CEKLIST.ID – Mencari celah waktu untuk berolahraga di tengah rutinitas yang padat memanglah sulit. Anda takkan punya waktu banyak untuk datang ke pusat kebugaran. Walau begitu, kesehatan tubuh beserta organ di dalamnya harus dijaga dengan cara berolahraga. Bagaimana caranya? Cara paling mudahnya adalah dengan memiliki alat treadmill sendiri di rumah.

Treadmill merupakan alat kebugaran yang biasa dipakai untuk berlari atau jalan santai. Walaupun harga jualnya tidaklah murah, Anda seolah-olah sedang berinvestasi sewaktu membeli alat ini. Produk keluaran Jaco, Idachi, Total Fitness, dan RedPanda dihadirkan dengan karakteristik, fitur, dan desain yang beragam dari mulai yang elektrik hingga manual. Dalam artikel ini, kami akan ajak Anda mengenal lebih dekat tentang treadmill sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya.

Treadmill yang bagus untuk olahraga
Gambar Ilustrasi Treadmill Terbaik

Cara Memilih Treadmill Berkualitas Bagus

Sebelum melihat produk manakah yang paling tepat untuk Anda, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih tradmill yang benar. Karena banyaknya fitur yang beragam, Anda mungkin harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk itu, lebih baik Anda baca dulu bagian ini dengan saksama!

1. Hindari treadmill dari bahan bermutu rendah

Investasikan badan Anda agar tetap sehat dan berusia panjang dengan membeli treadmill berkualitas baik. Saat ini sudah banyak ditemukan treadmill dengan harga yang murah. Anda harus waspada dengan produk yang dibandrol dengan harga sangat rendah. Mengapa begitu? Alasannya, perangkat yang memfasilitasi lari Anda ini haruslah terbuat dari material yang bermutu tinggi.

Saat berlari, tubuh Anda akan bertumpu pada sabuk konveyor yang bergerak seiring langkah kaki Anda. Jika komponen tersebut terbuat dari bahan berkualitas rendah, maka daya tahannya pun tidaklah baik. Anda tentu tidak ingin membeli produk yang cepat rusak, bukan? Oleh sebab itu, hindarilah membeli treadmill yang komponennya berasal dari bahan-bahan rendah mutu. Agar tidak keliru, Anda harus berhati-hati ketika melihat produk yang dijual dengan harga sangat murah.

2. Panjang sabuk konveyor yang ideal haruslah lebih panjang 10 cm dari langkah kaki Anda

Area berlari yang mana berpusat pada sabuk konveyor merupakan bagian yang paling penting untuk diperhatikan. Selain memastikan material sabuk konveyor yang bermutu baik, Anda juga perlu mengecek panjang sabuk tersebut. Agar aktivitas lari Anda terasa nyaman dan aman, sebaiknya mencari treadmill dengan sabuk konveyor yang lebih panjang 10 cm dari langkah kaki Anda.

Untuk penghitungan mudahnya, Anda bisa menggunakan rumus tinggi badan x 0,65 + 10 cm. Sebagai contoh, angagplah tinggi badan Anda 165 cm. Berdasarkan rumus tersebut, maka panjang area lari pada treadmill yang ideal adalah: 165 x 0,65 + 10 cm = 117,25 cm atau bulatkan menjadi 120 cm. Poin ini perlu Anda perhatikan matang-matang agar tidak kecewa karena mendapati treadmill yang tidak memfasilitasi ruang gerak kaki Anda.

3. Untuk lebar sabuk konveyor sebaiknya 35 – 40 cm

Masih membahas tentang sabuk konveyor, baik untuk berlari ataupun berjalan, sebaik-baik lebar sabuk berkisar antara 35 – 40 cm. Sebagian produsen bahkan merancang lebar area lari ini mencapai 45 cm untuk menunjang aktivitas lari berkecepatan tinggi.

Sementara untuk angka idealnya, Anda yang menggunakan treadmill untuk berlari atau jogging adalah sekitar 40 cm. Sedangkan untuk dipakai berjalan santai sudah cukup jika area larinya hanya sebesar 35 cm. Semakin besar lebar area lari, maka kenyamanan pun akan Anda rasakan.

Review 10 Rekomendasi Treadmill yang Bagus

Pertanyaan selanjutnya, Treadmill yang bagus merk apa? Anda bisa memilih treadmill terbaik berdasarkan rekomendasi ceklist.id berikut ini. Pilihlah yang paling Anda sukai serta ukurannya muat untuk ditempatkan di ruangan rumah Anda.

1. Treadmill Hanatha HATM004

Gambar Hanatha HATM004
Gambar Treadmill Hanatha HATM004

Hanatha mengeluarkan treadmill dengan area lari sebesar 120 cm x 35 cm. Ukuran panjang dan lebar tersebut ideal untuk Anda yang mempunyai tinggi badan mencapai 165 cm. Produk ini didesain dengan tambahan roda untuk memudahkan Anda sewaktu ingin menggeser atau memindahkan alat ke ruangan lain.

Tak cuma itu, Hanatha HATM004 juga dapat disimpan di ruangan sempit karena dirancang agar bisa dilipat. Treadmill manual ini menyediakan enam fungsi, yakni sebagai treadmill, stepper, massager, push up, dan twister. Sewaktu memakai alat ini, Anda bisa mengetahui denyut nadi dan kalori yang terbakar dengan melihat layar pada panel pangatur alat.

2. iReborn Moscow M1 Motorized Treadmill

Gambar iReborn Moscow M1 Motorized Treadmill
Gambar iReborn Moscow M1 Motorized Treadmill

Ingin berjalan santai atau berlari cepat sembari ditemani musik yang cocok untuk mengiringi ritme Anda? iReborn merilis treadmill yang dibekali fitur pemutar musik Mp3 dan pengeras suara. Anda akan lebih bersemangat saat memakai alat ini.

Moscow M1 Motorized Treadmill merupakan treadmill otomatis yang pada bagian sabun konveyornya dilengkapi pelumas otomatis sehingga tidak mudah macet dan lebih tahan lama. Dengan alat ini, Anda bisa mengatur kecepatan putar sabuk mulai 1 km/jam sampai 16,8 km/jam. Alat ini menyediakan area lari berukuran 125 cm x 45 cm.

3. Divo Manual Mini 1 Fungsi QN-B214

Gambar Divo Manual Mini 1 Fungsi QN-B214
Gambar Divo Manual Mini 1 Fungsi QN-B214

Treadmill dari Divo ini dapat dipakai oleh seluruh anggota keluarga Anda. Bagi orang dewasa ataupun anak-anak, Divo Manual Mini 1 Fungsi QN-B214 sangat ideal dipakai sebagai alat olahraga di rumah. Memungkinkannya hal tersebut karena kerangka pegangan tangan dari alat ini dapat diatur ketinggiannya sesuai tinggi badan pemakai.

Buat Anda yang bujetnya terbatas, treadmill ini layak dijadikan pilihannya. Meski ukurannya mini, Divo menjelaskan kalau produk ini dapat menahan bobot tubuh antara 70 kg sampai 100 kg. Alat ini dapat dioperasikan tanpa bantuan listrik. Meski begitu, treadmill ini telah dilengkapi dengan layar LCD yang memperlihatkan jarak tempuh, waktu pemakaian, kecepatan langkah, dan jumlah kalori yang dibakar selama berolahraga.

4. Jaco Treadmill JC-2333

Gambar Jaco Treadmill JC-2333
Gambar Jaco Treadmill JC-2333

Treadmill persembahan Jaco ini menggunakan sabuk konveyor berkonsel wayflex running board. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berjalan, berlari santai, atau berlari cepat dengan aman dan nyaman. Pada sabuk tersebut juga dilengkapi bagian yang menonjol untuk memberi efek pijatan ke telapak kaki Anda saat berjalan atau berlari di atasnya.

Jaco Treadmill JC-2333 dirancang dalam bentuk minimalis dengan pilihan warna terang yang menarik. Walau tampak ringkas, alat ini dapat menampung beban hingga ratusan kilogram. Anda juga bisa melipat alat ini jika sudah tidak digunakan. Adanya roda pada alat memudahkan Anda dalam proses penyimpanan alat dalam keadaan terlipat.

5. Idachi ID 9938 DC – Motorizer Treadmill

Gambar Idachi ID 9938 DC – Motorizer Treadmill
Gambar Idachi ID 9938 DC – Motorizer Treadmill

Fungsi yang disematkan oleh Idachi ke dalam alat ini antara lain pengatur kecepatan lari, pendeteksi denyut nadi, penghitung jumlah kalori terbakar, dan pengukur waktu dan jarak tempuh. Semua informasi tersebut ditampilkan pada layar LCD yang besar.

Treadmill elektrik ini menyediakan area lari selebar 52 cm dengan panjang 150 cm. Bagi Anda yang mempunyai bobot hingga ratusan kilogram tak perlu khawatir saat memakai alat ini. Pasalnya, Idachi ID 9938 DC mampu menampung beban hingga 140 kg. Jadi, Anda bisa mengandalkan alat ini untuk membantu program diet Anda.

6. Total Fitness TL-607 Electric Treadmill

Gambar Total Fitness TL-607 Electric Treadmill
Gambar Total Fitness TL-607 Electric Treadmill

Selama berlari, Anda bisa memantau detak jantung, kecepatan lari, jarak tempuh, waktu, dan jumlah kalori yang berhasil terbakar secara berkala. Treadmill jenis elektrik ini juga dapat dialihfungsikan sebagai alat untuk sit up. Adanya fungsi getar juga sangat baik untuk Anda yang ingin memangkas kelebihan lemak di perut dan area tubuh lain.

Treadmill yang beroperasi dengan listrik ini dapat diatur kecepatannya mulai 1 km/jam hingga 12,8 km/jam. Ukuran area lari sepanjang 100 cm dan selebar 39 cm menjadikan alat ini juga ideal dipakai perempuan Indonesia yang rata-rata tingginya mencapai 150 cm ke atas.

7. Total Fitness TL-5008 Treadmill Manual

Gambar Total Fitness TL-5008 Treadmill Manual
Gambar Total Fitness TL-5008 Treadmill Manual

Treadmill lain dari Total Fitness yang tak kalah bagus dengan TL-607 adalah TL-5008. Bedanya, produk ini tidak memerlukan listrik karena beroperasi secara manual. Alat ini mempunyai sabuk konvayer yang dapat diatur kemiringannya. Berkat fitur ini, Anda bisa memanfaatkan alat bukan sebatas untuk berlari, tetapi juga sit up, push up, atau bahkan twister.

Dengan adanya fitur pengatur kemiringan, lengkap sudah treadmill manual ini digolongkan sebagai alat yang multifungsi. Bahkan, Anda juga dapat memakai sabuk getar jika ingin membantu mengurangi lemak saat berolahraga. Ingin berolahraga di rumah yang terbukti efektif dalam menurunkan berat badan? Gunakanlah TL-5008 dari Total Fitness ini.

8. OB FIT OB-1041 Electric Treadmill with High Technology

Gambar OB FIT OB-1041 Electric Treadmill with High Technology
Gambar OB FIT OB-1041 Electric Treadmill with High Technology

Apabila Anda bosan berlari santai dengan kecepatan rendah, OB-1041 dapat diatur kecepatannya mencapai 18 km/jam. Dengan begitu, Anda akan merasa tertantang setiap harinya untuk mencapai goal Anda dalam berolahraga. Treadmill elektrik yang dipasarkan hingga angka puluhan juta ini mempunyai area lari sebesar 130 cm x 45 cm.

Buat Anda yang mencari treadmill dengan kemampuan menahan berat hingga 100 kg, OB-1041 pilihannya. Alat ini mampu memangku beban sampai 120 kg. Sabuk konvayer pada treadmill ini bukan hanya berputar dengan lancar, tetapi juga disematkan fitur peredam sehingga Anda takkan terguncang saat berlari di atasnya.

9. RedPanda 2in1 Manual Treadmill 202

Gambar RedPanda 2in1 Manual Treadmill 202
Gambar RedPanda 2in1 Manual Treadmill 202

Desain yang ringkas dan kompak menjadikan alat ini begitu elegan saat diletakkan di segala sudut ruangan rumah Anda. RedPanda memang sengaja mendesain alat ini sedemikian rupa karena mengutamakan fungsinya sebagai alat lari. Melalui alat ini, RedPanda juga tak segan-segan menyediakan area lari dengan panjang mencapai 239 cm dan lebarnya 31 cm.

Tingkat kemiringan sabuk konvayer juga bisa diatur untuk menguatkan topangan kaki Anda. Bagi Anda yang ingin memperoleh betis kencang serta kuat, Anda bisa mengandalkan RedPanda 2in1 Manual Treadmill 202. Dengan alat ini, Anda akan dilatih untuk mengeluarkan seluruh performa Anda demi mendapatkan hasil yang optimal.

10. Treadmill Chicago X2

Gambar Chicago X2
Gambar Treadmill Chicago X2

Anda dapat berlari dengan leluasa sembari memonitor denyut nadi, kecepatan lari, waktu tempuh, kalori yang terbakar, serta lemak yang terpangkas dengan alat ini. Semua fitur tersebut akan Anda peroleh dari treadmill elektrik yang kemiringan area larinya bisa diatur secara manual.

Pada sabuk konveyornya, Chicago X2 dilengkapi bahan yang antilicin dan bersifat elastis sehingga risiko Anda mengalami cidera akan terminimalisir sekecil mungkin. Area lari seluas 130 cm dan 42,5 cm akan menambah kenyamanan Anda meski menggunakannya untuk berlari hingga kecepatan maksimalnya yang mencapai 16 km/jam.

Lainnya : Review 10 Raket Badminton Terbaik 2020

Kesimpulan

Ternyata cukup banyak pilihan treadmill terbaik yang ada di pasaran. Anda takkan lagi kebingungan untuk memilih setelah melihat daftar tersebut. Gunakanlah treadmill manual ataupun elektrik untuk membantu tubuh Anda tetap bugar. Seberapa banyak pun aktivitas Anda, tentu akan lebih bijak lagi jika Anda tetap memperhatikan kesehatan tubuh Anda.

Write A Comment

/* */