CEKLIST.ID – Tempat beras bukan hanya berguna sebagai wadah penyimpanan, melainkan sekaligus melindungi beras dari serangga, tikus, dan debu. Karena setiap keluarga memasak beras dengan takaran yang berbeda, pastikanlah Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih tempat beras berdasarkan bahan, ukuran, dan aspek lain yang perlu dipertimbangkan. Tidak lupa, pada bagian berikutnya akan kami berikan rekomendasi tempat beras terbaik dari beberapa produsen, semisal Cosmos, Maspion, Tupperware, dan Lock & Lock.

Gambar Tempat Beras Terbaik
Gambar Ilustrasi Tempat Beras / World-Grain

Cara memilih tempat beras yang Bagus

Tempat beras akan membantu Anda menyimpan beras lebih mudah. Saat memilih tempat beras, tentukanlah terlebih dahulu di mana Anda akan meletakannya. Beberapa material tempat penyimpanan beras mempunyai karakteristik yang berbeda. Ada yang tahan terhadap sinar matahari, kelembapan tinggi, ataupun suhu ruangan yang panas.

Dengan memakai tempat beras, Anda pun tidak perlu takut akan risiko beras kering, retak, atau bahkan berjamur akibat kelembapan ruangan yang tinggi. Jadi, sebelum memutuskan membeli tempat beras, berilah perhatian terhadap aspek-aspek saat memilih tempat beras. Berikut kami ulas tips-nya!

1. Pilihlah material yang tepat dengan lokasi penyimpanan

Di Indonesia, menaruh beras di dapur sebenarnya sudah cukup. Sementara orang-orang Eropa atau sejumlah negara Asia lain menyimpan beras di dalam kulkas. Selama ruangan penyimpanan sejuk atau tidak terlalu panas, maka tidak masalah Anda meletakkan beras di ruangan tersebut. Namun, apabila Anda ingin menyimpan beras di lokasi yang cukup panas, maka perhatikanlah material tempat beras yang digunakan.

Faktor kelembapan juga memengaruhi kualitas dan rasa beras. Jadi, Anda harus betul-betul memperhatikan bahan yang digunakan dari tempat beras Anda, apakah berbahan plastik, kayu, kaca, enamel, atau timah. Yuk, kenali terlebih dahulu karakteristik dari masing-masing material tempat beras tersebut.

  • Bahan Plastik. Tempat beras dari bahan plastik lebih ringan sehingga mudah dipindahkan. Karena tampilannya yang secara umum transparan, Anda bisa memantau jumlah beras tanpa harus membuka tutupnya. Meski praktis, bahan plastik tidak cocok ditempatkan di ruangan yang bersuhu atau berkelembapan tinggi karena tempat beras dari plastik biasanya tidak terlalu rapat.
  • Bahan Kayu Paulownia. Kayu Paulownia adalah akyu alami yang dapat menjaga kelembapan secara konstan. Beras yang disimpan dalam kotak kayu ini akan terjaga dengan baik serta terhindarkan dari timbulnya jamur. Karakteristik lain dari kayu Paulownia adalah memiliki efek insektisida sehingga tidak akan membuat serangga menempel pada tempat atau bahkan beras yang disimpan.
  • Bahan Kaca. Pertimbangkanlah tempat beras dari kaca berkerapatan tinggi jika Anda ingin menaruhnya di meja dapur atau di bawah wastafel. Tampilan yang modis akan memanjakan mata serta mempercantik ruanan dapur Anda. Namun, material kaca mudah retak atau pecah jika terjatuh. Jadi, berhati-hatilah ketika menyimpan tempat beras berbahan kaca.
  • Bahan Enamel. Dibandingkan bahan kaca, tempat beras dari bahan enamel lebih mudah ditemui. Karakteristik material enamel yang tahan terhadap goresan, kotoran, dan tidak mentransfer bau akan membuat kualitas beras tetap baik. Enamel juga dapat menangkal sinar matahari dengan baik sehingga dapat Anda tempatkan di ruangan yang cukup panas.
  • Bahan Timah. Ciri khas dari tempat beras bahan timah telah berubah. Sekarang, tempat beras dari timah dibuat lebih rapat dan mampu menahan sinar matahari. Anda juga dapat memindahkannya dengan mudah karena beberapa dilengkapi tali kawat untuk menjinjing tempat beras atau roda agar gampang dipindahkan.

2. Pilih yang ukurannya pas dengan jumlah beras yang biasa dibeli

Apabila Anda terbiasa membeli beras di atas 5 kg, maka Anda perlu mencari tempat beras yang memiliki kapasitas tampung sebesar itu. Namun, jika Anda ternyata menyetok beras lebih banyak untuk kebutuhan hingga beberapa minggu, akan lebih baik bila Anda membeli lebih banyak tempat beras berukuran kecil.

Dengan memilih tempat beras yang dipartisi, beberapa dapat Anda simpan di dalam kulkas dan sisa yang lain bisa Anda letakkan di dapur secara berjejer atau tidak masalah juga ditempatkan di ruangan berbeda. Tetapi, pastikanlah kembali material dari tempat beras tersebut agar tidak merusak beras ketika ditempatkan di lokasi yang sesuai dengan karakteristik material tempat berasnya.

3. Pilihlah yang dilengkapi gelas takar dan skala ukur

Jumlah beras yang dimasak tentu berbeda antara satu keluarga dengan yang lain. Agar Anda lebih mudah dalam mengeluarkan beras sesuai kebutuhan, sebaiknya Anda pilih tempat beras yang disertai gelas takar sehingga Anda dapat mengambil beras dengan takaran yang tepat.

Akan lebih baik lagi jika pada tempat berasnya terdapat skala ukur. Dengan adanya skala ukur, Anda bisa menuang beras langsung ke panci rice cooker tanpa harus menggunakan gelas takar. Sekarang ini juga telah banyak diproduksi tempat beras dengan takaran otomatis sehingga Anda tidak memerlukan lagi gelas takar maupun skala ukur yang tertera pada bodinya.

10 Rekomendasi tempat beras terbaik

Telah ceklist.id rangkum sepuluh tempat beras terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat membeli salah satu produk rekomendasi kami berikut ini melalui toko online favorit Anda!

1. Tempat Beras Rice Tin Box

Rice Tin Box
Produk Rice Tin Box

Tempat beras berikut ini mempunyai kapasitas tampung sebanyak ± 6 kg. Anda dapat menyimpan beras ke dalam wadah ini dan meletakannya di mana pun Anda mau. Karena terbuat dari timah dengan tutup berkerapatan tinggi, maka beras Anda akan senantiasa terpelihara kualitasnya.

Didesain dengan tampilan yang imut, Anda penyuka dekorasi rumah shabby chic tentu bakal jatuh cinta dengan produk pilihan kami ini. Buatlah ruangan dapur Anda semakin cantik dengan menempatkan beras Anda di Rice Tin Box berukuran 23,5 x 26 cm ini.

2. Tempat Beras Loloky LRB-28

Loloky LRB-28
Produk Loloky LRB-28

Apabila Anda mencari tempat beras yang ringan, produk satu ini patut dijadikan daftar pilihan. Terbuat dari plastik, material tersebut bukan hanya membuat Anda mudah memindahkan produk ini, tetapi juga tahan lama karena tahan terhadap karat.

Loloky juga memilih material plastik berkualitas tinggi sehingga membuat permukaannya tidak mudah penyok. Tempat beras ini dapat menyimpan beras hingga 28 kg. Dibuat vertikal, Anda bisa menyelipkannya di antara perabotan dapur. Dengan adanya roda, tempat beras ini juga mudah Anda pindhakan ke tempat lain.

3. Cosmos Rice Box Bio 12

Cosmos Rice Box Bio 12
Produk Cosmos Rice Box Bio 12

Brand kondang dalam manufaktur elektronik, Cosmos, turut serta memproduksi tempat beras berbahan besi. Bagi Anda yang telah mempercayai produk buatan Cosmos sejak lama, Rice Box Bio 12 ini patut dipilih. Dapat menampung hingga 12 kg beras, Anda bisa menyediakan beras untuk keperluan hingga satu minggu atau lebih.

Dengan desain yang menerapkan sistem first in first out, maka tidak ada lagi yang namanya beras tertinggal terlalu lama di dalamnya. Berkat fitur tersebut, Anda juga tidak perlu repot memilah beras baru dan lama. Pada permukaannya, Cosmos menyertakan teknologi pelapisan serbuk sehingga membuatnya lebih halus dan tahan karat.

4. Saga Lunar Rice Box SRB 28

Saga Lunar Rice Box SRB 28
Produk Saga Lunar Rice Box SRB 28

Saga Lunar Rice Box dapat Anda andalkan untuk menyimpan beras dalam jumlah banyak. Disebutkan bahwa produk ini mampu menampung jumlah beras hingga 28 liter atau ± 25 kg. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang kerap lupa kapan terakhir kali membeli beras.

Komponen lingkaran di tengah sangat berguna untuk Anda dalam menandakan kapan kali terakhir membeli beras. Putar dan atur setiap kali Anda menaruh beras baru ke dalamnya. Satu lagi kelebihannya, tempat beras berukuran 36 x 28 x 70 cm ini juga memiliki ruangan kedap udara sehingga beras bebas dari jamur dan bau apek.

5. Maspion Rice Box MRD 12

Maspion Rice Box MRD 12
Produk Maspion Rice Box MRD 12

Lubang entri untuk memasukkan beras ke dalam tempat beras ini didesain berukuran lebar, Anda dapat melakukan aktivitas ini lebih mudah dan nyaman. Maspion merancang produk ini agar mampu menampung total beras mencapai 12 kg, sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat menyimpan beras berkapasitas besar.

Selain itu, badannya yang terbuat dari plastik juga membuat produk ini tergolong ringan sehingga dapat Anda atur peletakannya dengan mudah. Kemudian, nilai pasaran yang rendah dari produk ini juga cocok untuk Anda yang mungkin tidak mempunyai bujet besar untuk membeli tempat beras baru.

6. Cosmos Rice Box FIFO-38

Cosmos Rice Box FIFO-38
Produk Cosmos Rice Box FIFO-38

Kesan modern akan tercipta ketika Anda menempatkan tempat beras ini di mana pun ruangan yang Anda mau. Kami sarankan untuk tetap meletakkannya di dapur agar mudah dijangkau setiap kali ingin menanak beras. Berkapasitas tampung mencapai 38 kg, produk ini patut dipilih untuk Anda yang telah berkeluarga.

Walau ukurannya terbilang lebar, yaitu 110 x 60 x 85 cm, tempat beras ini telah dilengkapi roda agar Anda lebih mudah dalam mengatur posisi penempatannya. Selain itu, material besi yang digunakan juga menjadikan produk ini kukuh dan ampuh dalam mencegah tikus menggerogoti bodi produk.

7. Miyako Rice Box TB-38

Miyako Rice Box TB-38
Produk Miyako Rice Box TB-38

Anda tidak harus membeli lebih dari satu tempat beras untuk menyetok banyak beras di dalamnya. Melalui produk ini, Miyako akan membantu Anda menjaga beras tetap enak dan bagus tanpa mempedulikan total yang harus disimpan. Bayangkan dengan harga yang terjangkau, tempat beras ini sudah bisa menampung hingga 38 kg.

Meski tidak dilengkapi roda, produk ini terbuat dari plastik sehingga Anda tidak perlu khawatir akan risiko karat ataupun sulit untuk memindahkannya karena bobotnya yang berat. Dengan 3 pilihan tombol takaran, Anda dapat mengatur beras yang dikeluarkan sesuai kebutuhan.

8. Tupperware Rice Smart

Tupperware Rice Smart
Produk Tupperware Rice Smart

Apakah Anda pengguna setia produk-produk dari Tupperware? Jika iya, tentu saja Rice Smart yang juga dikeluarkan oleh Tupperware ini menjadi pilihan yang bakal Anda sukai. Hadir dengan berbagai pilihan warna minimalis, produk ini akan memperindah ruangan dapur Anda.

Seperti biasa, Tupperware mendesain produk ini agar mantap dalam menyimpan beras di dalamnya. Dilengkapi slider yang dapat menakar beras sebanyak 150 gram secara otomatis, Anda pun bisa mengatur jumlah beras yang ingin dimasak tanpa repot lagi menakar dengan gelas.

9. Lock & Lock Classic Food Container HPL510

Lock & Lock Classic Food Container HPL510
Produk Lock & Lock Classic Food Container HPL510

Lock & Lock Classic Food Container HPL510 mempunyai ukuran 22 x 33,4 x 26,5 cm. Produk ini telah dilengkapi gelas takar berukuran 200 ml agar Anda dapat menghitung lebih mudah takaran beras yang ingin dimasak. Bagian tutup yang disertai segel menajdikannya kedap udara.

Serangga dan suhu lembap tidak akan berhasil masuk karena segel silikon yang digunakan sebagai tutupnya. Belum lagi dengan penggunaan material polypropylene yang menjadikan produk ini tahan terhadap suhu dingin. Berkapasitas ± 9 kg atau 12 liter, Anda dapat pula mengontrol sisa beras karena desainnya yang transparan.

10. Tempat Beras Kayu

Tempat Beras Kayu
Produk Tempat Beras Kayu

Tempat beras dari kayu Paulownia satu ini dapat menahan hama dan serangga masuk berkat efek insektisida alami yang dimilikinya. Produk ini juga ramah lingkungan, tidak seperti bahan plastik yang umum digunakan. Dengan membeli produk ini, Anda bisa mendekorasi ruangan bertemakan natural.

Selain ramah lingkungan, material kayu Paulownia yang digunakan juga dapat menjaga beras berjamur. Kemampuan menjaga kelembapan yang pas akan memastikan beras tetap baik dan enak ketika dimasak. Produk ini telah dilengkapi gelas takar kotak mungil dari kayu, menjadikannya semakin unik!

Rekomendasi Lainnya : 10 Kompor Portable Terbaik

Kesimpulan

Pakailah tempat beras agar kualitas beras yang disimpan tetap terjaga. Tidak perlu takut akan jamur, debu, kotoran, atau rasa beras yang berubah ketika Anda menyimpannya di tempat beras. Dengan memakai tempat penyimpanan beras khusus, Anda juga bisa sekaligus mendekorasi ruangan dapur atau ruangan lain agar lebih indah.

Write A Comment

/* */