso Ikan Besar

Merk Frozen Food Terlaris - CEDEA Baso Ikan Besar
Produk Frozen Food Merk CEDEA – Baso Ikan Besar
Nama ProdukCEDEA Baso Ikan Besar
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

CEDEA Baso Ikan Besar dibuat dari ikan berkualitas terbaik dan diproses secara higienis sesuai dengan standar BPOM RI. Tidak perlu khawatir dengan kehalalannya, karena merk frozen food ini juga sudah mengantongi sertifikasi HALAL dari MUI. Penyajian CEDEA Baso Ikan Besar juga tidak sulit, bisa direbus dengan air mendidih selama 5-7 menit, digoreng dalam minyak panas bersuhu 150° C selama 3 menit, atau dipanggang hingga bewarna keemasan.

Selain baso ikan, merk frozen food CEDEA juga menyediakan varian lain, seperti baso ikan sayuran, baso cumi, baso kepiting, bola udang, dumpling, fish roll, salmon ball, nugget, steambot, dan chikuwa. CEDEA tersedia dalam kemasan 200 gram, 500 gram, dan 1 kg, serta dijual dengan harga mulai dari 20 ribuan rupiah.

4. Kanzler Sosis

Merk Frozen Food Terlaris - Kanzler Sosis
Produk Frozen Food Merk Kanzler – Sosis
Nama ProdukKanzler Sosis
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Merk frozen food Kanzler terkenal dengan produk sosis ala Jerman yang tebal, berisi, dan rasanya lezat karena terbuat dari bahan berkualitas premium. Produk sosis Kanzler juga menjadi salah satu sosis yang terlaris di pasaran, meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan pesaingnya.

Selain produk sosis siap makan yang mudah dijumpai di toko makanan, minimarket, dan swalayan, masih ada banyak varian lain dari sosis Kanzler ini, di antaranya garlic frankfurter, blackpepper frankfurter, bockwurst, beef wiener, dan beef cocktail. Untuk sosis Kanzler siap makan kemasan 65 gram biasanya dijual dengan harga 9 ribuan rupiah, sedangkan untuk sosis siap saji dijual mulai dari 40 ribuan rupiah.

5. KIMBO Burger Sapi Istimewa 200 gram

Merk Frozen Food Terlaris - Kimbo Beef Burger
Produk Frozen Food Merk Kimbo – Beef Burger
Nama ProdukKIMBO Burger Sapi Istimewa
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Selain terkenal dengan sosis, KIMBO juga memiliki produk frozen food terlaris lainnya, salah satunya Burger Sapi Istimewa. Merk frozen food ini terbuat dari daging sapi asli dan mempunyai cita rasa yang juicy, nikmat, serta gurih. Selain dikombinasikan dengan roti burger, produk ini juga cocok dikombinasikan dengan roti tawar bersama sayuran dan beragam saus burger.

KIMBO Burger Sapi Istimewa dikemas dengan berat bersih 200 gram dengan isi 6 lembar per 1 pcs-nya. Merk frozen food ini dijual dengan harga 20 ribuan rupiah dan bisa tahan hingga 3 bulan setelah produksi selama disimpan dalam freezer. Dengan harga yang murah, KIMBO Burger Sapi Istimewa juga bisa dijadikan bahan baku untuk bisnis burger Anda.

6. Mujigae Oden Korean Fish Cake

Merk Frozen Food Terlaris - Mujigae Oden Korean Fish Cake
Produk Frozen Food Merk Mujigae Oden –  Korean Fish Cake
Nama ProdukMujigae Oden Korean Fish Cake
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Korea Selatan memiliki camilan yang cukup beragam, salah satunya adalah oden atau odeng yang terbuat dari daging ikan segar yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung maupun rempah khas Korea. Namun tidak perlu jauh-jauh ke Korea kalau mau menikmati Oden, karena Anda bisa membeli merk street food Mujigae Oden.

Oden Mujigae terbuat dari komposisi surimi, tepung tapioka, crab stick, bawang bombay, wortel, garam, daun bawang, gula, dan penyedap rasa. Komposisi tersebut menghasilkan perpaduan rasa gurih dari oden dan manis dari crabstick atau kani. Penyajian merk frozen food ini juga tidak sulit, bisa digoreng selama 2-3 menit atau dipanaskan dalam microwave selama 1 menit. Mujigae Oden Korean Fish Cake dikemas dengan berat bersih 120 gram dan dijual 20 ribuan rupiah.

7. Berinka Food Cimol Leleh Keju

Merk Frozen Food Terlaris - Cimol Leleh Keju
Produk Frozen Food Merk Berinka – Cimol Leleh Keju
Nama ProdukBerinka Food Cimol Leleh Keju
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sekarang tidak sulit lagi kalau Anda ingin menikmati cimol, karena sudah ada Cimol Leleh Keju dari Berinka Food. Merk frozen food ini mempunyai tekstur yang krispi di bagian luar dan kenyal di bagian dalam, ditambah lagi terasa lumer karena diisi oleh keju. Untuk rasa yang lebih nikmat, sajikan Berinka Food Cimol Leleh Keju bersama bubuk cabe, bubuk bawang goreng, atau kacang bubuk.

Merk frozen food ini diproses tanpa tambahan pengawet, jadi hanya bisa bertahan 1 bulan di dalam freezer. Cara memasaknya juga tidak sulit, tinggal goreng cimol dalam minyak panas sampai garing, kemudian campurkan dengan bumbu yang tersedia. Dikemas seberat 280 gram berisi 20 buah cimol dan bumbu asin pedas, Berinka Food Cimol Leleh Keju dijual 20 ribuan rupiah saja.

8. Bakso Sapi SB Premium Sumber Selera

Merk Frozen Food Terlaris - Bakso Sapi SB Premium Sumber Selera
Produk Frozen Food Merk Sumber Selera – Bakso Sapi SB Premium
Nama ProdukBakso Sapi SB Premium Sumber Selera
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Bakso Sapi SB Premium atau Bakso Kebon Jeruk telah berdiri sejak 1989 dan masih eksis hingga sekarang. Merk frozen food satu ini terbuat dari komposisi daging sapi, air es, tapioka termodifikasi, minyak nabati, garam, MSG, pewarna alami karamel IV, serat pangan, isolat protein kedelai, penstabil fosfat, bumbu bakso, dan pengawet kalium sorbat. Komposisi tersebut menghasilkan bakso yang bertekstur kenyal dan terasa gurih.

Dibandingkan dengan jenis bakso SB lain, Bakso SB PREMIUM mengandung daging sapi yang lebih banyak. Setelah direbus selama 2 – 3 menit, merk frozen food terbaik ini bisa dikreasikan menjadi berbagai menu masakan, misalnyaa mie bakso, bihun bakso, nasi goreng bakso, dan bakso kuah. Bakso SB PREMIUM dijual dengan harga 40 ribuan rupiah untuk kemasan 325 gram berisi 25 buah bakso.

9. Bakmi GM – Pangsit Kuah Beku

Merk Frozen Food Terlaris - Bakmi GM - Pangsit Kuah
Produk Frozen Food Merk Bakmi GM – Pangsit Kuah
Nama ProdukBakmi GM - Pangsit Kuah Beku
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Selain menjadi restoran Bakmi terlaris, Bakmi GM juga memproduksi beberapa macam frozen food, salah satunya Bakmi GM Pangsit Kuah. Setiap kemasan merk frozen food ini berisi pangsit kuah beku isi 10, 2 kaldu ayam masing-masing 30ml, dan 2 sachet sambal. Karena sudah tersertifikasi Halal MUI, jadi Anda tidak perlu ragu lagi dengan kehalalan Bakmi GM Pangsit Kuah ya.

Cara memasak Bakmi GM Pangsit Kuah sudah tertera lengkap pada kemasannya, sehingga tinggal diikuti dengan baik. Merk frozen food ini bisa dibeli secara online melalui toko resmi Bakmi GM dan dijual dengan harga 30 ribuan rupiah per kemasan.

10. ATHIEN Otak Otak Goreng 220 Gram

Merk Frozen Food Terlaris - ATHIEN Otak Otak Goreng
Produk Frozen Food Merk ATHIEN – Otak Otak Goreng
Nama ProdukATHIEN Otak Otak Goreng 220 Gram
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

ATHIEN Otak-Otak Goreng terbuat dari komposisi daging ikan segar yang dikombinasikan dengan telur, tepung tapioka, penyedap rasa, dan bumbu lain, sehingga menghasilkan rasa otak-otak ikan yang lezat. Terdapat beberapa varian dari merk frozen food ini, antara lain Otak-Otak Super, Otak-Otak Polos, dan Otak-Otak Pingpong yang semuanya terbuat dari bahan dasar ikan.

Meski mengandung bahan pengawet, merk frozen food ini hanya tahan sekitar 2 bulanan di dalam freezer. ATHIEN Otak-Otak Goreng dijual dengan harga yang cukup murah, hanya 7 ribuan rupiah per kemasan.

Cara Membuat Frozen Food Sendiri

Membeli frozen food memang sangat membantu ketika lapar dan malas memasak makanan yang rumit. Namun Anda juga bisa membuat frozen food sendiri di rumah. Berikut resep membuat frozen food, yaitu nugget ayam yang cukup mudah.

1. Nugget ayam

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam yang sudah digiling
  • 100 gram wortel yang diparut
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung tapioka
  • Tepung panir secukupnya
  • Telur secukupnya
  • Daun bawang secukupnya yang diiris
  • 5 buah bawang merah yang dihaluskan
  • 3 buah bawang putih dihaluskan
  • Lada dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan ayam, wortel, daun bawang, bersama bumbu di dalam satu wadah, kemudian tes rasanya.
  2. Masukkan adonan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit.
  3. Dinginkan beberapa saat, lalu iris sesuai selera.
  4. Masukkan nugget ke kocokan telur kemudian baluri dengan tepung panir.
  5. Tata pada wadah dan masukkan nugget ayam ke dalam freezer.

Kesimpulan

Frozen food bisa menjadi pilihan bahan makanan yang lezat dan praktis dalam berbagai situasi. Biasanya bahan untuk membuat frozen food adalah daging atau ikan, sehingga tidak bisa disimpan untuk waktu yang terlalu lama. Di artikel ini sudah dibahas mengenai bagaimana cara memilih frozen food terbaik, merk frozen food terlaris, dan resep membuat nugget ayam.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */