CEKLIST.ID – Vitamin E membawa peran sangat baik terhadap kesehatan tubuh. Kulit yang menjadi aspek kecantikan juga dapat terawat berkat efek antioksidan yang diberikan oleh vitamin E. Walaupun mudah diekskresikan melalui urin dan keringat, vitamin E termasuk salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari efek buruk paparan radikal bebas.

Selain dapat diperoleh dari sumber makanan, Anda bisa pula mendapatkan asupan vitamin E dalam bentuk suplemen. Dalam memilih suplemen, Anda mungkin akan bingung dengan beberapa karakteristik produk, seperti jenis, kandungan, dan harga yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kami akan mengulas cara memilih vitamin E beserta merekomendasikan produk terbaiknya.

Vitamin E Terbaik
Gambar Ilustrasi Vitamin E / Chicagotribune

Cara memilih vitamin E yang Bagus

Suplemen berupa vitamin E yang dikeluarkan oleh Nature Plus, Nutrimax, ataupun Konimex dapat menjadi pilihan untuk Anda. Akan tetapi, produk manakah yang paling tepat untuk Anda? Untuk menjawabnya, Anda perlu memahami beberapa pertimbangan ketika memilih vitamin E. Berikut kami akan paparkan tips memilih vitamin E yang tepat untuk Anda.

1. Vitamin E dapat dipilih berdasarkan tipenya, alami atau sintetis

Baik tipe alami dan sintetis, keduanya membawa manfaat yang serupa. Sementara perbedaannya terletak pada lama waktu penyerapan dan pencernaannya. Secara umum, vitamin E akan masuk ke dalam darah 6 jam sehabis dikonsumsi. Untuk tipe sintetis sendiri akan diserap penuh oleh tubuh setelah 12 jam dicerna, smeentara tipe alami akan diterima tubuh secara utuh setelah 24 jam dicerna.

Vitamin E yang diracik dari sumber alami dapat mempertahankan efek kerja lebih lama dan efektif di dalam tubuh jika dibandingkan tipe sintetis. Agar dapat dibedakan, lihatlah keterangan yang ditunjukkan oleh notasi huruf “d” dan “dl”. Notasi huruf “d” untuk tipe alami dan “dl” untuk tipe sintetis.

Bila ingin mendapatkan manfaat fisiologis vitamin E lebih efektif, Anda perlu menyediakan bujet cukup besar karena vitamin E tipe alami umumnya lebih mahal. Namun, apabila Anda mengenyampingkan waktu penyerapan pada tubuh, baik tipe sintetis maupun alami sama-sama memberikan efek yang serupa. Jadi, pertimbangkan juga pemilihan produk berdasarkan bujet yang Anda siapkan.

2. Pilihlah yang diperkaya oleh kandungan tokotrienol

Pada vitamin E terdapat dua senyawa aktif berupa tokoferol dan tokotrienol. Baik tokoferol maupun tokotrienol terbagi lagi menjadi empat tipe. Salah satu senyawa dengan aktivitas fisiologis paling kuat dari tokoferol adalah α-tokoferol yang terdiri dari vitamin E sintetis, sintetis kombinasi, alami, dan alami kombinasi. Untuk mengetahui senyawa yang disertakan, lihatlah keterangan pada tabel komposisi produk. Sebagai contoh, tulisan d-α-tokoferol berarti vitmain E tersebut alami.

Sementara di pihak lain, vitamin E juga menyimpan senyawa tokotrienol yang mana memiliki ikatan karbon rangkap dua sehingga lebih fleksibel. Tokotrienol lebih mudah meresap ke dalam membran sel sehingga kinerjanya pun lebih cepat terasa. Jadi, dibandingkan tokoferol, tokotrienol memiliki efek lebih cepat sedangkan tokoferol memiliki ikatan senyawa yang lebih kuat. Jadi, untuk proses yang lebih efektif, dianjurkan untuk memilih vitamin E yang juga mengandung senyawa tokotrienol.

3. 4Ketahui batas aman konsumsi vitamin E harian

Mengacu pada peraturan Menkes tahun 2013, konsumsi vitamin E harian untuk orang Indonesia berkisar antara 4 – 15 mg. Bagi anak-anak usia 0-6 bulan dianjurkan sebesar 4 mg, usia 7-12 bulan sebanyak 5 mg, dan rentang usia 1-3 tahun sekitar 6 mg.

Untuk anak berusia 4-6 tahun dianjurkan sebanyak 7 mg, usia 9-13 tahun sebanyak 11 mg, lalu usia 14 tahun ke atas (termasuk ibu hamil) sebanyak 15 mg per hari. Sedangkan ibu menyusui dianjurkan memenuhi 19 mg vitamin E per harinya.

4. Perhatikan wujud dan pertimbangkan harga jual agar dapat dikonsumsi berkelanjutan

Wujud atau bentuk dari vitamin E di pasaran terdiri dari beberapa jenis, yaitu bentuk butir, kapsul, tablet, dan cairan. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi vitamin E lebih praktis, pilihlah yang berbentuk kapsul, tablet, ataupun butir. Bentuk padat tersebut memungkinkannya dikonsumsi meski Anda tidak sedang berada di rumah.

Akan tetapi, bentuk-bentuk tersebut memerlukan waktu cukup lama untuk diproses tubuh jika dibandingkan tipe cairan. Bagi Anda yang hendak meminum vitamin E di rumah, sebaiknya memilih vitamin E dalam bentuk cairan sehingga senyawa-senyawa di dalamnya lebih cepat diserap dan dicerna oleh tubuh.

Selain itu, faktor harga juga menentukan manfaat yang bakal Anda raih. Vitamin E akan terasa efek baiknya ketika dikonsumsi secara kontinu. Oleh sebab itu, perhatikan pula dari segi harga produk yang Anda pilih. Sesuaikan dengan anggaran agar tidak mengganggu cash flow yang telah Anda atur sedemikian rupa.

10 Rekomendasi vitamin E terbaik

Vitamin E akan membantu tubuh melawan ROS (Reactive Oxygen Species) atau radikal bebas yang membahayakan tubuh dari dalam dan juga bisa membawa dampak pada penampilan kulit seseorang. Untuk menjaga tubuh terhindar dari efek buruk radikal bebas, Anda perlu konsumsi vitamin E secara rutin. Berikut ini ceklist.id rekomendasikan 10 vitamin E terbaik agar kesehatan Anda selalu terjaga.

1. Konimex Ever E250

Konimex Ever E250
Konimex Ever E250

Jika kebanyakan suplemen berbentuk kapsul lunak terbuat dari ekstrak protein hewani, Ever E250 justru menggunakan rumput laut sebagai bahan dasar penyusunnya. Dengan begitu, Anda yang vegetarian pun tetap bisa mengonsumsinya.

Oleh karena mengandung vitamin E dari sumber alami, dampak fisiologis yang ditimbulkan lebih efektif ketimbang vitamin E sintetis. Apalagi harga yang ramah di kantong, Anda dapat merasakan manfaat yang diberikan karena bisa mengonsumsinya secara kontinu.

2. Nutrimax™ Vitamin E 400 IU Water Soluble

Nutrimax™ Vitamin E 400 IU Water Soluble
Nutrimax™ Vitamin E 400 IU Water Soluble

Suplemen dari Nutrimax ini juga termasuk d-α-tokoferol. Dengan kata lain, produk vitamin E ini berasal dari sumber alami sehingga dapat dipertahankan tubuh lebih lama. Tidak hanya itu, produk ini juga menyimpan chlorophyllin yang dapat mengoptimalkan fungsi pengeluaran racun sekaligus melindungi hati.

Komponen-komponen penyusunnya dirancang dengan teknologi modern sehingga mudah larut dalam air. Karenanya, proses penyerapan vitamin E dari suplemen ini akan terjadi lebih cepat. Anda yang sedang menjalani diet rendah lemak atau mengalami gangguan hati juga aman konsumsi Vitamin E 400 IU Water Soluble ini.

3. Natures Plus Vitamin E 400 IU Mixed Tocopherol Softgels

Natures Plus Vitamin E 400 IU Mixed Tocopherol Softgels
Natures Plus Vitamin E 400 IU Mixed Tocopherol Softgels

Sumber vitamin E alami berupa kacang kedelai digunakan untuk memproduksi suplemen ini.  Proses ekstraksi yang dilakukan secara bertahap menjadikannya mudah diserap dan dicerna tubuh. Pengonsumsiannya pun tidak menyulitkan berkat bentukannya yang berupa kapsul lunak.

Apabila Anda mencari suplemen yang mudah ditelan, Vitamin E 400 IU Mixed Tocopherol Softgels dari Natures Plus ini jawabannya. Di samping itu, senyawa tokoferol berjenis β, γ, dan δakan memberikan manfaat yang lebih optimal terhadap tubuh Anda.

4. Sea-Quill Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU

Sea-Quill Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU
Sea-Quill Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU

Menggunakan bahan dasar wheat germ yang diekstrasksi, menjadikannya salah satu suplemen vitmain E alami dengan kandungan senyawa d-α-tokoferol asetat. Senyawa tersebut mempunyai susunan komponen yang lebih stabil terhadap suhu panas sehingga kandungannya tidak mudah rusak akibat oksidasi.

Produk ini menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti menghambat penuaan, memperlancar sirkulasi darah, dan dapat menangkal penyakit Alzheimer. Apabila Anda mencari vitamin E yang tahan terhadap suhu panas serta membawa banyak dampak baik bagi kesehatan, milikilah produk ini.

5. Blackmores Natural E 250 IU

Blackmores Natural E 250 IU
Blackmores Natural E 250 IU

Pada setiap kapsulnya, Blackmores Natural E memiliki 250 IU (International Unit) atau setara dengan 168 miligram. Dosis ini telah sesuai dengan kebanyakan orang Indonesia berdasarkan aktivitas dan jenis kulitnya, terutama mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Efek radikal bebas akibat sinar matahari dapat ditangkal oleh produk ini. Anda pun akan terhindarkan dari risiko penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kolesterol LDL juga ikut berkurang ketika rutin konsumsi vitamin E ini.

6. Puritan’s Pride Vitamin C & E 500 mg/400 IU with Rose Hips

Puritans Pride Vitamin C & E 500 mg 400 IU with Rose Hips
Puritans Pride Vitamin C & E 500 mg 400 IU with Rose Hips

Peran antioksidan dari vitamin E untuk melawan radikal bebas akan semakin efektif berkat dukungan dari vitamin C yang juga dimiliki oleh produk ini. Sebanyak 500 mg vitamin C dan 400 IU vitamin E akan diterima tubuh tatkala meminum satu butir suplemen ini.

Adapun tubuh akan meningkat imunitasnya sehingga kulit, kuku, dan rambut senantiasa terjaga kesehatannya. Vitamin C di dalamnya juga membantu pembentukan kolagen agar kulit tetap kenyal dan tampak muda. Fungsi pencernaan pun menerima manfaat baik karena produk ini diperkaya oleh kandungan rose hips.

7. Nature’s Bounty E-400 IU

Natures Bounty E-400 IU
Natures Bounty E-400 IU

Suplemen vitamin E ini memadukan bahan penyusun dari sumber alami dan sintetis. Perpaduan tersebut membuatnya memiliki senyawa tokoferol yang dapat menangkal radikal bebas akibat asap rokok, polusi kendaraan, dan radiasi sinar matahari.

Nature’s Bounty E-400 IU juga mengandung chlorophyllin yang akan memaksimalkan penyerapan vitamin E saat masuk ke dalam tubuh. Konsumsilah produk ini secara kontinu tanpa takut risiko kegemukan. Kemudahan kapsulnya larut dalam air menjadikan produk ini tidak menumpuk di dalam tubuh.

8. Wellness Natural Vitamin E-400 IU

Wellness Natural Vitamin E-400 IU
Wellness Natural Vitamin E-400 IU

Wellness mengeluarkan produk vitamin E dari kombinasi bahan-bahan alami yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke dengan melancarkan aliran darah serta mencegah terjadinya penggumpalan darah abnormal.

Klaim tersebut ikut diperkuat oleh penelitian dari National Cancer Institue terkait produk ini yang terbukti meminimalisir risiko kanker prostat pada perokok. Peran antioksidan dari produk ini juga membantu melindungi mata dari risiko katarak. Bagi pria, produk ini dapat pula meningkatkan produksi sperma.

9. GNC Vitamin E 400 IU

GNC Vitamin E 400 IU
GNC Vitamin E 400 IU

Apabila Anda mencari vitamin E yang tersusun dari bahan-bahan alami seutuhnya, GNC Vitamin E 400 IU jawabannya. Dengan kandungan 100% bahan alami, produk ini mengantongi senyawa d-α-tokoferol yang bekerja paling aktif di dalam tubuh.

Kapsul yang terbuat dari gelatin terbukti aman dan mudah dikonsumsi setiap hari. Selain itu, kapsul gelatinnya juga menyimpan kolagen untuk membantu kulit tetap lembut, lembap, bersih, dan bahkan membantu menghilangkan jerawat. Kemudian, botol yang tidak transparan menjadikan vitamin E di dalamnya terlindungi dari sinar UV.

10. Kirkland Signature Vitamin E 400 IU

Kirkland Signature Vitamin E 400 IU
Kirkland Signature Vitamin E 400 IU

Dalam satu kemasannya, Kirkland Signature memasukkan 500 kapsul lunak yang membuat masa konsumsinya lebih lama. Jadi, walaupun harga per botolnya tergolong tinggi, tetap saja akan terasa ekonomis karena Anda bisa konsumsi produk ini hingga berbulan-bulan.

Apabila Anda tidak terlalu mempersoalkan perihal waktu penyerapan vitamin E, produk ini termasuk tipe sintetis dengan kandungan senyawa dl-α-tokoferol asetat. Walau dirancang dari vitamin E sintetis, produk ini tidak mengandung pewarna, perasa, maupun pengawet sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Rekomendasi Lainnya : 10 Multivitamin & Mineral Terbaik

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin E termasuk zat yang mudah diekskresikan menjadi bentuk urin dan keringat. Kemudian, vitamin E juga dapat kehilangan efektivitasnya karena terkena radikal bebas. Agar kemampuannya kembali, Anda dapat bantu dengan memilih vitamin E yang diperkaya vitamin C. Vitamin C akan mengaktifkan kembali keefektifan vitamin E dalam mealwan radikal bebas.

Write A Comment

/* */