CEKLIST.ID – Salah satu perkakas masak yang dipakai untuk keperluan memasak adalah wajan penggorengan. Dikenal pula dengan nama frying pan, perkakas dapur ini penting keberadaannya. Selain untuk menumis bumbu, wajan penggorengan dapat pula membuat aneka hidangan lain, termasuk masakan Cina yang memiliki cita rasa berbeda.

Merek produsen peralatan dapur seperti Oxone, Maxim, dan Tefal, memproduksi wajah penggorengan dengan berbagai keunggulan. Mulai dari material dasar hingga fitur keunggulan, masing-masing akan membantu mempermudah pekerjaan Anda saat memasak di dapur. Saking bermacamnya pilihan, Anda perlu tahu poin penting dalam memilih sebelum membeli wajan penggorengan terbaik yang tersedia di pasaran. Ikuti terus artikel ini untuk mengetahuinya!

Gambar Ilustrasi Wajan Penggorengan
Gambar Ilustrasi Wajan Penggorengan

Cara memilih wajan penggorengan yang Bagus

Pada saat memasak, Anda mungkin lebih sering memakai spatula untuk mengaduk bahan atau bumbu masakan di wajan. Beberapa material wajan memiliki daya tahan ayang kuat dan sebagian lain lemah apabila sering terkena gesekan. Itulah mengapa, memilih wajan penggorengan berdasarkan material pembuatan sangatlah penting diketahui.

Selain memperhatikan bahannya, bobot dan diameter wajan menjadi aspek lain yang juga penting untuk ditinjau. Gagang pegangan yang Anda akan genggam untuk mengayun wajan adalah elemen lain yang tidak kalah pentingnya. Mari kita dalami satu per satu agar Anda bisa temukan wajan penggorengan yang sesuai.

1. Pilihlah berdasarkan material pembuatannya

Jika dahulu wajan penggorengan merujuk pada kuali besar dengan dua telinga, modern kini wajan penggorengan telah dimodifikasi ke dalam bentuk yang lebih kecil dan sederhana sehingga mudah pemakaiannya. Bahan untuk pembuatannya pun beragam, termasuk karakteristiknya masing-masing. Ada apa saja?

  • Wajan Teflon

Wajan berbahan fluorin atau teflon ini paling banyak digunakan di Indonesia. Menawarkan kemudahan saat memasak tanpa takut gosong adalah kelebihan dari wajan teflon. Bahkan, Anda bisa menumis bumbu atau menggoreng telur hanya dengan sedikit minyak agar lebih sehat.

Namun, wajan tipe ini berdaya tahan lemah terhadap api besar serta tidak tahan banting. Bagian permukaan wajan yang berlapiskan teflon juga bisa terkelupas jika Anda sering gunakan spatula besi untuk mengaduk bahan masakan. Selain itu, wajan teflon termasuk barang habis pakai, mungkin hanya 2 – 3 tahun daya tahannya.

  • Wajan Besi

Wajan yang terbuat dari material besi mempunyai bobot lebih berat daripada teflon. Meski demikian, wajan besi tidak mudah rusak dan tahan terhadap gesekan spatula besi tanpa takut terkelupas. Sifat besi dalam menghantarkan dan menyimpan panas juga baik. Wajan ini tahan banting sehingga bisa bertahan hingga 5 tahun bahkan lebih.

Apabila Anda memakai wajan ini, mungkin akan terasa repot di awal untuk dapatkan takaran minyak yang tepat. Di samping itu, perawatan yang kurang benar juga bisa membuat wajan tipe ini berkarat. Namun, apabila Anda sudah paham cara memakai dan merawatnya, wajan besi akan membuat Anda jatuh hati.

2. Pilih ukuran dan bobot yang ideal agar mudah dalam memasak

Ukuran bobot yang ideal dari sebuah wajan penggorengan berkisar di bawah dan sampai 1 kg. Jika Anda membeli wajan dengan berat mencapai 1 kg, mungkin akan terasa berat semisal Anda membuat hidangan yang kerap diaduk atau perlu mengayun wajan sering-sering, seperti nasi goreng, capcai, dan sebagainya. Namun, wajan dengan berat tidak lebih dari 1 kg akan mempermudah Anda.

Selain ukuran berat, periksa juga ukuran diameter dari wajan penggorengan, Disarankan memilih ukuran yang lebarnya berkisar antara 25 – 28 cm untuk kebutuhan memasak sehari-sehari agar nyaman. Jika Anda ingin memasak dalam skala besar, pilihlah wajan berdiameter 30 cm ke atas agar tidak perlu memasak secara berulang.

3. Pilih gagang wajan yang nyaman digenggam

Saat mengaduk masakan, Anda akan memegang gagang wajan agar wajan stabil dan tidak keluar dari tungku kompor. Dalam hal ini, penting untuk memeriksa bahan yang digunakan untuk membuat bagian gagangnya.

  • Gagang Plastik dan Kayu. Kedua material ini banyak digunakan karena karakteristiknya sebagai isolator panas dan antiselip. Namun, kayu dan plastik mempunyai daya tahan yang tidak lama karena umumnya dihubungkan ke wajan menggunakan baut. Periksalah secara berkala semisal ada kerusakan.
  • Gagang Logam. Dari tampilannya wajan dengan gagang logam tampak lebih modis, elegan, dan simpel. Biasanya gagang logam menyatu langsung ke wajan sehingga lebih awet dan kuat. Namun sebagai akibatnya, gagang logam lebih mudah panas ketika Anda memanaskan wajan dalam waktu lama.

10 Rekomendasi wajan penggorengan terbaik

Sudah dapat gambaran tentang wajan penggorengan yang pas untuk kebutuhan memasak sehari-hari Anda? Di bagian ini ceklist akan lanjutkan pembahasan dengan menampilkan sepuluh wajan penggorengan terbaik yang kompatibel untuk kompor gas maupun kompor induksi. Pilihlah yang sesuai dengan kebtuuhan Anda, ya!

1. Maxim Paris in Color Fry Pan 24 cm

Maxim Paris in Color Fry Pan 24 cm
Merk Maxim Paris in Color Fry Pan 24 cm

Bosan dengan wajan yang didominasi dengan warna hitam? Merek peralatan masak terkemuka, Maxim, merilis seri klasik wajan penggorengan dengan sentuhan warna di permukaan luarnya. Memasak dengan wajan ini terasa lebih menyenangkan.

Bukan cuma karena warnanya yang menarik, tetapi tiga lapisan pada permukaan dalam wajan membuatnya tidak lengket. Dengan kata lain, membersihkan wajan ini pun semakin mudah. Bahkan, Anda bisa bersihkan wajan ini ke dalam dishwasher juga agar lebih meringankan pekerjaan.

2. I-Kitchen Frying Pan 28 cm

I-Kitchen Frying Pan 28 cm
Merk I-Kitchen Frying Pan 28 cm

I-Kitchen merancang wajan penggorengan ini dengan gagang yang terbuat dari material tahan panas sehingga aman meski tidak sengaja dijangkau anak-anak maupun lansia. Produk ini diproses melalui metode paint coating berkekuatan panas tinggi yang membuatnya antilengket dan bebas logam berat.

Kemampuan mentransmisikan panas dengan baik menjadi nilai lebih dari produk ini. Dengan demikian, Anda bisa dapatkan suhu yang selalu stabil saat memasak, hasil masakan pun akan terasa lebih nikmat. Menyajikan hidangan lezat untuk keluarga, siapa takut?

3. LOCK & LOCK Cookplus Prima Wajan Penggorengan Pan – 26 cm

Merk LOCK & LOCK Cookplus Prima Wajan Penggorengan Pan – 26 cm
Merk LOCK & LOCK Cookplus Prima Wajan Penggorengan Pan – 26 cm

Wajan penggorengan dari brand Lock & Lock ini cukup terkenal di Indonesia. Masyarakat menyenanginya karena wajan ini telah dilapisi bahan antigores sehingga tidak masalah meski Anda mengaduk bahan menggunakan spatula besi atau metal.

Selain bagian dalamnya yang dilapisi material antigores, Cookplus Prima Wajan Penggorengan Pan berdiameter 26 cm ini juga dibekali lapisan luar yang tahan panas sehingga tidak mudah pudar meski sering terkena suhu panas. Produk ini dipastikan bebas bahan beracun, masakan jadi enak dan sehat.

4. Oxone OX-03FP 3PCS Marble Frypan Set

Oxone OX-03FP 3PCS Marble Frypan Set
Merk Oxone OX-03FP 3PCS Marble Frypan Set

Oxone OX-03FP ditujukan bagi Anda yang ingin memasak dengan sedikit minyak. Diproduksi dengan material khusus yang memungkinkan Anda memasak tanpa minyak, risiko akan obesitas hingga penyakit lain akan menurun. Meski tanpa minyak, wajan yang dijual satu set berisikan 3 buah ini tetap tidak lengket.

Di samping itu, Oxone juga berani menjamin material yang digunakan pada wajan ini mampu menyebarkan panas secara merata. Handle wajan terbuat dari stainless steel sehingga dapat menangkal panas dengan cukup baik serta tahan lama dan tidak mudah berkarat.

5. LOCK & LOCK Cookplus Hard and Light Frying Pan – 26 cm

LOCK & LOCK Cookplus Hard and Light Frying Pan – 26 cm
Merk LOCK & LOCK Cookplus Hard and Light Frying Pan – 26 cm

Kami hadirkan kembali wajan penggorengan dari Lock & Lock, kali ini produk pilihannya jatuh kepada Cookplus Hard and Light Frying Pan. Dengan ukuran diameter 26 cm, wajan ini cukup besar sehingga menyanggupi memasak nasi goreng cukup banyak untuk anak-anak Anda di waktu pagi.

Lock & Lock melengkapi produk ini dengan hard anodizing technology yang menjadikan bodinya kuat dan keras, namun bobotnya tidak sampai 700 gram, jadi sangat ringan! Selain itu, tiga lapisan antilengket yang digunakan terbukti ramah lingkungan dan tahan abrasi.

6. Tefal Pleasure 30 cm

Tefal Pleasure 30 cm
Merk Tefal Pleasure 30 cm

Tefal adalah brand unggulan yang tidak boleh dilewatkan. Total Pleasure ini merupakan salah satu wajan penggorengan yang cukup mudah ditemui akibat keinginan pasar yang tinggi terhadapnya. Dibekali teknologi Thermo-Spot, wajan ini akan berwarna merah saat masakan Anda mencapai suhu ideal.

Berkat Thermo-Spot-nya, Anda akan memperoleh hasil masakan dengan tingkat kematangan dan kelezatan yang sempurna. Selain itu, bagian dasar yang dilapisi titanium membuat wajan ini tahan lama dan lebih kuat. Diameter yang mencapai 30 cm akan membantu Anda hidangkan makanan untuk keluarga besar.

7. IKEA Oumbärlig Wajan Penggorengan

IKEA Oumbärlig Wajan Penggorengan
Merk IKEA Oumbärlig Wajan Penggorengan

Jika bujet Anda terbatas, Anda tetap bisa peroleh wajan penggorengan dengan kualitas yang mumpuni. Produk keluaran IKEA ini dijual tidak sampai 300 ribu rupiah. Penggorengan berukuran 28 cm ini tergolong besar dan menariknya, Anda bisa memasukkannya ke dalam oven juga, lho!

IKEA Oumbarlig Wajan Penggorengan dapat membantu Anda mengkreasikan lebih banyak hidangan untuk anak-anak atau suami di rumah. DI bagian dasarnya menggunakan satu lapisan aluminium untuk menyimpan panas dan diapit dua lapis baja tahan karat sebagai durability. Wajan ini juga mudah dibersihkan dan awet.

8. Neoflam Midas Plus 3 Piece Set, Detachable Handle

Neoflam Midas Plus 3 Piece Set, Detachable Handle
Merk Neoflam Midas Plus 3 Piece Set, Detachable Handle

Neoflam merilis wajan penggorengan dengan lapisan antilengket berbasis keramik yang ramah lingkungan sebab tersusun atas bahan-bahan alami. Lapisan tersebut juga membalut bagian luar sehingga memasak dengan wajan ini akan menjaga kandungan gizi dari setiap bahan masakan yang Anda masukkan.

Menariknya, Neoflam mendesain handle wajan ini agar mudah dilepas. Jadi, Anda bisa ubah fungsi wajan sebagai masak menjadi piring saji ketika hidangan sduah matang. Praktis, bukan?

9. Maxim Ultra Frypan 20 cm

Maxim Ultra Frypan 20 cm
Merk Maxim Ultra Frypan 20 cm

Maxim Ultra Frypan dibesut dengan mengedepankan kualitas serta daya tahan. Material teflon yang dua kali lebih tahan terhadap goresan menjadikan produk ini layak dipilih apabila Anda mencari wajan penggorengan berlapiskan teflon yang tahan lama.

Selain tahan dari goresan, wajan ini juga tahan banting sehingga Anda bisa pakai hingga usia lebih lama. Komponen handle yang terbuat dari bahan berpermukaan lembut dan antiselip serta tidak panas membuat proses memasak menjadi lebih nyaman.

10. Oxone Perfect Frypan OX-16FP

Oxone Perfect Frypan OX-16FP
Merk Oxone Perfect Frypan OX-16FP

Apabila Anda tinggal sendiri di indekos atau apartemen dan jarang memasak namun tetap ingin menyediakan wajan penggorengan, Anda bisa membeli Oxone OX-16FP ini. Produk ini memiliki ukuran kompak, yaitu hanya berdiameter 16 cm dan ekonomis nilai jualnya.

Wajan ini terbuat dari material stainless steel yang kompatibel untuk berbagai jenis kompor, baik kompor gas, kompor induksi, atau bahkan ceramic cooker. Bahan pembuatannya juga awet dan tidak mudah rusak karena memiliki ketahananan dari karat meski sering dipakai dan dicuci.

Rekomendasi Lainnya : 10 Rice Cooker Terbaik

Kesimpulan

Selain bermaterialkan besi dan teflon (fluorin), wajan penggorengan juga dibuat dari beberapa bahan lain, semisal aluminium, tembaga, casting (logam yang diencerkan lalu dituang ke dalam cetakan dan dibekukan), dan lain sebagainya. Masing-masing material memiliki keunggulan untuk memasak beberapa jenis masakan. Misalnya saja, wajan dengan amterial aluminium lebih nyaman untuk memasak pasta karena bobotnya yang ringan dan mudah diangkat.

Wajan penggorengan dari tembaga dapat menghantarkan panas secara merata sehingga cocok untuk memasak telur dengan kematangan merata. Kemudian, wajan berbahan casting dapat ciptakan sentuhan warna kecokelatan pada masakan karena karakteristik materialnya yang mudah dilalui panas, cocok untuk memasak steak dan hamburger.

Pengunjung Mencari:

  • 12 Teknik memegang raket pada frying pan grip adalah

Write A Comment

/* */