CEKLIST.ID – Bagi Anda yang sibuk namun tidak ingin kelewatan meneguk secangkir kopi, Anda bisa tetap menikmati kopi instan yang dikemas dalam bentuk jar atau sachet. Di Indonesia, sangat mudah menemukan kopi instan. Berbagai merek, seperti Torabika, Kapal Api, Indocafe, dan sebagainya memproduksi berbagai jenis produk kopi instan

Bicara kopi, tentu rasa dan aroma menjadi aspek utama yang memengaruhi kenikmatan. Itulah mengapa, saat membeli kopi instan, Anda harus mengetahui bagaimana karakteristik rasa dan aroma yang dimiliki oleh masing-masing kemasan kopi instan. Kami akan ajak Anda melihat lebih dalam tentang kopi instan ini, mulai cara memilih hingga rekomendasi produk terbaiknya.

Kopi Instan Terbaik
Gambar Ilustrasi Kopi

Cara memilih kopi instan terbaik

Beberapa pertimbangan dalam memilih kopi antara lain rasa, aroma, jenis biji kopi yang digunakan, dan metode pembuatannya, penting diperhatikan. Meski pada kopi instan akan sulit mengetahui jenis biji kopi yang dipilih, tidak ada salahnya juga mengetahui informasi ini, bukan? Jadi, jangan dilewatkan, ya!

1. Pertama-tama, kenali dulu kelebihan dari masing-masing kemasan kopi

Kopi instan biasanya dikemas dalam sachet plastik atau jar/stoples berupa kaleng kecil. Kemasan sachet dapat dijangkau lebih mudah, biasanya warung-warung yang menjual bahan pokok kebutuhan konsumsi rumah tangga juga menjual kopi instan bubuk dalam kemasan sachet. Jenis kemasan ini praktis dibawa semisal ingin bepergian atau menyeduhnya di kantor. Namun, apabila dalam sehari Anda meminum kopi lebih dari 2 cangkir, sebaiknya Anda pilih kopi instan kemasan jar/kaleng.

Kemasan jar/kaleng mungkin sedikit merepotkan karena Anda harus mengatur takarannya sendiri. Namun, berkat hal tersebut pula, Anda bisa atur sendiri kepekatannya. Di samping itu, kopi instan kemasan jar/kaleng juga dinilai lebih hemat mudah disimpan dalam kulkas untuk menjaga kualitasnya.

Meski demikian, kemasan jar/kaleng ini membuat bubuk kopi di dalamnya rentan terkena paparan udara sehingga menurunkan cita rasa dan aroma yang dimilikinya. Jadi, sebaiknya Anda membeli kopi berkemasan jar/kaleng sesuai dengan frekuensi Anda meminum kopi.

2. Periksa level kekuatan rasa berdasarkan metode pemanggangannya

Rasa dari bubuk kopi yang telah diseduh tentu berbeda antara satu dengan yang lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh level pemanggangan. Umumnya, terdapat 8 tingkat pemanggangan kopi, mulai dari light roast hingga dark roast. Kopi yang dipanggang pada level light roast mempunyai karakteristik rasa agak asam dan tidak terlalu kencang kepahitannya.

Beda dengan kopi dark roast, karakteristik dari kopi ini tidak terlalu asam, tetapi rasa pahitnya lebih kencang. Jika Anda memilih kopi instan, biasanya biji kopi yang digunakan adalah biji kopi yang di-blend sehingga yang memengaruhi rasanya adalah level pemanggangan biji kopi, bukan asal biji kopi yang dipakai.

3. Pahami juga bagaimana proses produksi untuk peroleh bubuk kopi

Pabrikan kopi biasanya menerapkan teknik spray drying dan freeze drying dalam memproduksi kopi instan. Kedua teknik ini memberikan hasil akhir berupa bentuk, rasa, dan aroma yang berbeda. Bukan itu saja, harga yang dibandrol untuk setiap metode produksinya berbeda.

Metode spray drying paling banyak dipilih produsen kopi instan karena memungkinkan proses produksi dalam skala besar. Cara pengolahannya ialah dengan mengeringkan konsentrat kopi cair dengan cepat pada suhu tinggi. Meski serbuk biji kopi yang dihasilkan halus dan mudah larut bahkan dengan air dingin, kopi instan hasil spray drying memiliki aroma yang mudah menguap. Namun, metode ini dapat menekan biaya produksi sehingga harga jualnya pun ekonomis.

Sebaliknya, metode pengolahan kopi berupa freeze drying kerap dipakai untuk hasilkan produk-produk dengan harga relatif mahal. Hal ini dikarenakan proses produksinya yang memakan waktu serta tenaga lebih banyak. Freeze drying memulai proses pengolahan dengan membekukan biji kopi pada suhu di bawah -40oC, lalu dihancurkan dan di-vacuum di ruang hampa udara hingga kering.

4. Perhatikan jenis biji kopi yang biasa digunakan

Biji kopi adalah unsur utama yang memuat beragam karakteristik dari setiap seduhan kopi, termasuk kopi instan. Umumnya, biji kopi dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu biji kopi arabika dan robusta. Hanya saja, pada kemasan kopi instan sachet biasanya tidak tercantum jenis biji kopi yang digunakan. Namun, tidak ada salahnya Anda mengenali karakteristik dari setiap biji kopi ini.

Kopi arabka adalah biji kopi yang ditanam di ketinggian 1.000-2.000 mdpl pada lokasi tropis. Jenis biji kopi ini kaya rasa dan aroma serta tingkat keasamannya kuat sehingga biasa diminum tanpa campuran. Berbeda dengan kopi robusta yang dibudidaya pada ketinggian 300-1.000 mdpl. Rasa yang dimiliki unik dan pahitnya cukup kuat sehingga lebih sering dijadikan kopi blend.

10 Rekomendasi kopi instan terbaik

Sesampainya di bagian ini, tentu Anda sudah mendapat banyak informasi terkait kopi instan. Selanjutnya, ceklist telah memilih sepuluh merek kopi instan dengan predikat terbaik yang selanjutnya menunggu untuk Anda pilih. Silakan beli yang paling Anda sukai berdasarkan preferensi sendiri. Selamat menentukan!

1. Good Day White Cappuccino

Good Day White Cappuccino
Good Day White Cappuccino

Good Day adalah merek kopi instan yang terkenal di Indonesia. Produk besutan Santos Jaya Abadi ini hadir dalam berbagai varian, salah satunya White Cappucino yang tingkat keasamannya rendah. Jika Anda ingin meneguk kopi tanpa membuat perut kembung atau sakit, pilihlah kopi ini.

Good Day White Cappucino bukan hanya menyediakan bubuk kopi seduh biasa, tetapi juga coklat granula sebagai topping. Jika ditaburi bubuk granula, kenikmatan kopi bisa meningkat dua kali lipat. Karena harga yang terjangkau, Anda bisa minum kopi ini lebih dari 1 cangkir per hari.

2. Torabika Cappuccino

Torabika Cappuccino
Torabika Cappuccino

Torabika juga menjadi produsen kopi kenamaan di tanah air. Salah satu koleksi kopi instan terbaik darinya adalah Torabika Cappucino. Menurut sebagian orang, kopi cappucino yang dimiliki mirip sekali karakteristik rasa dan aromanya seperti kopi di coffee shop.

Tersedia krimer spesial yang lembut dan tak lupa, bubuk coklat granula untuk taburan akhir bakal menghiasi permukaan kopi seduhan Anda. Produk ini diolah bersama teknologi modern dengan memilih biji kopi terbaik. Komposisi yang ideal ikut berkontribusi ciptakan aroma yang nikmat.

3. JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte

JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte
JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte

Apabila Anda ingin menjajal rasa dari kopi tubrik yang kaya rasa, JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte dapat dijadikan alternatif. Produk yang tersusun dari biji kopi pilihan ini dicampurkan dengan susu dan kayu manis sehingga rasa yang dimilikinya pun beragam.

Dalam satu kantongnya, Anda akan mendapatkan 14 sachet kopi instan dengan desain kemasan yang menarik dan penuh warna. Dengan harga yang cukup terjangkau dan berkat  tampilan kemasan yang colorful, Anda bisa pula membelikan kopi ini pada kerabat sebagai hadiah.

4. Nescafé Gold Decaffeinated

Nescafé Gold Decaffeinated
Nescafé Gold Decaffeinated

Kopi dari Nescafe ini cocok untuk Anda yang ingin membatasi konsumsi kafein. Proses pengolahan biji kopi melalui metode freeze drying telah diformulasikan agar kafein di dalamny berkurang. Tanpa menambahkan bahan-bahan kimia, kualitas kopi ini tetap terkontrol baik.

Nescafe Gold Decaffeinated mungkin agak sulit dijumpai di pasaran, tetapi begitu mudah semisal Anda membelinya di toko online. Disebutkan bahwa biji kopi yang digunakan adalah campuran arabika dan robusta sehingga cita rasanya pun sangat berkarakter.

5. Esprecielo Artisan Java Brown Coffee

Esprecielo Artisan Java Brown Coffee
Esprecielo Artisan Java Brown Coffee

Esprecielo cukup disenangi sebagian masyarakat Indonesia karena berupaya menghadirkan cita rasa kopi dengan sentuhan nusantara melalui varian ini. Anda belum pernah mencobanya? Ini dia, Artisan Java Brown Coffee, kopi bubuk instan yang dipadukan dengan gula aren.

Biji kopi arabika blend dari Jawa yang digunakannya bercampur dengan gula aren serta susu bertekstur lembut sehingga rasanya pun bisa ditoleransi oleh siapa pun orang, termasuk yang jarang meminum kopi. Bagi Anda yang tertarik mencoba kopi bercita rasa khas daerah, jangan lewatkan yang satu ini!

6. Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin

Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin
Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin

Anda dapat menyimpan kopi lebih lama dan menyeduhnya setiap kali Anda mau bila memilih kopi ini. Pasalnya, Kapal Api mendesain kopi instan dalam kemasan jar yang tidak mudah teroksidasi. Bubuk kopi yang dimiliki didapat dari biji luwak di perkebunan Toraja.

Dicampur dengan kopi arabika, sudah pasti kekhasan rasa menjadi daya tarik yang diberikan oleh kopi ini. Bagi penyuka kopi luwak, Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin ini wajib dicoba. Penyeduhannya pun praktis karena bubuk kopinya mudah larut.

7. Old Town White Coffee 3 in 1 Hazelnut

Old Town White Coffee 3 in 1 Hazelnut
Old Town White Coffee 3 in 1 Hazelnut

Apabila Anda bosan dengan rasa cappucino pada kopi, cobalah kopi instan persembahan Old Town ini. Aroma dan rasa hazelnut yang diberikan bakal membuat Anda ketagihan. Tergolong white coffee, rasa asam yang dikeluarkan tergolong rendah.

Kopi ini begitu creamy di mulut dengan sentuhan rasa nutty yang unik dan menggoda. Meski nama produk ini lebih terkenal di Malaysia, Old Town tetap mendistribusikannya ke negara Asia Tenggara lain. Jadi, di Indonesia pun tidak sulit untuk mendapatkannya.

8. Indocafé Coffeemix 3 in 1

Indocafé Coffeemix 3 in 1
Indocafé Coffeemix 3 in 1

Untuk kopi instan yang satu ini pasti sudah familiar bagi Anda. Indocafe Coffeemix 3 in 1 merupakan kopi yang diperoleh dari campuran kopi Mandailing asal Sumatera dengan tambahan gula dan non-dairy creamer. Kombinasi tersebut menghasilkan aroma khas kopi Mandailing dengan tekstur halus.

Jika Anda bosan menyeduh kopi dalam keadaan hangat, kopi ini bisa pula diseduh dengan air dingin semisal Anda ingin jadikan es kopi. Dengan kata lain, penyajiannya pun fleksibel, baik dengan air hangat ataupun air dingin, bubuk kopi di dalamnya gampang larut dengan air.

9. Nescafé 3 in 1 Original

Nescafé 3 in 1 Original
Nescafé 3 in 1 Original

Nescafe 3 in 1 Original menawarkan cita rasa yang manis lembut melalui komposisi kopi, gula, dan creamy milk-nya. Sebaiknya tidak konsumsi kopi instan ini secara berlebihan untuk hindari perakumulasian gula berlebih di dalam tubuh.

Bicara kemasannya, Nescafe varian ini juga hadir dalam kemasan sachet berbentuk sticks yang mudah Anda bawa ke mana-mana. Bubuk kopi di dalamnya diperoleh dari biji kopi robusta pilihan sehingga mempunyai rasa dan aroma yang cukup pekat.

10. Esprecielo Caramel Macchiato

Esprecielo Caramel Macchiato
Esprecielo Caramel Macchiato

Kopi terakhir yang kami rekomendasikan ini dapat menemani sore atau malam hari Anda ditemani buku bacaan favorit Anda. Rasa kopinya begitu nikmat meski telah dicampur dengan karamel. Pasalnya, Esprecielo hanya menggunakan biji kopi terbaik.

Bagi penyuka caramel macchiato, wajib hukumnya mencoba kopi yang terbuat dari espressio ini. Campuran susu juga bakal menambah variasi rasa pada segelas kopi yang tersuguh di meja. Dengan takaran yang pas pada setiap sachet-nya, penyeduhan pun semakin mudah.

Rekomendasi Lainnya : 10 Cokelat Terenak

Kesimpulan

Meminum kopi instan sama dengan menstimulasi tubuh dengan kafein. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak kopi yang kandungan kafeinnya dikurangi. Apabila Anda ingin membatasi konsumsi kafein tanpa mengurangi gelas kopi harian, Anda dapat memilih kopi yang rendah kafein.

Write A Comment

/* */