CEKLIST.ID – Cokelat adalah kudapan manis yang disukai banyak orang. Jika dikonsumsi dengan memperhatikan kandungannya, cokelat bisa membawa manfaat pada kesehatan, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, penting bagi Anda memperhatikan bahan baku selain rasa dari sebuah produk cokelat yang Anda konsumsi. Jenis cokelat juga beragam diantaranya cokelat jenis batangan dengan ukuran yang agak besar dan juga cokelat dengan merek dan ukuran yang sedang.

Pada tulisan kali ini, akan kami ajak Anda melihat produk cokelat terbaik dari merek-merek lokal hingga internasional. Setiap produk cokelat mengantongi karakteristik yang beragam, mulai dari asal biji cokelat, proporsi bahan tambahan, dan cara produksinya. Untuk itu, simaklah dulu panduan memilih cokelat yang juga kami ulas di artikel ini.

Cara memilih coklat yang enak

Cokelat Terenak dan Terbaik di Dunia
Gambar Ilustrasi Cokelat / Amazon

Bagi sebagian orang, cokelat bukan sebatas makanan, tetapi dapat dijadikan simbol kebahagiaan. Apa pun alasan Anda mengonsumsi cokelat, penting kiranya untuk selalu memperhatikan kualitas cokelat yang Anda beli. Apabila selama ini Anda membeli berdasarkan merek saja, sebaiknya Anda ubah kebiasaan tersebut.

Di bawah ini, kami bantu jelaskan poin-poin yang sebaiknya mulai Anda perhatikan ketika membeli cokelat. Tentunya, Anda tidak ingin asal memakan cokelat yang membawa dampak buruk bagi kesehatan, bukan? Karena itulah, baca terus artikel ini hingga akhir!

1. Perhatikan lokasi asal biji cokelat yang digunakan

Biji cokelat adalah komponen utama pada produk cokelat kemasan. Di Indonesia, daerah seperti Bali dan Flores banyak mendistribusikan biji cokelat dengan kualitas yang cukup baik. Meski demikian, saat ini masih banyak ditemui produk cokelat merek impor yang umumnya biji cokelat diperoleh dari Pantai Gading, Afrika Barat.

Apabila Anda mengutamakan rasa, maka daerah asal biji cokelat yang digunakan penting diketahui. Selain itu, ukuran rasa juga dipengaruhi oleh tambahan susu atau gula yang dicampurkan. Di pihak lain, Anda sebaiknya memahami pula bedanya biji cokelat mentah dan kokoa.

Biji cokelat mentah atau kakao adalah biji dasar cokelat yang tidak melewati proses pemanasan sehingga nutrisinya terjaga. Sementara kokoa merujuk pada biji cokelat yang telah mendapatkan perlakuan roasting yang kemudian berubah wujud menjadi bubuk.

2. Untuk rasa manis yang minim, pilihlah dengan kakao di atas 70%

Pada umumnya, snack cokelat hanya mengandung 30% kakao atau kurang. Rasa manis yang lebih dominan pada kudapan cokelat menjadikannya nikmat di mulut, tetapi tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan. Di sisi lain, cokelat dalam bentuk bubuk yang tidak ditambahkan banyak zat aditif mengantongi kadar 30 – 40%.

Sementara itu, cokelat dengan kandungan kakao 70% – 80% juga bisa ditemui. Sebagai akibat dari persentase kakao yang tinggi, maka cita rasa cokelat lebih pahit karena minimnya kadar gula yang ditambahkan. Bagi Anda yang mengutamakan kesehatan atau tidak menyukai rasa pahit, pilihlah cokelat dengan kadar kakao yang persentasenya mencapai 70%.

3. Adanya lemak nabati memengaruhi tekstur dan penggunaan

Kebanyakan cokelat siap konsumsi dalam berbagai bentuk kemasan telah ditambahkan minyak nabati sehingga teksturnya lembut saat dimakan. Jenis cokelat semacam ini lebih tahan lama selama kemasan belum dibuka. Kemudian, untuk cokelat yang tidak menggunakan minyak nabati karakteristiknya lebih mudah mencair.

Apabila Anda mencari cokelat yang dapat dipakai sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan kue, cokelat yang tanpa tambahan minyak nabati lebih tepat dipilih. Kemudahannya mencair membuat cokelat lebih cepat merata dan menyatu ke dalam adonan.

4. Perhatikan jumlah kalori, zat aditif, dan harganya

Dewasa ini, gaya hidup sehat yang terus dipromosikan telah menggugah banyak orang untuk memperhatikan asupan makanan. Apabila Anda ingin kesehatannya terus terjaga, pilihlah cokelat yang rendah kalori. Meski umumnya cokelat rendah kalori bercita rasa tidak begitu manis, namun dari segi kesehatan lebih unggul.

Selain melihat jumlah kalori yang tertera pada kolom komposisi pada kemasan, perhatikan juga cokelat bahan lainnya semisal pemanis atau pewarna buatan dan sebisa mungkin hindarilah. Untuk terakhir, harga adalah poin yang tak boleh dilewatkan. Pilihlah harga yang pas, karena ada variasi harga dari yang murah sampai termahal tergantung dari bentuk dan ukuran. Agar Anda bisa menyantap cokelat secara berkelanjutan, pilihlah cokelat yang biji cokelatnya berasal dari dalam negeri.

Namun, ketika Anda ingin membelikan cokelat sebagai bingkisan atau hadiah kepada orang tersayang, tidak ada salahnya sesekali membeli cokelat merek impor yang biji cokelatnya tentu berasal dari luar negeri juga. Meski begitu, Anda kami sarankan memberi kesempatan bagi cokelat lokal untuk mulai dikenal banyak orang sebab rasanya juga tak kalah enak!

10 Cokelat Terenak & Terbaik (Terbaru 2020)

Peredaran hasil olahan biji cokelat sudah meluas hingga ke banyak pelosok negeri, termasuk Indonesia. Anda mungkin sudah tidak asing dengan beberapa merek impor. Akan tetapi, bagaimana dengan produk lokal? Untuk itulah, di bagian ini ceklist.id rekomendasikan juga sepuluh pilihan cokelat terenak yang berasal dari brand mancanegara ataupun dalam negeri yang harganya lebih terjangkau. Selamat memilih!

1. Toblerone Dark Chocolate

Toblerone Dark Chocolate
Toblerone Dark Chocolate

Toblerone mempunyai koleksi cokelat nikmat yang dapat Anda pilih sesuai selera. Akan tetapi, satu varian yang wajib dicoba adalah Toblerone Dark Chocolate. Varian ini menggunakan kakao dengan persentase cukup banyak sehingga rasa pahitnya terasa agak dominan.

Namun, Anda yang tidak menyukai cokelat pahit pun tetap bisa mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan Toblerone telah menambahkan milk fat dan madu untuk menekan rasa pahit. Di samping itu, adanya cokelat almond yang berpadu ke dalamnya semakin meningkatkan kualitas rasa darinya!

2. The Belgian Dark Chocolate Bar 85%

The Belgian Dark Chocolate Bar 85%
The Belgian Dark Chocolate Bar 85%

The Belgian Dark Chocolate Bar 85% adalah lembar cokelat yang berasal dari biji cokelat hitam dengan kadar kakao mencapai 85%. Rasanya tentu lebih pahit jika dibandingkan produk cokelat kemasan lainnya. Tetapi, bukankah cokelat yang pahit dinilai lebih baik untuk kesehatan? Begitu pun pada produk ini.

Selain itu, cokelat ini mempunyai aroma kuat yang tidak dihasilkan oleh campuran alkohol. Umumnya, alkohol dimanfaatkan sebagai penguat aroma. Namun, pada seri cokelat keluaran The Belgian ini, Anda takkan menemukan alkohol di dalamnya. Sangat baik juga untuk menjaga aliran darah dan elastisitas kulit!

3. Krakakoa Flavoured Milk Chocolate – Creamy Coffee

Krakakoa Flavoured Milk Chocolate - Creamy Coffee
Krakakoa Flavoured Milk Chocolate – Creamy Coffee

Setelah melihat dua produk cokelat non-lokal, dalam poin ini Anda kami ajak berkenalan dengan cokelat produksi lokal. Krakakoa mengemas cokelat ini dengan kardus bermotifkan batik khas Indonesia. Biji cokelat yang berasal dari Indonesia menjamin rasa dan kualitas unggul.

Pada produk ini, Krakakoa menggunakan kakao dengan persentase kandungan 40% sehingga tergolong sebagai cokelat pahit. Untuk memperkaya aroma, produk ini dipadukan dengan aroma biji kopi Robusta dan Arabika sehingga Anda akan memperoleh cita rasa cokelat dan kopi yang menyatu.

4. Ritter Sport Alpine Milk Chocolate

Ritter Sport Alpine Milk Chocolate
Ritter Sport Alpine Milk Chocolate

Telah beredar lama hingga ke banyak negara, Ritter Sport Alpine Milk Chocolate kini bisa Anda nikmati tanpa harus memesannya dari produsen asalnya di Jerman. Cokelat berikut mengombinasikan 30% biji kopi pilihan dari Ghana dengan susu sapi dari pegunungan Alpen hingga persentase 100%.

Proses pembuatan yang unik membuatnya mampu memiliki rasa karamel dan madu yang lezat. Setiap orang yang baru pertama mencicipnya dijamin langsung suka! Belum lagi dari segi tekstur cokelat yang lembut dan creamy, Anda bakal jatuh hati pada pengalaman pertama ketika cokelatnya lumer di mulut seketika!

5. Cavalier Tablet Milk Hazelnuts

Cavalier Tablet Milk Hazelnuts
Cavalier Tablet Milk Hazelnuts

Apabila Anda tidak bisa lepas dengan cokelat dalam kesehariannya, maka prioritaskanlah produk cokelat yang rendah kalori dan gula. Produk keluaran Cavalier berikut dapat menjadi pilihan tepat. Dibuat tanpa menambahkan gula, sangat cocok untuk Anda yang sekaligus ingin mengontrol asupan gula harian.

Kehadiran rasa manis pada cokelat ini berasal dari campuran susu cokelat yang manisnya pun standar. Pada setiap gigitnya terdapat serpihan kacang hazelnut yang renyah. Cokelat ini sangat cocok Anda santap sebagai camilan sebagai teman untuk menikmati sore atau malam hari!

6. Whittakers 72% Cocoa Dark Ghana Block

Whittakers 72% Cocoa Dark Ghana Block
Whittakers 72% Cocoa Dark Ghana Block

Menggunakan biji cokelat pilihan asal Ghana, Whittakers mengklaim produk ini dapat membangkitkan kebahagiaan. Komposisi dasar berupa biji cokelatnya diproduksi melalui teknik pemanasan khusus yang menghasilkan cita rasa cokelat tak kalah enak dari produk cokelat buatan Eropa.

Kadar kakao mencapai 72% yang digunakan ikut menambah nilai lebih dari segi kesehatan. Saat mengaonsumsi cokelat ini, dikatakan bahwasanya kadar bahagia seseorang akan meningkat. Dengan kata lain, Anda bisa meredam kepenatan dengan menyantap cokelat ini.

7. Cadbury Dairy Milk

Cadbury Dairy Milk
Cadbury Dairy Milk

Cadbury Dairy Milk tentu saja sangat dikenal masyarakat Indonesia. Kemasan ungu yang khas membuat setiap orang lantas mengenalinya di rak-rak supermarket ataupun minimarket. Bagi Anda yang ingin menikmati cokelat bercita rasa manis belilah produk ini.

Sudah diproduksi sejak lama dan bertahan hingga sekarang, membuktikan kalau banyak orang yang masih jatuh hati dengan cita rasanya yang klasik dan bikin ketagihan. Bila Anda ingin menyiapkan kejutan ulangtahun yang praktis, belikan saja cokelat ini, dijamin dirinya akan menyukai pemberian Anda!

8. Hershey’s Kisses Special Dark Mildly Sweet Chocolate

Hersheys Kisses Special Dark Mildly Sweet Chocolate
Hersheys Kisses Special Dark Mildly Sweet Chocolate

Hershey’s adalah brand cokelat premium yang tentu saja memiliki ciri khas tersendiri. Pada varian Kisses Special Dark Midly Sweet Chocolate, kemasan ungu pekat dengan ukuran yang mini menjadikannya menarik dan cocok dijaikan camilan ketika santai atau berkumpul dengan teman maupun keluarga.

Meski kandungan kakaonya hanya 15-35%, Hershey’s mengklaim cokelat ini dapat meningkatkan konsentrasi dan kebahagiaan. Apabila Anda ingin bekerja tanpa diganggu penurunan mood, konsumsilah cokelat ini di sela-sela pekerjaan atau saat jam istirahat.

9. Chocolate Monggo Milk

Chocolate Monggo Milk
Chocolate Monggo Milk

Cokelat Monggo termasuk merek lokal yang cukup dikenal masyarakat. Pendistribusiannya kini telah lintas pulau sebab banyak orang yang membelinya sebagai buah tangan. Tidak sedikit juga wisatawan asing yang membawa Chocolate Monggo Milk ke negara asalnya, lho!

Terbuat dari biji cokelat yang diperoleh dari dataran Jawa, Sulawesi, dan Sumatera, cokelat ini merepresentasikan kekayaan dalam negeri. Produsen menerapkan kakao sebanyak 41% ke pada proses produksinya. Menggunakan lemak nabati dari biji-bijian, cokelat ini lembut di mulut bahkan di gigitan pertama!

10. Lindt Excellence 70%

Lindt Excellence 70%
Lindt Excellence 70%

Rasa pahit akibat penggunaan kakao sebanyak 70% dari cokelat ini diminimalisir dengan rasa manis dari vanila. Sentuhan wangi buah dan bunga yang diikutsertakan memberikan aroma lembut yang bakal Anda sukai. Produk cokelat asal Swiss ini menggunkan dark chocolate asal Amerika Selatan, Ghana, dan Karibia.

Termasuk cokelat berkelas, produk ini banyak digunakan oleh kalangan menengah sebagai teman santap sembari menikmati waktu santai. Anda bisa memakannya bersama segelas teh di sore hari dan buatlah diri Anda rileks bahagia pada setiap gigitannya. Ingin menjadikannya dessert? Bisa juga!

Rekomendasi Lainnya : 10 Keju Mozarella Terbaik

KESIMPULAN

Cokelat bukan hanya nikmat sebagai santapan dalam bentuk padat. Apabila Anda ingin memanjakan diri setelah aktivitas padat harian, seduhlah cokelat dalam bentuk bubuk yang kini juga banyak ditemui produk cokelat bubuk di pasaran. Bagaimana pun cara Anda menikmati cokelat, tetaplah utamakan produk yang rendah kalori dan gula agar tidak memicu penurunan kondisi kesehatan.

Write A Comment

/* */