CEKLIST.ID – Deodorant menjadi salah satu item penting untuk tubuh, baik pria maupun wanita. Terutama saat cuaca panas dan gerah karena bisa mengatasi keringat hingga bau badan. Sudah ada berbagai merk deodorant roll on dan spray yang beredar luas di pasaran, seperti Rexona, Nivea, Dove, AXE, Adidas dan merk lainnya. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai deodorant terbaik yang bisa membantu permasalahan bau badan dan keringat berlebih pada badan.

Kandungan yang ada Pada Deodorant

Dalam ketiak terdapat mikroba yang sebenarnya normal, serta struktur pendukung lain, seperti rambut, kelenjar minyak, dan keringat. Dalam setiap harinya, ada dua hingga empat juta kelenjar keringat yang menghasilkan keringat, maka tidak heran jika tubuh bisa menghasilkan keringat berlebih, terutama di ketiak.

Merk Deodorant Terbaik
Gambar Ilustrasi Deodorant / TopClassActions

Untuk mengatasi masalah yang tadi telah disebutkan, deodorant bisa menjadi solusi. Sebelum membahas tentang apa saja merk deodorant terbaik, mari ketahui dulu kandungan yang ada dalam deodorant antara lain sebagai berikut.

1. Aluminium Salts

Senyawaan aluminium memiliki fungsi utama untuk menutup kelenjar keringat, sehingga bisa menghentikan aliran keringat secara sementara. Ketika produk deodorant dibersihkan, kelenjar keringat akan kembali terbuka untuk menghasilkan keringat kembali.

2. Paraben

Paraben sebenarnya merupakan bahan pengawet untuk menjaga produk kosmetik supaya tidak cepat ditumbuhi bakteri pembusuk. Produk deodorant biasanya juga memiliki kandungan paraben untuk menjaga kebersihan kulit dan meminimalisir bakteri penyebab bau badan. Namun ada juga deodoran yang tidak mengandung paraben. Anda hanya tinggal jeli saja ketika akan membeli produk deodorant ini.

3. Pewangi

Penggunaan pewangi pada beberapa merk deodorant terbaik bertujuan untuk menghalau bau badan sehingga menimbulkan wangi dan rasa bersih di badan. Sayangnya, bahan pewangi ini terkadang menimbulkan iritasi untuk beberapa pemilik kulit sensitif. Jadi sebelum menggunakannya Anda bisa mencoba deodorant yang akan Anda gunakan. Jika tidak bermasalah maka Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan deodorant yang sudah Anda beli.

4. Emollient oil

Penambahan emollient oil memiliki tujuan supaya deodorant lebih mudah penggunaannya. Emollient oil juga memiliki manfaat lain, yaitu mencegah timbulnya kerak pada ketiak pada saat produk sudah mengering.

5. Alkohol

Seluruh komponen yang menyusun deodoran dilarutkan dengan alkohol supaya lebih cepat kering. Alkohol juga menimbulkan sensasi rasa dingin dan segar saat bersentuhan dengan kulit.

6. Polyethylene glycol (PEG)

Fungsi utama senyawa polietilen glikol adalah sebagai zat emulsifikasi sehingga memudahkan Anda saat membersihkan sisa produk.

7. Butylated hydroxytoluene (BHT)

BHT memiliki fungsi untuk mencegah atau memperlambat proses oksidasi berbagai senyawa dalam deodoran ketika terpapar dengan udara bebas sehingga deodorant tetap bisa bekerja secara optimal.

8. Bedak talk

Bedak dalam deodorant memiliki manfaat utama untuk menyerap minyak dan kelembapan serta melindungi kulit dengan cara menjaga kulit ketiak tidak mengeluarkan keringat berlebih.

Berbagai komponen deodorant di atas memang berperan untuk mengurangi keringat berlebih dan mencegah bau badan, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa deodorant bisa saja mengubah keadaan normal flora pada ketiak. Fungsi normal flora di ketiak adalah sebagai barier pelindung kulit. Dengan berkurangnya produksi keringat karena deodorant, sumber makanan mikroba akan berkurang yang berujung pada penurunan jumlah mikroba di ketiak.

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan hasil bahwa penggunaan deodoran tidak memberikan pengaruh besar pada normal flora di ketiak. Namun Anda perlu mengetahui produk apapun yang digunakan di kulit, entah itu sabun mandi maupun losion, juga akan mengubah kondisi normal flora di kulit.

Tips Memilih Deodoran yang Bagus untuk Ketiak Anda

Ada dua tipe deodorant paling populer yang beredar di masyarakat, yaitu deodorant tipe spray dan roll on yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dibandingkan dengan tipe spray, kandungan pada deodorant roll on bisa langsung menyerap pada ketiak, karena langsung ditempelkan pada kulit sehingga antiperspiran langsung menempel pada kulit dan tahan lama. Deodorant roll on juga mudah digunakan, meski ketika Anda tengah terburu-buru.

Akan tetapi, penggunaan deodorant roll on yang menempel langsung pada kulit membuat risiko terjadinya iritasi pada kulit menjadi lebih besar dibandingkan dengan deodorant spray. Kandungan deodorant yang sebagian besar adalah air menyebabkannya butuh waktu cukup lama sampai benar-benar kering. Untuk memilih merk deodorant terbaik, Anda bisa memperhatikan aspek-aspek berikut ini.

1. Memilih produk sesuai kebutuhan tubuh

Deodorant yang beredar di pasaran biasanya memiliki fungsi yang berbeda, ada yang fungsi utamanya untuk mengurangi keringat, namun ada juga yang fungsi utamanya mengurangi bau badan.

Kalau Anda membutuhkan deodorant untuk keringat berlebih, pilih yang komposisi utamanya adalah zat antiperspiran, seperti aluminum chlorohydrate, alum, atau zinc phenolsulfonate. Fungsi antiperspiran tersebut adalah menutup dan menyumbat kelenjar keringat di kulit sehingga keringat berlebih bisa diatasi.

Keringat sebenarnya tidak akan menimbulkan bau jika tidak ada bakteri penyeban bau badan yang berkembang saat berkeringat. Jika fokus utama Anda membeli produk deodorant untuk menghilangkan bau badan, maka pilih yang mengandung antibakteri, seperti isopropyl methylphenol dan benzalkonium chloride. Bahan lain yang berasal dari ekstrak bahan alami, seperti ekstrak lavender dan teh hijau juga bersifat antibakteri.

2. Memilih deodorant yang cepat kering

Supaya tidak menunggu lama saat akan mengenakan pakaian, Anda bisa memilih produk deodorant yang berteknologi fast drying. Deodorant yang cepat kering biasanya juga tidak akan meninggalkan noda kekuningan pada baju Anda.

3. Memilih deodorant dengan aroma favorit

Produk deodorant biasanya juga dilengkapi aroma tertentu, seperti aroma bunga atau buah dan cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengatasi masalah bau badan. Akan tetapi, kalau Anda memakai deodorant karena keringat berlebih, akan lebih baik untuk menggunakan produk deodorant tanpa aroma. Ketika aromanya bercampur dengan keringat, justru bisa menimbulkan bau tidak sedap. Sayangnya, deodorant tanpa aroma masih sulit ditemukan di Indonesia.

10 Rekomendasi Merk Deodorant Terbaik untuk Mengatasi Bau Badan dan Ketiak

Berdasarkan uraian di atas, Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih produk deodorant untuk cocok untuk masalah ketiak basah dan bau badan. Berikut ini rekomendasi berbagai merk deodorant terbaik pilihan ceklist.id yang bisa Anda coba.

1. Nivea Black & White Clear Roll On

Merk Deodorant Terbaik Nivea Black & White Clear Roll On
Merk Deodorant Nivea Black & White Clear Roll On
Nama ProdukNivea Black & White Clear Roll On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Rasanya pasti menyebalkan ketika pakaian, terutama yang berwarna putih terkena noda karena menggunakan deodorant. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan salah satu merk deodorant terbaik dari Nivea ini.

Nivea Black & White Clear Roll On mengandung antiperspirant aluminium chlorohydrate dan hadir dalam aroma floral. Deodorant ini dilengkapi teknologi pencegah noda dan masks ingredients, tanpa alkohol dan pewarna, sehingga meminimalisir risiko timbulnya iritasi pada kulit ketiak.

Nivea Black & White Clear Roll On dijual dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp9.000-an.

2. Rexona Men Ice Cool Roll On

Merk Deodorant Terbaik Rexona Men Ice Cool Roll On
Merk Deodorant Rexona Men Ice Cool Roll On
Nama ProdukRexona Men Ice Cool Roll On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Rexona Men Ice Cool Roll On dilengkapi butiran micro MotionSense yang akan terpecah dan menyebarkan kesegaran ketika Anda bergerak. Jadi salah satu merk deodorant terbaik keluaran Unilever ini sangat cocok untuk dikenakan bekerja di luar ruangan. Saat Anda mengoleskannya ke kulit, Anda akan merasakan sensasi dingin sehingga memberikan kesegaran maksimal untuk Anda.

Deodorant ini mengandung aluminium chlorohydrate sebagai antiperspiran dengan sunflower seed oil sebagai bahan antibakteri. Produk ini memiliki aroma yang berasal dari rempah-rempah dan musk. Anda bisa membeli Rexona Men Ice Cool Roll On dengan harga sekitar Rp12.000-an.

3. Dove Deodorant Spray

Merk Deodorant Terbaik Dove Deodorant Spray
Merk Deodorant Dove Deodorant Spray
Nama ProdukDove Deodorant Spray
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Dove Deodorant Spray memiliki wangi yang lembut dan sama sekali tidak menyengat. Wanginya itu bertahan cukup lama meski Anda beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Karena salah satu merk deodorant terbaik ini berbentuk spray, maka akan lebih cepat kering ketika disemprotkan ke ketiak. Untuk Anda yang ingin membelinya, kisaran harganya adalah Rp20.000 sampai dengan Rp30.000-an.

4. Casablanca Deodorant Roll On

Merk Deodorant Terbaik Casablanca Deodorant Roll On
Merk Deodorant Casablanca Deodorant Roll On
Nama ProdukCasablanca Deodorant Roll On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Casablanca Deodorant Roll On memiliki fungsi utama untuk mencegah bau badan, sekaligus untuk keringat berlebih. Deodorant ini juga mengandung zat aktif TCC yang menjadi bahan anti-bakteri, sehingga tidak ada noda yang tertinggal pada pakaian Anda. Salah satu merk deodorant terbaik ini memiliki aroma yang manis dan powdery, serta memiliki harga yang sangat bersahabat. Anda bisa membeli produk ini dengan harga sekitar Rp15.000-an.

5. Axe Urban Anti-Bac Protection

Merk Deodorant Terbaik Axe Urban Anti-Bac Protection
Merk Deodorant Axe Urban Anti-Bac Protection
Nama ProdukAxe Urban Anti-Bac Protection
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Kalau Anda mencari deodoran roll on dengan wangi maskulin, Anda bisa membeli Axe Urban Anti-Bac Protection ini. Dibuat dengan aluminium chlorohydrate sebagai antiperspiran dan minyak biji bunga matahari sebagai antibakteri. Aroma yang menonjol pada salah satu merk deodorant terbaik ini adalah aroma tobacco dan amber wood yang umumnya disukai oleh pria. Anda bisa membeli Axe Urban Anti-Bac Protection ini dengan harga sekitar Rp15.000-an.

6. Dove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant

Merk Deodorant Terbaik Dove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant
Merk Deodorant Dove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant
Nama ProdukDove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Disadari atau tidak, mencukur bulu ketiak bisa membuat ketiak menjadi lebih gelap, sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri ketika mengenakan baju tanpa lengan. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan salah satu merk deodorant terbaik, Dove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant.

Selain mengandung aluminium chlorohydrate sebagai antiperspirant dan sunflower seed oil sebagai antibakteri, produk ini juga diperkaya vitamin B3 dan moisturising cream. Ekstrak biji bunga matahari tersebut juga memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit ketiak yang tampak gelap. Harga produk ini di pasaran sekitar Rp14.000-an.

7. Nu Skin Scion Whitening Roll On

Merk Deodorant Terbaik Nu Skin Scion Whitening Roll On
Merk Deodorant Nu Skin Scion Whitening Roll On
Nama ProdukScion Whitening Roll On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Nu Skin Scion Whitening Roll On memiliki fungsi utama untuk keringat berlebih dan bau badan. Deodorant ini mengandung triclosan yang berfungsi sebagai antibakteri untuk memberikan aroma yang segar dan bersih.

Ditambah lagi dengan kandungan ekstrak bearberry dan licorice sebagai whitening agent untuk ketiak Anda dan kandungan vitamin E serta lactic acid untuk merawat kelembutan kulit ketiak.

Tidak ada kandungan alkohol dalam merk deodorant terbaik dari Scion ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi iritasi. Mau mencoba deodorant ini? Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp50.000-an.

8. Good Virtues Co Dependable Devoted Deodorant Roll-on

Merk Deodorant Terbaik Good Virtues Co Dependable Devoted Deodorant Roll-on
Merk Deodorant Good Virtues Co Dependable Devoted Deodorant Roll-on
Nama ProdukGood Virtues Co Dependable Devoted Deodorant Roll-on
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Deodorant ini memiliki pengemasan yang unik dalam bentuk tube yang mudah dibawa untuk bepergian. Beberapa kandungan dalam produk ini, antara lain aluminium chlorohydrate sebagai antiperspirant, organic black seed oil sebagai antibakteri, dan minyak habbatus sauda yang diklaim mampu mencerahkan kulit ketiak. Tertarik dengan produk ini? Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp30.000-an.

9. Crystal Mineral Deodorant Roll On

Merk Deodorant Terbaik Crystal Mineral Deodorant Roll On
Merk Deodorant Crystal Mineral Deodorant Roll On
Nama ProdukCrystal Mineral Deodorant Roll On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Crystal Mineral Deodorant Roll On mengandung ekstrak pomegranate sebagai antibakteri yang berfungsi  untuk mencegah bau badan dengan cara memblokir aroma tidak sedap dari tubuh sebelum menyebar melalui udara. Jadi produk ini akan sangat cocok digunakan untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap.

Senyawa antiperspirant yang digunakan dalam produk ini adalah Potassium alum yang juga dikenal sebagai mineral salt. Tidak adanya bahan kimia aktif dalam salah satu merk deodorant ini akan menghindarkan kulit dari iritasi dan noda pada pakaian. Ingin mencoba produk deodorant ini? Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp80.000-an.

10. Sebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll-On

Merk Deodorant Terbaik Sebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll-On
Merk Deodorant Sebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll-On
Nama ProdukSebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll-On
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Selain mengontrol keringat berlebih dan bau badan tidak sedap, penting juga untuk tingkat keasaman kulit demi menjaga kesehatan kulit. Normalnya, tingkat keasaman atau pH orang dewasa berada pada kisaran 4,2 sampai 5,6. Salah satu fungsi dari Sebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll On ini adalah untuk mengembalikan pH kulit ke tingkat normal.

Produk ini mengandung zinc ricinoleate sebagai zat antiperspirant dan tidak ada tambahan pewangi tertentu. Kalau Anda tertarik dengan produk ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp90.000-an.

Rekomendasi Lainnya :

Manfaat Lain dari Deodorant

Anda tentu sudah tahu bahwa manfaat utama dari deodorant adalah untuk menjaga kesegaran badan, mengontrol keringat berlebih, dan mencegah timbulnya bau badan. Dibalik fungsi utamanya itu, deodorant juga memiliki berbagai manfaat lain, berikut selengkapnya.

1. Mengurangi keringat di bagian bawah payudara

Kulit yang ada di bagian bawah payudara cukup rentan berkeringat dan akan menimbulkan ketidaknyamanan jika sampai menempel di baju. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mencoba mengoleskan salah satu merk deodorant terbaik di atas di kulit bawah payudara. Selain itu, deodorant juga memiliki fungsi untuk mengurangi iritasi kulit ketika mengenakan bra.

2. Mengurangi bau kaki

Kaki yang ditutup oleh kaos kaki dan sepatu sangat rawan memiliki bau taksedap. Anda bisa mengatasi ini dengan mengoleskan deodorant di kaki. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan deodorant pada area kaki ketika malam hari. Lakukan itu secara rutin untuk mengurangi bau pada kaki.

3. Mengurangi lecet karena gesekan pada celana

Apakah Anda pernah mengalami lecet di area selangkangan akibat gesekan dari celana yang dipakai? Jika ya, Anda bisa menggunakan deodoran sebagai pelumas untuk menghindari lecet yang terjadi karena gesekan pada celana itu. Cara memakainya adalah dengan mengoleskan deodorant di antara lipatan tubuh, baik di lutut maupun di selangkangan.

4. Membersihkan cat kuku

Deodorant juga bisa dimanfaatkan sebagai nail polish remover untuk membersihkan cat kuku. Anda bisa menggunakan deodorant spray untuk keperluan ini. Caranya dengan menyemprotkan deodorant pada kuku lalu bersihkan dengan kapas.

5. Mengurangi Iritasi Karena Gigitan Serangga

Salah satu unsur yang terkandung pada deodorant adalah aluminium yang ternyata efektif untuk mengurangi iritasi akibat gigitan serangga. Meski demikian, Anda tidak boleh mengoleskan deodoran ketika kondisi kulit terluka. Selain itu, tidak disarankan menggunakan deodorant untuk mengurangi iritasi karena serangga jika mempunyai kulit sensitif.

6. Mengurangi Bau Tidak Sedap di Lemari

Orang-orang biasanya menggunakan kamper atau pewangi lemari untuk mengatasi bau tidak sedap pada lemari. Deodorant juga bisa digunakan untuk mengurangi bau tidak sedap dan memberikan aroma menyegarkan pada lemari pakaian. Cara memakainya juga mudah, Anda cukup meletakkan deodorant dalam lemari pakaian dalam keadaan terbuka.

7. Membantu Membersihkan Noda Membandel

Manfaat lainnya dari deodorant adalah untuk membantu membersihkan noda membandel yang menempel pada pakaian secara efektif, seperti noda pena atau spidol. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan deodorant pada bagian pakaian yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci pakaian sebagaimana mencuci pakaian seperti biasa.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi deodorant terbaik, semoga membantu Anda untuk memilih deodorant terbaik ya.

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */