CEKLIST.ID – Bagi Anda yang hobi menanam berbagai tumbuhan, tentunya sudah tidak asing dengan sprayer tanaman atau alat untuk menyemprot tanaman. Sprayer tanaman ini memiliki banyak kegunaan, seperti menyiram tanaman, membersihkan daun-daun tanaman hias dari kotoran, hingga menyemprotkan pestisida pada tanaman agar terhindar dari hama.

Semprotan Sprayer Tanaman Terbaik Otomatis & Manual
Gambar Ilustrasi Sprayer Tanaman / pinterest.com

Namun, sprayer tanaman yang digunakan tidak sembarang agar tidak merusak tanaman. Oleh karena itu, para pecinta tanaman akan mencari sprayer tanaman terbaik untuk tanaman kesayanganya. Akan tetapi, banyaknya sprayer tanaman yang dijual dipasaran baik semprotan manual dan semprotan otomatis sering kali membuat para pecinta tanaman kesulitan untuk menentukan pilihannya. Karena masing-masing dari sprayer tanaman memiliki bentuk, fungsi atau fitur yang cukup berbeda.

Untuk membantu masalah tersebut, di bawah ini telah disediakan rekomendasi alat sprayer tanaman terbaik khusus untuk Anda. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara memiliki sprayer tanaman yang tepat.

Tips Memilih Alat Semprotan (Sprayer)  Tanaman yang Bagus

Mengetahui tips memilih sprayer tanaman terbaik akan sangat membantu Anda menyeleksi berbagai pilihan yang tersedia. Tidak hanya itu, tips memilih sprayer ini juga akan membantu Anda menemukan sprayer tanaman yang cocok dengan kebutuhan. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips memilih alat sprayer tanaman yang bagus di bawah ini.

1. Tentukan tipe sprayer yang hendak digunakan

Tips pertama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli alat sprayer tanaman yaitu pilih tipe yang sesuai. Setidaknya ada beberapa tipe sprayer tanaman seperti digunakan untuk indoor atau outdoor. Beberapa tipe ini tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dan diperuntukan sesuai kebutuhannya.

Sprayer tanaman yang digunakan untuk indoor umumnya berukuran kecil hingga sedang agar mudah menjangkau berbagai tanaman yang ada di dalam ruangan. Sedangkan outdoor umumnya berukuran lebih besar agar bisa menjangkau lebih banyak tanaman sekaligus.

Semprotan Sprayer Tanaman Indoor
Gambar Ilustrasu Semprotan Sprayer Tanaman Indoor / unsplash.com

2. Perhatikan kapasitas botolnya

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya sebelum membeli sprayer tanaman yaitu kapasitas botolnya. Kapasitas botolnya ini bisa disesuaikan dengan penggunaan dan seberapa banyak tanaman yang dimiliki. Apabila Anda memiliki sedikit tanaman saja, maka botol berkapasitas kecil sudah cukup. Selain itu, botol berkapasitas kecil juga memudahkan penggunanya untuk menggunakannya karena tidak berat.

Namun, jika Anda memiliki banyak tanaman tentunya membutuhkan botol sprayer tanaman dengan kapasitas besar. Pasalnya, jika menggunakan botol dengan kapasitas kecil hanya akan membuat Anda kesulitan karena harus mengisinya berulang kali. Oleh karena itu, botol dengan kapasitas besar merupakan pilihan yang tepat.

3. Pilih yang tahan terhadap bahan kimia

Dalam merawat tanaman, terkadang Anda harus menggunakan bahan kimia untuk membunuh hama pada tanaman. Bahan kimia ini akan diberikan ke tanaman menggunakan sprayer tanaman. Oleh karena itu, sangat penting memerhatikan ketahanan botol sprayer terhadap bahan kimia.

Pasalnya, tidak jarang juga ditemukan alat sprayer tanaman yang tidak tahan bahan kimia. Apabila Anda memasukkan bahan kimia pada sprayer yang tidak tahan dengan bahan kimia, maka botol dan sprayer tanaman miliki Anda akan cepat rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

4. Perhatikan bagian semprotannya

Hal yang perlu diperhatikan terakhir saat hendak membeli alat sprayer tanaman yaitu bagian semprotannya atau nozzle. Bagian semprotan ini akan menentukan bagaimana air bisa menyemprot keluar. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak semua tanaman bisa mendapatkan semprotan air yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sprayer tanaman dengan nozzle yang bisa diatur.

Sebagai contoh, Anda hendak menyemprot bagian belakang daun tanaman hias. Maka, nozzle harus di atur ke mode mist atau embun agar daun tidak patah atau rusak karena semprotan air bertekanan tinggi. Selain itu, mode mist ini juga sangat dibutuhkan untuk tanaman-tanaman yang baru saja dipindahkan atau baru tumbuh yang akarnya belum terlalu kuat.

10 Rekomendasi Alat Sprayer Tanaman Terbaik

Setelah mengetahui tips memilih sprayer tanaman yang bagus, saatnya Anda mengetahui berbagai rekomendasi sprayer tanaman. Berbagai sprayer tanaman di bawah ini merupakan produk-produk yang telah dulas dari berbagai marketplace dan telah mendapatkan banyak penjualan. Jadi, Anda bisa sangat mempertimbangkan rekomendasi ceklist.id di bawah ini.

1. Xiaomi Yijie Water Cleaning Sprayer

Semprotan Tanaman Terbaik Xiaomi Yijie Water Cleaning Sprayer
Semprotan Tanaman Xiaomi Yijie Water Cleaning Sprayer
Nama ProdukXiaomi Yijie Water Cleaning Sprayer
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, Xiaomi sangat gencar mengeluarkan berbagai produk-produk yang mendukung pekerjaan manusia salah satunya yaitu sprayer tanaman. Sprayer tanaman yang dikeluarkan oleh Xiaomi yaitu Xiaomi Yijie Water Cleaning Sprayer. Produk ini memiliki bentuk yang cukup kecil dengan dimensinya 25 cm x 5,3 cm sehingga hanya mampu menampung 300 ml liter saja.

Produk ini merupakan inovasi sprayer tanaman yang sangat memudahkan manusia. Pasalnya, sprayer tanaman ini tidak perlu dipompa terlebih dahulu agar airnya bisa menyemprot. Cukup tekan sekali, maka air akan menyemprot dengan otomatis. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan malas menyemprot tanaman karena harus capek memompa.

2. Yolo Automatic Electric Sprayer

Semprotan Tanaman Terbaik Yolo Automatic Electric Sprayer
Semprotan Tanaman Yolo Automatic Electric Sprayer
Nama ProdukYolo Automatic Electric Sprayer
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Yolo Automatic Electric Sprayer bisa menjadi rekomendasi sprayer tanaman terbaik yang selanjutnya. Sprayer ini bekerja dengan daya dari baterai berkapasitas 1200 mAh yang dapat di isi ulang menggunakan kabel USB. Setiap pengisian baterai hingga penuh, maka sprayer tanaman yang satu ini bisa menyemprotkan air secara terus menerus selama 2 jam nonstop.

Sprayer tanaman dari Yolo ini memiliki pegangan yang anti selip, jadi Anda tidak perlu khawatir terlepas saat memegangnya karena licin. Tidak hanya itu, bobotnya yang begitu ringan pun membuatnya mudah di bawa ke mana-mana. Selain itu kapasitas botol yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda tentunya sangat membuat penyemprotan tanaman semakin mudah.

3. LushScape Electric Sprayer

Semprotan Tanaman Terbaik LushScape Electric Sprayer
Semprotan Tanaman LushScape Electric Sprayer
Nama ProdukLushScape Electric Sprayer
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi sprayer tanaman yang patut untuk dipertimbangkan selanjutnya yaitu LushScape electric sprayer. LushScape electric sprayer merupakan sprayer tanaman elektrik yang mampu menyemprotkan air secara terus meneru. Dilengkapi dengan kapasitas baterai yang cukup besar 1800 mAh membuat sprayer tanaman yang satu ini mampu bertahan lama saat digunakan.

Kapasitas botol pada LushScape electric sprayer cukup besar mencapai 1,5 liter air. Untuk bagian nozzlenya terdapat dua mode yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan yaitu mode wist atau embun dan mode kolom air. Tentunya bagi Anda yang memiliki tanaman hias, mode wist ini sangat diperlukan untuk membersihkan setiap helai daunnya.

4. Hiroki Pressure Sprayer

Semprotan Tanaman Terbaik Hiroki Pressure Sprayer
Semprotan Tanaman Hiroki Pressure Sprayer
Nama ProdukSpray Gun Hiroki
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi sprayer tanaman terbaik yang selanjutnya yaitu Hiroki Pressure Sprayer. Sprayer tanaman ini memiliki kapasitas 2 liter dengan ukuran tinggi 32 cm dan diameter botol 13 cm. Ukurannya cukup kecil sehingga mudah digenggam dengan tangan dan mudah dibawa-bawa. Cocok digunakan untuk menyemprot tanaman indoor maupun outdoor yang tidak terlalu banyak.

Cara kerja dari sprayer tanaman ini yaitu dengan dipompa terlebih dahulu beberapa kali. Setelah itu tekan tombol di bagian atasnya, maka air akan menyemprot keluar melalui nozzle. Untuk nozzle pada Hiroki Pressure Sprayer ini terdapat dua tipe yaitu long nozzle dan short nozlle, jadi bisa disesuaikan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit.

5. Mailtank SH264

Semprotan Tanaman Elektrik Terbaik Mailtank SH264
Semprotan Tanaman Mailtank SH264
Nama ProdukMailtank SH264
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Jika Anda tidak ingin capek memompa air, maka Mailtank SH264 bisa menjadi pilihan yang cocok. Pasalnya, Mailtank SH264 merupakan sprayer tanaman elektrik jadi hanya perlu menekan satu tombol maka akan langsung menyemprotkan air. Dengan begitu, Anda tidak perlu capek harus memompa air terlebih dahulu ataupun harus menekan tombol terus menerus.

Terdapat dua mode semprotan pada sprayer tanaman terbaik yang satu ini yaitu mode kabut halus dan kolom air. Selain itu, sprayer tanaman terbaik ini juga bisa digunakan untuk bahan-bahan kimia seperti desinfektan dan alkohol. Jadi, bisa juga digunakan untuk mensterilisasi ruangan dari virus dan kuman.

6. Yokohama Tangki Semprot Elektrik 18 Liter

Semprotan Tanaman Elektrik Terbaik Yokohama Tangki Semprot Elektrik 18 Liter
Semprotan Tanaman Yokohama Tangki Semprot Elektrik 18 Liter
Nama ProdukYokohama Tangki Semprot Elektrik 18 Liter
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Jika Anda sedang mencari sprayer tanaman otomatis dengan kapasitas lebih dari 10 liter, maka Yokohama Tangki Semprot Elektrik ini bisa jadi solusinya. Pasalnya, sprayer tanaman dari Yokohama ini memiliki kapasitas yang sangat besar mencapai 18 liter.  Sprayer tanaman ini sangat cocok digunakan untuk penyemprotan hama di pekarangan yang cukup luas.

Sprayer tanaman elektrik ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 8 AH yang bisa digunakan selama 20 jam. Jadi, cukup sekali mengisi daya, maka sprayer tanaman ini bisa digunakan berkali-kali bahkan hingga 22 kali atau total sebanyak 288 liter. Jadi, bagi Anda yang memiliki pertanian atau pekarangan yang luas, sprayer tanaman ini adalah pilihan yang paling cocok.

7. Swan BE 16 Sprayer Elektrik

Semprotan Tanaman Terbaik Swan BE 16 Sprayer Elektrik
Semprotan Tanaman Swan BE 16 Sprayer Elektrik
Nama ProdukSwan BE 16 Sprayer Elektrik
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Selain Yokohama Tangki Semprot Elektrik, Swan BE 16 Sprayer Elektrik bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang membutuhkan sprayer tanaman dengan kapasitas lebih dari 10 liter. Hal ini karena, Swan BE 16 Sprayer Elektrik memiliki kapasitas air mencapai 16 liter sehingga cocok untuk penyemprotan dalam jangkauan yang luas.

Selain itu, Swan BE 16 Sprayer Elektrik merupakan sprayer elektrik sehingga memudahkan Anda dapat melakukan penyemprotan. Anda tidak perlu lagi capek-capek harus memompanya terlebih dahulu agar air bisa menyemprot keluar.

8. Canel&Co Tangki Sprayer 16 Liter

Semprotan Tanaman Terbaik Canel&Co Tangki Sprayer 16 Liter
Semprotan Tanaman Canel&Co Tangki Sprayer 16 Liter Manual
Nama ProdukCanel&Co Tangki Sprayer 16 Liter
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi sprayer tanaman yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya yaitu Canel&Co Tangki Sprayer 16 Liter. Sprayer tanaman yang satu ini sangat cocok digunakan untuk penyemprotan tanaman berkapasitas besar seperti pertanian karena mampu menampung lebih dari 10 liter air. Selain itu, tekanan pompanya yang sangat kuat membuat penyemprotan tanaman bisa berjalan lebih cepat dan efektif.

Sprayer tanaman terbaik ini terbuat dari bahan plastik dengan kualitas yang tinggi, sehingga mampu menahan tekanan. Untuk bagian penyemprotannya, menggunakan bahan metal panjang sehingga lebih kokoh dan lebih mudah menjangkau area yang luas. Untuk bagian nozzlenya terdiri dari 3 macam yang bisa bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

9. ABH Retro Pumpkin Shape

Semprotan Tanaman Terbaik ABH Retro Pumpkin Shape
Semprotan Tanaman ABH Retro Pumpkin Shape
Nama ProdukSprayer Tanaman
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Jika Anda sangat menyukai bentuk-bentuk yang unik, maka sprayer tanaman ABH Retro Pumpkin Shape mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Sprayer ini memiliki gaya retro sehingga tidak hanya bisa menjadi sprayer tanaman saja, melainkan juga cocok untuk dijadikan sebagai pajangan penghias ruangan.

Sprayer tanaman ini memiliki ukuran yang cukup mungil dengan dimensi 15 cm x 8,5 cm. Dengan ukurannya ini, kapasitas air yang bisa ditampung hanya sedikit yaitu 350 ml saja. Selain itu, nozzle yang ada pada sprayer ini hanya bisa menggunakan mode mist. Oleh karena itu, sprayer tanaman ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan kotoran di daun-daun tanaman hias agar tidak rusak.

10. Yardsmith Tangki Semprot

Semprotan Tanaman Terbaik Yardsmith Tangki Semprot
Semprotan Tanaman Yardsmith Tangki Semprot
Nama ProdukYardsmith Tangki Semprot
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Yardsmith Tangki Semprot merupakan rekomendasi sprayer tanaman yang patut dipertimbangkan selanjutnya. Kelebihan dari sprayer tanaman terbaik yang satu ini yaitu Nozzlenya yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, body sprayer yang terbuat dari material yang berkualitas membuatnya sangat kokoh sehingga tidak mudah rusak.

Sprayer tanaman ini cocok untuk Anda yang memiliki halaman dan tanaman yang luas. Pasalnya,  Yardsmith Tangki Semprot ini memiliki kapasitas yang cukup besar mencapai 5 liter dengan dimensi sprayer tanaman ini yaitu 20 cm x 20 cm x 50 cm.  Selain itu, tangkai semprotan yang cukup panjang memudahkan menyiram tanaman yang sulit dijangkau.

Tips Merawat Alat Sprayer Tanaman Agar Awet dan Tetap Bagus

Setelah menemukan sprayer tanaman yang bagus, tentunya akan sangat disayangkan jika sprayer tersebut cepat rusak, entah karena merasa sudah nyaman dengan sprayer tersebut ataupun enggan keluar uang untuk membeli  yang baru. Oleh karena itu, agar sprayer yang Anda miliki tidak cepat rusak dan bisa bertahan lama, sebaiknya harus dirawat dengan benar.

Lantas bagaimanakah cara merasa sprayer tanaman dengan baik dan benar? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan agar sprayer yang Anda miliki bisa bertahan  lama.

1. Gunakan sprayer tanaman sesuai petunjuknya

Tips pertama agar sprayer tanaman bisa bertahan lama yaitu menggunakannya sesuai peruntukkannya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sprayer tanaman, sebaiknya baca dengan teliti terlebih dahulu petunjuknya. Apabila tidak membaca dengan teliti petunjuknya, maka kemungkinan sprayer akan mudah rusak karena digunakan tidak sesuai peruntukannya.

Pasalnya, ada beberapa sprayer tanaman yang tidak bisa menggunakan bahan-bahan kimia tertentu. Selain itu, perhatikan larangan-larangan pada buku petunjuknya. Biasanya, pada buku petunjuk akan melarang melakukan pencampuran larutan bahan kimia di dalam botol sprayer tanaman.

2. Sering periksa setiap bagian dari sprayer tanaman

Sering melakukan pemeriksaan setiap bagian sprayer tanaman merupakan langkah perawatan yang perlu dilakukan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar kerusakan bisa dideteksi sedini mungkin sehingga bisa diperbaiki ataupun menggantinya yang baru agar tidak mengantuk jadwal penyiraman tanaman.

Bagian yang perlu diperiksa pertama yaitu botolnya. Periksa apakah botol terdapat kebocoran atau tidak. Jika terdapat kebocoran kecil mungkin masih bisa ditambal, namun untuk kebocoran besar mungkin harus segera diganti. Selain itu, periksa juga bagian nozzlenya, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Cuci bersih setelah menggunakan bahan kimia

Apakah Anda setelah menggunakan sprayer tanaman langsung disimpan begitu saja? Jika iya, sebaiknya ubah kebiasan ini karena berdampak buruk pada alat sprayer tanaman. Untuk menghindari kerusakan pada botol dan nozzlenya, Anda perlu mencuci sprayer tanaman dengan benar setelah menggunakannya dengan campuran bahan kimia.

Cara mencucinya yaitu dengan melakukan dua kali pencucian. Pada pencucian pertama, cukup masukkan air bersih lalu kocok dan buang airnya. Pada pencucian kedua, masukkan kembali air bersih lalu kocok, namun buang airnya melalui nozzle pada sprayer tanaman. Hal ini berguna agar bahan kimia yang berada di botol, nozzle dan selang bisa terangkat maksimal.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai 10 rekomendasi alat sprayer tanaman yang bisa dipertimbangkan. Selalu terapkan tips memilih sprayer tanaman agar Anda bisa menemukan sprayer tanaman yang tepat. Selain itu, selalu perhatikan keaslian produk yang hendak dibeli agar mendapatkan kualitas yang bagus. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melihat berbagai review yang telah ada dan jangan lupa untuk menyesuaikan harga sprayer dengan budget yang telah disiapkan. Selamat memilih sprayer tanaman pilihan Anda.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */