CEKLIST.ID – Suka melakukan aktivitas outdoor dan menginap, atau lebih dikenal dengan kegiatan camping? Banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari perbekalan pengetahuan hingga persiapan logistik. Satu benda yang perlu sekali dibawa saat camping adalah matras. Matras camping yang Anda persiapkan haruslah nyaman dipakai untuk tidur.

Pada artikel ini, kami akan menghadirkan informasi tentang pemilihan matras camping berkualitas baik dan bagus. Anda akan temukan juga produk matras camping terbaik dalam daftar yang telah kami rangkum di bawah. Pastikan untuk menyimak bagian tentang tips memilih berikut ini sebelum Anda melihat sepuluh produk matras camping yang kami rekomendasikan. Yuk, mulai langsung pembahasannya!

Gambar Ilustrasi Matras Tenda Camping
Gambar Ilustrasi Matras Tenda Camping

Cara memilih matras camping yang Bagus

Anda tentu menginginkan kegiatan camping lebih menyenangkan. Itulah alasan untuk menyiapkan segala halnya dengan matang, termasuk membawa matras camping yang nyaman dibuat tidur. Dalam menentukan produk, Anda harus mempertimbangkan beberapa poin. Berikut kami beritahu selengkapnya!

1.  Pilih matras berdasarkan jenis dan bahan dasar pembuatannya

Jenis matras camping yang beredar dibedakan berdasarkan material pembuatannya, yaitu matras busa, matras angin, dan matras inflator. Ketiga matras ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Manakah yang cocok buat Anda? Baca dulu penjelasan detail dari setiap jenis matras ini.

  • Matras Busa. Matras ini terbuat dari busa (foaming agent) seperti urethane. Disebut juga closed cell, matras berbahan dasar busa ini umum dipakai oleh penghobi kegiatan camping. Kelebihannya, matras busa lebih terjangkau soal harga dan cukup tahan lama. Jenis matras ini juga nyaman untuk tidur karna dapat mengunci panas, sangat cocok digunakan saat kondisi cuaca dingin. Namun, matras ini agak kurang nyaman digunakan tidur karena bentuknya yang padat.
  • Matras Udara. Jika matras busa hanya dapat dilipat dan digulung, matras udara ini bisa Anda himpitkan ke ukuran lebih kecil. Konsep kerja matras ini seperti pelampung, yaitu diisi oleh udara sebelum bisa digunakan. Semakin besar ukuran matras, maka udara yang diperlukan pun semakin banyak. Apabila Anda tertarik membeli matras jenis ini, siapkanlah perban atau alat reparasi lain ketika terjadi kerusakan, semisal timbul lubang yang menyebabkan kebocoran.
  • Matras Inflator. Adalah matras yang menggabungkan komponen dari matras busa (untuk isian dalam) dan matras udara (yang bercampur dengan busa). Matras jenis ini mudah dibawa, cukup nyaman digunakan, dan mampu menahan panas. Oleh karena berbagai kelebihan dimilikinya, matras ini pun dijual lebih mahal, sehingga perlu Anda perhatikan aspek tersebut sebelum membelinya. Anda juga harus membawa alat reparasi untuk berjaga-jaga ketika terjadi kebocoran.

2. Pastikan ukuran matras yang dipilih pas dengan ukuran tenda, tubuh, dan sleeping bag

Kondisi cuaca yang dingin di malam hari bisa membuat tidur Anda kurang nyaman. Oleh karena itu, penting juga menyiapkan sleeping bag yang muat di dalam tenda. Selain itu, matras yang Anda miliki juga harus sesuai dengan ukuran tenda, tubuh, dan sleeping bag.

Ukuran matras yang kebesaran dapat menganggu di dalam tenda. Begitu pula ketika ukuran matrasnya kekecilan, Anda tidak bisa tidur dalam posisi telentang, melainkan harus menekuk tubuh dan kenyamanan tidur pun harus dikorbankan. Kami berikan acuan, apabila Anda ingin memakainya sendiri (single< belilah matras selebar 60 cm. Tetapi, jika untuk berdua penggunaannya, pilihlah matras selebar 270 – 300 cm.

3. Periksa juga ketebalan matras agar nyaman dijadikan alas tidur

Apabila Anda camping bersama keluarga atau kali pertama mengikuti camping, buat first experience Anda lebih berkesan. Saat mencari matras, di samping memeriksa lebar dan panjangnya, Anda juga harus mengecek ketebalan matras. Matras camping yang cukup tebal bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman.

Sebaiknya Anda pilih matras berketebalan lebih dari 4 cm. Jangan pilih yang lebih tipis, karena bisa mengganggu tidur Anda akibat tubuh yang sakit akibat bebatuan di permukaan tanah tidak mampu diredam oleh matras. Jika dipaksakan, tubuh Anda bisa sakit ketika bangun di pagi harinya. Maka dari itu, utamakanlah matras yang cukup tebal untuk dibawa.

10 Rekomendasi matras camping terbaik

Cukup mudah bukan langkah-langkah dalam memilih matras untuk camping? Sekarang, Anda dapat melihat 10 produk matras camping terbaik yang beberapa merek di antaranya mungkin tidak asing di telinga Anda.

1. Eiger Matras Cacing

Eiger Matras Cacing
Eiger Matras Cacing

Eiger Matras Cacing adalah matras camping sejuta umat! Setiap orang yang hobi naik gunung atau camping tentu familiar dengan merek matras satu ini. Bahkan, bukan hanya kalangan masyarakat biasa yang menggunakannya, tetapi TNI dan POLRI juga banyak menggunakan matras berbahan busa tipis dan karet ini dalam berbagai kegiatan outdoor-nya.

Matras ini dapat digulung, harganya murah, dan mudah dipakai. Kelebihan-kelebihan tersebutlah yang menjadikannya populer di berbagai kalangan. Di samping itu, matras ini juga cukup nyaman diandalkan di tempat camping yang datar, seperti tanah lapang.

2. BSWolf Automatic Inflatable Mattress

BSWolf Automatic Inflatable Mattress
BSWolf Automatic Inflatable Mattress

Ingin bersantai dengan posisi rebahan di luar sembari menikmati sejuknya embusan angin sore? Anda bisa merasakan pengalaman tersebut dengan BSWolf Automatic Inflatable Mattress. Tidak perlu takut meski terkena rintik hujan, bahannya berupa spons berkualitas rebound tinggi telah dilapisi kulit luar yang waterproof.

Keunikan lainnya, matras ini awalnya adalah jenis matras single. Tetapi, jika ada teman Anda yang membawa matras serupa, Anda bisa gabungkan dua jenis matras yang sama untuk menjadi matras couple. Dengan motif kotak-kotak berwarna cerah, suasana camping pun terkesan gembira.

3. Naturehike Egg Crate Style Anti Moisture Pads

Naturehike Egg Crate Style Anti Moisture Pads
Naturehike Egg Crate Style Anti Moisture Pads

Desain matras dari Naturehike berikut terbilang unik. Semacam sekat-sekat yang berada dalam satu matras memungkinkan tiap bagiannya dilipat dan ditumpuk menjadi satu. Anda tidak perlu menyiapkan space tambahan untuk membawa matras ini.

Selain menghemat tempat penyimpanan, matras camping satu ini memiliki tekstur kotak-kotak menonjol pada permukaannya. Tujuan tekstur tersebut adalah untuk memberikan sensasi pijata ke tubuh Anda yang lelah setelah seharian berjalan-jalan di alam.

4. Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad
Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

Matras dari Naturehike berikut memiliki ketebalan hingga 9 cm, membuat Anda leluasa memejamkan mata tanpa diganggu oleh bebatuan yang menyiksa tubuh. Sensasi empuk dari matras ini bagaikan sedang tidur di kasur rumah. Pagi pun dapat Anda sambut dengan energi yang berhasil ter-recharge saat tidur.

Saat membeli, Naturehike telah menyediakan pompanya. Jadi tidak perlu menyiapkan pompa tambahan atau meniup matras ini secara manual. Bahannya yang tahan lembap juga membuat badan bebas gerah karena terdapat kontur bergerigi di permukaan matras yang menjadi celah teralirinya udara.

5. Naturehike Ultralight TPU Egg Crate Inflatable Cushion

Naturehike Ultralight TPU Egg Crate Inflatable Cushion
Naturehike Ultralight TPU Egg Crate Inflatable Cushion

Ultralight TPU Sleeping Pad adalah matras camping keluaran Naturehike yang tersusun dari material dasar nilon. Menariknya, matras ini dapat dikombinasikan dengan sleeping bag berbentuk tubuh manusia (mummy). Produk ini mempunyai ketebalan 3 cm dan berukuran 187 x 57 cm, sehingga sangat nyaman dipakai saat tidur.

Saat diselipkan ke sleeping bag, selain terlindungi dari cuaca dingin, tubuh pun tidak akan bergeser-geser karena terjaga oleh sleeping bag. Namun, bagi Anda yang banyak bergerak saat tidur kurang nyaman menggunakan matras ini. Maka dari itu, pertimbangkan kembali apakah Anda bisa tidur nyenyak dengan matras ini.

6. Thermarest NeoAir Xlite

Thermarest NeoAir Xlite
Thermarest NeoAir Xlite

Matras persembahan Thermarest ditujukan khusus untuk pecinta camping tingkat profesional, terutama para pendaki gunung di dalam ataupun luar negeri. Produk ini ideal digunakan untuk 3 musim berbeda, sehingga sangat pas untuk kondisi Indonesia yang hanya memiliki 2 musim.

Tidak hanya itu saja, produk ini juga didesain ultra packable dan ultralight. Berkat hal tersebut, matras udara berbahan nilon berikut dapat dikemas hingga sebesar botol 1 liter. Soal kualitas, Thermarest NeoAir Xlite dapat menahan panas dan sangat empuk, membuat kenyamanannya tak perlu diragukan lagi!

7. ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad

ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad
ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad

ChillaX dapat menjadi opsi lain yang lebih terjangkau bagi Anda yang ingin tidur berkualitas saat camping. Produk ini didesain menyerupai sel-sel berongga dengan bahan nilon dan TPU berlapis, sehingga memberikan keempukan cukup untuk melindungi badan Anda dari kerasnya permukaan tanah.

ChillaXComfort Plus Sleeping Pad tidak akan merosot ke bawah saat digunakan tidur, atau bahkan ketika tubuh Anda banyak bergerak pun, matras ini tetap stabil di posisinya. Jika Anda mengutamakan kenyamanan saat tidur, jangan ragu memilih matras ini.

8. Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad

Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad
Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad

Apakah Anda menyukai kegiatan camping di pesisir pantai? Kami rasa Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad dapat menjadi opsi yang ideal. Produk ini disusun dari material TPU berkualitas yang mampu menahan goresan rumput tajam ataupun kerikil kecil di area pantai.

Dikarenakan ketangguhannya tersebut, tentu saja matras ini tetap bisa dipakai untuk camping di gunung, tanah lapang, atau area lain yang memungkinkan. Kemudian, ukurannya yang bisa menjadi kecil saat dikemas akan muat ke dalam tas tanpa memakan banyak tempat.

9. Automatic Inflatable Mat Cushion

Automatic Inflatable Mat Cushion
Automatic Inflatable Mat Cushion

Automatic Inflatable Mat Cushion dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin tidur berdua dengan pasangan ketika camping. Bahan dasarnya berupa PU foam sponge dengan tingkat rebound tinggi, menjadikannya nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.

Tenang saja, meski bentuknya tipis, matras jenis inflator mat ini mampu melindungi tubuh dari permukaan lahan camping yang tidak rata. Anda bisa menikmati malam bernuansa romantis dengan pasangan menggunakan matras ini, apalagi bagian atasnya sudah dilengkapi bantal, semakin nyaman!

10. Consina Matras Aluminium

Consina Matras Aluminium
Consina Matras Aluminium

Consina Matras Aluminium merupakan alas tidur ideal untuk camping di tanah lapang. Produk ini banyak dipilih oleh kalangan pelajar yang ingin melakukan kemah dan semacamnya. Terbuat dari kombinasi busa tipis dan aluminium foil, matras ini mampu memberi kehangatan yang pas pada tubuh.

Bukan itu saja, saat Anda atau teman mengalami hipotermia, matras Consina berikut dapat dijadikan emergency blanket. Bahan aluminium foilnya akan membantu menaikkan suhu tubuh secara bertahap. Namun satu kekurangannya, lapisan aluminium foil pada matras ini mudah terkelupas sehingga menjadikan matras hanya dapat dipakai untuk jangka waktu tertentu.

Review Lainnya : 10 Tenda Dome Terbaik

Kesimpulan

Setelah menengok kesepuluh matras camping terbaik sekaligus mengetahui cara memilihnya, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika Anda masih baru dalam kegiatan camping, Anda bisa juga menyewa matras di area perkemahan. Harga yang dipasarkan variatif, tergantung jenis matras dan lama penggunaannya.

Write A Comment

/* */