CEKLIST.ID – ASI melimpah merupakan dambaan setiap ibu. Namun permasalahan ibu yang baru melahirkan seorang bayi dan mulai menyusui biasanya adalah ASI yang tidak mencukupi atau tidak keluar. Maka diperlukan asupan yang dapat meningkatkan produksi ASI atau disebut ASI booster.

Ada berbagai macam bentuk dan rasa produk ASI booster. Beberapa produk diantaranya MamaBear, Asifit, Herbs of Gold dll. Bingung mau pilih produk yang mana? Simak uraian pada artikel ini untuk mendapatkan produk ASI booster yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Sebelum meilih keahui dulu apa manfaat serta tips memilih ASI booster agar bisa memilih roduk yang tepat.

Manfaat ASI booster untuk ibu menyusui

ASI ekslusif memberikan kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu yang menyusui anaknya. Namun tidak semua ibu yang baru melahirkan mempunyai produksi ASI yang banyak. Sehingga membtuhukan ASI booster. Selain meningkatkan produksi ASI, mengonsumsi booster juga meingkatkan kualitas ASI.

Memang untuk dapat meningkatkan produksi ASI bisa dengan mengonsumsi makanan sehari-hari. Namun, harus dalam jumlah yang cukup banyak agar hasilnyamaksimal. Sehingga pengganti makanan bisa dengan mengonsumsi ASI booster yang lebih praktis dan efisien.

Gambar Ilustrasi ASI Booster
Gambar Ilustrasi ASI Booster

Cara memilih ASI booster yang Bagus

Apakah kesulitan dalam menemukan produk yang sesuai di tengah maraknya produk ASI booster? Berikut adalah poin-poin yang menjadi pertimbangan ketika memilih ASI booster.

1. Pilih ASI booster yang bersumber dari bahan alami

makanan yang dikonsumsi ibu akan tersalurkan kepada bayi melalui ASI, begitu juga ASI booster yang dikonsumsi ibu. Pemilihan ASI booster tentu berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi.

Oleh karena itu pastikan memilih booster yang berasal dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan tambahan yang berbahaya. Apabila produk ASI booster ada tambahan rasa, pastikan perasa atau mungkin pewarna berasal dari bahan yang aman seperti food grade atau ekstrak buah-buahan.

Dan jika ingin lebih aman lagi, pastikan produk bersertifikat BPOM. Meski barang produk luar negeri, barang belum tentu aman sehingga perlu dipertimbangkan apakah tercantum sertifikasi BPOM.

2. Pastikan kandungan utamanya

Pemilihan kandungan yang terdapat pada ASI booster sangat penting. Karena kandungan utama ASI booster tentu yang membantu meningkatkan produksi ASI. Berikut adalah beberapa bahan yang biasa dijadikan sebagai bahan utama ASI booster.

3. Daun katuk dan fenugreek

Ada berbagai bahan alami yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Salah satunya adalah ekstrak daun kauk dan fenugreek. Daun katuk memiliki kandungan zat papeverin yang dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang aktif selama masa laktasi. Ekstrak biji fenugreek juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Almond, superfood kaya manfaat

Kandungan ASI booster yang bagus dan bisa menjadi pilihan adalah produk yang mengandung kacang almond. Kacang almond tergolong superfood atau makanan yang banyak mengandung manfaat. Karena kaya akan vitamin dan mineral yang tidak hanya baik untuk ibu menyusui tapi juga baik untuk bayi.

Kandungan asam amino dalam almond membentuk hormone serotonik yang dapat meningkatkan produksi ASI. Almond juga menjadi sumber tenaga serta meningkatkan daya tahan tubuh yang mengonsumsi. Dan manfaat lainnya almond baik untuk menurunkan berat bada, sangat bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan.

5. Asam folat untuk ASI berkualitas

Vitamin B9 atau dikenal dengan nama asam folat merupakan zat penting untuk masa pertumbuhan. Asam folat bisa membantu pembentukan sel-sel saraf pada bayi. Berperan dalam pernyerapan zat besi dan pembentukan sel-sel darah merah.

Selain bermanfaat untuk bayi, asam folat juga penting untuk ibu melahirkan. Ketika fase menyusui kadang timbul rasa lelah dan kurang darah. Asam folat dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah dan membuat ibu tetap sehat.

6. Pilih bentuk yang sesuai dan mudah dikonsumsi

ASI booster tersedia dalam berbagai bentuk, ada tablet, teh, bubuk dan lain sebagainya. dengan bentuk yang beragam ibu menyusui dapat memilih bentuk yang diinginkan dan mudah ketika dikonsumsi. Berikut penjelasan beberapa bentuk ASI booster beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bentuk tablet. Bentuk tablet merupakan bentuk paling praktis. Karena cukup ditelan sesuai anjuran tanpa harus meracik atau menyeduh terlebih dahulu dengan air. Bentuk tablet sangat sesuai bagi Ibu yang memiliki aktivitas padat karena efisien dan mudah dikonsumsi dimana saja. namun beberapa orang mungkin kesulitan mengonsumsi tablet. Hal tersebut terjadi karena ukuran tablet terlalu besar dan rasanya cukup pahit di tenggorokan.

Bentuk bubuk. ASI booster bubuk merupakan alternatif jika tidak menyukai bentuk tablet. Bentuk bubuk biasanya memiliki lebih banyak varian rasa sehingga lebih enak dikonsumsi. Konsumen dapat memilih varian rasa yang disukai agar lebih menikmati saar mengonsumsi ASI booster.

Alternatif lain jika tidak bisa mengonsumsi tablet adalah dengan mengonsumsi ASI booster dalam bentuk the seduh. Aroma tehnya membantu menyenangkan tubuh dan pikiran. ASI booster bentuk teh diracik dengan bahan-bahan herbal tanpa pemanis, sehingga rasanya sedikit pahit.

10 Rekomendasi ASI booster terbaik

Setelah paham bagaimana memilih ASI booster, berikut adalah 10 rekomendasi ceklist.id mengenai ASI Booster yang bisa menjadi pilihan. Pilih produk yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

1. Hydromamma

Hydromamma
Hydromamma

Hydromamma bisa menjadi pilihan bagi Ibu yang ingin produk ASI booster yang enak. Bentuk dari booster ini adalah serbuk, mudah dikonsumsi hanya dengan melarutkan dalam segelas air, booster langsung bisa dinikmati. Ada lima varian rasa yaitu kelapa, jeruk, blackcurrant, lemon, dan mixed berry. Praktis dan nikmat sekaligus bisa mencegah dehidrasi.

Satu box kemasan Hydromamma berisi 12 sachet, dalam satu sachet hydromamma terkandung magnesium, potassium, vitamin C dan asam folat yang melancarkan produksi ASI ibu.

2. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold
Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Produk ASI booster ini diproduksi Blackmores. Brand Blackmores sudah tak asing lagi bagi konsumen produk suplemen kesehatan. Seperti namanya, Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold, suplemen ini ditujukan bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

ASI booster ini mengandung 20 nutrisi yang penting bagi ibu menyusui dan ibu hami, diantaranya adalah omega-3, asam folat, serta mineral dan vitamin. Perpaduan bahan-bahan tersebut menjadikan ASI meningkat dan lebih kental.

3. Asigen

Asigen
Asigen

Selain memperlancar ASI, minuman ini mengandung kolagen yang baik untuk kulit. Kolagen bermanfaat untuk mengurangi selulit-selulit yang muncul pasca melahirkan. Kolagen dalam produk Asigen ini berasal dari hewan laut.

Soal rasa, ASI booster ini memiliki pilihan rasa kekinian, mulai dari Red Velvet, Thai tea, Queen Mango, dan Tokyo Banana Milk. Varian rasa yang digemari ibu muda kekinian. Kandungan booster di dalamnya ada marine collagen, almond serta tambahan bahan perisa dan pewarna makanan.

4. Minuman Bubuk Alamon

Minuman Bubuk Alamon
Minuman Bubuk Alamon

Alamon merupakan bubuk asli almond untuk meningkatkan produksi ASI. Bosan dengan sau varian rasa saja, dengan 16 varian rasa yang dimiliki Alamon pengguna bebas memilih rasa apa saja. Jika tidak terlalu menyukai rasa manis, pilih rasa dark chocolate dengan sentuhan rasa sedikit agak pahit.

Selain itu, takaran bubuk alamon juga bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan selera. Dicampur dengan smoothies kesukaan, Alamon ini bisa meningkatkan produksi ASI dan menjadi pilihan tepat bagi ibu menyusui yang cepat bosan.

5. Herbs of Gold

Herbs of Gold
Herbs of Gold

Herbs of Gold adalah ASI booster yang mengandung fenugreek. Ibu menyusui tak perlu susah-susah mencari fenugreek untuk melancarkan ASI karena sudah bisa didapatkan dengan konsumsi Herbs of Gold. Dikemas dalam bentuk tablet, produk ini juga mengandung tanaman blessed thistle. Perpaduan dari dua bahan tersebut dapat merangsang produksi ASI yang melimpah hanya dengan mengonsumsi satu tablet per hari.

6. Lactamam

Lactamam
Lactamam

Produk ASI booster ini sudah cukup terkanal di kalangan para Ibu. Lactamam mengandung ekstrak daun katuk, ekstrak biji fenugreek dan dilengkapi vitamin B12 semakin komplit untuk meningkatkan kualitas ASI Ibu menyusui.

7. Milmor NF

Milmor NF
Milmor NF

Efek ganda dengan harga terjangkau untuk produksi ASI maksimal bisa dengan mengonsumsi Milmor NF. Kandungannya adalah fenugreek dan daun katuk. Double bahan alami utama yang bisa memperlancar produksi ASI ibu menyusui. Perpaduan keduanya dapat dikonsumsi sekaligus dalam produk ekonomis Milmor NF yang dikemas dalam bentuk tablet.

8. Almom Booster Milk

Almom Booster Milk
Almom Booster Milk

Almom Booster Milk tidak hanya mengandung almond,  tapi juga terbuat dari kacang kedelai. Keduanya memberikan nutrisi lebih banyak untuk meningkatkan kualitas ASI. Almom juga dikemas per satuan sehingga lebih praktis dikonsumsi.

Selain almond dan kacang kedelai, produk ini juga mengandung chia seed yang merupakan sumber serat dan kalsium. Solusi bagi Ibu yang alergi susu sapi. Dengan mengonsumsi produk ini, kalsium dalam tubuh akan terpenuhi, ibu sehat bayi juga sehat.

9. Breastfeeding Tea untuk ASI Booster

Breastfeeding Tea untuk ASI Booster
Breastfeeding Tea untuk ASI Booster

Pola tidur dan kebiasaan yang baru saat mulai memiliki anak. Banyak ibu yang mengeluh kurang waktu dan kelelahan. Breastfeeding Tea untuk ASI Booster cocok untuk menikmati me time saat bayi tidur. Teh ini mengandung daun katuk, black tea dan fenugreek yang dapat meningkatkan produksi ASI.

The hitam dalam ASI booster ini adalah the yang kaya antioksidan dan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Paduan rasa the dengan herbal membuat rileks saat me time dan terasa nikmat.

10. Lactation Herbal Tea

Lactation Herbal Tea
Lactation Herbal Tea

Ibu menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein. Para pecinta the tentu menjadi permasalahan karena the juga mengandung kafein. Lactation Herbal Tea produksi MamaBear menjadi pilihan yang tepat. Ibu meyusui tetap dapat menikmati teh tapi tanpa kafein dan berasal dari bahan-bahan herbal.

Teh ini memiliki aroma yang menyenangkan. Meski tidak mengandung pemanis tambahan, teh ini terasa manis saat diminum.  Untuk mendapat manfaat yang maksimal konsumsi teh herbal ini tida kali dalam sehari.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik

Kesimpulan

Produk paling favorite dari beberapa rekomendasi di atas adalah Almom Booster Milk. Kandungan almond, kacang kedelai dan chia sead dalam produk ASI booster ini terasa nikmat dan mengenyangkan. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau.

Demikian artikel tentang 10 rekomendasi ASI booster terbaik. Semoga bermanfaat.

Write A Comment

/* */