CEKLIST.ID – Seiring dengan banyaknya jumlah penderita diabetes di Indonesia, banyak orang mulai mengalihkan makanan pokoknya dari beras putih ke beras merah, karena beras merah diketahui bisa dijadikan sebagai beras diet untuk penderita diabetes. Di pasaran ada cukup banyak jenis dan merk beras merah yang bagus, beberapa di antaranya beras merah organik. Jadi pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi beras merah untuk diet serta keperluan lain. Di akhir juga ada uraian mengenai beberapa ide pengolahan beras merah.

Sekilas tentang Beras Merah

Salah satu keistimewaan dari beras merah adalah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, sehingga direkomendasikan untuk penderita diabetes. Kelebihan lain dari beras merah adalah tinggi serat dan rendah kalori, jadi banyak orang yang menjadikan beras merah untuk diet. Dengan berbagai kelebihan tersebut, orang-orang mulai banyak beralih ke beras merah dan membuat beras merah kemasan semakin mudah ditemukan di pasaran.

Merk Beras Merah Kemasan
Gambar Ilustrasi Beras Merah / (unsplash.com)

Selain berbagai kelebihan di atas, beras merah juga memiliki kekurangan, seperti rasanya kurang enak dibandingkan dengan beras putih. Berbagai merk beras merah juga dibandrol dengan harga lebih mahal dari beras putih. Sebagai gambaran, harga beras merah per 1 kg pada umumnya berada di kisaran 20 ribu, sedangkan harga beras putih per 1 kg hanya sekitar 9-10 ribuan rupiah saja.

Tips Memilih Merk Beras Merah yang Bagus

Sekarang beras merah kemasan memang sudah mudah dijumpai, baik itu di minimarket, swalayan, dan tentunya e-commerce. Beberapa cara di bawah ini bisa diterapkan untuk memperoleh beras merah berkualitas terbaik.

1. Menyesuaikan jenis beras dengan kebutuhan

Ada tiga jenis beras merah kemasan yang telah beredar di Indonesia, antara lain beras merah biasa, beras organik, dan beras pecah kulit. Beras merah biasa atau beras sosoh dikenal cukup pulen karena sudah melewati dua kali proses penyosohan. Harga beras merah sosoh juga lebih murah dibandingkan tipe lain karena dalam tidak memerlukan treatment khusus dalam pembudidayaannya.

Proses produksi merk beras merah jenis sosoh terbilang tidak memerlukan banyak waktu, sehingga bisa dijual dengan cepat, harga terjangkau, dan cocok untuk konsumsi skala besar. Akan tetapi, kandungan gizinya memang relatif lebih rendah dibandingkan beras merah tipe lain. Hal tersebut membuat beras merah sosoh lebih lama membusuk dibandingkan beras merah organik dan pecah kulit.

Penggunaan pupuk di bidang pertanian ternyata melepaskan cukup banyak nitrogen ke udara dan mengakibatkan pencemaran, sehingga saat ini mulai banyak pihak yang beralih ke budidaya tanaman secara organik yang lebih eco-friendly, termasuk dalam budidaya beras merah. Beras merah kemasan jenis organik bersumber dari beras merah yang ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk sintesis. Karena dianggap lebih aman untuk kesehatan, harga beras merah organik relatif lebih mahal dibandingkan beras merah biasa.

Beras merah kemasan juga ada yang dibuat versi pecah kulitnya yang diproses melalui sekali penggilingan dan membuat kandungan nutrisinya tetap melimpah. Akan tetapi, pengolahan yang singkat tersebut membuat beras pecah kulit bertekstur keras, tidak terlalu pulen, dan kurang wangi. Kandungan lemak dari beras ini juga lebih tinggi dibandingkan beras merah tipe lain, sehingga lebih mudah berbau ketika disimpan dalam waktu yang lama. Karena bagian kulit arinya masih menempel, jenis beras merah yang dibuat pecah kulit adalah beras organik, sehingga bisa dipastikan tidak ada sisa pestisida di bagian kulit tersebut.

2. Memilih beras merah yang berwarna lebih gelap

Beras merah kemasan dengan tampilan yang lebih gelap ternyata memiliki lebih banyak kandungan gizi daripada yang lebih cerah. Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh perbedaan pengolahan setelah panen. Warna lebih cerah pada beras merah mengindikasikan bahwa beras tersebut melewati dua proses penyosohan yang membuat semakin banyak nutrisi terbuang.

Sedangkan beras merah kemasan yang berwarna lebih gelap biasanya hanya melewati satu proses penggilingan, jadi kandungan gizinya masih melimpah. Warna gelap tersebut juga mendandakan kadar fenol dan flavonoid masih cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mengikat radikal bebas kemudian menghancurkannya, sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit tertentu. Akan tetapi, hindari beras merah yang warnanya tampak kecokelatan karena menandakan kualitasnya sudah menurun.

3. Mengamati tekstur beras dengan teliti

Tekstur terbaik dari merk beras merah adalah tekstur utuh yang menandakan beras tersebut masih baru. Kalau beras merah yang Anda beli tampak mudah pecah, kemungkinan beras tersebut merupakan stok lama atau beras sortiran. Bila membeli beras merah secara langsung, Anda bisa coba meremas sedikit beras dengan tangan untuk merasakan teksturnya. Kalau teksturnya terasa keras, tidak mudah pecah, dan tidak terlalu menempel di telapak tangan yang kering, berarti beras itu berkualitas bagus.

Namun karena merk beras merah juga sudah dijual secara online, Anda bisa mengecek kualitasnya dengan memastikan informasi kedaluwarsa, kemudian mengecek foto produk untuk melihat kondisi berasnya masih utuh atau sudah pecah. Jangan lupa juga untuk membaca review pembeli sebelumnya untuk memperoleh beras merah berkualitas terbaik.

10 Rekomendasi Beras Merah Kemasan Terbaik

Merk beras merah apa yang biasa Anda konsumsi? Apakah FS dari Food Station, Swaratani, atau merk lainnya? Berikut ceklist.id bahas rekomendasi beras merah berkualitas bagus yang mudah dijumpai di pasaran.

1. Swaratani Beras Merah Organik

Beras Merah Kemasan Terbaik Merk Swaratani Beras Merah Organik
Beras Merah Kemasan Merk Swaratani Beras Merah Organik
Nama ProdukSwaratani Beras Merah Organik
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Swaratani Beras Merah merupakan beras merah kemasan organik yang melalui dua kali proses penggilingan. Selain padinya yang dibudidayakan secara organik, pengolahannya juga dilakukan secara higienis dan alami, tanpa tambahan pengawet, pewangi, dan pewarna. Seperti beras merah pada umumnya, produk ini bisa untuk diet dan penderita diabetes karena rendah kalori. Swaratani Beras Merah bisa dibeli melalui toko online Swaratani dengan harga 20 ribuan rupiah per kilogram.

2. House Of Organix Organic Red Rice

Beras Merah Kemasan Bagus Merk House Of Organix Organic Red Rice
Beras Merah Kemasan Merk House Of Organix Organic Red Rice
Nama ProdukHouse Of Organix Organic Red Rice
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Berbeda dengan merk beras merah sebelumnya yang House Of Organix Red Rice hanya melalui pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan, sehingga tetap mempertahankan bagian kulit arinya. Lapisan kulit tersebut yang justru mengandung banyak serat, mineral, dan vitamin. Untuk menjaga kualitas beras, pastikan untuk langsung menaruhnya di wadah yang tertutup rapat supaya terhindar dari kutu dan serangga. Anda juga bisa menyimpannya di dalam kulkas jika tidak akan dikonsumsi dalam waktu lama.

Cara memasak House of Organic Red Rice sangat mudah, yaitu ambil 1 cup beras merah, cuci dengan air bersih, kemudian tuangkan 1,5 cup air untuk takaran 1 cup beras merah ke dalam rice cooker, dan nyalakan rice cooker. Beras merah kemasan ini dijual secara online di official store House of Organix dengan harga 30 ribuan rupiah per kilogram.

3. FS Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk FS Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk FS Beras Merah
Nama ProdukFS Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

FS Beras Merah dari Food Station menjadi salah satu merk beras merah yang mudah sekali ditemukan, baik di Alfamart, Alfamidi, maupun minimarket lainnya. Produk ini berasal dari padi berkualitas terbaik yang diproses secara higienis tanpa tambahan pengawet maupun pewarna buatan. Dengan adanya sertifikat halal, SNI, dan sertifikat PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan) Kementerian Pertanian, FS Beras Merah dijamin aman dikonsumsi sehari-hari. Untuk harganya, FS Beras Merah juga dijual sekitar 20 ribuan rupiah per kilogram.

4. Dua Tani Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Dua Tani Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk Dua Tani Beras Merah
Nama ProdukDua Tani Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Diproduksi oleh PT. Wahana Inti Makmur, Dua Tani Beras Merah termasuk beras merah kemasan jenis pecah kulit yang hanya melalui satu kali pengolahan, sehingga kandungan zat antioksidannya masih relatif tinggi. Produk ini mempunyai tekstur beras yang cukup panjang dan tidak mudah hancur ketika dicuci. Dua Tani Beras Merah dijual 35 ribuan rupiah untuk kemasan 2 kg dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

5. Lautan Mas Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Lautan Mas Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk Lautan Mas Beras Merah
Nama ProdukLautan Mas Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Meski tampilannya tampak mengkilap, beras merah kemasan dari Lautan Mas ini diproses tanpa pemutih maupun buatan. Lautan Mas Beras Merah merupakan jenis beras merah sosoh sehingga memiliki tekstur yang pulen dan kenyal. Takaran terbaik ketika memasak beras ini adalah 1 cup beras dengan 1 cup air, jadi tekstur nasinya nanti tidak akan terlalu lembek atau keras. Anda bisa membeli Lautan Mas Beras Merah melalui Tokopedia dan harganya 40 ribuan rupiah untuk kemasan 2 kg.

6. Sundakala Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Sundakala Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk Sundakala Beras Merah
Nama ProdukSundakala Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Sundakala Beras Merah diproduksi oleh petani lokal yang berasal dari Desa Bantarjati Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Proses budidaya pagi untuk menghasilkan merk beras merah ini dilakukan secara organik menggunakan pupuk kandang atau kompos dan pestisida organik BioHara untuk membasmi serangga & hama.

Seperti beras merah sosoh pada umumnya, merk beras merah ini diproses dengan dua kali penggilingan yang membuat kandungan seratnya berkurang sekitar 30% dan warna merahnya menjadi lebih muda. Proses tersebut menghasilkan tekstur nasi yang pulen dan lembut, jadi bisa dikonsumsi juga oleh lansia yang sudah sulit mengunyah beras bertekstur keras. Sundakala Beras Merah juga sudah dijual secara online dengan harga pasaran 20 ribuan rupiah per kilogram.

7. Sorghum Beras Sorgum Kupas Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Sorghum Beras Sorgum Kupas Merah
Beras Merah Kemasan Merk Sorghum Beras Sorgum Kupas Merah
Nama ProdukSorghum Beras Sorgum Kupas Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Untuk Anda yang tengah menjalankan diet gluten, beras merah kemasan dari Sorghum ini bisa menjadi alternatif pilihan sumber karbohidrat. Sorghum Beras Sorgum Kupas Merah dibudidayakan secara organik, tidak mengandung pengawet maupun pewarna buatan, dan tanpa modifikasi genetik, jadi sangat aman untuk konsumsi sehari-hari. Dengan kandungan gluten yang lebih rendah dibandingkan dengan merk lainnya, harga Sorghum Beras Kupas Merah memang cenderung lebih mahal, sekitar 40 ribuan rupiah untuk kemasan 1 kg.

8. Lingkar Organik Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Lingkar Organik Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk Lingkar Organik Beras Merah
Nama ProdukLingkar Organik Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bahan baku untuk merk beras merah dari Lingkar Organik ini berasal dari petani lokal yang membudidayakan padinya secara organik, tanpa memakai pestisida dan pupuk sintetis. Ada cukup banyak manfaat mengonsumsi beras merah ini, di antaranya mengontrol kadar gula darah, mengurangi kolesterol, dan membantu menangkal radikal bebas. Lingkar Organik Beras Merah bisa mudah ditemukan di e-commerce dan harganya 23 ribuan rupiah per 1 kg.

9. MD ORGANIC Red Rice Pecah Kulit 2KG

Beras Merah Kemasan Bagus Merk MD ORGANIC Red Rice Pecah Kulit
Beras Merah Kemasan Merk MD ORGANIC Red Rice Pecah Kulit
Nama ProdukMD ORGANIC Red Rice Pecah Kulit 2KG
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

MD Organic Red Rice Pecah Kulit hanya melalui satu kali proses penggilingan sehingga membuat kulit arinya masih menempel dan membuat tekstur nasinya lebih pera dibandingkan beras merah sosoh. Meski demikian, kandungan vitamin dan mineral dari beras merah kemasan ini 2-3 kali lebih banyak dibandingkan beras putih atau beras merah sosoh.

Selain kandungan seratnya cukup tinggi, beras merah kemasan MD Organic Rice ini juga mengandung tiamin (vitamin BI) dan zat besi yang cukup tinggi, jadi bisa diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas sebagai MPASI. Untuk harganya, MD Organic Red Rice Pecah kulit dijual sekitar 60 ribuan rupiah per 2 kg.

10. Caping Emas Beras Merah

Beras Merah Kemasan Bagus Merk Caping Emas Beras Merah
Beras Merah Kemasan Merk Caping Emas Beras Merah
Nama ProdukCaping Emas Beras Merah
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Caping Emas Beras Merah berasal dari petani Indonesia dan diproses tanpa tambahan pewarna, pengawet, maupun pewangi. Merk beras merah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, misalnya serat kasar, asam lemak esensial, vitamin B kompleks, dan mineral, terutama pada bagian kulit arinya.

Salah satu kekurangan dari beras merah kemasan pecah kulit, seperti Caping Emas Beras Merah ini adalah tekstur nasi yang dihasilkan cukup keras. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti menyimpan beras merah di dalam kulkas, rendam beras di dalam air selama sekitar 30 menit sebelum dimasak, dan tutup dulu panci atau rice cooker selama sekitar 10 menit agar uap airnya terserap nasi sehingga membuat nasi lebih mengembang. Caping Emas Beras Merah bisa dibeli secara online dan harganya cukup murah, 16 ribuan rupiah.

Berbagai Kreasi Olahan Beras Merah

Bukan hanya ditanak, beras merah kemasan sebenarnya juga bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Di bawah ini terdapat beberapa resep olahan beras merah yang lezat dan bergizi.

Nasi merah bakar isi ayam

Bahan-bahan:

  • 400 gram fillet dada ayam atau ikan
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 buah jeruk limau sebagai perasan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 100 gram wortel parut
  • 200 gram daun kemangi
  • 600 gram nasi merah
  • Daun pisang
  • Lidi

Bahan bumbu halus:

  • 8 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 8 buah bawang merah
  • 4 sdt garam
  • 1 sdt terasi bakar
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara memasak:

  1. Kukus daging ayam atau hingga matang, angkat, suwir-suwir, lalu sisihkan.
  2. Panaskan minyak zaitun, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, air jeruk limau, lengkuas, dan jahe hingga harum, aduk-aduk.
  3. Masukkan ayam kukus, wortel, dan nasi sambil diaduk.
  4. Masukkan daun kemangi, tunggu sampai matang, dan angkat. Bagi nasi tersebut menjadi 6 bagian dengan porsi yang sama.
  5. Siapkan selembar daun pisang, letakkan satu porsi nasi, gulung hingga membentuk silinder, lalu sematkan kedua ujungnya dengan lidi. Ulangi langkah ini sampai semua nasi terbungkus.
  6. Panggang di atas bara api hingga matang, angkat, lalu sajikan.

Bubur daging beras merah

Bahan-Bahan:

  • 50 gram beras merah
  • 100 gram daging cincang
  • 450 ml air
  • 1 buah tomat dicincang
  • 50 gram wortel
  • 50 gram bayam merah
  • 1 sendok seledri cincang
  • 1/2 sendok keju parut

Cara memasak:

  1. Rebus beras merah dengan air hingga mengembang, lalu masukkan gilingan daging dan tomat. Biarkan hingga mendidih.
  2. Tambahkan bayam, wortel, keju dan seledri ke dalamnya, aduk hingga rata.
  3. Sajikan ketika hangat untuk sarapan.

Kesimpulan

Beras merah memiliki indeks glikemik dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, sehingga sering dipilih sebagai beras untuk diet maupun penderita diabetes. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai rekomendasi merk beras merah yang bagus, serta beberapa ide olahan beras merah yang lezat dan bergizi.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */