CEKLIST.ID – Hidangkan makanan dengan cita rasa dan aroma lebih kuat dengan kecap ikan. Anda dapat memilh kecap ikan yang diproduksi oleh banyak negara, mulai dari Thailand dan Vietnam sebagai salah satu pelopornya, hingga mencicip kecap ikan dari negara-negara Asia lain, semisal Korea, Tiongkok, dan bahkan Indonesia.

Setiap negara memproduksi kecap ikan dengan karakteristik yang berbeda. Kami akan jelaskan terlebih dahulu mengenai kecap ikan dari Thailand dan Vietnam sebelum memilihnya. Setelah itu, Anda dapat memilih berdasarkan bahan dasar dan bahan tambahan yang digunakan. Barulah di akhir, Anda dapat membeli kecap ikan yang sesuai dengan selera.

Kecap Ikan Terbaik
Gambar Ilustrasi Kecap Ikan / NewIdeaFood

Cara memilih kecap ikan yang Bagus

Kabarnya, kecap asin pertama kali ditemukan atau tepatnya diproduksi si Thailand. Di Thailand, kecap ikan lebih dikenal dengan nam pla. Nam berarti air dan pla sendiri berarti ikan. Sedangkan di Vietnam kecap ikan disebut nuoc mam yang berarti sama.

Umumnya, kecap ikan terbuat dari bahan dasar ikan teri yang difermentasi. Akan tetapi, setiap produsen mempunyai cara tersendiri dalam mengolahnya, seperti kecap ikan dari Thailand yang terkenal lebih asin, sementara aroma ikan yang kuat dimiliki kecap ikan asal Vietnam. Untuk kecap ikan dari Indonesia tentu dibuat agar rasa dan aromanya akrab dengan lidah orang Indonesia.

Produk ini telah lama menjadi primadona hingga ke negara-negara Eropa. Di tanah Asia pun, tidak jarang restoran penyaji hidangan oriental yang memakai kecap ikan ini. Anda juga bisa memiliki kecap ikan sendiri pada menu favorit di rumah. Pastikan Anda gunakan produk yang rasanya pas di lidah, berikut ini panduan memilih kecap ikan untuk memudahkan Anda!

1. Periksa dulu negara asal pembuat kecap ikan

Sama seperti bahan penyedap lain, pada kecap ikan yang meskipun mulanya ditemukan di Thailand dan Vietnam dengan nama dan karakter yang berbeda, negara seperti Jepang, Korea, Tiongkok, dan Indonesia turut mengedarkan kecap ikan dengan ciri khas tersendiri.

Sebagai contoh, kecap ikan dari Korea menggunakan bahan dasar berupa ikan teri ataupun ikan sand lance. Dengan begitu, maka karakteristik asin serta aroma yang melekat pada kecap ikannya pun agak berbeda dengan kecap ikan dari ikan teri. Setiap kekuatan aroma menentukan pas atau tidaknya dengan lidah. Karena itu, pastikan Anda memilih kecap ikan yang cocok di lidah dengan mengamati negara produsennya.

2. 3Periksa juga bahan baku yang digunakan beserta bahan tambahannya

Pada umumnya, kecap ikan terbuat dari bahan dasar berupa ikan teri. Ikan teri yang dipilih kemudian difermentasi dengan bakteri tertentu selama setengah tahun hingga dua tahun, tergantung hasil yang diinginkan. Selama fase fermentasi, terjadilah hidrolisis atau pemecahan jaringan ikan oleh enzim sehingga protein yang keluar akan menghasilkan amino yang kaya rasa.

Walau selama ini kecap ikan tersusun dari bahan dasar ikan teri, beberapa produsen juga mengganti jenis ikan yang karakteristik susunannya mirip dengan ikan teri. Beberapa varian ikan, seperti makarel, salmon, dan bahkan cumi-cumi hingga landak laut digunakan sebagai bahan utama pembuat kecap ikan.

Selain memperhatikan bahan utama yang digunakan, sejumlah produsen juga menambahkan bahan lain seperti gula agar tercipta aksen manis yang cocok diberikan pada masakan berkuah semacam sup. Anda patut memeriksa bahan tambahan dari kecap ikan pilihan Anda. Jika memilih yang disertai gula dan bahan kimia lain, maka pemakaian yang sering dapat membahayakan kesehatan.

3. Pilihlah yang ukuran kemasannya kecil sehingga cepat habis

Jika Anda suka membuat masakan oriental seperti nasi goreng dengan tambahan kecap asin, mungkin Anda berpikir untuk membeli produk berkemasan besar. Sebenarnya, hal tersebut tidaklah salah. Tetapi, semakin lama kecap asin disimpan dalam botol yang telah terbuka, rasa yang ditimbulkan oleh kecap semakin asin.

Pada beberapa orang hal tersebut bisa mengganggu. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan pembelian kecap ikan berdasarkan frekuensi pemakaian. Meskipun sering menuang kecap ikan pada setiap masakan, sebaiknya Anda membeli kecap ikan berkemasan botol kecil sehingga dapat habis secepat mungkin. Jika sudah habis dan ingin terus memakai kecap ikan, belilah yang baru dan jangan lupa simpan kecap di dalam kulkas agar kesegarannya terjaga.

10 Rekomendasi kecap ikan terbaik

Kini Anda telah memahami tentang kecap ikan sekaligus tips memilihnya. Menikmati hidangan beraroma khas layaknya menyantap nasi goreng langganan Anda juga bisa Anda buat dan lakukan sendiri di rumah. Di bawah ini ceklist.id akan sertakan sepuluh kecap ikan terbaik dari sejumlah merek, sebut saja Royal Gold Fish dan Finna Kecap Ikan yang terkenal.

1. Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy

Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy
Merk Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy

Bila Anda penyuka makanan Tionghoa yang berkesan di lidah, kecap ikan dari Narcissuss ini akan membuat setiap hidangan Anda bagaikan menu khas Chinese food. Lebih tepat memakai kecap ikan ini untuk menyajikan nasi dan mie goreng dengan resep ala masakan Tionghoa.

Narcissus Fish Gravy terbuat dari fermentasi ikan segar berkadar 14,87%. Produk yang diproduksi oleh pabrikan dalam negeri ini dapat Anda temukan dengan mudah di rak-rak supermarket. Selain menawarkan tipikal rasa asin, ada juga rasa gurih yang membuat lidah Anda selalu puas dalam mengecapnya.

2. Squid Brand Fish Sauce

Squid Brand Fish Sauce
Merk Squid Brand Fish Sauce

Tidak memakai campuran bahan baku yang banyak, kecap ikan dari Thailand ini akan menambah gizi pada masakan Anda. Squid Brand melakukan fermentasi ikan secara alami dalam jangka 18 bulan. Terbuat dari ikan segar, produk ini memiliki aroma yang kuat sekaligus kaya akan protein alami.

Menuangkan beberapa ml kecap asin pada masakan Anda, Anda tidak perlu lagi menambahkan garam sebagai pengaya rasa. Aroma yang dihasilkan pun akan sangat pas ketika dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah lokal lainnya. Yuk, jadikan setiap hidangan Anda disukai seluruh anggota keluarga!

3. Royal Gold Fish Sauce Kecap Ikan

Royal Gold Fish Sauce Kecap Ikan
Merk Royal Gold Fish Sauce Kecap Ikan

Meskipun diimpor langsung dari Thailand, kecap ikan Royal Gold Fish Sauce ini tidaklah mahal dari segi harga. Anda dapat memasak berbagai menu andalan dengan mencatutkan aroma dan rasa asin yang khas dari kecap ikan ini. Untuk seafood pun akan terasa lebih juara.

Jika Anda ingin mengadakan pesta kecil di rumah, Anda dapat menyajikan seafood bertemakan ikan berdaging putih sedikit lemak semacam daging ikan terapu. Kecap ikan ini akan menjadi perpaduan sempurna bersama bawang putih, madu, dan perasan lemon.

4. Finna Kecap Ikan Cap Oyster

Finna Kecap Ikan Cap Oyster
Finna Kecap Ikan Cap Oyster

Kekayaan rasa dari masakan Thailand yang juicy, manis, asin, dan asam selalu menjadi primadona di setiap lidah yang pernah menyantapnya. Bagi Anda yang tengah menyicip menu Thailand di restoran atau langsung di negaranya, mungkin sudah tak asing dengan ciri khas tersebut.

Sekarang, Anda juga bisa bereksperimen membuat setiap hidangan dengan perpaduan rasa pedas ,manis, asin, dan asam tersebut menggunakan kecap ikan Finna Cap Oyster ini. Diproses dari ikan teri, gula, dan garam dengan takaran pas, menjadikannya sebagai salah satu kecap ikan terbaik dari Thailand!

5. Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce

Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce
Merk Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce

Berbeda dengan beberapa produk rekomendasi kami sebelumnya, Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce merupakan kecap ikan yang diproduksi dari negara Asia lainnya, yaitu Korea. Kecap ikan ini memiliki tekstur yang lebih kental dengan rasa yang juga lebih kaya.

Walau bertekstur kental, kecap ini bisa meresap dengan baik pada bahan makanan. Tidak ada aroma amis yang menjadikan masakan buatan Anda agak sulit ditelan. Dengan kecap ikan ini, Anda bisa menyajikan hidangan khas Indonesia ataupun negeri ginseng, semisal kimchi.

6. Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa
Merk Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Jika Anda hanya pada saat-saat tertentu menggunakan kecap ikan sebagai pemerkaya rasa, maka Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa ini pilihannya. Dikemas dalam botol plastik berukuran 140 ml, Anda bisa menyimpannya lebih lama di kulkas ketika tidak dipakai.

Meski namanya sedikit melekat dengan nama dari Tionghoa, produk ini sejatinya berasal dari Indonesia. Perusahaan Djoe Hoa memproduksi kecap ikan ini sebagai produk pertama pada tahun 1942. Jadi, mengetahui perjalanan yang cukup panjang hingga sekarang, Anda akan merasakan orisinalitas rasa kecap sedari zaman dulu hingga modern.

7. Tiparos Fish Sauce

Tiparos Fish Sauce
Merk Tiparos Fish Sauce

Tiparos Fish Sauce merupakan kecap ikan yang menyediakan amino bercita rasa kuat dengan kekayaan protein yang baik untuk kesehatan. Produk ini dapat Anda campurkan pada menu untuk membuat acar atau asinan. Karena bertekstur mild, kecap ikan ini bisa langsung dikonsumsi pada setiap hidangan di meja.

Kecap ikan asal Thailand ini tergolong murah dengan tawaran ukuran kemasan yang besar. Tak sampai tiga puluhan ribu, Anda dapat menyimpan kecap ikan berukuran 700 ml di dapur atau meja makan untuk dipakai setiap saat. Tanpa mengandung bahan kimia, pengawet, atau perasa tambahan, produk ini semakin aman dikonsumsi setiap hari.

8. Finna Kecap Ikan Cap King Lobster Fish Sauce

Finna Kecap Ikan Cap King Lobster Fish Sauce
Merk Finna Kecap Ikan Cap King Lobster Fish Sauce

Jika Anda kurang suka dengan aroma kuat dan rasa asin yang intens dari kecap ikan, Anda wajib mencoba produk keluaran Finna ini. Dibuat dari bahan-bahan yang terjaga kualitasnya, pengolahan alami kecap ikan ini juga menjadikannya memiliki karakter rasa yang cenderung segar di lidah.

Produk ini didatangkan langsung dari Thailand, Anda dapat temukannya secara online atau langsung di beberapa supermarket. Memadukan kecap ikan ini dengan perasan lemon pada daging panggang ala Vietnam atau masakan rebusan khas Asia akan membuat anggota keluarga makan dengan lahap.

9. CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce

CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce
Merk CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce

Tidak memakai ikan teri sebagai bahan bakunya, melainkan belut pasir atau sand eel, menjadikannya unik dan bikin penasaran, bukan? Meski bukan ikan teri yagn dijadikan bahan utama, produk ini tetap menjunjung tinggi kekayaan rasa umami yang lezat dan menggoda.

Hasunjung Fish Sauce sendiri diproduksi dari negara Korea. Bila dihidangkan dengan masakan khas Korea lain, semisal bulgogi atau dakgalbi, rasa umami dengan aksen manis pada ecap ikan ini akan pas. Anda pun kini tak perlu lagi datang ke restoran Korea untuk bisa menyantap hidangan berbalut kecap ikan yang menggugah selera ini.

10. KAF Fish Sauce Kecap Ikan

KAF Fish Sauce Kecap Ikan
Merk KAF Fish Sauce Kecap Ikan

Anda, anak-anak, atau suami Anda akan ketagihan setiap kali menyantap masakan yang terhidang di meja berkat tambahan bumbu kecap ikan ini. Rasa umami yang kuat akan membuat setiap masakan Anda terasa lebih lezat dan nikmat.

Ketika memakai kecap ikan ini, bukan hanya garam yang bisa Anda lewatkan, tetapi juga MSG (monosodium glutamate). Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menambahkan risiko buruk pada kesehatan Anda ataupun anggota keluarga. Gunakanlah kecap ikan ini untuk menambah gurih pada masakan tumis ataupun rebusan favorit Anda.

Rekomendasi Lainnya : 10 Saus Tiram Terbaik

KESIMPULAN

Kecap ikan dapat dikemas dalam botol kaca ataupun plastik. Sebenarnya, baik pada botol kaca maupun plastik memiliki karakter yang sama tergantung bahan dasar yang digunakan. Tetapi, jika Anda mengutamakan kenyamanan, pilihlah kecap ikan yang dikemas dalam botol plastik.

Sedangkan untuk Anda yang membeli kecap ikan sebagai bumbu penyedap pada usaha kuliner yang Anda jalani, maka pilihlah kecap ikan berkemasan botol kaca yang umumnya lebih besar. Selain itu, kecap ikan dari kemasan botol juga dapat di-refill dengan kecap asin semisal sudah habis.

Write A Comment

/* */