CEKLIST.ID – Kebutuhan tubuh manusia akan cairan dapat dipenuhi dengan konsumsi air mineral sehari-hari. Air mineral yang biasa kita minum setiap hari menjadi elemen penting dalam membantu tubuh tetap fit dan sehat. Tapi, tahukah Anda kalau air mineral terdiri dari banyak macam.

Yang paling banyak diminum oleh masyarakat Indonesia adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Baik dalam kemasan gelas ataupun botol. Sebenarnya, ada lagi jenis air mineral lain. Kami akan ulas lebih jauh dalam artikel ini! Pada bagian pertengahan artikel, kami pun memberikan sepuluh rekomendasi air mineral terbaik keluaran Aqua, VIT, Le Minerale, dan beberapa nama lain.

Gambar Ilustrasi Artikel Mineral Water Terbauj
Gambar Ilustrasi Artikel Mineral Water Terbaik

Cara memilih mineral water yang Bagus

Seperti disebutkan sebelumnya, air mineral hadir dalam beberapa bentuk. Setiap jenis mendapatkan perlakuan yang berbeda guna memproses kadar mineral yang terkandung. Untuk lebih jelasnya, mari pahami jenis air mineral dan standar aman komponen mineral dalam air yang layak dikonsumsi manusia berikut ini.

1. Kenalilah empat jenis air mineral

Ingat, air mineral terbagi menjadi empat jenis, yakni air mineral alami, air mineral buatan, air murni, dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Untuk pemenuhan cairan sehari-hari, kita biasanya lebih sering memilih air minum dalam kemasan. Sementara untuk jenis lainnya punya nilai baik serta fungsi yang berbeda.

Air mineral alami adalah air tanah yang bersumber dari sumber air tertentu. Kandungan besi dan magnesium pada air mineral alami didapat dari bebatuan yang terlarutkan. Air mineral alami tidak memperoleh pengolahan tambahan selain sterilisasi panas, desinfeksi, dan filtrasi. Sumber air tanah untuk air mineral alami dinilai sangat dekat dengan air murni.

Di samping itu, air murni juga banyak ditemukan dan dianggap sebagai air mineral. Padahal, air murni tidak mengandung komponen mineral sama sekali. Perlakuan pada air tipe ini juga sebatas sterilisasi, sedimentasi, dan filtrasi. Air murni atan yang lebih dikenal spring water didapat dari sumber mata air yang mengalir alami ke permukaan bumi.

Selanjutnya, terdapat jenis air mineral lain yang dalam pengolahannya menyesuaikan dengan bahan mineral, semisal mensterilisasi ozon, sterilisasi ultraviolet, dan mencampurnya dengan air baku. Air mineral jenis ini digolongkan ke dalam air mineral buatan. Air mineral buatan kerap difungsikan sebagai metode pengobatan.

Terakhir adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Air minum dalam kemasan merujuk pada segala air yang bisa diminum, seperti air keran, air oksigen, air suling, air alkali, dan jenis air lainnya. Untuk pengolahannya sendiri, produsen hanya mengatakan kalau hasil pemurnian air dilakukan dengan metode terbaharukan sehingga kualitas air terjamin dan aman untuk diminum.

2. Pahami kadar logam yang aman pada air mineral

Menurut World Health Organization (WHO), air yang layak minum setidaknya berkadar TDS di bawah 100 ppm. Apa itu TDS? TDS adalah singkatan dari Total Disolved Solid yang berarti jumlah logam terlarut dalam air. Untuk mudahnya, semakin tinggi nilai TDS pada air, maka air tersebut tidak layak dikonsumsi karena tidak baik bagi kesehatan.

Standar aman pada air minum menurut WHO adalah kurang dari 300-600 mg/liter. Jika menyentuh angka hampir ribuan mg/liter, maka air tersebut tergolong keras dan berbahaya bagi kesehatan. Di Indonesia sendiri, Departemen Kesehatan (Depkes) dan Standar Nasional Indonesia (SNI) telah mengeluarkan standar TDS maksimum 500 mg/liter untuk air yang layak minum.

Untuk mengenali ciri air minum berkadar TDS rendah atau tinggi bisa dari hal berikut: untuk air mineral dengan kadar TDS rendah memiliki rasa segar, lembut, dan enak. Sedangkan air ber-TDS tinggi mempunyai tekstur sedikit kental saat terkena tenggorokan. Air mineral dengan kadar TDS tinggi lebih cocok dipakai untuk memasak dan membumbui hidangan daging. Meski begitu, jumlah logam yang tak larut berlebihan bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Review 10 Rekomendasi mineral water terbaik (Terbaru 2020)

Di bagian ini, kami akan berikan sepuluh merek air mineral terbaik yang dapat Anda beli. Sebelum membeli, perhatikanlah label kemasan untuk mengetahui apakah air yang terkandung berjenis air mineral alami atau air mineral buatan. Bila ditemukan kata “alami” pada kemasannya, maka air tersebut diperoleh dari alam. Dibawah ini ceklist.id akan ulas 10 air mineral yang bagus.

1. OXY Drinking Water

Gambar OXY Drinking Water -  Air mineral
Gambar OXY Drinking Water

Apabila Anda mengharapkan air minum yang bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, OXY Drinking Water pilihannya! Jika menengok kembali kepopuleran air oksigen di Indonesia, OXY Drinking Water diklaim menjadi pionir pertama di Indonesia.

OXY mengolah air minum ini dengan menggunakan sinar alfa meallui proses yang bernaam Molecular Resonance e-Magnetic Technology (MReT). Menyoal manfaatnya, OXY Drinking Water dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah penuaan dini, meningkatkan daya ingat, dan mencegah kanker serta penyakit lainnya.

2. VIT Air Mineral

Gambar VIT Air Mineral
Gambar VIT Air Mineral

Proses penyaringan yang dilakukan VIT pada air minum keluarannya ini bernilai lebih baik dibandingkan produk lain. Selain itu, VIT juga melakukan sterilisasi ozon untuk memastikan kandungan air dalam kondisi higienis dan bersih sehingga takkan menimbulkan masalah kesehatan pada peminumnya.

VIT mengambil air mineral dari mata air yang telah teruji secara fisika, kimia, dan mikrobiologi. Bergerak sejak puluhan tahun lalu, VIT Air Mineral dapat menjadi teman berkegiatan Anda setiap hari. Adanya varian kemasan kecil dan botol dapat membantu Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Le Minerale Air Mineral

Gambar Le Minerale Air Mineral
Gambar Le Minerale Air Mineral

PT Mayora Group meluncurkan air minum dalam kemasan bernama Le Minerale. Sejak peluncurannya di tahun 2015, air mineral ini langsung menarik perhatian berkat jargonnya “ada manis-manisnya gitu” pada iklan komersialnya.

Le Minerale mengambil air dari sumber mata air pegunungan terpilih. Dalam proses pengemasannya, pabrikan menerapkan sistem proteksi mineral sehingga kandungan mineral di dalamnya tetap utuh. Produsen juga menjamin produk ini terhindarkan dari tindak pemalsuan karena mempunyai botol yang tersegel khusus.

4. Eternal Plus Natural Alkaline Water

Gambar Eternal Plus Natural Alkaline Water
Gambar Eternal Plus Natural Alkaline Water

Selain air oksigen, air alkali juga dapat dikonsumsi sebagai alternatif pemenuhan cairan tubuh. Air alkali dari Eternal Plus bisa dipilih bagi Anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya itu, Natural Alkaline Water juga akan mencegah kulit mengalami pengeriputan akibat penuaan dini sekaligus membantu melancarkan proses pengeluaran zat racun dari tubuh (detoksifikasi).

Air mineral yang diproduksi oleh PT Tirta Alkalindo ini mengandung minreal berupa kalsium dan magnesium. Kadar pH di atas rata-rata juga menjadikan air ini semakin baik dikonsumsi. Selain ditemukan di Indonesia dengan standar SNI dan terdaftar BPOM, produk ini juga telah dieksor hingga ke Singapura, lho!

5. Evian Natural Mineral Water

Gambar Evian Natural Mineral Water
Gambar Evian Natural Mineral Water

Evian adalah brand air minum yang diimpor dari Perancis. Evian sendiri berasal dari nama daerah berjuluk Evian Ies Bains. Sejak 1789, produsen mengembangkan penelitian guna memproduksi air minum mineral dengan kualitas terbaik.

Produk ini tidak diproses dengan campur tangan manusia, melainkan alami sesuai tempat ditemukannya, yakni dari bebatuan di bawah tanah. Selain hadir di Indonesia, air mineral premium dari Evian juga dapat ditemukan di lebih dari 140 negara. Produk ini berkemasan ramah lingkungan karena bersifat 100% recycleable.

6. Equil Natural Mineral Water

Gambar Equil Natural Mineral Water
Gambar Equil Natural Mineral Water

Equil adalah merek air mineral keluaran Equilindo Lestari yang banyak dikonsumsi kalangan menengah ke atas. Harga yang mahal menjadikannya jarang dipilih kebanyakan masyarakat. Tak jarang, produk ini ditemukan pada meja-meja restoran mewah hingga meja Istana Negara.

Kemasan botol hijau yang khas membuatnya unik dibandingkan produk lainnya. Air mineral Equil diperoleh dari air mineral alami Gunung Salak yang sudah memenuhi standar layak minum dari WHO dan FAO. Di dalamnya terkandung mineral anorganik dengan tingkat kemurnian tinggi. Selain bisa melepaskan dahaga, Equil Natural Mineral Water juga dapat dipakai untuk terapi kesehatan.

7. Aqua Air Mineral

Gambar Aqua Air Mineral
Gambar Aqua Air Mineral

Didirikan sejak 1973 oleh Tirto Utomo, Aqua telah menjelma menjadi merek air minum dalam kemasan pilihan nomor satu masyarakat Indonesia. Tak heran kalau orang bahkan sampai menyebut air mineral dengan “aqua” saat membelinya ke warung. “Bu, beli Aqua, dong!”. Maksudnya ingin membeli air mineral, tapi yang disebutkan merek.

Brand yang begitu kuat di dalam pikiran banyak penduduk Indonesia ini turut beriringan dengan kualitas yang ditawarkan. Air minum Aqua diperoleh dari sumber mata air pilihan yang diproses dengan menjaga kemurnian air dan kandungan mineralnya baik untuk tubuh. Saat ini, Aqua mempunyai banyak varian, Anda pun lebih mudah untuk menentukan ukuran kemasannya sesuai kebutuhan.

8. Pristine 8+ Air Mineral

Gambar Pristine 8+ Air Mineral
Gambar Pristine 8+ Air Mineral

Pristine 8+ adalah air minum dengan nilai pH alkalin delapan dalam satu botol di mana berguna untuk membantu menetralkan asam tubuh. Produk ini diolah dengan metode ionisasi sehingga struktur molekul air di dalamnya lebih kecil dan mudah diserap tubuh.

Setiap molekul air pada Pristine 8+ lengkap dengan antioksidan yang mampu melawan proses oksidan yang merusak sel tubuh. Menurut keterangannya, Pristine 8+ Air Mineral mengandalkan teknologi Jepang untuk memproses air berkandungkan mineral hasil dari mata air di Gunung Gede Pangrango.

9. Nestle Pure Life Natural Spring Water

Gambar Nestle Pure Life Natural Spring Water
Gambar Nestle Pure Life Natural Spring Water

Sesuai namanya, Natural Spring Water adalah air mineral murni. Diproses melalui dua belas langkah pemurnian menjadikan setiap molekul air di dalamnya sangat baik untuk mendukung metabolisme tubuh. Sebagai informasi, Nestle Pure Life merupakan merek yang dibeli oleh Nestle pada tahun 2002. Sebelumnya, produk ini bernama Aberfoyle Springs.

Cita rasa dari air mineral Nestle Pure Life begitu nikmat dan menyegarkan. Produk ini juga telah mengantongi sertifikat dari Alliance for Water Stewardship (AWS) sehingga berstandar nasional. Jaminan kualitas air dari produk ini dilengkapi oleh sifat kemasan botol yang bisa didaur ulang.

10. Club Air Mineral

Gambar Club Air Mineral
Gambar Club Air Mineral

Pada berbagai acara keluarga, air mineral dalam kemasan Club menjadi alternatif dari Aqua atau VIT. Harga yang murah membuatnya dipilih sebagian orang. Club sendiri mengambil air dari sumber mata air alami khas pegunungan.

Berawal dari pemasaran di Jawa Timur, sekarang Club Air Mineral telah banyak dijumpai hingga Jabodetabek. Di warung-warung yang menjual sembako dan kebutuhan pangan keluarga lainnya, air minum ini sangat mudah ditemui. Buat Anda yang ingin menyetok air minum di rumah sebagai suguhan bagi tamu yang datang mendadak, air minum Club bisa dijadikan pilihan.

Lainnya : Review 10 Obat Sariawan Ampuh Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah paham bukan kalau air mineral yang selama ini dikonsumsi termasuk dalam Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Bicara kualitasnya, tentu yang paling disarankan adalah air mineral alami karena bersumber dari mata air alami yang mendekati air murni. Untuk membedakan air murni dan air mineral alami bisa dilihat pada label kemasan. Jika terdapat kata “mineral” maka air tersebut bukanlah air murni melainkan air mineral alami.

Write A Comment

/* */