CEKLIST.ID – Tenis meja atau permainan bola pingpong mungkin tidak sepopuler bulu tangkis dan sepak bola. Tetapi di Indonesia, kompetisi tenis meja kerap diadakan di banyak kota. Jika Anda termasuk salah satu pemain tenis meja, tentu Anda mengerti betul pentingnya penguasaan teknik bermain. Namun, bet atau raket tenis meja merupakan tumpuan utama agar Anda berpeluang menang dalam setiap permainan.

Oleh karena itu, penggunaan raket tenis meja tidak bisa sembarangan. Perlu penyesuaian bentuk dan ukuran agar Anda dapat mencapai performa maksimal. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih raket tenis meja yang benar. Tidak terlewat, kami juga memberikan rekomendasi produk tenis meja terbaik dari banyak merek, seperti Butterfly, DHS, dan sebagian lainnya.

Raket Tenis Meja terbaik
Gambar Ilustrasi Raket Tenis Meja

Cara memilih raket tenis meja yang Bagus

Apa sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam memilih raket tenis meja? Mengingat bentuk raket yang umumnya sama, sejatinya tidak banyak pertimbangan dalam memilih raket tenis meja. Namun, tetap penting memperhatikan beberapa aspek, seperti mengetahui komponen utama dari raket serta bentuknya.

Jangan lupakan juga bagaimana Anda akan memegang raket karena setiap pegangan memiliki daya kontrol dan kekuatan berbeda. Mari ikuti terus artikel ini supaya Anda tidak kebingungan lagi dalam memilih raket. Di bawah ini kami sertakan pula raket tenis meja untuk kalangan pemula hingga profesional. Jadi, silakan Anda pilih berdasarkan level permainan Anda, ya!

1. Pahami dulu bagian-bagian pada raket tenis meja

Kami yakin Anda paham betul bagaimana tampilan raket tenis meja pada umumnya. Tetapi, tahukah Anda nama dan fungsi dari masing-masing bagiannya? Raket tenis meja tersusun atas dua bagian penting, yaitu papan pukul yang biasanya dilapiskan rubber berwarna merah dan gagang pegangan yang disebut blade dengan lapisan rubber berwarna hitam.

Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan raket tenis meja yang dijual dalam bentuk bundle. Raket semacam ini tidak memerlukan setelan atau penyesuaian lebih sehingga cocok untuk pemula. Sementara bagi yang profesional, mereka umumnya memilih raket atau bet tenis meja yang dijual terpisah antara papan dan alas karetnya agar dapat disesuaikan dengan level permainan.

2. Perhatikan cara memegang raket, masing-masing memberi performa berbeda

Sama halnya pada permainan bulu tangkis dan tenis lapangan, memegang raket tenis meja pun ada modelnya masing-masing. Namun secara umum, raket tenis meja digenggam dengan dua cara, yaitu shake hand (seperti berjabat tangan) dan penhold (seperti menggunakan pena). Silakan Anda tentukan bagaimana cara Anda memegang gagang alat pemukul pada raket tenis meja.

Model pegangan hand shake lebih sering digunakan, baik bagi pemula ataupun kalangan profesional. Cara memegang jenis shake hand dapat menghasilkan tenaga lebih kencang jika dibandingkan model pegangan penhold. Tetapi, tidak sedikit pula atlet profesional yang bermain tenis meja dengan cara memegang penhold pada raket yang digunakan.

3. Pilih berdasarkan bentuk kepala raket

Pada alat pemukul bola tenis meja ini, dari dua bagian utamanya, kepala raket adalah bagian yang paling penting. Secara garis besar, raket tenis meja memiliki dua bentuk kepala raket, yaitu bulat (lebih ke oval) an bentuk kotak (berbentuk seperti persegi panjang). Jika Anda bermain dengan model pegangan shake hand, akan lebih ideal memilih raket berkepaal bulat.

Sementara bagi Anda yang ingin menggenggam raket dengan cara penhold, Anda dapat menggunakan bet bola tenis meja berbentuk kotak. Namun, pemain dengan tipe penhold juga bisa memakai raket berbentuk bulat. Dari kedua bentuk kepala ini, bentuk kotak dapat menghasilkan power lebih saat melakukan pukulan forehand. Tetapi, kepala raket berbentuk bulat dapat memberi kontrol lebih baik, melakukan ayunan cpat, dan menciptakan pukulan berefek lengkung.

10 Rekomendasi raket tenis meja terbaik

Di Indonesia, Anda akan lebih sering menemui raket tenis meja dengan bentuk kepala bulat atau oval. Bukan tanpa alasan, raket dengan kepala bulat memang dinilai paling ideal untuk banyak kebutuhan. Nah, setelah mengetahui beberapa poin ketika memilih raket tenis meja, Apa saja nama merk raket tenis meja? berikut ceklist.id rekomendasikan produk terbaiknya. Selamat memilih!

1. Raket Tenis Meja Butterfly TBC202

Butterfly TBC202
Butterfly TBC202

Butterfly TBC202 mengandalkan dua Butterfly Yuki rubber pada kedua sisinya. Alas karet yang diciptakan khusus oleh Butterfly ini terkenal akan kemampuannya menghasilkan pukulan bola yang akurat. Bagi Anda yang cukup mahir, tentu kelebihan raket ini akan memudahkan Anda memenangkan permainan.

Efek kontrol bola yang baik juga dapat Anda lakukan tatkala memakai raket tenis meja ini. Kembali membahas Yuki rubber-nya, dengan ketebalan 2,0 mm, maka pukulan bola pun semakin terarah. Membeli produk ini tidak hanya mendapatkan raket telanjang, tetapi disertai cover untuk melindungi raket dari debu atau kelembapan.

2. Raket Tenis Meja Butterfly Timo Boll 2000

Butterfly Timo Boll 2000
Butterfly Timo Boll 2000

Bergeser ke raket tenis meja keluaran Butterfly lain, kali ini ada seri Timo Boll 2000. Bet seri ini diproduksi dengan membawa nama Timo Ball, pemain tenis meja terkenal asal Jerman yang kerap memenangkan turnamen internasional. Raket ini dapat dipakai oleh para pemula yang ingin mendapatkan motivasi tiap kali memakainya.

Bicara karakter Timo Boll 2000 sendiri, raket ini memberikan kemampuan speed dan spin yang seimbang. Jadi, segala manuver dan pukulan yang Anda kirimkan dapat membuat musuh kalang kabut menerima boal dari Anda. Drive cepat juga bisa Anda lakukan dengan raket ini!

3. Raket Tenis Meja Butterfly Stayer 3000

Butterfly Stayer 3000
Butterfly Stayer 3000

Masih membahas raket tenis meja dari produsen sama, pada posisi ini kami rekomendasikan Stayer 3000. Butterfly mendesain raket tenis meja ini untuk pemain yang melakukan tipe pegangan shake hand. Pada papannya dilapiskan alas karet yang telah lolos persetujuan ITTF, sebuah lembaga tenis meja internasional.

Produk ini juga dihadirkan khusus untuk menciptakan efek kontrol bola yang baik. Apabila Anda ingin belajar mengarahkan bola dengan mudah, produk ini dapat menjadi teman latihan yang menyenangkan. Walau demikian, raket ini juga dapat dipakai oleh kelas menengah.

4. Raket Tenis Meja Stiga Titan

Stiga Titan
Stiga Titan

Dari segi harga, Stiga Titan cukup jauh berbeda dengan raket keluaran Butterfly. Meski beberapa tingkat lebih mahal, raket tenis meja ini dapat memberikan kontrol maksimal pada setiap bola yang Anda terima. Anda bisa menguasai jalannya permainan bila memakai raket ini.

International Table Tennis Federation (ITTF) telah mengonfirmasi kualitas rubber pada raket ini sehingga tak heran kalau Stiga Titan banyak dipakai dalam turnamen-turnamen bergengsi. Selain itu, produk ini juga memakai teknologi WRB sehingga sangat stabil saat dipegang.

5. Raket Tenis Meja Stiga Pro Carbon

Stiga Pro Carbon
Stiga Pro Carbon

Stiga Pro Carbon adalah produk andalan untuk Anda yang ingin bermain dengan tipe cepat tanpa kehilangan kontrol bola. Produk ini kami rekomendasikan apabila Anda adalah profesional yang berkarakter energik dan penuh tenaga ketika bermain.

Dirancang untuk permainan tempo keras dan cepat, produk berkategori high end ini dilengkapi teknologi nano composite sehingga mendukung speed dna top spin. Tidak cuma itu, teknologi WRB yang disematkan akan membantu menjaga keseimbangan serta ACS-nya memberikan Anda kontrol bola yang optimal.

6. Raket Tenis Meja Killerspin Jet800 Combo

Killerspin Jet800 Combo
Killerspin Jet800 Combo

Sudah dipakai oleh banyak atlet profesional, Killerspin Jet800 Combo juga dapat dijadikan opsi untuk Anda yang banyak bermain dengan menghasilkan pukulan-pukulan tricky. Setelah mendapat kesempatan, Anda dapat pula mengubah pola serangan menjadi pukulan-pukulan ekras.

Produk ini sangat pas untuk menunjang berbagai jenis permainan. Papan raket ini terdiri dari 7 lapisan kayu berkualitas yang ringan namun kukuh. Killerspin Jet800 Combo dijual sat set dengan cover yang muat untuk menyimpan dua bet serta tiga bola bintang empat.

7. Raket Tenis Meja Palio Expert 2

Palio Expert 2
Palio Expert 2

Ini adalah produk improvisasi dari seri Palio Expert yang pertama. Dengan menggandeng para ahli, terciptalah Palio Expert 2 yang digadang-gadang lebih baik dalam menciptakan efek putaran bola yang baik. Masih menggunakan rubber Palio CJ8000, ITTF juga telah menyetujuinya untuk dipakai di turnamen besar.

Memiliki kepala berbentuk bulat, raket ini terbukti andal dalam meghasilkan kontrol bola yang baik. Anda bisa menerima pukulan kencang serta membalikannya dengan arah yang Anda inginkan secara akurat. Jika ingin beralih ke tipe permainan top spin, Anda dapat menguasai jalannya game!

8. Raket Tenis Meja DHS Hurricane 301 FL

DHS Hurricane 301 FL
DHS Hurricane 301 FL

DHS Hurricane 301 FL dirancang secara spesial untuk para pemain berkarakter keras. Opsi ini sangat ideal apabila Anda ingin menghujani lawan dengan pukulan-pukulan kencang yang mungkin akan sulit dikembalikan. Papan kayu dari raket ini berasal dari kayu pilihan.

Untuk lapisan papannya berasal dari bahan karbon yang membuat bet lebih elastis sehingga pantulan bola terasa lebih fleksibel ketika Anda mengayunkan raket. Raket yang tipis namun bermuka lebar untuk landasan bola ini dijual tanpa rubber,jadi Anda bisa memasang rubber sesuai dengan gaya bermain yang ingin Anda tonjolkan.

9. Raket Tenis Meja DHS A3002

DHS A3002
DHS A3002

Apabila Anda berniat membeli raket tenis meja hanya untuk menghabiskan weekend, DHS A3002 sudahlah tepat bagi Anda. Produk yang dipasarkan dengan harga ekonomis ini terdiri dari 5 lapis kayu untuk menunjang speed, balance, dan power.

Paket lengket dalam satu produk ini tentu membuat performa permainan Anda menjadi lebih baik. Dengan gagang yang cukup panjang, Anda bisa mendapatkan kenyamanan lebih ketika memainkannya dengan model genggaman shake hand.

10. Raket Tenis Meja Cornilleau Tacteo Pack Duo

Cornilleau Tacteo Pack Duo
Cornilleau Tacteo Pack Duo

Cornilleau Tacteo Pack Duo cocok untuk Anda yang ingin membeli dua raket dalam satu kali pembelian. Dalam satu paketnya, Cornilleau menyediakan 2 bet dan 3 bola pingpong siap pakai. Anda tidak perlu membeli bola secara terpisah serta mengajak siapapun bermain meskipun mereka tidak bawa raket.

Membahas performa, tidak perlu diragukan lagi. Produk yang lebih dari cukup untuk pemain pemula ini memiliki karet solid, kontrol bola pun menjadi sangat baik. Dengan warna yang eye-catching, raket ini dapat pula dijadikan hadian untuk anak atau kerabat Anda yang menyukai tenis meja.

Rekomendasi Lainnya : 10 Raket Badminton Terbaik

Kesimpulan

Setelah mendapatkan raket tenis meja impian Anda, pastikan Anda mengetahui beberapa hal terkait rubber. Rubber pada alat pukul bola ini dapat tipis seiring seringnya dipakai atau usia sejak awal pembelian. Karet yang dapat memantulkan bola ini akan memberi performa buruk ketika kondisinya kurang baik. Kalau orang bilan, “sentuhan” pemain bisa hilang tatkala rubber pada raket berkurang.

Kemudian, melihat sebagian besar raket tenis meja dalam daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga karakter kemampuan dari bet, yaitu speed dan power, top spin, dan kontrol bola. Jika Anda ingin mencapai performa maksimal, pakailah raket yang menunjang keinginan Anda tersebut, apakah bermain cepat, atau bermain teknikal agar lawan main kewalahan menerima serangan Anda.

Write A Comment

/* */