CEKLIST.ID – Keseruan pertandingan bulu tangkis yang Anda mainkan bukan hanya bergantung pada raket dan kondisi lapangan saja, tetapi juga shuttlecock yang digunakan. Material pada bulu dan bagian bawah shuttlecock yang digunakan memiliki perbedaan satu sama lain, terutama dari segi performa. Setiap material mempunyai perbedaan yang berdampak pada kenyamanan Anda dalam permainan.

Apabila Anda ingin berlatih bulu tangkis atau sekadar bermain dengan keluarga maupun teman, Anda perlu memakai shuttlecock yang tepat. Untuk mengetahuinya, dalam tulisan ini akan kami sajikan informasi menarik tentang panduan memilih shuttlecock. Kami tak luput membagikan rekomendasi produk shuttlecock terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Jadi, kita mulai pembahasannya, yuk!

Tips dan Cara memilih shuttlecock yang Bagus

Shuttlecock Terbaik
Gambar Ilustrasi Shuttlecock / Sportyreview

Biasanya, orang akan membeli shuttlecock ketika ingin bermain ataupun berlatih. Apabila ingin berlatih, maka shuttlecock yang digunakan haruslah kuat untuk pemakaian cukup lama. Namun, tak sedikit yang lebih memilih shuttlecock dengan material kurang baik karena alasan lebih murah, maka mereka bisa membeli dalam jumlah banyak.

Apapun tujuan Anda bermain, tetaplah cocokkan shuttlecock yang digunakan. Terlebih pada pertandingan resmi, maka wajib menggunakan shuttlecock yang telah terstandarisasi dan tersertifikasi oleh lembaga resmi. Nah, pada bagian ini, Anda akan kami ajak lebih jauh mengenali karakteristik dari masing-masing shuttlecock berdasarkan material yang digunakan. Selamat membaca!

1. Perhatikan material bulu yang digunakan

Hingga saat ini, shuttlecock hadir dalam tiga material bulu, yakni bulu angsa, bulu bebek, dan bahan nilon. Pada perhelatan bulu tangkis tingkat dunia, shuttlecock yang terbuat dari bahan bulu angsa biasa digunakan. Kelebihan dari bulu angsa terletak pada ketahanannya dalam menahan dorongan angin ketika shuttlecock dipukul bolak-balik, sehingga tidak mudah rusak.

Shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa memang lebih awet dibandingakn bahan bulu lainnya, namun harganya pun tergolong mahal sehingga kurang cocok dipakai latihan. Sementara bahan lain yang dipakai untuk membuat shuttlecock adalah bulu bebek. Harga yang murah menjadikan shuttlecock dari bulu bebek banyak digunakan untuk berlatih.

Hanya saja, bulu bebek tidak begitu baik soal performa, sehingga cepat rusak setelah menerima sejumlah pukulan. Sebagai alternatif, Anda dapat membeli shuttlecock dari material nilon. Bahan nilon pada shuttlecock tidak mahal dan relatif tahan lama dibandingkan bulu bebek.

2. Perhatikan bahan gabus yang menjadi tumpuan shuttlecock

Di bagian ujung bawah shuttlecock terdapat gabus yang menjadi tumpuan atau titik temu antara raket dan shuttlecock. Material gabus yang digunakan juga mempengaruhi durabilitas dari shuttlecock itu sendiri. Umumnya, produsen menggunakan tiga macam gabus, yaitu gabus alami atau murni, gabus sintetis, dan compressed cork.

Gabus alami menyimpan kelebihan dari banyak sisi. Kualitasnya bukan hanya tahan lama, tetapi juga menjamin kenyamanan dan kemudahan saat dipakai. Kelebihan lain dari gabus alami pada tumpuan shuttlecock dapat pula dijumpai pada shot feeling yang lebih baik dibandingkan gabus jenis lain.

Selain gabus alami, produsen juga memilihkan alternatif bahan gabus sintetis sebagai substitusi gabus alami. Harga bahan baku gabus alami yang semakin tinggi membuat shuttlecock dengan gabus sintetis kian menjamur. Dari tampilannya, Anda mungkin kesulitan membedakan gabus alami dan gabus sintetis. Namun, untuk performanya sendiri, gabus sintetis tidaklah sebaik gabus alami.

Selain gabus alami dan sintetis, ada lagi alternatif yang tak kalah baik berupa compressed cork. Gabus jenis ini terbuat dari sisa-sisa bahan gabus alami. Karakteristik dari gabus ini adalah permukaan yang kasar serta daya tahan yang tidak cukup kuat. Sebagian produsen juga memproduksi shuttlecock dengan mengombinasikan gabus sintetis dan compressed cork agar durability-nya lebih baik.

3. Periksa kecepatan dari setiap produk shuttlecock

Lingkungan bermain ikut memengaruhi shuttlecock yang digunakan. Pada daerah berangin seperti di kawasan pesisir atau lapangan terbuka, shuttlecock yang kecepatannya lambat dan berbobot ringan akan mudah terdorong angin. Sebaliknya, pada ruangan tertutup, shuttlecock yang ringan dan berkecepatan cepat akan merusak kenyamanan.

Dalam hal ini, Anda harus mengecek speed number pada shuttlecock yang hendak dibeli. Umumnya, speed number dari sebuah shuttlecock berkisar antara 75 – 79. Semakin besar angka, maka kecepatan shuttlecock semakin tinggi sehingga mempengaruhi performa bermain pemain apabila digunakan pada daerah hangat atau ruangan indoor.

10 Rekomendasi shuttlecock terbaik

Sesudah memahami tips yang telah kami jelaskan sebelumnya, tentu saja Anda akan terhindarkan dari kekeliruan saat proses pemilihan. Untuk itu, berikut bisa dilihat langsung sepuluh pilihan shuttlecock terbaik rekomendasi ceklist.id yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Selamat memilih!

1. Samurai Hijau Shuttlecocks

Samurai Hijau Shuttlecocks Terbaik
Samurai Hijau Shuttlecocks

Para penggemar bulu tangkis tanah air, tentu sudah tidak asing dengan merek satu ini. Samurai telah mengembangkan produknya dengan mutu yang baik. Pemain bukan hanya bisa bermain dengan nyaman, tetapi menampilkan performa terbaiknya berkat dukungan yang diterapkan melalui produk keluarannya ini.

Shuttlecock ini terbuat dari bulu yang bermaterialkan nilon. Mungkin tidak terlalu tahan lama, akan tetapi harganya yang terjangkau dapat menjadi alasan membelinya. Selain itu, produk ini juga ideal dipakai baik pada ruangan tertutup maupun terbuka selama tidak berangin.

2. Victor Shuttlecocks Gold

Victor Shuttlecocks Gold
Victor Shuttlecocks Gold

Victor memproduksi shuttlecock ini dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan koleksi lainnya. Dengan speed number sebesar 77, shuttlecock ini bisa terbang dengan kecepatan sedang. Apabila ingin bermian bulu tangkis pada kawasan yang cukup berangin seperti di daerah pesisir, produk ini menjamin kenyamanan Anda bermain.

Meski berkecepatan tinggi, Victor tidak menggunakan bahan yang menyebabkan bobot shuttlecock ini berat sehingga rentan membuat senar cepat putus. Menurut Victor sendiri, produk rancangannya ini mengantongi grade A sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitasnya, baik dari segi ketahanan ataupun performanya.

3. Yonex Shuttlecocks Aerosensa 2

Yonex Shuttlecocks Aerosensa 2
Yonex Shuttlecocks Aerosensa 2

Yonex telah lama merumput pada industri olahraga, khususnya bulu tangkis. Merek satu ini meluncurkan banyak koleksi shuttlecock, salah satunya Aerosensa 2. Shuttlecock ini terbuat dari bulu angsa yang dapat terbang secara stabil pada udara ataupun jatuh pada titik sasaran yang diinginkan.

Anda tak perlu effort lebih untuk memukulnya karena shuttlecock ini cukup baik menerima hentakan raket. Yonex merumuskan shuttlecock ini bersama para pakar dengan bantuan teknologi terkini sehingga kualitasnya terjamin. Bahkan, saking bagusnya, shuttleock Yonex ini telah digunakan pada Olimpiade London tahun 2012, lho!

4. Yonex Shuttlecocks League 5

Yonex Shuttlecocks League 5
Yonex Shuttlecocks League 5

Kami cukup banyak merekomendasikan shuttlecock keluaran Yonex dalam artikel ini. Anda tentu tak ingin mendapatkan produk berkualitas buruk, bukan? Untuk itulah, pilih produk yang diproduksi dari brand populer saja. Dalam poin ini, Anda akan diperkenalkan pada League 5 yang juga masih satu pabrik dengan produk sebelumnya.

Shuttlecock Yonex satu ini juga terbuat dari bulu angsa yang memiliki speed number 77. Anda dapat menggunakan shuttlecock ini untuk berlatih atau sekadar membuang keringat dengan teman kantor Anda. Bicara kualtias, produk ini patut dijadikan alternatif yang tak kalah baik dengan seri Aerosensa 2, namun dengan harga lebih terjangkau!

5. Yonex Shuttlecocks Aero Club TR

Yonex Shuttlecocks Aero Club TR
Yonex Shuttlecocks Aero Club TR

Apakah Anda panitia yang hendak mengadakan perhelatan bulu tangkis antar lingkungan rumah, kampus, atau kantor? Shuttlecock dari Yonex ini dapat dipilih sebagai kok pilihan. Bulunya terbuat dari kombinasi bulu angsa dan bulu bebek sehingga cukup tahan untuk dipakai dalam segala permainan, baik latihan ataupun pertandingan resmi.

Bagian bawahnya terbuat dari gabus komposit yang ramah lingkungan, menjamin pula ketahanannya meski kerap dipukul keras-keras. Yonex menerangkan produk ini mampu terbang dengan stabil saat pemain, terutama saat pemain beradu loop-loop panjang. Jika Anda membutuhkan alternatif terjangkau untuk pertandingan resmi, gunakanlah shuttlecock ini.

6. Yonex Shuttlecocks Aerosensa 50

Yonex Shuttlecocks Aerosensa 50
Yonex Shuttlecocks Aerosensa 50

Pada seri Aerosensa 50, Yonex memprioritaskan kualitas dan performa yang sangat tangguh. Bisa dibilang kalau ini adalah koleksi shuttlecock terbaik dari Yonex. Meski dijual dengan harga yang melambung tinggi, produk ini memiliki ketahanan dengan nilai A+ yang berarti sangat tangguh dan awet.

Kualitas yang begitu tangguh dari produk ini menjadikannya shuttlecock pilihan daalm banyak ajang turnamen bulu tangkis bergengsi di seluruh dunia, seperti Thomas Uber Cup, Indonesia Open, dan Yonex Japan Open. Misal Anda cukup merdeka perihal finansial dan ingin mendapatkan kenyamanan berlebih, milikilah produk ini!

7. Yonex Shuttlecocks Aerosensa 40

Yonex Shuttlecocks Aerosensa 40
Yonex Shuttlecocks Aerosensa 40

Kualitas dari Yonex Aerosensa 40 satu tingkat di bawah Yonex Aerosensa 50 pada poin sebelumnya. Menyoal kualitas, tentu saja produk ini patut diacungkan jempol. Yonex memasukkan koleksinya satu ini dengan nilai A dari segi ketahanan. Meski berbeda satu tingkat, Anda tetap mendapatkan kepuasan selama bermain.

Shuttlecock ini ideal dipakai pada berbagai kondisi lingkungan. Pukulan-pukulan yang akurat dapat Anda dapatkan ketika memakai produk ini. Apabila ingin mengadakan pertandingan resmi dengan biaya pendaftaran yang cukup mahal, Anda bisa membeli produk ini sebagai shuttlecock utama yang dipakai peserta.

8. Yonex Shuttlecocks Mavis 2000 6-in-1

Yonex Shuttlecocks Mavis 2000 6-in-1
Yonex Shuttlecocks Mavis 2000 6-in-1

Mavis 2000 adalah shuttlecock yang sudah diproduksi hampir satu dekade. Bagian utamanya yang terbuat dari bahan nilon premium di mana 5x lebih baik dan tahan dari shuttlecock nilon biasa. Dengan kata lain, durabilitas dari shuttleock ini mendekati shuttlecock berbahan bulu angsa ataupun bebek.

Apabila Anda terkendala soal bujet, Yonex takkan membuat Anda beralih melirik produk dari merek lain. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli shuttlecock ini hanya dengan menyiapkan dana 100 ribuan saja. Dengan nilai A dari segi flight di udara, tentulah Anda lebih mudah mengontrol sekaligus menerima serangan lawan.

9. Victor Shuttlecocks Master No. 3

Victor Shuttlecocks Master No 3
Victor Shuttlecocks Master No 3

Kualitas bulu angsa yang merata menjadi poin utama yang patut Anda pertimbangkan dari sebuah shuttlecock. Victor Master No. 3 sendiri merupakan shuttlecock yang menggunakan bulu angsa. Oleh karena terbuat dari bulu angsa, maka daya tahan dan kestabilan saat melayang di udara darinya begitu mumpuni.

Produk ini telah memperoleh sertifikasi resmi dari BWF (Badminwon World Federation) sehingga banyak dipakai untuk berbagai pertandingan resmi, baik pada skala kecil ataupun besar. Speed number shuttlecock ini adalah 77, cocok untuk dipakai di kawasan terbuka ataupun lapangan tertutup.

10. Gadjah Mada Shuttlecocks

Gadjah Mada Shuttlecocks
Gadjah Mada Shuttlecocks

Apabila Anda mencari shuttlecock yang murah sekaligus tahan lama dan kecepatannya sedang, produk dari Gadjah Mada pilihannya. Pada mulanya, bahan yang digunakan oleh Gadjah Mada untuk memproduksi shuttlecock ini berasal dari bulu ayam, bulu angsa, dan terakhir bulu itik sebagai alternatif guna menekan harga jual bagi konsumen.

Daya tahan dari bulu itik mendekati ketahanan dari bulu angsa sehingga Anda tidak harus menyediakan shuttlecock hingga 2 selop untuk satu kali permainan. Produk ini juga dapat Anda gunakan bukan hanya karena alasan harga atau kualitas yang cukup baik, tetapi karena diproduksi oleh pabrikan dalam negeri, Anda turut membanggakan produk buatan lokal.

Rekomendasi Lainnya : 10 Raket Badminton Terbaik

Kesimpulan

Anda telah tiba di bagian akhir tulisan, selamat! Apakah Anda telah menemukan shuttlecock terbaik yang paling membuat Anda tertarik? Gunakanlah shuttlecock sesuai kebutuhan permainan serta perhatikan pula kondisi lingkungan tempat Anda bermain. Di samping itu, penting pula mengutamakan produk yang daya tahannya lama apabila Anda tidak ingin bolak-balik membeli shuttlecock yang sekaligus membuat Anda semakin boros.

Write A Comment

/* */