CEKLIST.ID – Kegiatan berkemah di pegunungan atau alam bebas kian digemari banyak orang, terutama mereka yang berusia muda. Berbagai peralatan tak luput disiapkan, termasuk tenda. Tenda merupakan benda krusial yang harus selalu dibawa ketika melaksanakan aktivitas outdoor di kawasan yang tidak terdapat bangunan hunian. Dari sekian banyak tenda, jenis tenda dome paling banyak digunakan.

Selain alasan mudah pemasangannya, tenda dome juga cukup baik dalam melindungi tubuh ataupun barang bawaan. Hanya saja, dalam memilih tenda juga banyak yang harus disesuaikan. Apabila Anda berencana untuk mendaki gunung atau berkemah di alam bebas, bacalah artikel ini hingga temukan tenda dome yang tepat dan berkulitas terbaik.

Cara memilih tenda dome terbaik dijamin kuat

Tenda Dome yang Bagus dan Kuat
Gambar Ilustrasi Tenda Dome

Sekumpulan nama seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan GeerTop mungkin sudah tak asing di telinga para pecinta alam. Akan tetapi, setiap tenda dome keluaran brand-brand tersebut memiiki spesifikasi yang beragam. Pilihlah tenda yang paling cocok untuk memfasilitasi kegiatan Anda selama berada di alam bebas.

1. Pilih yang ukurannya mampu menampung satu kelompok dengan tambahan satu orang

Apabila sulit memahami maksud kalimat tersebut, mudahnya seperti ini: jika Anda pergi mendaki gunung atau kegiatan outdoor lain dengan 4 orang dalam satu kelompok, maka pilihlah tenda yang mampu menampung sekitar 5 orang. Apabila kurang dari itu, misalnya 3 orang, maka tenda yang bisa memuat 4 – 5 orang juga lebih baik karena masih banyak ruang sisa untuk menaruh tas bawaan.

Akan tetapi, bilamana dalam satu kelompok mencapai 8 orang lebih, maka sebaiknya gunakan lebih dari satu tenda dengan aturan yang sama. Anda hanya perlu membagi satu kelompok menjadi 2 sub kelompok. Hal ini penting pula diperhatikan agar saat menjinjing tenda tidak terlalu berat karena ukurannya yang begitu besar.

2. Perhatikanlah ketinggian tenda, pastikan muat untuk badan setengah berdiri

Selain menyesuaikan ukuran dengan orang yang ikut berkegiatan, ada baiknya Anda periksa juga ketinggian dari tenda yang hendak dibeli. Tenda dome dikatakan baik bukan hanya mampu menampung setiap orang, tetapi juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

Pastikan tenda bawaan memiliki ketinggian untuk Anda dalam posisi setengah berdiri. Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengatur posisi barang bebawaan di dalam tenda. Yang lebih penting lagi, tenda yang cukup tinggi juga memudahkan Anda saat ingin mengganti pakaian. Dalam hal ini, ingat juga agar tenda tidak terlalu tinggi sehingga Anda dan rekan-rekan akan kesulitan dalam memasangnya.

3. Pilih yang mampu menahan air dengan baik

Meski dapat diprediksi, terkadang cuaca bisa berubah diluar dugaan. Apalagi saat berada di alam bebas, hujan yang turun tiba-tiba tentu membuat Anda harus meneduh di dalam tenda. Agar badan tidak kebasahan, tenda haruslah tahan terhadap tumpahan air.

Sekarang ini tenda memang telah dirancang dengan tingkat resistansi air yang tinggi. Namun, disarankan membeli tenda yang water resistance-nya sekitar 1.500 mm. Agar lebih maksimal lagi, Anda dapat membeli produk yang tingkat ketahanan terhadap airnya mencapai 2.000 mm atau lebih. Dengan begitu, Anda pun bisa tetap berkemah meski sedang memasuki musim penghujan.

4. Pilih yang mudah dipasang dan dibawa

Kesulitan yang umum ditemui oleh pendaki atau pelaku kegiatan outdoor pemula dialami saat memasang tenda. Semakin besar dan banyak fitur yang dimiliki dari sebuah tenda, maka pemasangannya pun akan semakin rumit. Selain memerlukan banyak orang, proses pemasangannya pun harus ditangani oleh orang yang memiliki pengetahuan cukup.

Maka dari itu, belilah tenda yang dapat dipasang dengan mudah. Sebagian tenda dome dapat dipasang hanya dengan satu sentuhan (tenda pop up). Walau ukuran tenda pop up rata-rata kecil, akan tetapi cocok bagi Anda yang masih pemula. Misal pun ingin memasang tenda yang ukurannya lebih besar, maka berlatihlah terlebih dahulu sebelum memasangnya langsung di tempat kemah.

Di sisi lain, tenda yang mudah dibawa juga akan membantu Anda mengakses jalan tanpa diganggu oleh tas penyimpan tenda. Apalagi jika Anda menuju tempat kemah dengan berjalan, semisal saat melakukan pendakian, maka perhatikan bobot dan ukuran tenda. Jangan pilih yang terlalu besar karena akan semakin berat untuk dijinjing.

5. Pertimbangkan memilih tenda yang dilengkapi sejumlah kelebihan

Tenda haruslah nyaman untuk ditempati sebagai hunian tidur sementara ataupun melakukan aktivitas lain. Oleh sebab itu, Anda mungkin akan memerlukan hal lain demi menunjang meningkatkan kenyamana. Misal, tenda saat ini juga diciptakan dengan tambahan teras yang berguna sebagai tempat duduk sembari memandangi panorama.

Selain teras, pada tenda juga banyak dilengkapi oleh kantong penyimpanan. Kantong ini berguna untuk menjaga barang tidak berserakan atau bahkan hilang. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan gadget dan peralatan darurat semisal P3K, senter, dan sebagainya. Kemudian, perhatikan pula ventilasi tenda. Jika ada, maka pastikan ventilasi mampu menyirkulasi udara dengan baik.

10 Rekomendasi tenda dome terbaik

Anda tentu sudah mempertimbangkan spesifikasi apa saja yang setidaknya harus ada di tenda yang hendak Anda bawa. Berikut ini, ceklist.id berikan juga sepuluh rekomendasi tenda dome bagus yang bukan hanya berkualitas baik, tetapi juga kuat dari segi daya tahan.

1. Eiger DF394 Replacement

Tenda Dome Eiger DF394 Replacement
Eiger DF394 Replacement

Tenda ini dapat mencegah air hujan rembes ke ruang dalam. Dengan menambahkan lapisan flysheet yang tebal di bagian terluar, tenda dome double layer ini mampu menangkal tumpahan hujan dengan tangguh. Apabila Anda berencana mengadakan perkemahan atau pendakian gunung saat musim hujan, andalkanlah tenda ini.

Desain layer pada Eiger DF394 Replacement memiliki jarak cukup jauh sehingga rembesan air hujan tidak langsung masuk ke dalam tenda apabila hujan benar-benar deras. Di samping itu, tenda ini menyediakan pintu berukuran besar sehingga takkan sulit diakses, baik untuk keluar ataupun masuk.

2. Naturehike Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent

Tenda Dome Naturehike Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent
Naturehike Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent

Untuk mendukung jiwa petualang Anda yang sangat tinggi, tenda dari Naturehike akan cocok menjadi teman setia. Tenda yang dapat menampung 2 – 3 orang ini tergolong ringan karena menggunakan sistem single frame di mana salah satu ujungnya bercabang membentuk huruf Y.

Desain inovatif ini juga dinamakan dengan Y-pole design. Dengan desain semacam ini, bobot tenda menjadi lebih ringan karena tidak banyak tiang yang harus ditancapkan. Kelebihan lainnya, meski berbobot ringan, tenda ini termasuk kukuh dalam menahan angin ataupun hujan (tahan air hingga 4.000 mm).

3. Consina Magnum 6

Tenda Dome Consina Magnum 6
Tenda Dome Consina Magnum 6

Apabila Anda ingin mengadakan kegiatan oudoor dengan 5 – 6 orang teman, maka tenda ini dapat menjadi pilihan tepat. Consina merancang tenda berkapasitas besar yang dapat menampung hingga 6 orang. Walau bobotnya agak berat, Anda bisa berganti-gantian dengan teman lain untuk meringankan beban perorangan.

Selanjutnya, tenda ini juga dijual dengan harga yang relatif murah. Dengan ketinggian atap 180 cm, setiap orang yang tinggal di dalamnya bisa leluasa dalam bergerak. Ingin berganti pakaian pun takkan merasa sempit atau sulit akibat banyaknya barang-barang lain di dalam tenda.

4. Great Outdoor Java 4 Pro

Great Outdoor Java 4 Pro
Great Outdoor Java 4 Pro

Great Outdoor Java 4 Pro menyediakan teras cukup luas yang bisa digunakan untuk memasak ketika rintik hujan. Di samping itu, saat cuaca mulai ekstrem, teras ini bisa ditutup rapat sehingga ruangan di dalam tenda bisa lebih hangat dikarenakan angin yang tidak langsung menembus layer dalam tenda.

Sesuai namanya, tenda ini mampu memuat 4 orang. Sudah banyak dipakai oleh pendaki dari berbagai penjuru daerah, tenda ini pun cocok untuk Anda yang masih pemula. Pemasangannya juga terbilang mudah, hanya dengan memasang dua frame menyilang yang disediakan untuk mendirikan tenda dan satu frame sebagai terasnya.

5. ALPS Mountaineering Lynx 2 Person

ALPS Mountaineering Lynx 2 Person
ALPS Mountaineering Lynx 2 Person

Saat tidak memasuki musim penghujan, maka udara dingin di pegunungan akan terasa sangat sejuk. Agar udara bisa menembus ke dalam tenda yang Anda tempati, pastikan tenda Anda memiliki ventilasi di kedua sisinya. ALPS Mountaineering Lynx adalah tenda berkapasitas 2 orang yang menyediakan dua ventilasi sejajar untuk mengalirkan udara secara konstan.

Disebut-sebut sebagai tenda couple, Anda dapat berkemah satu atap dengan sang kekasih. Meski hanya menampung 2 orang namun tenda ini tidak sesak karena bagian dalamnya yang cukup besar. Kelebihan dari tenda ini terletak pada kemudahan pemasangannya. Belum lagi bobot yang hanya 2,3 kg, tenda ini takkan berat dibawa pada carrier bawaan Anda.

6. Coleman 6-Person Sundome Tent

Tenda Dome Coleman 6-Person Sundome Tent
Coleman 6-Person Sundome Tent

Coleman Sundome Tent memiliki frame menyilang yang membuat tenda bisa didirikan tanpa memakan banyak bidang tanah. Tenda ini mampu memuat maksimal 6 orang termasuk benda-benda bawaannya. Didesain agar memaksimalkan ruang dalam tenda, Anda akan nyaman saat menempati tenda ini.

Ketinggiannya yang mencapai 1,8 m cukup untuk Anda pakai berganti celana dalam posisi berdiri. Ukuran ventilasi yang besar menjamin sirkulasi udara yang lancar sehinga suasana di dalam tenda tidak sesak dan panas saat matahari sedang terik. Ketika hujan pun, tenda ini memiliki flysheet yang melindungi setengah bagian atas agar air tidak masuk ke inner tenda.

7. Coleman Hooligan 3-Person Backpacking Tent

Coleman Hooligan 3-Person Backpacking Tent
Coleman Hooligan 3-Person Backpacking Tent

Jika Anda mencari tenda yang dapat berdiri kukuh di daerah pesisir pantai, Coleman Hooligan jawabannya! Tenda satu ini mampu menahan angin berkecepatan mencapai 90 km/jam. Apabila didirikan pada ketinggian di atas 3.000 mdpl pun, tenda ini juga mampu menahan angin yang berhembus terus menerus.

Frame pada tenda dirancang agar tidak mudah bengkok atau patah meski diterjang badai. Jaminan keamanan pun akan membuat Anda tenang ketika cuaca ekstrem datang tiba-tiba. Selain itu, tenda ini juga disertai full mesh interior untuk memastikan aliran udara di dalam tenda tetap sejuk. Saat malam hari, Anda bisa membuka flysheetnya untuk menatap langit penuh bintang.

8. Naturehike Mongar Ultralight Two Men Tent

Naturehike Mongar Ultralight Two Men Tent
Naturehike Mongar Ultralight Two Men Tent

Kerangka tenda dome keluaran Naturehike ini sangatlah unik. Berbeda dengan model tenda pada umumnya, Mongar Ultralight Two Men Tent justru menyajikan desain frame yang saling bersilangan. Kesulitannya mungkin hanya terasa ketika ingin memasang tenda. Namun ketika berdiri, tenda ini menjadi tempat berteduh yang super nyaman!

Hanya mampu memuat 2 orang, Anda bisa menggunakannya bersama kawan sependakian atau pasangan saat camping di area terbuka. Di sisi lain, Naturehika menambahkan fitur windproof yang membaut tenda tahan terhadap hembusan angin. Beralih ke fitur resistansi airnya, disebutkan kalau tenda ini tahan terhadap air hingga 4.000 mm.

9. GeerTop Toproad 2Plus Double Layer

GeerTop Toproad 2Plus Double Layer
GeerTop Toproad 2Plus Double Layer

Tenda yang berwarna cerah ini mempunyai flysheet yang menjuntai hingga bagian dasar tenda. Desain yang demikian menjadikan tenda tahan dari terpaan angin kencang ataupun rembesan air hujan. Tak heran kalau GeerTop Toproad 2Plus disebut sebagai tenda yang tahan terhadap 4 musim, baik pada musim kemarau atau penghujan.

Ketahanan tenda didukung pula oleh pasak yang terbuat dari aluminium kuat sehingga frame tetap kukuh dan stabil meski terkena dorongan angin kencang dari luar. Tenda ini ideal dipakai pada gunung yang memiliki lahan luas di mana angin mudah sekali untuk lewat dan masuk ke dalam tenda.

10. GeerTop Toproad 3 Person 3 Season

GeerTop Toproad 3 Person 3 Season
GeerTop Toproad 3 Person 3 Season

Tenda GeerTop berikut memiliki ketahanan pada 3 musim berbeda. Bukan cuma itu, kapasitas yang dibuat untuk menampung 3 orang kemudian menjadikannya unik dari segi nama. Tenda ini sangat terkenal di luar negeri yang memiliki banyak musim. Sementara di Indonesia yang hanya mempunyai dua musim, tenda ini pun semakin dipercaya karena ketangguhannya di segala cuaca.

Belum lagi saat turun hujan, tenda ini dibekali flysheet yang tahan terhadap air hingga 3.000 mm untuk bagian sisi tenda dan bawahnya yang mencapai 5.000 mm. Meski tenda ini tampak sumpek dari luar, yang sebenarnya justru bagian inner tenda sangat breathable karena bahannya dari polister dan nylon mesh sehingga udara dapat masuk ke dalamnya. Suasana di dalam tenda pun tetap sejuk!

Rekomendasi Lainnya : 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik

Kesimpulan

Saat beraktivitas di alam bebas, penting untuk selalu membawa tenda yang mudah dipasang. Tenda dome dapat dipilih karena selain kemudahannya untuk diinstalasi, tenda jenis ini juga memiliki varian ukuran yang dapat disesuaikan. Bila Anda ingin merasakan kenyamanan berlebih saat berada di tenda, carilah tenda yang menyediakan ventilasi, jendela, atau teras depan.

Write A Comment

/* */