CEKLIST.ID – Olah tubuh yoga sangatlah baik untuk kesehatan. Bagi Anda yang baru memulai latihan yoga, penting menyiapkan segala kebutuhan, termasuk peralatan utama berupa matras. Matras yoga berguna sebagai alas untuk melakukan berbagai macam gerakan yoga.

Apabila Anda belum memiliki matras dan berencana membelinya, Anda mungkin akan kebingungan akibat banyaknya produsen yang mengeluarkan produk matras yoga. Maka dari itu, di sini ceklist akan bantu Anda temukan matras yoga yang bagus berdasarkan kebutuhan penggunaan dan jenis yoga yang dilakukan.

Matras Yoga untuk Pemula
Gambar Ilustrasi Matras Yoga / volomarket

Cara Memilih Matras Yoga untuk Pemula yang Bagus

Seperti yang dikatakan sebelumnya, matras yoga harus ditentukan berdasarkan jenis gerakannya. Tingkat ketebalan, daya tahan, sifat permukaan, hingga desain merupakan aspek-aspek penting yang harus dipertimbangkan saat ingin membeli matras yoga.

Selain itu, jenis yoga yang ingin Anda lakukan juga menentukan bagaimana karakteristik matras yang ideal. Sedangkan bahan yang digunakan memengaruhi performa dan harga, jadi Anda juga harus memahami hal-hal lain agar memperoleh produk yang tepat. Supaya tidak keliru, ada baiknya Anda yang masih pemula menerapkan panduan memilih matras yoga di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan jenis gerakan yoga Anda

Jika membaca banyak referensi, Anda akan menemukan bahwa gerakan yoga secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu yoga statis dan yoga dinamis. Yoga statis merupakan gerakan yoga yang tidak bertujuan untuk melatih kekuatan otot, melainkan sebatas peregangan dan meditasi sehingga memberikan manfaat relaksasi.

Sedangkan yoga dinamis lebih banyak melakukan gerakan yang merangsang kekuatan otot. Jika dibandingkan yoga statis, yoga dinamis lebih banyak dalam posisi berdiri serta setiap gerakannya cenderung mengeluarkan keringat cukup banyak. Yoga dinamis dapat meningkatkan kelenturan, fleksibilitas, dan sekaligus memperkuat otot.

2. Pilih matras yang ketebalannya sesuai dengan jenis yoga

Apabila Anda ingin melakukan yoga statis, lebih ideal menggunakan matras berketebalan 6 mm atau lebih. Matras yang bantalannya lebih tinggi dapat mendukung kenyamanan setiap gerakan yoga statis yang umumnya dilakukan dalam posisi tidur atau berlutut di atas matras.

Sementara matras yang memiliki ketebalan 10 mm atau lebih juga dapat digunakan untuk yoga statis. Hanya saja, semakin tebal matras maka bobot matras pun bertambah berat di mana kurang memungkinkan untuk dibawa keluar rumah, semisal yoga session di studio.

Namun, jika Anda mau memulai latihan yoga dinamis, gunakanlah matras dengan ketebalan tidak lebih dari 6 mm. Lebih ideal memakai matras yang ketebalannya antara 3 mm – 6 mm. Matras yoga yang tipis akan membantu Anda memperoleh keseimbangan ketika melakukan serangkaian gerakan yoga dinamis, termasuk saat posisi berdiri ataupun menekuk badan.

3. Berat matras memengaruhi lokasi penggunaan

Perhatikanlah berat dari matras yang ingin Anda beli. Terutama ketika Anda ingin menggunakannya di luar rumah, maka lebih baik memilih matras yang cukup ringan untuk dibawa. Namun, bila bobot matras ringan, boleh jadi bantalannya pun tipis sehingga Anda tidak bisa nyaman ketika melakukan latihan yoga statis.

Matras yang memiliki berat 1 kg sebenarnya sudah bisa membantu Anda menerapkan yoga statis. Ukuran tersebut tergolong tepat apabila Anda ingin membawanya ke studio atau ke lokasi lain yang mengharuskan Anda membawa matras sendiri.

Untuk penggunaan di rumah, Anda dapat menyediakan matras yang mempunyai berat sekitar 1,5 kg atau lebih.  Anda bisa melakukan yoga dinamis ataupun statis dengan matras yang beratnya berkisar di angka tersebut. Meskipun tergantung pada bahannya, akan tetapi bobot matras yang ringan juga membuat lapisan bawahnya mudah selip pada lantai keramik atau papan.

4. Pilih matras berdasarkan bahan dasarnya

Dalam memproduksi matras, produsen umumnya menggunakan beberapa bahan utama. Yang paling umum digunakan antara lain PVC (polyvinyl chloride), TPE (termoplastik elastomer), dan karet alami. Setiap bahan dasar tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

  • Bahan PVC. PVC adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat matras. Bahan ini memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih ekonomis, juga memiliki permukaan yang cukup kesat sehingga tidak mudah selip bagian bawahnya. Hanya saja, matras PVC tidak tahan air sehingga tidak bisa dicuci. PVC juga termasuk bahan tidak ramah lingkungan. Jadi, pertimbangkan lagi bila ingin memilih matras dari PVC.
  • Bahan TPE. TPE lebih ramah lingkungan dibandingkan PVC. Matras dari bahan dasar TPE juga tahan air dan hampir tidak berbau. Secara umum, bobot matras TPE juga ringan sehingga dapat Anda bawa kemana pun Anda mau. Sementara kekurangannya, matras dari bahan TPE berdaya tahan rendah dan harganya cenderung mahal. Matras ini juga tidak bisa dipakai pada suhu tinggi dan mudah licin karena sifatnya yang antiair.
  • Bahan Karet Alami. Jika Anda memerlukan matras yang mendukung kestabilan tubuh, belilah matras dari bahan karet alami. Bahan ini termasuk ramah lingkungan dan berdaya tahan tinggi. Matras karet alami juga tidak mudah bergeser, cocok untuk Anda yang ingin melakukan yoga dinamis di atasnya. Untuk kekurangannya, matras ini berbobot cukup berat sehingga agak menyusahkan apabila dibawa keluar-keluar.

10 Rekomendasi matras yoga terbaik untuk pemula

Pastikan Anda sudah mengetahui manakah jenis yoga yang ingin dijalani. Jika Anda melakukan kedua-duanya secara bergantian, lebih baik pilih berdasarkan ketebalan yang ideal untuk yoga dinamis ataupun statis. Nah di bawah ini, telah ceklist.id pilih sepuluh matras yoga terbaik keluaran produsen-produsen ternama sebagai referensi Anda.

1. Fiesta PVC Yoga Mat

Fiesta PVC Yoga Mat
Produk Fiesta PVC Yoga Mat

Motivasi menjalankan yoga bisa berubah-ubah. Anda dapat menjaga motivasi dengan menggunakan matras yoga berwarna cerah dari Fiesta ini. Terbuat dari bahan PVC, matras ini antiselip sehingga dapat menempel dengan baik pada permukaan lantai kayu ataupun keramik.

Selain menyajikan warna cerah yang menarik, ada pula aksen motif yang unik seperti bunga es dan bentuk lainnya. Anda dapat berlatih yoga tanpa kehilangan mood apabila menggunakan matras ini. Dengan ukuran 173 cm x 61 cm dan ketebalan 6 mm, matras ini bisa Anda pakai untuk melakukan yoga statis.

2. Gaiam Premium Citron Sundial Yoga Mat

Gaiam Premium Citron Sundial Yoga Mat
Produk Gaiam Premium Citron Sundial Yoga Mat

Gaiam Premium Citron Sundial Yoga Mat telah digunakan oleh penggiat yoga di banyak negara. Sebagai matras kelas dunia, sudah pasti produk ini benar-benar mumpuni dari segi kualitas. Dibuktikan dengan ketebalannya yang mencapai 6 mm, lutut ataupun pantat Anda tidak akan sakit maupun terkena dinginnya lantai.

Kemudian, motif citron sundial yang cantik akan menghadirkan kesan tenang, sangat cocok apabila Anda ingin menggunakannya untuk meditasi di pagi hari. Produk yang memiliki ukuran 173 cm x 60 cm ini cocok dipakai oleh Anda yang berpostur kecil ataupun besar.

3. Happyfit TPE Eco Friendly Yoga Mat

Happyfit TPE Eco Friendly Yoga Mat
Produk Happyfit TPE Eco Friendly Yoga Mat

Jika Anda ingin melakukan yoga sembari menjaga lingkungan, maka gunakanlah matras yang eco-friendly. Happyfit mengeluarkan matras yang dapat didaur ulang. Matras ini terbuat dari bahan TPE dengan tambahan sel busa tertutup untuk mencegah keringat masuk dan terserap ke dalam matras.

Dengan adanya sel busa tadi, Anda pun bisa membersihkan matras lebih mudah setiap kali usai beryoga. Berdimensi 183 cm x 61 cm, rasa-rasanya matras ini akan mencakup banyak area tubuh Anda. Berketebalan 6 mm, Anda dapat mengandalkannya untuk yoga statis ataupun dinamis.

4. Reebok Yoga Mat 4mm

Reebok Yoga Mat 4mm
Produk Reebok Yoga Mat 4mm

Reebok Yoga Mat 4mm banyak sekali digunakan orang, baik yang masih pemula atau profesional. Alasannya, matras berikut didesain dengan ketebalan ideal, yakni 4 mm sehingga dapat menunjang keseimbangan ketika dipakai berdiri saat yoga.

Kelebihan lainnya terletak pada kemudahannya untuk dibawa ataupun disimpan. Anda bisa menggulung matras ini untuk disimpan di tempat yang sempit sekalipun. Bahan pada matras berukuran 173 cm x 61 cm ini antiselip sehingga gerakan Anda bisa lebih stabil tanpa takut matras bergeser.

5. Adidas Camo Yoga Mat

Adidas Camo Yoga Mat
Produk Adidas Camo Yoga Mat

Matras ini dilengkapi tali sandang sehingga mempunyai portabilitas yang sangat baik. Jika Anda tidak ingin repot-repot mengangkat matras ke studio, cobalah matras ini, Anda hanya perlu menjinjingnya ke mana pun Anda mau. Hadir dengan warna ceria dan motif mencolok, produk matras dari Adidas ini termasuk yang unik dibandingkan lainnya.

Jika kebanyakan matras memiliki warna tunggal, Camo Yoga Mat didesain dengan motif kamuflase sehingga tidak mudah tertukar dengan matras orang lain. Adidas menggunakan bahan 100% busa ethylene-vinyl acetate, membuat matras ini mudah dilipat dan berpermukaan lembut.

6. Nike Fundamental 3mm

Nike Fundamental 3mm
Produk Nike Fundamental 3mm

Anda tidak akan kecewa meski harus mengeluarkan uang hingga setengah juta untuk membeli produk ini. Nike menjamin matras yoga berukuran 167,5 cm x 61 cm ciptaannya ini memberikan kemudahan dan kenyaman. Kemudahannya diperoleh berkat ketebalan matras yang hanya 3 mm, sangat ideal dibawa bepergian.

Selain itu, matras ini juga bebas bahan PVC dan lateks, sangat cocok untuk Anda yang alergi lateks ataupun tidak ingin merusak lingkungan. Dikatakan bahwa meskipun matras ini termasuk tipis, Nike telah mendesain agar bahannya lembut dan empuk karena terdapat sel busa pada sisi atas dan bawahnya.

7. Manduka PROlite Yoga Mat

Manduka PROlite Yoga Mat
Produk Manduka PROlite Yoga Mat

Manduka PROlite Yoga Mat telah memperoleh sertifikasi dari lembaga di Eropa. Bukan sebatas kualitasnya yang unggul, melainkan juga bahan-bahan dan proses pembuatannya ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan emisi beracun. Anda yang ingin menjadikan yoga sebagai gaya hidup wajib mempertimbangkan produk ini.

Meski lebih mahal dibandingkan produk matras lainnya dalam daftar ini, Manduka memastikan produknya menang dari banyak segi. Permukaan matras yang tertutup dapat mencegah keringat merembes yang sekaligus mencegah Anda tergelincir saat berkeringat.

8. Jade Yoga Harmony Mat

Jade Yoga Harmony Mat
Produk Jade Yoga Harmony Mat

Ingin yoga untuk meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran? Anda dapat melakukan yoga dinamis dengan dukungan matras yoga dari Jade ini. Dibuat dari bahan karet alami tanpa mengandung PVC, EVA, dan campuran karet sintetis, bukan hanya menjadikannya unggul, tetapi juga aman bagi lingkungan.

Berketebalan hampir 5 mm, tubuh dapat mendapatkan kestabilan yang solid berkat bantalannya yang menjamin stabilitas pengguna. Lebih disarankan untuk berlatih yoga di rumah ketika memakai produk ini. Berat yang mencapai 2 kg harus Anda pikir dua kali apabila ingin dibawa ke studio atau pusat yoga lainnya.

9. Lululemon The Reversible Mat 5mm

Lululemon The Reversible Mat 5mm
Produk Lululemon The Reversible Mat 5mm

Yoga termasuk olah tubuh yang banyak menghasilkan keringat. Keringat yang menumpuk pada permukaan matras dan tidak dibersihkan lama-kelamaan bisa memicu pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, Lululemon The Reversible Mat 5mm termasuk produk yang mengecualikan hal tersebut.

Matras berikut dibekali dengan senyawa antimikroba untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada matras. Dengan ukuran 180 cm x 66 cm dan berat 2,38 kg, matras ini tergolong besar ukurannya sehingga lebih iedal dipakai di rumah.

10. Kettler Yoga Mat 8 mm

Kettler Yoga Mat 8 mm
Produk Kettler Yoga Mat 8 mm

Di toko-toko olahraga cukup banyak yang menjual matras yoga satu ini. Kettler Yoga Mat 8 mm hadir dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan favorit masing-masing orang. Harga yang terjangkau menjadikannya begitu laris di pasaran.

Tampilannya sederhana, namun berbalut warna cerah yang menarik sehingga dapat menjaga mood Anda selama melakukan yoga. Kettler menerapkan bahan PVC sehingga berkarakteristik antiselip, sangat cocok untuk Anda gunakan yoga dinamis ataupun statis.

Rekomendasi Lainnya : 10 Raket Badminton Terbaik

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, matras yoga diedarkan dengan harga yang berbeda-beda. Ada produk dengan bahan dan ketebalan serupa namun harganya berbeda hanya karena kekuatan brand-nya. Bagi Anda yang pemula, kami sarankan memilih matras yang diproduksi oleh produsen produk olahraga ternama, terutama yang fokus memproduksi peralatan kebutuhan olah tubuh seperti yoga.

Write A Comment

/* */