CEKLIST.ID – Cuka apel telah lama digunakan untuk perawatan kesehatan tubuh ataupun kecantikan wajah. Produk hasil fermentasi oleh ragi dan bakteri ini diyakini baik untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah, memperbaiki saluran cerna, dan masih banyak lagi.

Apabila dikonsumsi dengan jumlah tepat dan cara konsumsi yang benar, cuka apel bisa memberi dampak besar bagi tubuh. Saat ini Anda mempunyai niatan untuk membeli cuka apel? Bacalah terlebih dahulu artikel ini agar tidak keliru memilihnya. Kami akan membagikan tips memilih sekaligus rekomendasi produk cuka apel terbaik yang dapat Anda beli. Dibaca dengan saksama, ya!

Tips dan Cara Memilih Cuka Apel yang Bagus

Cuka Apel Terbaik
Gambar Ilustrasi Cuka Apel / Vogue

Berbeda dengan cuka lainnya, cuka apel adalah cuka yang terbuat dari buah apel yang dilumatkan untuk kemudian difermentasi dalam jangka lama. Pada cuka apel terkandung sejumlah nutrisi penting seperti potasium, kalsium, magnesiu, dan sebagian vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E). Masing-masing nutrisi memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Agar mendapatkan kesemua manfaat tersebut, Anda harus menggunakan cuka apel dengan takaran yang tepat. Lebih penting lagi, produk yang Anda konsumsi juga haruslah memiliki kualitas yang baik. Oleh sebab banyaknya pilihan yang beredar, kami akan bantu Anda dengan memberikan panduan memilih cuka apel di bagian ini.

1. Pilih berdasarkan jenis cuka apel

Sebagai informasi pembuka, cuka apel dikategorikan menjadi beberapa macam, sepeti cuka apel murni, cuka apel beralkohol, minuman berbahan dasar cuka apel, dan black apple vinegar atau cuka hitam berperisa apel. Cuka sari apel murni adalah produk yang dibuat dari jus apel dan bulirnya. Tanpa menyertakan bahan lain selain apel, cuka apel murni kaya akan rasa dan aroma apel.

Selanjutnya, cuka apel beralkohol adalah cuka apel yang ditambahkan alkohol. Biasanya alkohol didapat dari hasil pengubahan ragi dan gula pada produk sari apel. Apabila dibandingkan cuka sari apel murni, cuka apel yang beralkohol memiliki harga lebih murah sehingga jenis ini cukup banyak dibeli dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Sementara minuman yang menggunakan bahan dasar apel lebih ramah di perut karena kadar yang digunakan telah disesuaikan sehingga tidak menimbulkan asam berlebih, baik ketika masuk ke mulut ataupun sesampainya di usus. Minuman ringan atau soft drink yang mengandung cuka apel dapat memberikan kesegaran, cocok untuk Anda minum sebagai teman di perjalanan atau lainnya.

Terakhir, cuka hitam yang dimaksud bukanlah cuka apel, melainkan cuka hitam yang diberikan rasa apel untuk memudahkan Anda dalam meminumnya. Kandungan pada cuka apel hitam sendiri antara lain kaya akan asam amino, vitmain, dan mineral yang berperan baik bagi kesehatan.  Produk ini cocok untuk proses adaptasi lidah dan perut Anda agar tidak kaget ketika saat meminum cuka apel asli nantinya.

2. Sesuaikan ukuran dan kenali bahan bakunya

Tidak bisa dipungkiri kalau meski digunakan banyak orang, cuka apel tidaklah disukai oleh sebagian orang lain. Jadi, apabila ingin mencoba cuka apel, Anda harus mempertimbangkan siapa yang akan mengonsumsinya. Misal, hanya Anda di rumah yang akan mengonsumsi cuka apel, maka pilihlah produk dengan volume yang Anda perlukan.

Disarankan untuk memilih cuka apel yang dapat dihabiskan setengah tahun setelah segelnya dibuka. Walau pada kemasan tertera keterangan tanggal kedaluwarsa yang masih jauh, tetapi cuka apel lebih baik digunakan paling lambat 6 – 7 bulan setelah tutupnya dibuka. Hal ini ditujukan untuk memastikan tubuh memperoleh kualitas produk yang masih terjaga.

Di sisi lain, bahan baku yang digunakan pada produk pilihan Anda juga wajib diperhatikan. Cuka apel murni terdiri dari apel saja sementara cuka apel menggunakan sari apel, pemanis, dan tambahan bahan lain. Kemudian, cuka apel beralkohol menggunakan cuka apel dan alkohol. Untuk cuka apel hitam menyampurkan cuka hitam dan jus apel.

3. Pilihlah yang tidak melalui proses penyaringan atau pemurnian

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, belilah cuka apel yang masih terdapat sari atau endapan di bagian bawah botol. Endapan tersebut dikenal juga dengan sebutan “the mother” yang merujuk pada ampas di mana ampas ini tinggi akan probiotik dan bakteri-bakteri yang baik dalam menyehatkan saluran cerna.

Cuka apel yang mentah, organik, dan tidak disaring sangat disarankan untuk setiap orang, terutama orang yang mengalami masalah dengan pencernaan. Meski demikian, pada beberapa kasus, cuka apel yang diterima berlebihan oleh tubuh dapat mendorong makanan lebih lambat diolah sehingga terjadi timbunan feses yang kemudian menjadi beban di perut.

10 Rekomendasi cuka apel terbaik

Setelah memahami jenis-jenis cuka apel beserta melihat tips memilihnya secara singkat, kita akan masuk ke bagian inti dari artikel ini. Ceklist.id telah mengulas sepuluh produk cuka apel berkualitas terbaik. Belilah yang paling Anda suka, baik dari segi jenis, ukuran, bahkan desain kemasan. Selamat memilih!

1. Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)

Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)
Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)

Orang Korea banyak menggunakan cuka apel sebagai tambahan pada minuman atau bumbu masakannya. Tentu saja kita sepakat kalau orang Korea terkenal sebagai negara dengan penduduk yang berkulit mulus dan bertubuh sehat, bukan? Dari berbagai banyak alasan, cuka apel juga mempunyai peran dalam mewujudkan hal tersebut.

Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar adalah cuka apel yang telah banyak dikonsumsi orang Korea. Kabar baiknya, produk ini telah diedarkan ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Ini adalah cuka apel yang memiliki 0,13% alkohol di dalamnya. Anda bisa menggunakan produk ini sebagai bumbu untuk memanggang daging atau dressing salad.

2. S&W Premium Food Apple Cider Vinegar

S&W Premium Food Apple Cider Vinegar
S&W Premium Food Apple Cider Vinegar

Apabila Anda rentan mengalami masalah lambung, S&W Premium Food Apple Cider Vinegar dapat menjadi cuka apel pilihan Anda. Produk ini telah dimurnikan sehingga tidak ada endapan keruh yang meskipun kaya nutrisi, komponen tersebut bisa memicu kenaikan asam lambung pada penderita maag dan gangguan pencernaan lain.

Cuka apel yang telah dicampur dngan air asal Amerika Serikat ini menjamin kualitas yang mumpuni. Selain memiliki kadar asam yang berguna sebagai antibakteri, banyak pula wanita yang menggunakan cuka apel ini sebagai toner wajah alami. Meski beraroma menyengat, kemampuannya dalam merawat wajah sangatlah efektif.

3. Cuka Apel Batu

Cuka Apel Batu
Cuka Apel Batu

Cuka Apel Batu diproduksi oleh pabrikan dalam negeri dengan harga jual ekonomis. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba cuka apel tanpa dibebani oleh nilai pasaran yang tinggi. Apel yang dijadikan bahan baku dari produk ini juga dipetik langsung dari perkebunan apel lokal yang kualitasnya terjaga sangat baik.

Produk hasil fermentasi sari apel ini tidak mengandung pengawet. Malahan, di dalamnya terkandung asam amino dan enzim yang bukan cuma baik untuk memperlambat penyerapan karbohidrat, tetapi juga mampu mendetoksifikasi tubuh dan menyembuhkan ataupun mencegah berbagai macam penyakit.

4. Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink – Limeade

Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink – Limeade
Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink – Limeade

Varian Limeade yang kami rekomendasikan ini merujuk pada cuka apel dengan tambahan rasa asam dari jeruk nipis. Apabila Anda tidak ingin rasa yang terlalu asam, pilihlah varian lain yang sekiranya cocok dengan lidah Anda. Cuka apel Bragg ini diproses dari buah apel yang dirawat secara organik.

Cuka apel ini tidak mengandung gluten dan organisme genetik lainnya sehingga dipastikan aman dikonsumsi Anda ataupun anggota keluarga lain. Bukan hanya menyajikan cita rasa campuran selain apel, namun karena produk ini juga tergolong soft drink, Anda bisa meminumnya sebagai minuman penambah energi tanpa harus ditambah langsung dengan air.

5. Heinz Apple Cider Vinegar

Heinz Apple Cider Vinegar
Heinz Apple Cider Vinegar

Cuka apel keluaran Heinz ini diminati masyarakat di berbagai penjuru dunia. Terbuat dari apel yang berkualitas tinggi dan diproses dengan teknologi ultrafiltrasi yang sangat canggih menjadikannya hanya memiliki kadar keasaman 5%. Tidak mengandung alkohol, produk ini cocok dikonsumsi untuk Anda yang mengedepankan gaya hidup halal.

Karena telah melewati proses penyaringan panjang, cuka apel ini memiliki warna terang dan jernih. Anda bisa mengolah cuka apel ini sebagai tambahan pada salad, marinade, atau dimasukkan sebagai pelengkap pada resep masakan sehat andalan Anda.

6. Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar

Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar
Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar

Bila yang Anda inginkan adalah cuka apel dengan kadar nutrisi yang terjaga seutuhnya, Bragg menawarkan produk yang tepat untuk Anda pilih. Ini adalah produk cuka apel yang tidak melalui proses filtrasi sehingga masih terdapat endapan kaya enzim, asam amino, dan potasium.

Dengan tingkat keasaman dan rasa manis yang seimbang, Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar akan nyaman di perut. Konsumsilah produk cuka apel ini  sesudah makan. Misal ingin dijadikan bahan campuran pada perawatan alami Anda, cuka apel ini akan membantu menghaluskan kulit.

7. Kühne Apple Cider Vinegar

Kühne Apple Cider Vinegar
Kühne Apple Cider Vinegar

Kuhne adalah brand asal Jerman yang juga memproduksi cuka apel ke tanah air. Terbuat dari satu kilogram sun rippened apples yang difermentasi secara alami menajdika cuka apel ini unik dan banyak diminati. Tidak hanya hadir dengan rasa asam yang biasa, produk ini dilengkapi perisa buah-buahan lain.

Tidak hanya itu, Kuhne Apple Cider Vinegar juga tidak dipakaikan gluten dan laktosa pada komposisi bahan bakunya. Gunakanlah produk ini sebagai pelengkap salad agar Anda memperoleh manfaat kesehatan yang lebih banyak. Kemudian, dengan meminum cuka apel ini secara rutin, kadar gula dalam tubuh juga terjaga normal.

8. Pure & Simple Apple Cider Vinegar

Pure & Simple Apple Cider Vinegar
Pure & Simple Apple Cider Vinegar

Bentuk botol yang menyerupai sirup tentu akan familiar bagi setiap orang, termasuk masyarakat Indonesia. Pure & Simple menggunakan 100% cuka sari apel organik yang didapat dari buah apel hasil olahan perkebunan di Bali. Dikombinasikan dengan air dan gula, produk ini akan cocok untuk siapa saja yang ingin menikmati cuka apel dengan mudah.

Pada proses produksi yang tidak melibatkan filterisasi endapan, maka kandungannya semakin kaya, seperti asam asetat, enzim, dan vitamin tetap terjaga di dalamnya. Cuka apel ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga Anda pun terhindar dari risiko penyakit jantung dan hipertensi.

9. Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic

Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic
Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic

Apabila ingin melakukan perawatan wajah saat berlibur dan menginap di hotel atau villa, Anda bisa tetap mencampurkan cuka apel ke dalamnya. Belilah cuka apel satu ini. Dikemas dalam botol ukurannya sangat travel-friendly, Anda  tetap bisa merasakan khasiat cuka apel meski tidak sedang di rumah.

Selain digunakan untuk merawat kulit, cuka apel ini juga ideal digunakan sebagai campuran ke banyak resep masakan Anda. Kandungannya akan bekerja menurunkan kolesterol jahat, mengontrol gula darah, dan menurunkan berat badan.

10. Dehealth Supplies Vinega Apple Vinegar

Dehealth Supplies Vinega Apple Vinegar
Dehealth Supplies Vinega Apple Vinegar

Walaupun melewati proses fermentasi alami sebanyak dua kali, produk ini melewatkan proses pemanasan sehingga jumlah nutrisi yang terkandung tetap melimpah. Belum lagi dengan jaminan bebas zat kimia tambahan, produk ini semakin aman untuk dikonsumsi setiap orang.

Bagi Anda yang ingin merasakan khasiat menyeluruh dari sebuah cuka apel, belilah Dehealth Supplies Vinega Applle Vinegar. Keberadaan mother yang terjaga utuh sangatlah baik dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk membantu memulihkan stamina dan menjaga imunitas tubuh.

Rekomendasi Lainnya : 10 Extra Virgin Oil Terbaik

Kesimpulan

Di balik segala manfaat yang ditawarkan oleh cuka apel, tetaplah perlu bagi Anda mengonsumsinya secara bijak. Tidak ada aturan resmi dalam pengonsumsian cuka apel. Akan tetapi, setiap orang direkomendasikan minum tidak lebih dari dua gelas cuka apel setiap hari.

Dalam kondisi-kondisi tertentu, dokter bisa menyarankan dosis pakai lebih besar ataupun kecil. Jadi, pertimbangkan pula saran dokter apabila Anda tak ingin timbul masalah di kemudian hari akibat kekeliruan dalam konsumsi cuka apel tanpa panduan dari ahli.

Write A Comment

/* */