CEKLIST.ID – Menjaga kebersihan gigi dengan melakukan penyikatan secara rutin dapat menghindarkan gigi dari kerusakan. Dengan pasta gigi yang tepat, gigi Anda pun bukan hanya terlindungi, tetapi lebih sehat. Ada banyak macam pasta gigi yang beredar di pasaran, pastikan Anda menyikat gigi dengan pasta gigi yang tepat untuk kondisi gigi Anda.

Karena terlalu banyaknya pilihan, barangkali Anda bingung untuk memilih pasta gigi terbaik yang pas dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih pasta gigi. Tak lupa pula, kami akan menyertakan pilihan pasta gigi yang dapat Anda beli dan gunakan. Selamat membaca!

Pasta Gigi Sehat
Gambar Ilustrasi Pasta Gigi Sehat / Southhighdental

Cara memilih pasta gigi untuk gigi lebih sehat

Pada dasarnya, pasta gigi adalah produk yang tersusun atas sejumlah komponen yang berguna dalam menyehatkan gigi. Sebagian lain diproduksi dengan menambahkan bahan-bahan tertentu untuk meningkatkan efektivitasnya, termasuk penggunaannya sebagai pemutih, pencegah karies, dan sebagainya.

Selain itu, pasta gigi juga hadir dalam beberapa bentuk. Jika selama ini orang-orang lebih mengenal pasta gigi dalam bentuk pasta, sejatinya pasta gigi ada pula yang berbentuk gel dan mouthwash. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi Anda harus pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Simak untuk ketahui lebih lanjut, yuk!

1. Tipe pasta yang dapat menghasilkan busa berlimpah dan mengilapkan gigi

Ini adalah tipe pasta gigi yang paling umum ditemui dan digunakan. Pasta gigi tipe pasta dibekali agen pengilap dan penghasil busa sehingga dapat membersihkan kotoran di dalam gigi dan mulut dengan mudah. Tipe ini juga yang paling memungkinkan dipakai berkelanjutan karena formula yang diterapkan umumnya tidak bersifat abrasif tinggi.

Harga yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa pasta gigi tipe ini dipakai banyak orang. Namun, apabila Anda terbiasa menyikat dengan sikat gigi elektrik, maka kurang tepat jika memakai pasta gigi jenis ini, malah bisa membahayakan. Kemudian, bila Anda sering menyikat dengan pasta gigi tipe pasta tanpa memberi hasil, seperti gigi masih tampak menguning, sebaiknya Anda beralih ke pasta gigi lain.

2. Pasta gigi tipe gel yang bertekstur lembut dan cocok untuk sikat gigi elektrik

Jika dibandingkan tipe pasta, pasta gigi berjenis gel lebih nyaman ketika berada di dalam mulut karena mempunyai tekstur yang halus. Akan tetapi, pasta gigi ini umumnya tidak disertakan bahan pengilap, Anda pun tidak akan merasakan efek gigi yang lebih cerah dan berkilau.

Meski demikian, sebenarnya hal tersebut merupakan sesuatu yang baik. Alasannya, bahan pengilap dapat mengikis enamel gigi sehingga apabila dipakai berlebihan, maka gigi bisa mengalami penipisan enamel yang berujung pada kerusakan dan sensasi gigi sensitif. Pasta gigi tipe gel juga sangat efektif dipakai bersamaan degnan sikat gigi elektrik atau interdental untuk membersihkan celah gigi.

3. Tipe mouthwash yang menjaga kesegaran mulut saat terburu-buru

Pada dasarnya, mouthwash ini juga termasuk salah satu pasta gigi. Bagi Anda yang pernah memakai pasta gigi tipe gel, tentu akan merasakan sensasi yang tak jauh beda ketika berkumur dengan pasta gigi tipe mouthwash. Namun, tipe ini tidak dapat membantu mencerahkan gigi atau melindungi gigi dari karies.

Pasta gigi dalam bentuk mouthwash penggunaannya hanya disarankan ketika Anda tidak sempat menyikat atau sedang terburu-buru, seperti saat sebelum tidur atau hendak mengejar jam terbang pesawat. Tipe ini dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan kebersihan gigi tanpa harus menyikat.

4. Pilihlah yang mengandung flouride untuk mencegah karies

Flouride adalah bahan yang terbukti efektif dalam mencegah karies. Jika Anda ingin mendapatkan gigi yang sehat, bebas karies, dan memiliki lapisan enamel yang lebih kuat, pastikan pasta gigi pilihan Anda mengandung flouride, entahkah dalam bentuk sodium flourophosphate, stannous flouride, dan lainnya.

Periksa juga kadar flouride yang tercantum dalam tabel komposisi. Untuk melindungi gigi dari karies, setidaknya pasta gigi Anda memiliki konsentrasi flouride 950 ppm atau lebih. Namun sayangnya, di pasaran masih sedikit pasta gigi komersial yang mengandung flouride berkonsentrasi tinggi, karena itulah Anda dapat mencarinya di poliklinik gigi.

5. Untuk gigi sensitif, gunakanlah pasta gigi dengan kandungan alumunium laktat

Gigi sensitif dapat mengganggu seseorang setiap kali makan atau minum sesuatu yang dingin maupun panas, semisal es, kuah panas, dan sebagainya. Rasa ngilu yang muncul disebabkan oleh email gigi yang tergores atau rusak karena terlalu sering menyikat gigi atau memakai pasta gigi dengan kadar flouride tinggi.

Apabila Anda termasuk pemilik gigi sensitif, beralihlah ke pasta gigi yang mengandung alumunium laktat atau kalium nitrat agar dapat membantu memberikan lapisan pada gigi Anda. Hal ini akan membantu menciptakan email pelindung agar tidak terjadi lagi perasaan gigi ngilu ketika makan makanan seperti tadi.

6. Periksalah kandungan agen pemutih untuk gigi lebih putih

Efek pemutih pada pasta gigi akan bekerja dengan cara berbeda, tergantung formula yang digunakan. Umumnya, pada pasta gigi pemutih dibagi menjadi dua jenis, yaitu pasta gigi dengan tekstur halus dan pasta gigi berkandungan malic acid.

Pasta gigi yang mengandung malic acid dapat membuat gigi Anda tampak lebih putih, sedangkan pasta gigi whitening yang mempunyai tekstur sangat halus dapat menghilangkan noda kuning pada gigi dengan mudah. Karena pasta gigi pemutih memiliki bahan abrasif kuat, sebaiknya Anda batasi pemakaiannya agar tidak merusak enamel gigi.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat

Usai membahas tipe-tipe pasta gigi berdasarkan wujudnya dan memilih produk dengan memperhatikan kandungannya, Anda tentu sudah mendapatkan gambaran pasta gigi seperti apa yang cocok untuk Anda. Berikut ini ceklist.id perkenalkan 10 pasta gigi terbaik yang dapat Anda pilih.

1. Close Up Diamond Attraction Power White

Close Up Diamond Attraction Power White
Merk Close Up Diamond Attraction Power White

Tidak sulit menemukan pasta gigi keluaran Unilever ini. Close Up Diamond Attraction Power White menjanjikan gigi lebih putih sejak pemakaian pertama. Dirancang secara unik, wujud pasta dari pasta gigi ini berwarna biru dengan teknologi blue light.

Pasta gigi ini tidak hanya bekerja menghilangkan kotoran pada sela-sela dan noda warna pada permukaan gigi, tetapi juga membuat napas Anda terasa lebih segar. Telah direkomendasikan oleh para pakar kesehatan gigi domestik, Anda dapat rasakan perubahan gigi yang putih lebih cepat berkatnya.

2. Hawley & Hazel Darlie Double Action Toothpaste

Hawley & Hazel Darlie Double Action Toothpaste
Merk Hawley & Hazel Darlie Double Action Toothpaste

Bagi Anda yang mencari pasta gigi untuk menjaga napas selalu segar lebih lama, Hawley & Hazel menawarkan pasta gigi dengan kandungan spearmint dan peppermint. Kedua bahan tersebut akan membantu menyegarkan gigi dan mulut Anda hingga seharian.

Anda dapat pula mengandalkan produk ini untuk mencegah bau mulut. Diperkaya oleh kandungan flouride, pasta gigi ini juga efektif dalam mencegah terbentuknya karang gigi. Formula superfine cleaning agent-nya akan membersihkan kotoran tanpa sisa.

3. Sensodyne Rapid Relief

Sensodyne Rapid Relief
Merk Sensodyne Rapid Relief

Perasaan tidak nyaman yang Anda alami setiap kali minum es atau makan makanan berkuah panas muncul akibat gigi yang sensitif. Hilangkan ngilu pada gigi Anda dengan memakai Sensodyne Rapid Relief sekarang juga. Dihadirkan khusus untuk pemilik gigi sensitif, produk ini akan menghilangkan ngilu dengan cepat.

Bekerja dengan menciptakan lapisan email gigi, pasta gigi ini akan membantu Anda terlepas dari masalah gigi sensitif yang diderita selama ini. Formulanya dapat bekerja langsung untuk mencegah efek ngilu selama 24 jam dengan menyumbat dentin gigi yang terbuka.

4. Systema Nano Menthol Breeze

Systema Nano Menthol Breeze
Merk Systema Nano Menthol Breeze

Karies yang tidak dihilangkan akan memicu pembusukan sehingga merusak gigi sekaligus menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Systema menghadirkan Nano Menthol Breeze sebagai pasta gigi untuk Anda yang ingin memberpabiki karies sedini mungkin.

Kandungan kalsium nano yang tinggi juga dapat membantu mencegah kemunculan lubang pada gigi dalam 14 hari pemakaian. Selain itu, kadar detergen yang tercantum di dalamnya hanya sedikit sehingga tidak terasa kesat berlebihan setelah penyikatan.

5. Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer
Merk Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

Jika Anda terbiasa minum atau makan sesuatu yang manis, risiko gigi berlubang akan semakin besar. Untuk menghindarinya, Anda dapat menyikat gigi rutin dengan Colgate Maxiumum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer. Produk ini dapat melindungi gigi dari kerusakan dan masalah berlubang.

Tidak hany aitu, Colgate juga menyebutkan bahwa produk ini dapat mengurangi timbulnya plak gigi. Diperkaya kandungan flouride, pasta gigi ini akan menjadikan gigi lebih bersih. Kabar menariknya lagi, produk ini juga boleh digunakan mulai anak usia 2 tahun, lho!

6. Himalaya Sparkling White Toothpaste

Himalaya Sparkling White Toothpaste
Merk Himalaya Sparkling White Toothpaste

Jika Anda memerlukan pasta gigi yang dapat membantu menghilangkan noda menguning tanpa merusak email gigi, produk dari Himalaya Herbals ini layak dicoba. Dengan Sprakling White Toothpaste-nya, Anda akan memperoleh gigi lebih putih secara alami.

Kandungan bahan-bahan alaminya tidak hanya membuat gigi lebih putih, melainkan juga membantu memperkuat gusi serta mencegah peradangan. Produk ini dilengkapi antioksidan dan antseptik alami sehingga gigi terlindungi dari bakteri, napas pun tetap segar sepanjang hari!

7. Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi with Sugar Acid Fighter

Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi with Sugar Acid Fighter
Merk Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi with Sugar Acid Fighter

Pepsodent merupakan salah satu merek pasta gigi favorit banyak orang. Apabila Anda membutuhkan pasta gigi dari Pepsodeng untuk mencegah gigi berlubang, varian inilah piihannya. Dirancang dengan 3 aksi, yaitu melawan asam mulut, memperbaiki lubang tak kasat mata melalui kandungan mineralnya, dan menguatkan gigi dari efek asam.

Komponen berupa kalsium yang 50% lebih banyak dibandingkan pasta gigi lain tidak hanya membantu mencegah gigi berlubang, tetapi juga efektif dalam membunuh kuman. Produk ini dapat Anda pertimbangkan bila ingin melakukan pencegahan gigi berlubang dengan mudah.

8. Enzim Original Classic Mild

Enzim Original Classic Mild
Merk Enzim Original Classic Mild

Pasta gigi dari Enzim ini diklaim mampu mencegah gigi berlubang dengan memperkuat strukturnya berkat kandungan flouride yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya itu, pasta gigi ini juga diperkaya laktoferin dan lisozim untuk memaksimalkan perlindungan.

Sesuai namanya, pasta gigi ini menyimpan banyak enzim untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dalam air liur. Sebagai hasilnya, gigi yang bersih dan napas segar akan Anda dapatkan. Tidak mengandung deterjen, Anda dapat memakai pasta gigi ini pada seluruh rongga gigi.

9. Pepsodent Expert Protection Gum Health

Pepsodent Expert Protection Gum Health
Merk Pepsodent Expert Protection Gum Health

Expert Protection Gum Health merupakan pilihan pasta gigi lain dari Pepsodent untuk Anda gunakan. Dirumuskan dengan formula vitmain E dan antioksidan, pasta gigi ini akan mencegah peradangan gusi. Untuk Anda yang memiliki masalah pada gusi, cobalah pakai produk ini untuk memberi perawatan.

Bukan itu saja, pasta gigi ini dapat juga menutupi lubang tak kasat mata pada gigi Anda sekaligus membersihkan gigi dari sisa-sisa kotoran makanan yang melekat pada gigi maupun celah gigi. Pembersihan maksimal diberikan, gigi pun tampak bersih mengesankan!

10. Formula Advanced Oral Protection & Care Charcoal

Formula Advanced Oral Protection & Care Charcoal
Merk Formula Advanced Oral Protection & Care Charcoal

Pada produk ini, Formula bereksperimen menambahkan charcoal untuk membantu menurunkan produksi bakteri penyebab bau mulut yang membawa dampak akhir pada kerusakan gigi. Pemakaian secara rutin akan membuat gigi Anda tampak lebih bersih.

Tidak sebatas mengandalkan charcoal, Formula juga mengandalkan bahan lain berupa tea tree oil untuk memaksimalkan efek antibakterinya. Dilengkapi bahan mint, pasca penyikatan dengan pasta gigi ini akan muncul sensasi dingin di mulut untuk napas segar seharian.

Rekomendasi lainnya : 10 Pemutih Gigi Terbaik

Melakukan penyikatan secara rutin dengan memakai pasta gigi yang tepat akan membantu melindugi gigi Anda dari berbagai bentuk kerusakan. Tetapi, memakai pasta gigi saja tidaklah membantu mengatasi bau mulut secara permanen, tetapi hanya untuk sementara saja. Oleh sebab itu, agar Anda terhindar dari bau mulut yang mengganggu, Anda dapat melakukan perawatan untuk meningkatkan produksi air liur seperti mengunyah permen karet atau makan makanan yang baik.

Write A Comment

/* */