CEKLIST.ID – ASI (Air Susu Ibu) merupakan nutrisi utama bagi buah hati yang baru lahir. Namun terkadang ada hal yang tidak diinginkan terjadi, yang membuat ASI tidak bisa keluar atau keluar hanya sedikit. Menyikapi hal tersebut, Anda bisa menggunakan susu formula untuk bayi baru lahir. Susu formula sendiri memiliki nutrisi esensial yang membuatnya bagus sebagai pendamping ataupun pengganti ASI. Tak hanya cocok untuk newborn baby (0-6 bulan), susu formula juga cocok untuk bayi 6 bulan ke atas.

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi

Susu Formula Terbaik untuk Bayi
Gambar Ilustrasi artikel Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Dalam memilih produk susu bayi yang tepat, Anda tak boleh asal-asalan. Karena susu formula punya fungsi yang penting untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Karena itu, menerapkan cara pemilihan susu formula yang bagus untuk bayi seperti di bawah ini adalah langkah tepat.

1. Perhatikan kandungan gizinya

Hal yang diinginkan dari susu formula adalah kandungan gizi yang tertanam di dalamnya. Sebab, bayi membutuhkan nutrisi tersebut untuk kebutuhan sehari-harinya dan untuk pertumbuhan sel tubuhnya. Karena alasan itu, memperhatikan kandungan nutrisi pada susu formula adalah hal yang vital. Nutrisi yang bagus untuk buah hati adalah kalsium, protein, zink, zat besi, probiotik, vitamin, dan lain-lainnya. Anda hanya perlu memilih produk dengan kandungan gizi yang sesuai kebutuhan.

2, Pastikan bayi tidak alergi

Kemungkinan bayi alergi terhadap susu formula berbahan susu sapi cukup tinggi, khususnya bayi yang baru lahir. Karena hal itu, Anda sangat disarankan untuk membeli produk yang rendah alergen, sehingga resiko alergi dapat dikurangi. Anda juga bisa membeli susu formula dengan bahan dasar selain susu sapi atau membeli susu dengan formulasi khusus untuk bayi yang alergi. Jika bingung, konsultasikan saja pada dokter anak sebelum membeli susu bayi yang tepat.

3. Memilih susu formula yang menyerupai ASI akan lebih baik

Terkadang, banyak bayi yang tidak menyukai susu formula karena punya rasa yang berbeda dengan ASI. Mengetahui permasalahan tersebut, produsen mencoba memproduksi susu formula yang serupa dengan ASI. Jika anak Anda menolak susu formula, maka membeli susu dengan formulasi yang mirip ASI akan tepat untuk dibeli. Anda juga bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menambah ASI pada susu formula, sehingga anak akan menyukainya.

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi 2019

Dengan banyaknya merek susu formula, tentu membuat bingung banyak orang. Merek seperti Nutricia, Friso, Nestle, dan lain-lainnya banyak muncul di pasaran. Bila masih kebingungan, rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi pilihan ceklist.id yang ada di bawah ini bisa Anda jadikan referensi.

1. Nutricia Neocate LCP

Susu Formula Terbaik Nutricia Neocate LCP
Gambar Produk Nutricia Neocate LCP

Susu sapi menjadi bahan yang kerap digunakan untuk membuat susu formula. Namun tak jarang banyak yang alergi dengan bahan tersebut. Maka dari itu, Nutricia Neocate LCP memproduksi susu dengan bahan utama asam amino non alergik. Bahan tersebut membuat susu ini lebih mudah dicerna oleh buah hati. Kandungan gizinya juga tak kalah dari susu sapi, yakni tetap memiliki kalsium dan protein.

Susu hypoallergic tersebut dipercaya mampu memenuhi kebutuhan harian buah hati. Kandungan kalsium dan proteinnya juga bagus dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Bagi anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi, susu formula buatan Nutricia akan cocok bila digunakan. Bayi penderita MFPI (multiple food protein intolerance) di usia 0-12 bulan juga aman ketika mengkonsumsinya.

2. Kalbe Morinaga Indonesia BMT Soya

Susu Formula Kalbe Morinaga Indonesia BMT Soya
Gambar Produk Kalbe Morinaga Indonesia BMT Soya

Karena tak semua bayi yang baru lahir toleran terhadap laktosa, maka Kalbe memproduksi susu formula dengan bahan dasar kedelai. Laktosa sendiri kerap ditemui pada produk dengan bahan dasar susu sapi. Produk yang satu ini diklaim tidak memiliki kandungan kolesterol jahat, yang membuatnya aman untuk buah hati. Anak yang intoleran dengan protein susu sapi atau laktosa, akan sangat cocok bila memakainya.

Dengan formulasi nabati, membuat susu buatan Kalbe yang satu ini lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, karena punya kandungan serat yang tinggi. Kandungan baik dari kedelai akan berpadu dengan Moricare+ yang mendukung tumbuh kembang sel-sel otak si kecil. Anda bisa memberikan susu ini kepada anak dengan rentang usia 0-6 bulan.

3. Abott Similac NeoSure

Rekomendasi Susu Formula Abott Similac NeoSure
Gambar Produk Abott Similac NeoSure

Susu formula untuk bayi bernama Abott Similac NeoSure memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan utama dari produk ini adalah asam lemak esensial DHA dan AA, yang membuatnya mirip dengan ASI. Kandungan protein, kalsium, dan zat besi yang terkenal bagus untuk tumbuh kembang bayi juga ada di dalamnya. Begitupun kandungan vitamin A, E, K1, D3, B6, dan B12 yang bagus untuk tubuh ada di sana.

Dengan kadar nukleotida yang tinggi, membuat imunitas bayi berkembang dengan baik ketika mengkonsumsinya. Karena itu, produk ini diperuntukan bagi bayi yang lahir prematur dan berat badan kurang. Usia bayi 0-12 bulan bakal cocok bila mengkonsumsi salah satu susu formula terbaik untuk bayi yang satu ini. Namun harus di bawah pengawasan dokter bila ingin mengkonsumsi produk susu ini.

4. Friso Frisolac Gold 1

Susu Formula untuk Bayi Friso Frisolac Gold 1
Gambar Produk Friso Frisolac Gold 1

Sebelum diedarkan seperti sekarang, susu formula terlebih dahulu memasuki masa produksi. Nah, Friso Frisolac Gold 1 menggunakan teknologi Locknutri saat proses produksinya. Adanya teknologi tersebut membuat kandungan gizi dalam susu sapi tidak hilang atau menurun. Hal tersebut juga membuat pencernaannya lebih mudah dan tidak membahayakan bagi perut buah hati.

Karena proses produksi dilakukan dengan teliti, maka kandungan gizinya akan optimal di tubuh buah hati. Seperti probiotik yang membuat pencernaan bayi semakin sehat, sebab mampu mengurangi bakteri dalam sistem pencernaan. Ada juga DHA dan AA, yang terkenal bagus bagi perkembangan sel otak buah hati. Tak salah bila susu formula ini cocok diberikan pada buah hat Anda saat umur 0-6 bulan.

5. Mead Johnson Pregestimil Formula Bayi Hipoalergenik

Sabun Bayi Terbaik Mead Johnson Pregestimil Formula Bayi Hipoalergenik
Gambar Produk Mead Johnson Pregestimil Formula Bayi Hipoalergenik

Solusi anak yang paling tepat ketika alergi terhadap susu sapi dan intoleran pada laktosa adalah Mead Johnson Pregestimil. Susu berkemasan kaleng tersebut diproduksi dengan bahan dasar minyak nabati. Selain mempermudah proses pencernaannya, bahan tersebut tidak mengandung protein hewani yang sulit dicerna buah hati. Laktosa pun tak terkandung di dalamnya, sehingga cocok bagi bayi dengan kebutuhan khusus.

Tak perlu khawatir akan gizinya, karena terdapat kandungan kasein sebagai pengganti laktosa. Kasein tersebut terlebih dulu dihidrolisis agar dapat diterima oleh buah hati umur 0 sampai 1 tahun. Produk ini bukan untuk parenteral, yang artinya harus diberikan di bawah pengawasan medis. Meskipun begitu, produk dengan formula hipoalergenik ini akan cocok dengan bayi yang alergi susu sapi.

6. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Susu Formula Terbaik Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1
Gambar Produk Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Untuk mendampingi pemberian ASI, bayi bisa diberikan susu formula agar mendapat gizi tambahan yang seimbang. Produk yang satu bakal cocok bila diberikan pada buah hati, sebab dibuat menggunakan formulasi MultiExcel. Formula ini mampu mengoptimalkan pertumbuhan otak pada buah hati, sehingga anak sanggup tumbuh pintar. Kombinasi zat besi dan zink yang terkandung di dalamnya membuat anak tumbuh dengan sehat.

Susu formula terbaik untuk bayi ini akan cocok sebagai pendamping ASI. Dengan rasa plain yang dibuat agar menyerupai air susu ibu, dapat dipastikan anak akan menyukainya. Sebagai produk susu yang diproduksi produsen berpengalaman, tak salah jika Anda mempercayakan kebutuhan nutrisi harian si kecil kepadanya. Bahkan banyak dokter dan ahli kesehatan merekomendasikannya.

7. Nestle Lactogen 1 Gold

Susu Formula untuk Bayi Terbaik Nestle Lactogen 1 Gold
Gambar Produk Nestle Lactogen 1 Gold

Agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi secara lengkap, tak ada salahnya bila memilih susu formula dari Nestle. Kandungan gizinya terbilang lengkap, karena terdapat probiotik, prebiotik FOS dan GOS, asam lemak esensial LA dan ALA, zat besi, 12 vitamin, dan 11 mineral. Tak hanya mudah diserap oleh tubuh, kandungan gizi tersebut juga mudah dicerna. Dengan begitu, perkembangan bayi akan optimal bila mengkonsumsi susu formula ini.

Anda tak perlu meragukan keamanan susu formula tersebut, karena sudah lulus uji BPOM dan terbebas dari enterobacter sakazakii. Tak salah apabila Anda memberikannya pada buah hati. Terlebih, distribusi susu buatan Nestle terbilang merata di seluruh Indonesia, sehingga mempermudah dalam menemukannya. Harganya pun terjangkau, yang membuatnya layak untuk dibeli.

8. Nutricia Nutribaby Royal Pronutra Tahap 1

Susu Formula Terbaik untuk Bayi Nutricia Nutribaby Royal Pronutra Tahap 1
Gambar Produk Nutricia Nutribaby Royal Pronutra Tahap 1

Formula khusus Acti Duobio yang ada di dalamnya bakal memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang buah hati. Formula tersebut menciptakan susu formula dengan kandungan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Asam linoleat dan zat besi juga ada di dalamnya, yang membuat susu formula ini mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Agar mudah dicerna, terkandung pula prebiotik yang sekaligus bagus untuk saluran pencernaan.

Bagi bayi dengan usia 0-6 bulan, akan cocok bila mengkonsumsi susu formula ini. Tekstur susunya memang dibuat semirip mungkin dengan ASI, sehingga bayi baru lahir tak akan menolak bila mengkonsumsinya. Apalagi produk ini mengandung gizi yang beragam, yang membuatnya semakin bagus bila diberikan pada anak.

9. Nutricia Bebelove 1

Susu Formula untuk Bayi Nutricia Bebelove 1
Gambar Produk Nutricia Bebelove 1

Bayi yang baru lahir memiliki saluran pencernaan yang belum optimal. Karena itu, masalah pencernaan kerap muncul pada buah hati dengan usia 0-6 bulan. Agar hal itu tak lagi terjadi, susu formula Nutricia Bebelove 1 yang menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat layak diberikan. Kandungan Frukto Oligosakarida (FOS) dan Galakto Oligosakarida (GOS) adalah yang menyebabkan saluran pencernaan bisa berfungsi optimal.

Tak hanya itu, susu formula ini dilengkapi juga dengan nutrisi lain yang bermanfaat. Aneka vitamin, mineral, dan kalsium membantu memenuhi kebutuhan harian buah hati. Sedangkan omega 3 dan omega 6, membantu pertumbuhan otak si kecil. Kandungannya yang bagus dan bermanfaat bagi buah hati, membuatnya menjadi susu formula terbaik untuk bayi.

10. Mead Johnson Enfamil A+ 1

Susu Formula untuk Bayi Mead Johnson Enfamil A+ 1
Gambar Produk Mead Johnson Enfamil A+ 1

Bayi di usia 0 hingga 1 tahun mengalami pertumbuhan yang pesat. Pada periode emas tersebut, Anda sangat disarankan untuk memberi konsumsi yang menyehatkan bagi buah hati. Produk yang bisa Anda gunakan adalah susu formula dari Mead Johnson yang satu ini. Salah satu kandungannya yang bermanfaat adalah DHA, yang mampu mengembangkan kecerdasan buah hati.

Susu formula tersebut mampu mencukupi kebutuhan gizi harian berkat kandungan protein, lemak, dan karbohidratnya. Dengan adanya prebiotik GOS, maka pencernaannya akan lancar dan membantu menyehatkan saluran cerna buah hati. Anda yang memiliki buah hati dengan usia 0-6 bulan, bisa memberikan susu dengan formula A+ yang mencerdaskan ini.

Lainnya : Rekomendasi Empeng (dot) Terbaik untuk Bayi

Kesimpulan Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Manfaatnya yang beragam menjadikan susu formula sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tak hanya sebagai pendamping ASI, susu formula yang bagus juga bisa diberikan sebagai pengganti ASI. Kandungan gizinya yang beragam menjadi dasar kenapa olahan ini sangat baik untuk dikonsumsi buah hati, khususnya yang baru lahir. Rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi yang ada di atas adalah beberapa produk dengan kandungan gizi yang melimpah. Anda bisa memilih salah satu produk tersebut untuk diberikan pada sang buah hati.

Write A Comment

/* */