CEKLIST.ID – Salah satu jenis olahraga yang berguna melatih otot tubuh bagian atas adalah pull up, namun diperlukan alat sejenis pull up bar untuk melakukannya. Alat pull up bisa berupa pull up bar yang ditempel di tembok atau pintu, bisa berupa tipe stand untuk penggunaan outdoor, dan ada juga tipe portable.

Dengan semakin banyaknya alat pull up yang dijual dan bisa digunakan di rumah, maka Anda bisa melakukan latihan pull up tanpa harus melakukannya di tempat gym. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lengkap mengenai cara memilih dan rekomendasi alat pull up rumahan.

Alat Pull Up Bar Rumahan
Gambar Ilustrasi Alat Pull Up Bar / (pinterest.com)

Seberapa kuat otot tubuh bagian atas bisa diketahui ketika melakukan pull up, oleh karena itu gerakan ini menjadi salah satu tes kebugaran dari United States Marine Corps. Alat untuk latihan pull up biasanya terbuat dari besi atau baja yang bisa menahan beban hingga ratusan kilogram dan bisa juga dimanfaatkan untuk gerakan lain, seperti l-sits, chin up, dan burpee pull up.

Cara Memilih Alat Pull Up yang Bagus & Cocok

Karena tidak memerlukan area yang terlalu luas, alat pull up bisa dipasang di area rumah sehingga bisa membantu program olahraga Anda lebih maksimal. Namun sebelum membeli alat pull up untuk di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Mengetahui tipe alat pull up

Pertama, door pull up bar yang merupakan tipe alat pull up rumahan paling simple dan terbagi lagi menjadi dari dua jenis, yaitu doorframe pull up bar dan doorway pull up bar. Jika dilihat sekilas, doorframe pull up bar terlihat seperti tongkat, tetapi terdapat tambahan karet di kedua ujungnya sebagai penahan supaya alat tidak terlepas ketika digunakan. Alat pull up jenis ini bisa dipasang di kusen pintu atau lorong rumah.

Kedua, wall pull up bar yang ketinggiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan lebih kokoh dibandingkan door pull up bar. Alat pull up yang bisa dipasang di rumah ini biasanya dipasang secara permanen di dinding menggunakan sekrup, sehingga tidak mudah terlepas. Jadi sebelum memasang wall pull up bar, pastikan Anda sudah menentukan tempat dan posisi yang tepat.

Ketiga, free standing pull up bar yang didesain dengan tiang di setiap sisinya sehingga menjadikan alat pull up jenis ini tidak perlu ditempel ke dinding atau pintu dan menjadi salahsatu jenis alat pull up pilihan yang bisa digunakan di rumah Anda. Kelebihan dari free standing pull up bar adalah bersifat portable, tetapi tetap perlu mempertimbangkan luas ruangan yang akan digunakan. Namun itu, penyimpanan free standing pull up bar juga cukup sulit karena ukurannya besar.

2. Mengetahui bahan alat pull up

Sebagai alat yang digunakan untuk menahan beban cukup berat, penting untuk mengetahui bahan yang dipakai pada alat pull up. Sebagian besar alat pull up terbuat dari bahan besi yang dikenal padat, kokoh, dan tidak mudah rusak ketika digulung atau dibengkokkan. Sayangnya, besi merupakan logam yang paling rentan mengalami oksidasi dibandingkan bahan baja dan stainless steel, jadi cenderung lebih cepat berkarat.

Karena sifat besi yang mudah mengalami korosi, maka digunakan baja untuk membuat alat pull up . Pada dasarnya, baja terbuat dari besi yang dicampurkan dengan karbon, sehingga relatif lebih ringan namun bisa memberikan kekuatan yang lebih besar dibandingkan besi. Kelebihan lain dari bahan baja adalah tahan terhadap asam dan tidak mudah berkarat, jadi alat pull up bisa tahan selama bertahun-tahun.

3. Memilih alat pull up yang bisa menahan hingga ratusan kilogram

Ketika membeli alat pull up untuk di rumah, pastikan alat tersebut mampu menahan beban yang lebih berat dibandingkan dengan berat badan Anda. Kapasitas setiap jenis alat pull up memang berbeda-beda, misalnya 113 kg untuk doorframe pull up bar dan 130 kg untuk jenis doorway pull up bar. Untuk jenis pull up bar yang ditempel pada dinding, biasanya bisa menahan bobot sekitar 136–200 kilogram. Sedangkan free standing pull up bar biasanya bisa menahan beban sekitar 100–150 kilogram.

10 Rekomendasi Alat Pull Up untuk Digunakan Di Rumah

Dianggap lebih simple dan praktis menjadikan banyak orang untuk memilih melakukan olahraga di rumah, sehingga banyak alat olahraga pilihan untuk membantu hal tersebut, termasuk alat pull up untuk di rumah menjadi barang cukup banyak dicari. Berikut ceklist.id berikan rekomendasi beberapa alat untuk latihan pull up yang bisa Anda beli melalui e-commerce.

1. Pull Up Bar The Republic of Svarga

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Pull Up Bar Svarga
Alat Pull Up – Pull Up Bar Svarga
Nama ProdukPull Up Bar The Republic Of Svarga
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Pull Up Bar by The Republic of Svarga terbuat dari campuran bahan premium steel tube, eva foam, dan rubber yang bisa menahan beban hingga 150 kg. Ketika dipasang pada kusen pintu, pastikan untuk memutar alat ini hingga tidak bisa berputar lagi, kemudian kunci panel pengunci sebagai keamanan tambahan. Pada kedua ujungnya terdapat lapisan silikon sehingga alat pull up di rumah ini tidak akan merusak kusen pintu.

Tidak perlu khawatir tangan akan lecet atau licin ketika menggunakan Pull Up Bar by The Republic of Svarga, karena terdapat lapisan busa setebal 5 mm yang berfungsi untuk menyerap keringat dan anti-selip dinding bagian dalam. Hadir dalam 3 pilihan ukuran panjang, alat pull up di rumah ini bukan hanya bisa untuk latihan pull up, tetapi juga mendukung gerakan chin up, sit-up, dan crunch. Pull Up Bar by The Republic of Svarga bisa dibeli langsung di official store Svarga dengan harga 200 – 400 ribuan rupiah.

2. OneTwoFit Adjustable Height Pull up Station

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - OneTwoFit Adjustable Height Pull up Station
Alat Pull Up – OneTwoFit Adjustable Height Pull up Station
Nama ProdukOneTwoFit Adjustable Height Pull Up Station
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

OneTwoFit Adjustable Height Pull Up Station merupakan alat pull up di rumah tipe free standing dan terbuat dari material baja yang cukup tebal. Anda bisa mengatur ketinggian alat ini dalam 6 level, mulai dari 185 cm – 235 cm, jadi akan lebih sesuai dengan kemampuan pull up Anda. Pada bagian tengahnya terdapat U shaped frame untuk mendukung resistensi, keamanan, dan stabilitas tubuh selama berlatih pull up.

Alat pull up di rumah ini bisa menahan beban hingga 136 kg dan bisa mendukung gerakan selain pull up, seperti dip station, push-up, dan gerakan lain untuk melatih otot perut, punggung, pinggang, pundak, serta kaki. Untuk bagian hand grip-nya dilapisi dengan neoprene yang sangat lembut untuk mencegah cedera pada tangan ketika olahraga. Kalau mau membeli produk ini, Anda bisa membeli di toko resmi OneTwoFit dan harganya 890 ribuan rupiah.

3. Kettler Deluxe Door Chinning Bar 961-000

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Kettler Deluxe Door Chinning Bar 961-000
Alat Pull Up – Kettler Deluxe Door Chinning Bar 961-000
Nama ProdukKettler Deluxe Door Chinning Bar
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Kettler Pull Up Bar termasuk tipe door chinning bar yang panjangnya bisa diatur mulai dari 64 cm – 96 cm dan bisa menahan beban hingga 100 kg. Alat pull up di rumah dari Kettler ini dilengkapi dengan 2 buah karet yang berfungsi sebagai penahan pull up bar di pintu, jadi akan lebih aman ketika dipakai olahraga. Untuk menunjang kenyamanan penggunanya, pada bagian body chinning-nya terdapat busa yang empuk, sekitar 5 mm.

Seperti beberapa alat pull up di rumah sebelumnya, Kettler Deluxe Door Chinning Bar bisa digunakan juga untuk gerakan Push Up, Sit Up, bahka menjadi penopang samsak tinju. Produk ini cukup banyak dijual di marketplace dengan harga hanya 150 ribuan rupiah, sehingga cocok digunakan oleh pemula dalam berlatih pull up.

4. Svarga Wall Mounted Pull Up Bar

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Svarga Wall Mounted Pull Up Bar
Alat Pull Up – Svarga Wall Mounted Pull Up Bar
Nama ProdukSvarga Wall Mounted Pull Up Bar
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Svarga Wall Mounted Pull Up termasuk tipe wall pull up bar yang dibuat dari bahan baja padat dengan panjang 104 cm, tinggi 35 cm, dan diameter grip-nya 30 mm. Sebagai jenis pull up permanen, alat pull up di rumah ini bisa menahan beban hingga 250 kg. Ketika memasangnya, pastikan untuk mengebor lubang inti di dinding berdiameter 3/16 inci, kedalaman 2,5 inci untuk kayu lunak, atau lubang 13/64 inci untuk kayu yang lebih keras dengan tujuan menghindari torsi berlebihan pada alat. Dijual dengan harga 900 ribuan rupiah, Svarga Wall Mounted Pull Up juga bisa dipakai untuk keperluan Wall Mounting.

5. Decathlon Domyos Pull Up Bar 900

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Decathlon Domyos Pull Up Bar 900
Alat Pull Up – Decathlon Domyos Pull Up Bar 900
Nama ProdukDecathlon Domyos Pull Up Bar 900
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Decathlon merupakan merk perlengkapan olahraga di Indonesia yang cukup laris di berbagai e-commerce, salah satunya alat pull up di rumah Domyos Pull Up Bar 900. Dibuat dengan dimensi 115 cm x 58 cm x 37 cm, bagian rangkanya terbuat dari material baja dan poliuretan (PU) untuk bagian pegangannya. Produk ini bisa dipasangkan di pintu yang lebarnya 60-90 cm dan memiliki 7 titik handle untuk mendukung berbagai variasi gerakan olahraga Anda.

Pada bagian pegangannya terdapat lapisan busa empuk yang berfungsi sebagai penyerap keringat, pelindung tangan dari lecet, dan anti licin. Alat pull up di rumah dari Decathlon ini bisa menahan beban hingga 130 kg dan dibandrol sekitar 800 ribuan rupiah.

6. SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar
Alat Pull Up – SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar
Nama ProdukSFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Hadir dalam warna merah, SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar terbuat dari material besi dan bisa dijadikan alat bantu berbagai gerakan, misalnya pull-up, sit-up, push-up, dan leg lift. Pada bagian gagang dari alat pull up di rumah ini terdapat waterpass untuk mengecek keseimbangan badan, ujung anti slip yang lebar, serta pengunci mekanik untuk menjaga alat tidak bergeser saat digunakan. Sebagai penunjang keamanan, ditambahkan busa anti slip setebal 5 mm dan dua bantalan silikon tebal di kedua sisi alat.

SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar tersedia dalam dua ukuran, yaitu 70cm – 100cm dan 80cm – 135cm yang semuanya bisa menahan beban hingga 150 kg. Cara pemasangan alat pull up di rumah ini juga tidak sulit, yaitu putar alat hingga kedua ujungnya menempel di pintu, lalu putar bar pegangan busa sampai karet ujung makin menekan kuat ke kusen. Karena dibandrol 200 ribuan rupiah saja, alat pull up ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemula yang hendak berlatih pull up.

7. Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme
Alat Pull Up – Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme
Nama ProdukIron Gym Xtreme
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme terbuat dari bahan besi yang dilapisi dengan cat berkualitas terbaik untuk mencegah perkaratan. Dilengkapi dengan 5 titik handle, mulai dari yang sempit hingga lebar, alat pull up di rumah ini juga bisa diletakkan di lantai untuk menjadi alat bantu sit up, push up, dan dips. Dengan demikian, pembentukan otot bahu, lengan, punggung, hingga perut menjadi lebih maksimal. Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme paling bagus dipasangkan pada pintu selebar 60-80 cm dan saat ini harganya sekitar 200 ribuan rupiah saja.

8. LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up
Alat Pull Up – LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up
Nama ProdukLCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Alat pull up di rumah LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up termasuk tipe standing pull up yang portable untuk dipindah-pindah ke ruangan yang diinginkan. Produk ini bukan hanya didesain untuk berlatih pull up, tetapi bisa juga untuk gerakan chin-up, tricep dips, push-up, mengangkat kaki vertikal, dan lainnya. Bagian kerangkanya terbuat dari pipa baja dengan handle dari silikon dan terdapat 10 tingkat ketinggian yang bisa diatur sesuai level latihan Anda. LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up cukup mudah ditemui di Tokopedia atau Shopee dengan harga 660 ribuan rupiah.

9. Zero Core Gymnastic Ring Pull Up Gym

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - Zero Core Wooden Gymnastic Ring Pull Up Gym
Alat Pull Up – Zero Core Wooden Gymnastic Ring Pull Up Gym
Nama ProdukGymnastic Ring Pull Up Gym
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Berbeda dengan beberapa alat pull up di rumah sebelumnya, Zero Core Gymnastic Ring Pull Up terbuat dari bahan kayu dengan nylon strap sepanjang 4,5 m. Bagian ring-nya sendiri berdiameter 23.5 cm dan bisa menahan beban hingga 150 kg. Selain untuk latihan pull up, Anda juga bisa memanfaatkan alat ini untuk dips, push up, muscle up, dan lainnya.

Meski terbuat dari kayu, alat pull up di rumah ini sebenarnya tidak licin saat digunakan. Namun kalau khawatir dengan kenyamanan alat, Anda bisa mengenakan bedak atau material anti slip lain sebelum menggunakannya. Zero Core Gymnastic Ring Pull Up bisa dibeli melalui e-commerce dan harganya 340 ribuan rupiah saja.

10. OneTwoFit Power Tower Adjustable Height Pull Up & Dip Station

Alat untuk Pull Up di Rumah, Harga - OneTwoFit Power Tower Adjustable Height Pull Up _ Dip Station
Alat Pull Up – OneTwoFit Power Tower Adjustable Height Pull Up & Dip Station
Nama ProdukOneTwoFit Power Tower Adjustable Height Pull Up & Dip Station
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Kalau sudah cukup pro dalam melakukan beragam variasi pull up, Anda bisa mencoba alat pull up di rumah OneTwoFit Power Tower. Didesain dengan tipe standing free, produk ini dilengkapi dengan Ushaped frame yang berfungsi menjaga keamanan dan stabilitas kaki. Selain pull up, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membantu gerakan lain, seperti knee raises, dips, dan push-ups.

OneTwoFit Power Tower terbuat dari material baja yang tebal dan bisa menahan beban hingga 150 kg. Dilengkapi dengan 3-level height adjustment, yaitu 202 cm – 220 cm yang memungkinkan alat pull up di rumah ini dipakai oleh pria, wanita, hingga anak-anak. Tertarik mencobanya? Anda bisa membeli OneTwoFit Power Tower dengan harga 1,2 jutaan rupiah.

Begini Cara Melakukan Pull Up yang Benar

Meski bisa menjadi gerakan untuk menyehatkan dan menguatkan tubuh, namun gerakan pull up yang salah bisa menimbulkan cedera. Berikut cara melakukan pull up yang bisa dilakukan dengan bantuan alat pull up rumahan.

  • Berdiri tepat di bawah alat pull up dan posisikan kaki hingga sejajar dengan bahu.
  • Raih tumpuan pull up dan genggam batangnya seerat mungkin, pastikan posisi telapak tangan ke arah depan bukan ke bawah.
  • Tarik tubuh ke atas perlahan-lahan hingga bahu menjangkau tumpuan atau hingga bagian dada mendekati pull up bar kalau memungkinkan. Hembuskan napas panjang selama melakukan gerakan itu.
  • Tekuk kedua lutut dan silangkan kaki untuk menjaga keseimbangan badan.
  • Setelah beberapa detik, turunkan tubuh sampai siku tegak lurus secara perlahan.
  • Lakukan gerakan naik dan turun beberapa kali, sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Kesimpulan

Pull up menjadi salah satu gerakan yang sangat efektif untuk melatih otot tubuh bagian atas, tetapi diperlukan alat bantu untuk melakukannya. Pada artikel ini sudah dibahas tentang cara memilih dan rekomendasi alat untuk pull up di rumah yang bisa Anda beli melalui e-commerce.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */