CEKLIST.ID – Multimeter digital atau sering disebut juga dengan multitester merupakan alat yang digunakan untuk mengukur listrik yang meliputi tegangan, arus dan juga hambatannya.  Selain itu, multimeter juga sering disebut dengan istilah AVOmeter yang berarti Ampere, VOlt dan Ohm. Akan tetapi dengan berkembanganya teknologi, multimeter tidak hanya dapat mengukur tegangan, arus dan hambatan namun juga bisa mengukur nilai HFE transistor bahkan frekuensi dengan skala kecil sekali pun.

Multimeter Digital Terbaik
Multimeter Digital / Electan

Penggunaan multimeter digital dapat memudahkan semua orang bahkan pemula sekalipun, karena dapat menampilkan hasil berupa angka sehingga tidak terjadi kesalahan baca. Oleh karena itu, banyak yang mulai mencari multimeter digital untuk digunakan. Akan tetapi, dengan banyak merk yang beredar di pasaran tentu akan menyulitkan  penentuan pilihan. Namun Anda tidak perlu khawatir,  karena di bawah ini akan disajikan 10 rekomendasi multimeter digital terbaik yang bisa jadi pertimbangan Anda.

Tips Memilih Multimeter Digital yang Bagus

Pada dasarnya,  multimeter terdiri dari dua jenis yaitu multimeter analog dan juga multimeter digital. Lalu apa perbedaan multimeter analog dan digital tersebut? Perbedaan yang paling mencolok yaitu dari layar yang menampilkan hasil pengukuran. Untuk multimeter analog, hasil akan ditampilkan dengan menggunakan jarum yang akan menunjukkan nilai, sedangkan pada multimeter digital terbaik hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk angka pada layar yang ada.

Sebelum Anda melihat apa saja rekomendasi multimeter digital di bawah, sebaiknya Anda mengetahui tips-tips dalam multimeter. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih multimeter digital.

1. Perhatikan Standar Kelayakan

Tips pertama dalam memilih multimeter digital terbaik yaitu memerhatikan standar kelayakannya. Terdapat beberapa standar kelayakan pada multimeter digital, baik standar nasional maupun  standar internasional.

Beberapa standar tersebut di antaranya yaitu SNI (Standar Nasional Indonesia), CE (Standar Eropa), JIS (Standar Industri Jepang), dan DIN (Standar Industri Jerman). Standar kelayakan ini biasanya akan disimbolkan berupa huruf yang melekat  pada multimeter digital.

2. Perhatikan Keakuratan Multimeter

Selain standar kelayakannya, Anda juga perlu memerhatikan keakuratannya. Umumnya tingkat akurasi ini akan ditulis pada label multimeter digital dengan satuan persen.

Sebagai contoh, multimeter digital terbaik yang mencantumkan toleransi accuracy ±5%, maka artinya bahwa mulieter tersebut memiliki tingkat keakuratan 95% sampai dengan 105%. Semakin rendah toleransi akurasi yang dimiliki multimeter, maka hasil yang multimeter akan semakin akurat dan bagus.

3. Perhatikan Resolusi Multimeter

Tips dalam memilih multimeter digital terbaik yang selanjutnya yaitu memperhatikan resolusi atau presisi dari milimeter yang hendak Anda beli. Resolusi atau presisi ini merupakan kemampuan yang dimiliki multimeter digital untuk dapat mengukur sebuah tegangan.

Sebagai contoh, milimeter yang memiliki resolusi 1 mV digunakan untuk mengukur arus volts AC, maka artinya bahwa hasil yang dapat ditampilkan oleh milimeter tersebut minimal 1 mV atau 1 milliVolt. Oleh karena itu, semakin rendah resolusi multimeter digital, makan akan hasil pengukuran akan semakin presisi.

4. Perhatikan Range Multimeter

Tips terakhir dalam memilih multimeter digital terbaik yang perlu Anda perhatikan yaitu range atau jarak pengukuran. Maksud dari range ini yaitu jarak pengukuran yang dapat dilakukan multimeter digital dari nilai yang terendah hingga nilai yang tertinggi.

Sebagai contoh, multimeter memiliki range yang dapat mengukur 1 ohm hingga -20 mohm,  artinya multimeter tersebut dapat mengukur hambatan mulai dari 1 ohm hingg 20.000.0000 ohm. Tidak hanya itu,  masih ada lagi multimeter digital yang memiliki range yang jauh lebih besar yang bisa masuk petimbangan Anda.

10 Rekomendasi Multimeter Digital Terbaik

1. Tofuda DT830B

Multimeter Digital Terbaik Tofuda DT830B
Tofuda DT830B
Nama ProdukTofuda DT830B
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Di urutan pertama rekomendasi multimeter digital, hadir Tofuda DT830B. Tofuda DT830B merupakan salah satu produk multimeter digital yang cukup populer karena memiliki fitur-fitur dasar yang dibutuhkan dari sebuah multimeter digital. Sering diaplikasikan pada laboratorium, pabrik, sekolah, hingga digunakan oleh para teknisi maupun sebagai hobi, Tofuda DT830B menjadi salah satu produk multimeter digital terbaik yang bisa Anda pilih.

Multimeter digital ini juga telah dilengkapi dengan fitur overload protection, tampilan LCD yang menampilkan simbol low voltage dan pengukuran baterai, sehingga akan sangat memudahkan Anda ketika penggunaan. Hingga kini, Tofuda DT830B menjadi salah satu multimeter digital yang banyak terjual di platform e-commerce.

2. Mastech Multimeter Digital DT9205A

Multimeter Digital Terbaik Mastech Multimeter Digital DT9205A
Mastech Multimeter Digital DT9205A
Nama ProdukMastech Multimeter Digital DT9205A
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Pada posisi kedua rekomendasi produk multimeter digital yang bisa Anda pilih adalah Mastech Multimeter Digital DT9205A. Produk multimeter digital dari Mastech ini terbilang cukup ringan dan memiliki desain yang cukup tipis sehingga mudah untuk digenggam. Selain itu, Mastech Multimeter Digital DT9205A juga telah hadir dengan tambahan layar LCD untuk memudahkan Anda dalam membaca hasil pengukuran.

Multimeter digital terbaik Mastech Multimeter Digital DT9205A, mamp menampilkan perhitungan daya hingga angka 1999. Karena itulah, Mastech Multimeter Digital DT9205A dapat digunakan untuk keperluan tes tegangan AC/DC, frekuensi, dan resistensi serta duty cycle. Memiliki fitur energy saving, multimeter digital ini terbilang cukup hemat energi sehingga tidak akan boros ketika digunakan.

3. Visero Yellow A830L

Multimeter Digital Terbaik Visero Yellow A830L
Visero Yellow A830L
Nama ProdukVisero Yellow A830L
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Multimeter digital berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang tengah kebingungan menentukan pilihan adalah Visero Yellow A830L. Multimeter digital dari Visero ini merupakan salah satu produk karya anak bangsa dan telah mendapatkan berbagai macam review positif di platform-platform digital sebagai alat multimeter digital terbaik.

Di jual dengan harga terjangkau, multimeter digital ini memiliki tampilan body dari bahan  yang cukup berkualitas. Selain itu, Visero Yellow A830L ini juga telah dilengkapi dengan display LCD, keakuratan pengukuran yang tinggi, dan fitur automatic power-off yang akan membuat alat otomatis mati sendiri ketika sudah tidak digunakan selama beberapa saat.

4. Fluke 101

Multimeter Digital Terbaik Fluke 101
Fluke 101
Nama ProdukFluke 101
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Rekomendasi multimeter digital yang selanjutnya datang dari perusahaan perkakas elektronik yang berasal dari Australia yaitu Fluke.  Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam produksi alat ukur seperti multimeter. Salah  satu produk multimeter digital miliknya yaitu Fluke 101. Produk dari fluke yang satu ini diklaim mampu bertahan dengan  hingga lama dengan desainnya yang kokoh.

Produk multimeter digital terbaik Fluke 101, memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan mulai dari tingkat errornya yang rendah dengan keakuratan yang  tinggi. Tidak hanya itu, multimeter digital yang satu ini juga memiliki peringkat keamanan CAT III 600 v. Fluke 101 juga telah diuji diode dan kontinuitas dengan buzzer.

5. Sanwa CD800A

Multimeter Digital Terbaik Sanwa CD800A
Sanwa CD800A
Nama ProdukSanwa CD800A
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Sanwa merupakan salah satu produsen yang memproduksi produk-produk multimeter digital yang berasal dari Jepang. Pecinta atau penghobi elektronika mungkin sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini. Produk-produk dari Sanwa sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena telah berpengalaman selama 60 tahun lebih. Termasuk di antara produk terbaiknya adalah Sanwa CD800A yang merupakan rekomendasi multimeter digital terbaik yang bisa Anda coba.

Multimeter digital tipe ini memiliki spesifikasi meliputi accuracy 0,7%  yang cukup maksimal saat digunakan untuk pengukuran, selain itu, multimeter digital ini juga dapat menampilkan hasil hingga 4000 dan kabel probenya yang tidak mudah  lepas. Akan tetapi Sanwa CD800A ini tidak cocok digunakan untuk   mengukur kebocoran.

6. Dekko DM-148C

Multimeter Digital Terbaik Dekko DM-148C
Dekko DM-148C
Nama ProdukDekko DM-148C
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Dekko DM-148C merupakan rekomendasi multimeter digital yang selanjutnya. Multimeter digital yang satu ini memiliki kualitas yang sangat patut dipertimbangkan, karena terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Dekko DM-148C memiliki fungsi untuk mengukur arus, tegangan dan juga perlawanan pengujian. Tidak hanya  itu,  Dekko DM-148C sangat nyaman digunakan karena memiliki desain yang ergonomis.

Apa saja spesifikasi dari multimeter digital terbaik yang satu ini? Salah satu spesifikasinya yaitu pembacaaan yang bisa ditampilkan pada display yaitu 1999. Spesifikasi lainnya yaitu memiliki sekering pemulihan 250 Volt dan tegangan baterai yang lebih rendah. Lalu spesifikasi terakhir dari multimeter digital yang satu ini yaitu memiliki lampu latar yang manual dan mati secara otomatis.

7. Pro’Skit MT-1707

Multimeter Digital Terbaik Pro’Skit MT-1707
Pro’Skit MT-1707
Nama ProdukProSkit MT-1707
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Rekomendasi multimeter digital yang selanjutnya yaitu Pro’Skit MT-1707. Multimeter digital yang satu ini dirancang dengan ideal untuk berbagai pengujian sehingga bisa menampilkan  pengukuran yang akurat. Tidak hanya itu, Pro’Skit MT-1707 berfungsi untuk menunjukkan intensitas sinyal tegangan melalui detektor non-kontak dengan tes A 90-100V.

Multimeter digital terbaik yang satu ini didesain untuk dapat melakukan pengukuran ACV, ACA Ture RMS, DCV, DCA dan masih banyak lainnya. Tidak hanya  itu, multimeter digital yang satu ini juga dapat menampilkan perhitungan hingga digit 5999 dan bisa dibaca bahkan dalam kondisi yang gelap sekalipun.

8. Kyoritsu 1021R

Multimeter Digital Terbaik Kyoritsu 1021R
Kyoritsu 1021R
Nama ProdukKyoritsu 1021R
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Kyoritsu 1021R merupakan rekomendasi multimeter digital selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Pasalnya multimeter digital yang satu ini memiliki desain yang mudah digunakan dan juga elegan. Selain itu, Kyoritsu 1021R juga dilengkapi dengan dua holder yang  dapat dilepas menggunakan tipe flat dan tipe wing.

Multimeter digital terbaik yang satu ini juga telah memiliki standar keamanan CAT III 600 V dan iEC 61010-1. Tidak hanya itu, Kyoritsu 1021R ini dilengkapi dengan kemampuan menghitung yang ditampilkan pada display hingga 6000 dan disertai dengan backlight. Dengan berbagai spesifikasi ini, menjadikan multimeter digital yang satu ini menjadi kayak untuk Anda pertimbangkan.

9. Heles UX-0838TR

Multimeter Digital Terbaik Heles UX-0838TR
Heles UX-0838TR
Nama ProdukHeles UX-0838TR
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Apabila Anda sedang mencari multimeter digital dengan harga yang terjangkau, mungkin Heles UX-o838TR bisa menjadi pertimbangan Anda. Tidak hanya murah, multimeter digital yang satu ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 170 gram sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika harus dibawa-bawa. Sedangkan untuk dimensi  dari Heles UX-o838TR yaitu 96x138x31 mm.

Lalu bagaimanakah dengan spesifikasi dari multimeter digital terbaik yang murah ini?  Heles UX-o838TR  memiliki fitur yang lumayan lengkap yaitu short circuit buzzer dan Ampere volt ohm meter. Tidak hanya, multimeter digital ini standar keamanan berupa CAT II 600 V.  serta pengukuran yang bisa ditampilkan pada display yaitu 1999.

10. Zotek ZT102

Multimeter Digital Terbaik Zotek ZT102
Zotek ZT102
Nama ProdukZotek ZT102
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Rekomendasi multimeter digital yang terakhir bisa Anda pertimbangkan yaitu Zotek ZT102. Multimeter digital terbaik yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan multimeter yang mudah di bawa-bawa bahkan karena dimasukan ke dalam saku celana. Tidak hanya itu,  harga Zotek ZT102 juga relatif sangatlah terjangkau.

Walaupun harganya relatif terjangkau, multimeter digital terbaik tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni. Salah satunya yaitu display yang bisa menampilkan pengukuran hingga 6000 sehingga efektif digunakan untuk mengukur arus dan tegangan. Tidak hanya  itu, display juga bisa menampilkan kondisi baterai hingga penyimpanan data dan pengukuran nilai maksimal.

Cara Menggunakan Multimeter Digital

Setelah Anda mengetahui 10 rekomendasi multimeter digital terbaik, sebaiknya Anda juga perlu tahu bagaimana cara menggunakannya. Mungkin bagi Anda yang sudah ahli, informasi ini boleh dilewatkan. Akan tetapi bagi Anda yang masih pemula, wajib memperhatikan cara menggunakan multimeter digital, karena penggunaan yang salah dapat menyebabkan  alat menjadi rusak bahkan kecelakaan. Oleh karena itu simak terus penjelasan di bawah ini.

1. Mengukur Tegangan AC Dengan Multimeter Digital

Dalam menggunakan multimeter digital untuk mengukur tegangan AC hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memosisikan saklar selektor ke ACV. Setelah itu, sesuaikan skala dengan perkiraan tegangan yang hendak diukur atau pilihlah tegangan tertinggi apabila Anda tidak mengetahui tingginya tegangan.

Dalam mengukur tegangan AC tidak ada polaritas negatif dan positif sehingga Anda bisa langsung hubungkan probe ke terminal tegangan yang hendak diukur. Lalu yang terakhir yaitu liat display pada multimeter digital terbaik untuk mengetahui hasil pengukuran.

2. Mengukur Tegangan DC Dengan Multimeter Digital

Cara mengukur tegangan DC menggunakan multimeter digital yaitu dengan mengatur posisi selektor ke DCV. Setelah itu, sesuaikan skala dengan perkiraan tegangan yang hendak diukur atau pilihlah tegangan tertinggi apabila Anda tidak mengetahui tingginya tegangan.

Lalu hubungkan probe ke terminal, probe merah ke terminal positif dan prite hitam ke probe negatif. Dalam menghubungkan probe ke terminal Anda perlu berhati-hati jangan sampai terbaik karena dapat merusak multimeter digital terbaik milik Anda.

3. Mengukur Arus Listrik Ampere Dengan Multimeter Digital

Pertama-tama posisikan saklar selektor multimeter digital ke DCVA dan pilihlah arus yang akan diukur. Apabila ingin mengukur 100mA maka arahkan selector 300mA, namun apabila arus yang ingin diukur melebihi skala maka sekring akan putus dan harus diganti sebelum menggunakan multimeter digital terbaik kembali.

Langkah selanjutnya yaitu memutuskan power supply yang terhubung ke beban. Langkah terakhir yaitu menghubungkan probe ke terminal, probe merah ke tegangan positif dan probe hitam ke tegangan negatif.

4. Mengukur Resistor Ohm Dengan Multimeter Digital

Cara terakhir yaitu mengukur resistor menggunakan multimeter digital. Pertama-tama arahkan saklar selektor ke Ohm dan pilihkan skala yang sesuai dengan  perkiraan tegangan Ohm yang akan diukur.

Setelah itu, hubungkan probe ke komponen resistor, Anda tidak khawatir terbaik karena tidak ada polaritas probe saat mengukur Ohm. Lalu yang terakhir yaitu melihat display pada multimeter digital terbaik untuk melihat hasil pengukuran.

Kesimpulan

Sekian dulu pembasahan ceklist.id mengenai rekomendasi multimeter digital terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Perlu di ingat kembali, sebelum memilih multimeter digital yang hendak Anda beli sebaiknya perhatikan beberapa tips memilih multimeter terlebih dahulu.  Jangan pernah melupakan untuk selalu melihat review toko sebelum memutuskan membelinya agar tidak tertipu. Selain itu, perhatikan juga cara menggunakan multimeter digital terbaik yang telah Anda beli, agar multimeter tidak rusak ataupun terjadi kecelakaan saat digunakan.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */