CEKLIST.ID – Sosis atau sausage adalah olahan daging yang dibuat dari banyak sumber daging, seperti daging sapi, domba, kalkun, ikan, dan daging babi. Orang Indonesia sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Di Indonesia sendiri, lebih banyak beredar sosis berjenis bockwurst dan knockwurst yang berasal dari Jerman. Ciri khas dari  sosis ini berbeda-beda, namun daging yang digunakan umumnya daging sapi, domba, dan kalkun.

Jika Anda ingin menyantap sosis, pastikan Anda memilih berdasarkan selera. Cara memakan sosis juga ada yang secara instan atau perlu diolah terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan selera Anda, apakah ingin menyantap sosis satu kali makan atau untuk beberapa hari. Di bawah ini, kami akan jelaskan secara detail cara memilih sosis, dilanjut perkenalan sepuluh produk sosis terbaik dari berbagai merek.

Sosis Terbaik
Gambar Ilustrasi Sosis / AzureEdge

Cara memilih sosis yang enak

Sosis adalah panganan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Baik diolah dengan cara diasap, diasinkan, atau direbus, pastikan Anda memilih sosis dengan memperhatikan kualitas tekstur dan rasa. Kedua aspek ini dapat dipengaruhi oleh jenis dan cara pengolahan daging. Ada acuan tersendiri yang memudahkan Anda dalam memilih sosis berkualitas. Ikuti bagian ini secara saksama agar temukan sosis yang bermutu.

1. Pilihlah jenis sosis yang beredar sesuai dengan selera Anda

Jika melihat bentuk fisik, tentu akan sulit membedakan antara satu produk sosis dengan sosis yang lain. Tetapi tahukah Anda, di pasaran saat ini beredar banyak macam sosis. Seperti sosis wiener, sosis frankurter, ataupun sosis chorizo. Pilihlah jenis sosis berdasarkan selera dan bagaimana Anda akan memakan sosis tersebut.

Sosis wiener umum dijadikan lauk karena memiliki ketebalan hingga 20 mm dan cita rasa smoky dari sosis ini lebih nikmat disantap bersama makanan berat lain. Jenis sosis lain, yaitu sosis frankurter merupakan sosis asal Jerman yang dapat pula dinikmati sebagai lauk, namun teksturnya lebih tebal sehingga cocok juga dimakan sebagai barbeque. Untuk sosis chorizo yang berasal dari Meksiko mempunyai karakteristik rasa lebih pedas karena telah dibumbui rempah, paprika, dan cabai.

2. Lebih aman dan mudah memilih sosis dengan label BPOM

Sosis digolongkan sebagai bahan pangan dengan risiko tinggi karena berasal dari daging. Proses pengolahan dan penyimpanan yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan daging terkontaminasi bakteri. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan sosis yang dipilih telah teruji keamanannya. Dalam hal ini, Anda bisa mengacu pada keterangan BPOM pada label kemasan setiap produk.

Produk yang telah mengantongi label BPOM tentu memberi ketenangan bagi Anda karena mengetahui produk tersebut lolos uji kualitas. Apabila produk yang Anda pilih merupakan produk impor, periksa juga kemasannya dan pastikan terdapat label ML (Makanan Luar) yang menandakan produk tersebut diimpor secara legal.

3. Periksa BTP (bahan tambahan pangan) yang digunakan

Bila Anda ingin membeli produk yang dijual bebas, seperti sosis hasil produksi rumahan, pastikan produk tersebut tidak mengandung zat aditif yang berbahaya. Bahan-bahan seperti pengawet, penambah cita rasa, pewarna buatan, dan antbakteri termasuk BTP (bahan tambahan pangan) yang tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak.

BTP yang tergolong pengawet seperti asam sorbat atau natrium nitrit yang ditujukan sebagai bahan untuk mencegah pertumbuhan bakteri mungkin terkesan baik. Namun, kedua BTP ini sebenarnya berbahaya bagi kesehatan karena saat diolah, keduanya akan berubah menjadi komponen yang memicu kanker. Agar efek-efek buruk terhadap kesehatan dapat terminimalisir, sebaiknya Anda memilih sosis tanpa natrium nitrit, asam sorbat, dan phosphate.

4. Jika ingin tahan lama, pilihlah sosis beku berkemasan kedap udara

Umumnya, sosis mempunyai masa konsumsi yang sebentar ketika sudah dibuka kemasannya. Meskipun disimpan dalam kulkas, kadar air di dalam sosis bisa berkurang sehingga memengaruhi kualitas dan rasa yang dihasilkan. Bagi Anda yang menginginkan sosis untuk dimakan hingga beberapa hari, belilah sosis yang dikemas dalam kemasan kedap udara.

Saat ini banyak pula dijual sosis frozen atau yang sudah dalam keadaan beku. Jika dibungkus dengan kemasan kedap udara seperti plastik wrap, maka sosis bisa lebih tahan lama tatkala dimasukkan ke dalam freezer. Namun, agar cita rasa sosis tetap terjaga, ketika ingin mengolah atau memasaknya, biarkan es yang menyelimuti sosis mencair terlebih dahulu.

10 Rekomendasi merk sosis terbaik

1Setiap produsen menggunakan bumbu tambahan yang berbeda-beda, termasuk cara pengolahan dan jenis daging yang digunakan. Itulah mengapa setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam memilih sosis. Nah, berikut ini, ceklist perkenalkan 10 sosis terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan selera.

1. Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi

Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi
Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi

Sosis Lauk Mi Bakso Sapi dari Kimbo adalah varian lain yang tidak kalah populer dengan lini produk sosis lain darinya. Sosis ini sudah dalam keadaan matang sehingga dapat disantap langsung tanpa harus dimasak atau dihangatkan. Karena praktis, Anda bisa membawa sosis ini saat bepergian untuk mengganjal perut.

Seusai nama yang tercantum, sosis ini juga dapat dinikmati bersama mi kuah. Bahannya yang berasal dari daging sapi pilihan menjadikan rasa dari sosis ini menyatu sempurna dengan mie kuah yang Anda makan. Dalam satu kemasan sosis ini, terdiri 3 potong sosis dengan rasa bakso sapi yang menggoda.

2. Jinju Sosis Ikan Rasa Keju

Jinju Sosis Ikan Rasa Keju
Jinju Sosis Ikan Rasa Keju

Ingin menjajal rasa berbeda dari sebuah sosis? Produk dari Jinju ini kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak bermasalah dengan rasa asin. Sosis ini terbuat dari daging ikan asal Korea yang diproses dengan teknologi modern dengan memperhatikan kehigienitasannya.

Olahan daging inovatif ini juga dihadirkan dalam bentuk siap santap sehingga Anda tidak perlu repot memasaknya terlebih dahulu. Untuk dijadikan sarapan atau dimakan siang hari, produk ini dapat disimpan di suhu ruang. Kualitas rasa yang ditawarkan berpadu keju yang gurih, membuat Anda ketagihan!

3. Champ Beef Sausages Serbaguna (150 gr)

Champ Beef Sausages Serbaguna (150 gr)
Champ Beef Sausages Serbaguna (150 gr)

Pasti Anda sudah tidak asing dengan brand Champ. Berbagai olahan daging termasuk sosis begitu laris dan mudah ditemui di supermarket maupun minimarket. Kami menyarankan Anda membeli Champ Beef Sausages Serbaguna.

Diproses untuk menjaga tekstur sosis yang tebal dan lembut, produk ini bisa diolah dengan beragam cara, mulai digoreng, dipanggang, ditumis, atau bahkan dibuat sop. Berjenis frozen sausage membuat produk ini lebih tahan lama ketika disimpan di dalam freezer.

4. Magnuzz Sosis Ayam Siap Santap Rasa Rendang

Magnuzz Sosis Ayam Siap Santap Rasa Rendang
Magnuzz Sosis Ayam Siap Santap Rasa Rendang

Jika Anda ingin menyantap makanan bergizi di sela-sela kesibukan, Magnuzz Sosis Sapi Ayam Siap Santap ini bisa Anda simpan ke dalam tas. Dengan rasa rendang yang nikmat, lidah Anda tentu akan familiar dan ingin terus menyantapnya, lagi dan lagi!

Sosis ayam dari Magnuzz ini memiliki kemasan yang kedap udara sehingga tidak masalah meski Anda menyimpannya di luar dalam waktu cukup lama, asalkan selama berada di suhu ruang. Dengan sosis ini, Anda bisa menyantap makanan bule dengan cita rasa lokal khas Indonesia!

5. Kanzler Assorted Bratwurst

Kanzler Assorted Bratwurst
Kanzler Assorted Bratwurst

Apabila Anda ingin menjajal varian rasa sosis dalam satu kemasan, Anda dapat merasakan pengalaman tersebut dengan membeli sosis ini. Pada satu kemasan sosis Kanzler Assorted Bratwurst, terdapat 3 varian sosis, yaitu Euro Griller, Cheese Bratwurst, dan Chicken Bratwurst Coarse.

Menggunakan daging premium sebagai bahan baku pembuatannya, sosis ini dapat disantap semua kalangan. Selain itu, proses pengolahan yang tidak melibatkan bahan kimia dan MSG menajdikan sosis ini tetap gurih, kaya rasa berkat remah, serta aman.

6. Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy

Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy
Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy

Produsen sosis dalam negeri kian menjamur. Jika Anda ingin membeli sosis bermerek lokal yang tidak mengandung bahan kimia tambahan, kami rekomendasikan Anda sosis satu ini. Tidak memakai pengawet, MSG< perisa, maupun pengenyal buatan, kualitasnya tak perlu diragukan.

Selain tidak menggunakan bahan kimia buatan dalam komposisinya, Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy juga telah teruji oleh BBIA (Balai Besar Industri Agro) sehingga menjadikannya aman disajikan setiap hari untuk seluruh anggota keluarga.

7. Dhapur Frozen Beef Cocktail

Dhapur Frozen Beef Cocktail
Dhapur Frozen Beef Cocktail

Produk ini dapat tahan hingga beberapa hari saat disimpan di dalam freezer karena dikemas dalam kemasan kedap udara. Anda dapat membeli produk ini untuk disantap saat melakukan program diet. Kok bisa? Tentu saja sebab Dhapur Frozen Beef Cocktail termasuk sosis rendah karbohidrat.

Jadi, apabila Anda sedang melakukan diet ketogenic, menyantap sosis dengan paduan bumbu rempah yang lezat dan menggoyang lidah ini tidak akan membuat program diet Anda membosankan. Sosis ini juga bebas MSG dan pengawet sehinga Anda akan terhindar dari bahan berbahaya.

8. Kanzler Garlic Frankfurter

Kanzler Garlic Frankurter
Kanzler Garlic Frankurter

Kanzler Garlic Frankfurter menyampurkan daging ayam dan sapi dalam komposisinya sehingga memiliki rasa yang lebih khas. Pada proses pencetakannya, daging dan bumbu telah dicincang halus sehingga tekstur yang dihasilkan pun begitu lembut bagaikan meleleh di mulut.

Produk ini sangat tepat untuk Anda yang menyukai makanan gurih. Bumbu tambahan berupa bawang putih pada komposisinya menjadikan sosis ini bercita rasa gurih. Menyajikannya pun bisa beragam, mulai dipanggang atau dipanaskan dengan microwave dan sosis pun sudah siap santap.

9. Kanzler Beef Cocktail

Kanzler Beef Cocktail
Kanzler Beef Cocktail

Varian lain dari sosis Kanzler ini mempunyai ukuran besar dan panjang yang pas di mulut sehingga tidak membuat perut cepat kenyang. Itulah mengapa Kanzler Beef Cocktail lebih sering disajikan dalam acara-acara khusus, seperti pesta barbeque atau semacamnya.

Produk ini terbuat dari daging impor berkualitas premium. Dengan tambahan ekstra daging membuat sosis ini begitu identik dengan rasa daging yang lebih kuat. Kelezatan pun akan membuat lidah Anda tak ingin berhenti untuk menyantapnya.

10. Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1kg

Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1kg
Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1kg

Anda suka tidak sempat membuat sarapan di pagi hari karena waktu yang sempit untuk persiapan berangkat kerja? Dengan membeli sosis ini, Anda tetap bisa menyiapkan seluruh anggota keluarga makanan yang enak di pagi hari. Bernardi menciptakan produk sosis dalam kemasan 1 kg yang ekonomis.

Selain dijadikan teman sarapan, Anda bisa pula membawakan anak bekal sekolah hot dog atau nasi yang lauknya sosis ini. Jika disajikan bersama saus sambal dan mayones, rasa gurih yang berpadu pedas saus akan membuat keinginan makan terus tergugah.

Rekomendasi Lainnya : 10 Alat Pemanggang Makanan Terbaik

Kesimpulan

Tentu lebih praktis jika Anda bisa menyantap sosis langsung makan, apalagi saat ini sudah banyak produsen yang merilis produk sosis instan semacam itu. Akan tetapi, apabila Anda lebih memilih sosis untuk diolah sebelum dinikmati, kami sarankan agar Anda untuk tidak menggurat sosis, tetapi langsung dimasak dalam bentuk utuh.

Meski proses ini tidak direkomendasikan oleh produsen, aroma sosis akan lebih membangkitkan selera ketika dipanggang dengan sedikit minyak. Hasil panggangan pun berupa sosis dengna tekstur crispy di luar dan juicy di dalam. Jika Anda ingin mengolah dengan cara lain, Anda dapat membungkusnya dengan microwave untuk dihangatkan dengan microwave.

Write A Comment

/* */