CEKLIST.ID – Gigi putih berkilau bukan hanya meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga menjadi salah satu pertanda akan kesehatan gigi. Anda dapat memakai pasta gigi untuk memutihkan gigi yang dikeluarkan oleh berbagai produsen semacam Unilever yang cukup banyak merilis produk pasta pemutih gigi. Selain itu, ada pula GSK dan Colgate yang dapat dijadikan alternatif.

Oleh karena setiap produk memiliki kandungan bahan dan sifat abrasi yang berbeda, tentu Anda harus mengetahui ciri-ciri pasta gigi terbaik untuk memutihkan gigi yang baik seperti apa. Dalam artikel ini, kami akan membahasnya! Jadi, tanpa berlama-lama lagi, kita mulai pembahasannya, yuk!

Tips dan Cara Memilih Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi yang Bagus

Pasta Gigi yang Bagus untuk Memuthkan Gigi
Gambat Ilustrasi Pasta Gigi /Sciencenewsforstudents

Beberapa hal penting untuk dipertimbangkan saat memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Simak bagian berikut untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut!

1. Pilihlah yang mengandung bahan untuk menangani kotoran, plak, dan noda pada gigi

Gigi kuning terjadi akibat noda warna atau plak yang menempel pada permukaan gigi. Di dalam pasta gigi yang Anda gunakan, sebaiknya mengandung bahan efektif untuk menyapu kotoran, moda warna, atau plak pada permukaan gigi. Dengan begitu, warna gigi akan kembali cerah dan berkilau serta bebas kusam.

Sebaiknya Anda mencari pasta gigi yang mengandung bahan bernama sodium polyphospate. Ini adalah bahan kimia yang dapat menghilangkan noda warna dan kotoran yang melekat pada permukaan gigi. Selain itu, sodium polyphospate juga mampu mencegah noda dan kotoran melekat kembali sehingga berdampak pada menguningnya warna gigi.

Di sisi lain, Anda juga dapat memilih pasta gigi yang dibekali hydroxyapatite. Bahan tersebut berguna dalam menghilangkan noda warna dan plak yang menempel serta sulit dihilangkan dari permukaan gigi. Komponen hydroxyapatite mirip seperti enamel yang akan mengembalikan struktur gigi dari lubang-lubang tak kasat mata untuk mencegah penumpukan plak dan noda warna.

2. Pilihlah yang mengandung fluorine agar gigi tetap kuat

Fluorine merupakan kandungan penting yang biasanya ditemukan dalam pasta gigi. Bahan ini berperan dalam memenuhi sekaligus memperkuat struktur gigi sehingga risiko terhadap kerusakan dan gigi berlubang semakin kecil. Walaupun peranannya tidak berdampak pada terciptanya gigi yang putih bersih, kandungan ini tetaplah diperlukan oleh gigi.

Mekanisme fluorine dalam mencegah timbulnya kerusakan gigi adalah dengan meningkatkan remineralisasi dan mencegah dekalsifikasi gigi. Dekalsifikasi adalah keadaan di mana rongga mulut menjadi asam akibat makanan yang menyebabkan mineral dan kalsium pada gigi larut. Hasilnya, gigi akan rentan terhadap bakteri, noda, dan kotoran sisa makanan.

Butuh waktu yang berbeda-beda antara setiap individu untuk mengembalikan kondisi basa pada rongga mulut. Karena itulah, menyikat gigi sehabis makan akan membantu mempercepat proses pembasaan mulut. Anda dapat memakai pasta gigi berfluorine untuk mencegah penempelan noda warna yang menyebabkan gigi kuning dan rusak.

3. Pilihlah yang paling sedikit kandungan abrasif dan agen penghasil busanya

Untuk meluruhkan noda kuning, kotoran, dan plak pada gigi, pasta gigi pemutih umumnya memiliki sifat abrasif yang tinggi. Namun, semakin besar kekuatan pasta gigi justru akan menyebabkan terjadinya penipisan enamel gigi. Alhasil, gigi pun akan  lebih rentan terhadap noda warna apabila tidak dilapisi kembali dengan bahan seperti sodium polyphospate.

Guna menjamin hasil yang diinginkan, maka hindarilah produk dengan zat abrasif terlalu kuat. Sebagai gantinya, gunakanlah pasta gigi ber-hydroxyapatite karena memiliki partikel lebih lembut daripada zat abrasif lain. Di samping itu, perhatikan pula kandungan penghasil busa atau foaming agent di dalam pasta gigi yang Anda gunakan.

Bahan seperti sodium lauryl sulfate termasuk foaming agent yang dapat memunculkan busa banyak. Disarankan untuk memakai produk dengan bahan foaming agent rendah karena banyak ditemukan kasus pembersihan gigi kurang maksimal akibat tertipu oleh hasil busa pada mulut ketika menyikat gigi.

Agar setiap kandungan dapat memberikan dampak baik pada gigi, termasuk penyerapan yang maksimal, maka proses penyikatan gigi pun tidak boleh sebentar ataupun terlalu lama. Namun, dengan menghindari produk yang berbusa banyak, maka Anda pun bisa lebih mudah mengetahui kapan seharusnya menyudahi penyikatan.

10 Rekomendasi pasta gigi untuk memutihkan gigi terbaik 2020

Sesudah memahami kandungan bahan yang harus dicari dan diminimalisir, berikutnya Anda dapat melihat sepuluh produk pasta gigi untuk memutihkan gigi dalam bagian ini yang telah ceklist.id ulas. Silakan dilihat dan pilihlah yang paling cocok untuk kebutuhan Anda!

1. Sensodyne Gentle Whitening

Memutihkan Gigi Gambar Sensodyne Gentle Whitening
Produk Sensodyne Gentle Whitening

Unilever mempunyai banyak koleksi pasta gigi pemutih, salah satunya Sensodyne Gentle Whitening. Seperti yang dikenal kebanyakan orang, termasuk Anda mungkin, bahwasanya pasta gigi Sensodyne dihadirkan untuk orang-orang yang bergigi sensitif.

Jika Anda ingin mengatasi masalah gigi sensitif yang selama ini mengganggu sekaligus memutihkan warna gigi, Anda dapat mengandalkan produk ini. Di dalamnya tersimpan sodium fluoride sebagai bahan aktif yang akan meredakan rasa ngilu sekaligus memperkuat gigi. Dengan demikian, gigi Anda akan lebih kuat dan terlindungi serta kembali mendapatkan warna putih alami gigi.

2. Colgate Advanced Whitening

Memutihkan Gigi Colgate Advanced Whitening
Produk Colgate Advanced Whitening

Colage Advanced Whitening dapat Anda gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi. Pasta gigi ini akan menguatkan enamel sekaligus melapisinya agar tidak mudah terkikis saat mulut dalam kondisi asam akibat makanan. Dengan rasa mint yang kuat, rongga mulut akan merasakan sensasi dingin dan menyegarkan beberapa saat setelah penyikatan.

Colgate menciptakan pasta gigi ini dengan kandungan kristal berukuran mikro yang bekerja lembut dalam membersihkan kotoran pada sela-sela dan permukaan gigi. Microcrystal di dalamnya telah teruji secara klinis dan diklaim mampu memutihkan gigi hanya dalam 2 minggu pemakaian, lho!

3. Pepsodent Sensitive Expert Gum Care

Gambar Pepsodent Sensitive Expert Gum Care
Produk Pepsodent Sensitive Expert Gum Care

Pasta gigi ini turut dirilis oleh Unilever sebagai alternatif masyarakat Indonesia untuk menciptakan warna putih alami gigi. Jika Anda menderita masalah gigi mudah ngilu saat terkena air dingin, Pepsodent Sensitive Expert Gum Care akan menyudahi penderitaan Anda.

Meski dikhususkan untuk penderita gigi sensitif, pasta gigi ini juga dapat membantu mencerahkan warna gigi. Kinerjanya dalam menutup lubang tak kasat mata dimampukan oleh kandungan HAP atau hydroxyapatite di dalamnya. Bersama komponen sodium monofluorophosphate dan zinc citrate, gigi serta gusi Anda akan lebih kuat.

4. Closeup Diamond Attraction – Power White

Memutihkan Gigi Closeup Diamond Attraction – Power White
Produk Closeup Diamond Attraction – Power White

Noda menguning pada gigi Anda sangat sulit dihilangkan? Cobalah Closeup Diamond Attraction – Power White, noda tersebut akan hilang hanya dalam beberapa kali pemakaian. Unilever merancang produk ini dengan teknologi penghasil busa yang dinamakan Blue Light Technology.

Ketika menyikat, busanya akan berwarna biru namun tidak menempel di gigi setelah dibilas air. Pasta gigi ini dibekali pula oleh bahan pemutih silica yang takkan menimbulkan sifat abrasif tinggi. Dengan sensasi rasa yang menyegarkan, proses penyikatan pun semakin menyenangkan.

5. AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Cara Memutihkan Gigi Ampuh AP24 Whitening Fluoride Toothpaste
Produk AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Nu Skin juga mencoba peruntungan dalam merilis produk pasta gigi untuk memutihkan gigi yang dinamakan AP24 Whitening Fluoride Toothpaste. Ini adalah pasta gigi yang cocok untuk Anda yang tidak menyukai sensasi rasa pedas yang biasa dijumpai dari produk pasta gigi.

Meski demikian, AP2 Whitening Fluoride Toothpaste tetap memiliki rasa vanila mint yang lembut sehingga Anda tetap bisa merasakan kenikmatannya. Bicara performa, produk ini tergolong ideal dalam memutihkan gigi Anda. Bahan sodium monofluorophosphate dan hydrate silica di dalamnya akan mengusir noda warna dan plak pada gigi, gigi pun akan putih berseri.

6. Sensodyne Repair & Protect White

Pasta Gigi Ampuh memutihkan Gigi Sensodyne Repair & Protect White
Produk Sensodyne Repair & Protect White

Sensodyne seri Repair & Protect White tidak hanya menilbulkan kecerahan warna pada gigi Anda yang kusam dan kuning, tetapi juga menjaga kekuatan gigi. Untuk itu, apabila Anda ingin terhindarkan dari masalah gigi berlubang, maka pakailah produk satu ini.

Di dalamnya terdapat sodium phosphosilicate untuk membantu proses remineralisasi gigi. Kandungan Novamin yang dimiliki produk ini akan berubah menjadi ion calcium dan phosphate agar remineralisasi berlangsung lebih cepat.

7. Pepsodent Plus Whitening

Pasta Gigi Ampuh Memutihkan Gigi Pepsodent Plus Whitening
Produk Pepsodent Plus Whitening

Pepsodent Plus Whitening menawarkan gigi yang cerah dan berkilau seputih kristal. Bekerja dengan mengikis noda kuning pada gigi sekaligus melapisinya kembali, produk ini dapat memberikan hasil yang terlihat hanya dalam waktu 2 minggu. Kandungan perlite di dalamnya yang bekerja membuat gigi Anda tampak putih alami.

Pepsodent mengandalkan kombinasi sodium monofluorophosphate dan hydrated silice untuk menyehatkan dan memperkuat struktur gigi. Sudah dipakai banyak orang, Anda tak perlu meragukan kualitas pasta gigi ini. Ditambah harga jual yang ekonomis, Anda pun tak harus menabung lama untuk bisa membelinya.

8. Closeup Icy White – Winter Blast

Cara Memutihkan Gigi Closeup Icy White – Winter Blast
Produk Closeup Icy White – Winter Blast

Closeup menjanjikan rongga mulut terasa dingin serta napas segar setelah menyikat gigi dengan Icy White – Winter Blast. Kandungan icy fresh di dalamnya akan meninggalkan kesan dingin pada mulut. Sedangkan icyicious gel-nya yang unik membuat napas Anda lebih segar setelah penyikatan.

Sewaktu penyikatan sendiri, pasta gigi ini akan mengirimkan formula sodium fluoride untuk meruntuhkan plak yang melekat pada permukaan gigi. Kemudian, Closeup melapisi gigi dengan perlite dan extra white power sehingga terciptalah warna gigi yang putih alami.

9. Pepsodent Activ White

Produk Pemutih Gigi Pepsodent Activ White
Produk Pepsodent Activ White

Pepsodent Activ White merupakan pasta gigi yang dapat mengangkat noda dengan baik untuk mengembalikan warna alami gigi Anda yang putih. Menurut klaimnya, pasta gigi ini akan langsung memberikan hasil sejak pemakaian pertama. Namun, klaim tersebut hanya dirasakan apabila Anda menyikat gigi secara teratur dan benar.

Produk ini dibekali kandungan hydrated silica dan perlite yang terkenal akan kemampuannya dalam memutihkan gigi. Agen abrasif berupa calcium carbonate dengan granula berkuran besar akan menyapu plak dan karang gigi dengan baik. Rasa mint yang dimiliki akan memberikan sensasi dingin sekaligus napas menyegarkan!

10. Hawley & Hazel Darlie All Shiny White Charcoal Clean Toothpaste

Pasta Gigi Hawley & Hazel Darlie All Shiny White Charcoal Clean Toothpaste
Produk Hawley & Hazel Darlie All Shiny White Charcoal Clean Toothpaste

Daya menyerap noda dari arang aktif di dalam pasta gigi Hawley & Hazel ini menjadi primadona yang membuatnya banyak dicari orang. Anda bisa merasakan sendiri kemampuan arang aktif berukuran mikro yang didapat dari Korea melalui produk ini.

Selain mampu menyerap noda hingga ke dalam sela-sela gigi, Hawley & Hazel juga melengkapi produknya dengan partikel PRO-LITE dan HCS untuk memutihkan gigi 2 kali lebih efektif. Produk ini juga dapat dipakai oleh Anda yang merokok atau pecinta kopi dan teh. Warna kuning pada gigi Anda akan dibantuhilangkan oleh pasta gigi satu ini!

Lainnya : 10 Shampo Penumbuh Rambut Terbaik

Kesimpulan

Anda tentu ingin mendapatkan gigi yang bukan hanya putih, tetapi juga sehat serta mampu menangkal gigi menguning akibat noda warna dan kotoran, bukan? Untuk itulah, pasta gigi untuk memutihkan gigi yang Anda gunakan juga dibekali kandungan lain yang dapat memperkuat struktur gigi, semisal fluorine atau fluoride.

Setelah mendapatkan pasta gigi yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perhatikan pula sikat gigi yang dipakai. Walaupun telah memakai pasta pemutih, hasilnya akan lebih optimal apabila pasta gigi dapat mengenai seluruh gigi. Karena itulah, penting untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat lembut yang mampu menjangkau seluruh bagian permukaan gigi, termasuk sela-sela tersulit.

Write A Comment

/* */