CEKLIST.ID – Media tanam merupakan campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi mendukung pertumbuhan tanaman, membantu formasi akar, serta menampung udara dan air. Pemilihan media tanam yang sesuai sangat penting untuk tanaman, karena akan berpengaruh pada berhasil atau tidaknya pertumbuha tanaman.

Media Tanam Terbaik
Gambar Ilustrasi Artikel Media Tanam / iplant.su

Selain membuat sendiri, Anda juga bisa membeli produk media tanam siap pakai yang sudah dijual di pasaran. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi media tanam terbaik, serta cara membuatnya.

Cara Memilih Media Tanam yang Bagus

Pada dasarnya, media tanam merupakan substrat yang terbuat dari campuran bahan organik atau anorganik yang akan menjadi tempat akar tanaman tumbuh dan berkembang. Media tanam memiliki dua fungsi utama, yaitu menstabilkan struktur tumbuhan, sekaligus menyimpan air, nutrisi, dan udara untuk tumbuhan.

Karena posisi media tanam sangat penting untuk tumbuhan, maka pemilihannya juga harus cermat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih media tanam terbaik.

1. Mengenali jenis-jenis media tanam

Jenis-jenis media tanam terbaik dibagi menjadi dua, yaitu media tanam organik dan anorganik. Media tanam organik dibuat dari bekas makhluk hidup, seperti tanaman atau kotoran hewan tanpa tambahan pupuk sintetis. Beberapa jenis bahan organik yang sering dijadikan sebagai media tanam adalah tanah yang gembur, sekam, sabut kelapa, dan kompos. Media tanam jenis ini bisa digunakan secara langsung atau dicampurkan dengan tanah terlebih dulu.

Keunggulan utama dari jenis media tanam terbaik organik adalah mengandung cukup banyak nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Media tanam organik juga membantu mengontrol keasaman tanah, jadi penyerapan nutrisi bisa semakin optimal.

Media tanam terbaik jenis anorganik biasanya dibuat dari benda mati, seperti bebatuan dan pasir. Media tanam anorganik memang tidak bisa menyuplai nutrisi esensial untuk tanaman, namun bisa digunakan untuk meningkatkan penyerapan air, aerasi tanah, maupun penyerapan nutrisi pada media tanam organik. Beberapa contoh media tanam anorganik yang sering digunakan adalah perlite, pasir malang, rockwool, dan hidroton.

Pada tanaman bunga dalam pot, media tanam organik biasanya sangat padat sehingga bisa mencekik tanaman. Jadi kalau ditambah dengan media tanam terbaik anorganik, akar tanaman menjadi lebih leluasa untuk proses respirasi. Penggunaan media tanam organik dan anorganik yang seimbang akan sangat membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

2. Memahami kebutuhan nutrisi tanaman

Nutrisi tanaman memang bisa diperoleh dengan pemberian pupuk, tetapi pemilihan media tanam terbaik yang tepat bisa membuat pertumbuhan tanaman semakin optimal. Kalau baru akan menyemai biji, coba gunakan media tanam anorganik, seperti rockwool, karena dalam biji tanaman sudah terkandung zat gizi yang diperlukan sampai bisa berkecambah. Rockwool sendiri dikenal bisa menahan air dengan baik, jadi akan cocok digunakan sebagai media semai tanaman.

Ketika bibit tanaman sudah mempunyai daun sejati, tanaman bisa dipindahkan ke media tanam terbaik kompos karena dibutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Namun untuk tanaman yang tidak suka air, seperti kaktus dan sukulen, sebaiknya ditanam di media anorganik, seperti pasir malang dengan dasar kerikil atau bata merah.

Sementara itu, tanaman tumbuh di tanah dengan pH rendah, bisa ditanam dalam media tanam jenis peat moss yang gembur. Jadi saat akan memilih media tanam terbaik untuk tanaman, pastikan Anda sudah mengenali kebutuhan dari tanaman tersebut.

3. Mengecek kondisi lingkungan

Kalau akan digunakan untuk tanaman hias yang diletakkan indoor, sebaiknya pilih media tanam terbaik dengan drainase yang bagus, seperti kerikil dan vermiculite. Kedua media itu bersifat porous yang bisa mencegah akar terlalu basah dan membusuk. Oleh karena itu, porous cocok dipilih sebagai media untuk tanaman yang tumbuh di daerah yang sejuk, lembap, dan sering berkabut.

Untuk tanaman yang akan ditanam di wilayah yang panas dan kering atau outdoor, media tanam terbaik yang bisa digunakan adalah yang dapat menampung air, seperti cocopeat. Demikian, tanaman akan terhindar dari dehidrasi dan kekeringan.

Hal lain yang tidak kalah penting saat mengurus tanaman, selain menyediakan media tanam terbaik adalah menyesuaikan kondisi lingkungan dengan karakteristik tanaman. Misalnya Anda tinggal di Indonesia namun ingin menanam bunga sakura, maka lingkungan untuk bunga sakura itu harus disesuaikan dengan lingkungan di negara asalnya.

4. Menyesuaikan media tanam dengan bahan pot

Pot tanaman paling umum dibuat dari bahan plastik dan keramik, tetapi saat baru penyemaian benih, biasanya digunakan polybag. Keramik merupaka  bahan yang bersifat porous yang bisa menarik air dari media tanam dan membuat tanaman cepat kering. Jadi diperlukan media tanam terbaik yang dapat menahan air dalam pot keramik. Sedangkan untuk pot plastik memang tidak porous, namun tidak breathable sehingga diperlukan media tanam seperti sekam dan batu apung  serta lubang pada bagian bawah pot.

10 Rekomendasi Media Tanam Terbaik

Media tanam bisa ditemukan dengan mudah di kios-kios yang menjual berbagai jenis tanaman, maupun secara online di e-commerce. Harga media tanam, terutama media tanam organik biasanya cukup murah, bahkan hanya puluhan ribu untuk kemasan 1 karung. Berikut ceklist.id akan bahas rekomendasi media tanam yang bagus selengkapnya.

1. Media Tanam Organik Tanah Subur

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Organik Tanah Subur
Media Tanam Organik Tanah Subur
Nama ProdukMedia Tanam Organik Tanah Subur
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Media tanam terbaik organik yang pertama ini terbuat dari komposisi daun teh, tanah subur, pupuk kandang, kompos, dan bakteri penyubur tanaman. Karena sudah dicampur, maka media tanam bisa langsung dipakai untuk penanaman dalam pot, polybag, planterbag, dan metode urbanfarming.

Meski harganya sangat murah, media tanam terbaik ini bisa merangsang pertumbuhan daun, bunga, dan buah dengan baik,  serta memperbaiki ekosistem tempat tumbuh tanaman. Anda bisa membeli media tanam organik tanah subur melalui Tokopedia dengan harga 15 ribuan saja untuk kemasan 1 karung, sekitar 13 kg.

2. Pak Tani Media Tanam Premium

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Pak Tani Premium
Media Tanam Pak Tani Premium
Nama ProdukPak Tani Media Tanam Premium
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Merk Pak Tani sudah cukup dikenal luas sebagai merk media tanam terbaik dan laris manis di pasaran. Diproduksi oleh Tani Sejahtera, Pak Tani Media Tanam Premium terdiri dari komposisi top soil, sekam bakar, pupuk kandang, dan bakteri penyubur tanaman. Dengan demikian, Anda tidak perlu menambahkan pupuk sintetis lagi ketika menyemai tanaman menggunakan media tanam terbaik ini.

Supaya penyemaian benih menggunakan media tanam terbaik ini bisa optimal, maka buka terlebih dulu media tanam satu hari sebelum hari penyemaian. Tujuannya untuk mendinginkan hawa panas yang ada di dalam kemasan media tanam. Pak Tani Media Tanam Premium bisa dibeli juga lewat e-commerce dan harganya hanya 17 ribuan rupiah untuk kemasan 1 sak.

3. Trubus Media Tanam Tanaman Hias

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Trubus Tanaman Hias
Media Tanam Trubus Tanaman Hias
Nama ProdukTrubus Media Tanam Tanaman Hias
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Dibandingkan dengan media tanam terbaik sebelumnya, Trubus Media Tanam tanaman hias diformulasikan dengan lebih banyak kandungan pupuk untuk pertumbuhan daun dan pembungaan. Produk ini juga mengandung sekam, kaliandra, dan pakis atau andaman untuk meningkatkan daya porositas air supaya sesuai dengan kebutuhan berbagai jenis tanaman hias. Ditambah lagi dengan kandungan nitrogen yang cukup tinggi, sehingga tidak perlu menambahkan pupuk sintesis lagi saat menyemai benih dengan Trubus Media Tanam.

Salah satu tanaman hias yang cocok ditanam dalam Trubus Media Tanam tanaman hias adalah aglonema. Ketika ditanam dalam media tanam terbaik ini, daun aglonema akan tumbuh lebat dan tampak sehat. Dikemas dalam wadah plastik bening yang tebal dengan berat bersih sekitar 3.5 kg, Trubus Media Tanam dibandrol sekitar 30 ribuan rupiah.

4. Media Tanam Pumice Batu Apung

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Pumice Batu Apung
Media Tanam Pumice Batu Apung
Nama ProdukMedia Tanam Pumice Batu Apung
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Pumice atau batu apung merupakan media tanam terbaik untuk tanaman kaktus dan sukulen. Pumice dikenal mempunyai struktur yang berongga sehingga bisa mengatur drainase dan kelembaban akar, serta tahan terhadap jamur. Adanya batu apung pada pot kaktus atau sukulen juga membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Selain untuk keperluan drainase, manfaat lain dari batu apung untuk kaktus atau sukulen adalah membantu menyerap nutrisi yang diperlukan tanaman, mengandung berbagai jenis mineral yang dibutuhkan tanaman, serta memudahkan akar mengikat oksigen. Media tanam terbaik pumice ini tersedia dalam ukuran 3-5 mm dan 5-8 mm, serta dijual seharga 10 ribuan rupiah per kilogram.

5. Media Tanam Organik Gloria Hijau

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Organik Gloria Hijau
Media Tanam Organik Gloria Hijau
Nama ProdukMedia Tanam Organik Gloria Hijau
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Media Tanam Organik Gloria diproduksi oleh Mitra Tani Tangerang dan dibuat dari komposisi top soil, sekam bakar, pupuk kandang, dan bakteri penyubur. Kandungan pupuknya berfungsi untuk menyuplai nutrisi untuk tanaman, sedangkan komposisi sekam bakarnya berfungsi meningkatkan aerasi akar tanaman. Produk ini menjadi pilihan media tanam terbaik bagi tabulampot dan tanaman hias.

Selain itu, Media Tanam Organik Gloria juga bisa digunakan untuk penyemaian benih tanaman yang nantinya untuk keperluan perkebunan. Seperti harga media tanam terbaik tanah yang lain, harga media tanam Gloria memang sangat murah, hanya 14 ribuan rupiah untuk kemasan 1 sak atau 12-13 kg.

6. Media Tanam Rockwool Cultilene Hidroponik 1 Slab

Media Tanam Terbaik - Media Tanam Rockwool Cultilene Hidroponik
Media Tanam Rockwool Cultilene Hidroponik
Nama ProdukMedia Tanam Rockwool Cultilene Hidroponik 1 Slab
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rockwool merupakan salah satu media tanam terbaik untuk menggantikan tanah dan biasanya digunakan untuk membudidayakan tanaman secara hidroponik. Pada dasarnya, rockwool dibuat dari batuan vulkanik yang dibentuk seperti kapas sehingga mudah menyerap menahan air. Beberapa keunggulan rockwool sebagai media tanam adalah ramah lingkungan, mengoptimalkan peran pupuk, dan tidak mengandung patogen penyebab penyakit.

Media tanam terbaik rockwool cultilene mempunyai arah serat horizontal dengan volume pori mencapai 98%. Penggunaannya juga mudah, tinggal buat lubang pada bagian tengah blok, letakkan satu biji di dalamnya, tuangkan sedikit air di sekitar media tanam, dan simpan pada suhu yang sesuai sampai biji berkecambah. Rockwool cultilene dijual dalam kemasan 1 slab berukuran 100 cm x 15 cm x 7,5 cm dengan harga 50 ribuan rupiah.

7. Geek Farmer Media Tanam Sekam Bakar Premium

Media Tanam Terbaik - Geek Farmer Media Tanam Sekam Bakar Premium
Geek Farmer Media Tanam Sekam Bakar Premium
Nama ProdukGeek Farmer Media Tanam Sekam Bakar Premium
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Geek Farmer Media Sekam Bakar sering digunakan untuk penyemaian, campuran media tanam, dan hidroponik. Media tanam terbaik ini memiliki banyak kandungan yang diperlukan tumbuhan, seperti nitrogen, fosfat, kalium, kalsium, seng, dan mangan. Dengan rentang pH 8,5 – 9,0, Geek Farmer Media Tanam Sekam Bakar juga bisa menetralisasi tanah yang cukup asam.

Geek Farmer Media Tanam Sekam Bakar mempunyai karakteristik, seperti ringan, sirkulasi udara tinggi, berwarna hitam sehingga dapat menyerap sinar matahari dengan baik, dan punya kemampuan porositas yang baik. Media tanam terbaik ini dijual dengan harga cukup terjangkau, sekitar 10 ribuan rupiah per kemasannya.

8. FERMETAN Media Tanam Premium

Media Tanam Terbaik - Fermetan Media Tanam Premium
Fermetan Media Tanam Premium
Nama ProdukFERMETAN Media Tanam Premium
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

FERMETAN merupakan media tanam terbaik fermentasi yang diproses selama sekitar 1 bulan sampai benar-benar siap dijual. Produk ini terdiri dari komposisi sekam, pakis, kotoran hewan, dan daun bambu fermentasi, sekam bakar, pasir malang, cocopeat, humus, pumice, perlite, serta kapur dolomit. Fermetan tidak memiliki masa kadaularsa, sehingga tidak akan berjamur meski disimpan dalam waktu yang lama.

Beberapa keunggulan FERMETAN sebagai media tanam terbaik adalah porositas tinggi, daya serap unsur hara yang tinggi, dan bisa digunakan untuk semua jenis tanaman hias, baik tanaman varigata ataupun non varigata. FERMETAN juga sudah siap pakai untuk calon tanaman hias Anda, jadi tidak perlu repot-repot mencampurkannya lagi dengan bahan lain. Dikemas dengan berat sekitar 2 kg, produk ini dijual dengan harga 60 ribuan rupiah.

9. Dr. X Media Tanam Keiseki Pumice

Media Tanam Terbaik - Dr. X Media Tanam Keiseki Pumice
Dr. X Media Tanam Keiseki Pumice
Nama ProdukDr. X Media Tanam Keiseki Pumice
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Baked Keiseki terbuat dari pumice berkualitas terbaik yang sudah dibersihkan dan dipanggang. Media tanam terbaik ini sangat ringan dan mempunyai kemampuan drainase yang baik untuk pernapasan akar. Keiseki juga sering digunakan sebagai bahan campuran media tanam bersama dengan akadama, kanuma, dan kokudo.

Ada cukup banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dalam Keiseki, seperti bonsai, aglonema adenium, euphorbia, kaktus, sukulen, philodendron, alokasia, keladi, dan anthurium. Media tanam terbaik ini bisa dibeli langsung di toko Dr.X dengan harga 130 ribuan rupiah untuk kemasan 6 liter.

10. Geek Farmer Media Tanam Cocopeat Organik Premium

Media Tanam Terbaik - Geek Farmer Media Tanam Cocopeat Organik Premium
Geek Farmer Media Tanam Cocopeat Organik Premium
Nama ProdukGeek Farmer Media Tanam Cocopeat Organik Premium
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Media tanam terbaik Cocopeat Geek Farmer terbuat serbuk kelapa halus grade B+ yang diperoleh dari serutan tempurung kelapa dan mempunyai tekstur yang sangat mirip dengan tanah. Salah satu keunggulan cocopeat dibandingkan tanah biasa adalah menyimpan air lebih lama. Media tanam Cocopeat Geek Farmer sudah sering digunakan sebagai media tanam hidroponik, media tanam konvensional organik, dan media tanam untuk perkebunan.

Penggunaan Cocopeat Geek Farmer bisa dengan cara dicampur sekam bakar atau tanah untuk menyerap air yang lebih banyak, tapi juga bisa dipakai tanpa campuran apapun. Media tanam terbaik ini dijual dalam kemasan 13 liter dan harganya sekitar 10 ribuan rupiah.

Cara Membuat Media Tanam Sendiri

Anda sebenarnya juga bisa membuat media tanam terbaik untuk tanaman Anda sendiri. Berikut cara untuk membuat media tanam sendiri.

  • Menyiapkan tanah bagian atas top soil yang gembur sebagai bahan utama, kompos, dan sabut kelapa atau arang sekam.
  • Ayak top soil untuk memperoleh butiran yang paling halus.
  • Campurkan ketiga bahan itu ke dalam wadah dengan perbandingan tanah, kompos dan arang sekam 2 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 1, atau perbandingan lain, tergantung kebutuhan tanaman.
  • Masukkan media tanam ke dalam polybag untuk digunakan.

Kalau mau membuat media tanam terbaik dari pumice, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  • Siapkan 2 cup pumice berukuran kecil, 1 cup sekam bakar, dan 1 cup pupuk kandang.
  • Campurkan ketiganya dengan perbandingan 2:1:1 untuk pumice, sekam bakar, dan pupuk organik.
  • Aduk hingga media tanam tercampur rata.
  • Masukkan ke dalam pot atau polybag untuk digunakan.

Kesimpulan

Media tanam memegang peranan sangat penting dalam pertumbuhan tanaman, terutama di masa-masa awal penyemaian. Oleh karena itu, diperlukan media tanam terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter tanaman. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi media tanam terbaik, serta cara untuk membuat media tanam sendiri.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */