CEKLIST.ID – Berbagai bentuk bonsai menjadi salah satu tanaman yang sengaja dibuat dalam ukuran kecil dan kerdil agar dapat ditanam di pot. Nama “Bonsai” diambil dari bahasa Jepang, namun sebenarnya bonsai pertama kali ditemukan di Tiongkok. Meskipun begitu, banyak juga orang yang memiliki tanaman bonsai di Indonesia. Nah, tanaman bonsai memang dirancang sebagai miniatur dari bentuk asli pohon yang besar dan tua.

Bonsai Terbaik
Gambar Ilustrasi Bonsai Bagus / Adenium / pinterest.com

Biasanya, tanaman bonsai dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan mapun diluar ruangan menyesuaikan dengan ukurannya. Pada dasarnya, tanaman bonsai merupakan tanaman yang diambil dari alam bebas akan tetapi tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Cara Memilih Bonsai yang Bagus untuk Menghiasi dan Mempercantik Rumah

Jika Anda seorang pemula, maka dianjurkan untuk tidak merawat bonsai dari bibit melainkan memilih tanaman bonsai yang sudah jadi atau yang berumur 1 hingga 2 tahun. Agar tidak terlalu bingung, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Cari tahu informasi yang populer saat ini

Bagi Anda yang sama sekali belum mengenal jenis bonsai yang terkenal, berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam memilih bonsai yang terbaik.

  • Bonsai Serut

Bonsai serut menjadi salah satu jenis tanaman yang meranggas dan juga dilengkapi dengan bentuk daun yang mungil. Bonsai serut memiliki karakteristik seperti batang yang besar dan kukuh serta daun yang dimiliki kecil-kecil. Tanaman bonsai serut ini sangat populer di Asia Tenggara. Dikarenakan tanamannya meranggas, jadi terdapat periode yang mana tanaman bonsai ini akan menggugurkan daunnya. Jika Anda melihat tanaman bonsai Anda tiba tiba rontok, Anda tidak perlu khawatir karena tanaman bonsai yang Anda punya tidak akan mati.

  • Bonsai Beringin

Bonsai Beringin juga menjadi salah satu jenis tanaman bonsai yang populer. Tanaman ini sangat menarik dikarenakan ukurannya. Keindahan atau ketertarikan tanaman bonsai beringin berasal dari batang yang besar, kukuh dan akar tampak dan muncul di pot.

  • Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa terbuat dari bagian batok kelapa atau buah kelapa tersebut. Bonsai kelapa sering sekali disebut sebagai bonsai monokotil yang cantik. Sehingga tidak heran lagi jika tanaman bonsai kelapa ini dijual dengan harga mahal.

Namun, perlu untuk diketahui jika tidak semua pohon kelapa dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Jika Anda tertarik untuk menanamnya maka Anda harus memiliki kelapa gading susu, kelapa albino dan kelapa gading merah.

2. Sesuaikan ukuran bonsai yang ingin dipilih

Meskipun tanaman bonsai kecil, namun bukan berarti ukurannya sama karena ada juga tanaman bonsai yang memiliki ukuran tinggi hingga 1 meter. Selain ukuran, usia dan jenis pohon juga sangat mempengaruhi kualitas tanaman tersebut. Semakin sulit untuk dirawat ataupun dibudidayakan, maka tanaman bonsai tersebut pun semakin mahal.

Terdapat beberapa jenis tanaman bonsai berdasarkan ketinggiannya diantaranya, Mame Bonsai (5-15cm), Ko Bonsai (15-30cm), Chiu Bonsai (30-60cm), Dai Bonsai (60-90cm) dan Bonsai Besar (>90cm). Kemudian sesuaikan juga dengan tanaman bonsai yang ingin Anda rawat.

Bentuk Bonsai Terbaik
Gambar Ilustarsi Bonsai / theawesomedaily.com

3. Mempelajari cara menjaga dan merawat tanaman bonsai

Selain Anda sudah mengenal dan menentukan tanaman bonsai yang Anda pilih, Anda juga harus mempelajari bagaimana merawatnya agar tanaman bonsai terbaik yang telah dipilih tetap terjaga dan terawat. Patikan pula tanaman bonsai yang telah Anda beli merupakan tanaman bonsai yang sehat.

Bonsai yang sehat dapat dilihat dari sisi kondisi batang dan struktur utama yang tidak kurus. Selain itu, dapat dilihat juga dari daunnya, apakah daunnya natural dan juga lebat. Dan yang terakhir jangan sampai ada luka di tanaman bonsai tersebut.

10 Bonsai Terbaik untuk Mempercantik Rumah Anda

Berbagai jenis bonsai memang umumnya bisa dibeli di toko bunga terdekat, tetapi tidak sedikit pula orang yang membeli secara online. Kalau masih merasa bingung ingin memilih bonsai yang mana, simak sepuluh rekomendasi bonsai terbaik untuk menghiasi dan mempercantik rumah Anda berikut ini pembahasan ceklist.id untuk menambah referensi.

1. Bonsai Asem Jawa

Jenis Bonsai Terbaik Asam Jawa
Jenis Bonsai Asam Jawa
Nama ProdukBonsai Asem Jawa
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Salah satu rekomendasi bonsai terbaik yang dapat dijadikan sebai hiasan dirumah adalah bonsai asam jawa. Tanaman bonsai asam jawa memiliki batang yang cukup kuat dan juga cantik, bentuk buah yang menyerupai kacang, daun yang rimbun dan ketika bonsai asam jawa ini berbuah sangat cantik sekali.

Tanaman bonsai yang sangat cantik, namun diperlukan perawatan yang cukup rumit. Dibutuhkan ketelatenan seperti rutin untuk menyiram, memangkas dan memberikan pupuk organik dan anorganik. Untuk ukuran tinggi, bonsai asam jawa memiliki tinggi 42-45 cm. Jika Anda sangat tertantang untuk merawat bonsai, silahkan merawat bonsai asam jawa. Jika dirawat dengan baik maka hasilnya pun tidak akan menghianati.

2. Bonsai Beringin Dollar

Jenis Bonsai Terbaik Beringin Dollar
Jenis Bonsai Beringin Dollar
Nama ProdukBonsai Beringin Dollar
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Selanjutnya terdapat bonsai beringin dollar yang bisa jadi pilihan juga untuk Anda. Bonsai beringin memiliki karakter yang kuat. Pohon beringin ini dapat hidup hingga ratusan tahun. Pohon beringin memiliki karakteristik yang unik juga yaitu semakin tua umur pohonnya maka penampilan pohon tersebut akan sangat mengagumkan.

Hal tersebut disebabkan oleh akar sulur gantung yang menggantung. Dengan adanya bonsai beringin ini ada di ruangan Anda maka akan memberikan suasana yang nyaman dan sejuk. Biasanya bonsai beringin ini diletakkan di dekat pintu rumah, agar tamu yang masuk ke dalam rumah mendapatkan kesan yang bagus.

3. Bonsai Adenium

Jenis Bonsai Terbaik Adenium
Jenis Bonsai Adenium
Nama ProdukBonsai Adenium
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bonsai adenium juga menjadi rekomendasi bonsai terbaik untuk mempercantik rumah, dan mungkin saja cocok dengan Anda. Berasal dari tanaman dengan genus adenium dan berasal dari dataran Afrika dan juga Arab. Namun Anda tidak perlu jauh jauh ke Afrika atau Arab, karena di Indonesia juga sudah banyak dibudidayakan dan ditumbuhkembangkan.

Tanaman ini memiliki warna ungu atau merah muda dan corak putih sehingga akan membuat rumah Anda semakin berwarna. Dan cara merawatnya yang cukup mudah sehingga Anda tidak perlu pusing pusing untuk merawatnya. Karena Anda hanya perlu menyiram tanaman dengan rutin dan letakkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari.

4. Bonsai Putri Malu

Jenis Bonsai Terbaik Putri Malu
Jenis Bonsai Putri Malu
Nama ProdukBonsai Putri Malu
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Tanaman bonsai putri malu juga tampak populer dan memiliki banyak penggemar. Bahan yang mudah untuk ditemukan dan perawatannya juga cukup berbeda dengan tanaman bonsai pada umumnya.

Diantaranya harus rutin untuk mengontrol dan  membersihkan batang bonsai dari berbagai jamur, rutin menyiram dan jangan sampai tanaman hias bonsai putri malu ini mengalami kekeringan dan yang terakhir rajin membuat daun putri malu yang menguning karena itu akan dapat merambat ke ranting hingga batang.

5. Bonsai Aquascape 

Jenis Bonsai Terbaik Aquascape
Jenis Bonsai Aquascape
Nama ProdukBonsai Aquascape
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bonsai aquascape mempunyai bentuk dan memiliki ciri khas karena bonsai ini tumbuh dan berkembang di dalam aquarium. Memiliki tampilan yang menawan dan eksotis sehingga membuat orang orang sangat tertarik untuk membudidayakannya. K

eseimbangan antara kondisi air, hewan hewan yang ada di dalam air serta konsiis tumbuhannya menjadi faktor faktor yang sangat diperhatikan. Berdasarkan segi perawatannya, bonsai ini sangat rumit untuk dirawat sehingga membutuhkan kemampuan yang cukup telaten dalam melakukan perawatannya.

6. Bonsai Sancang

Jenis Bonsai Terbaik Sancang
Jenis Bonsai Sancang
Nama ProdukBonsai Sancang
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Pada dasarnya, sancang tumbuh liar di dalam hutan yang memiliki ketinggian hingga 7 sampai 8 meter. Daun sancang memiliki bentuk yang bulat seperti telur, yang memiliki ukuran panjang 9 cm dan lebar sebesar 6 cm. Sancang juga memiliki buah yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau ketika masih muda dan ungu ketika sudah tua.

Bonsai sancang sangat menarik dikarenakan tekstur batang yang unik. Batang yang kokoh dan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan akar sehingga menciptakan sebuah kesan yang sangat unik dan menarik. Tanaman bonsai ini akan sangat cantik lagi dengan berbagai tambahan hiasan di sekitar pot. Agar bonsai tetap terjaga dan terawat, jangan lupa juga untuk merawat dan memeliharanya dengan baik.

7. Bonsai Sisir

Jenis Bonsai Terbaik Sisir
Jenis Bonsai Sisir
Nama ProdukBonsai Sisir
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bonsai sisir juga tidak kalah menarik dengan jenis bonsai yang sebelumnya. Bonsai sisir memiliki karakter akar yang cukup baik karena akar dari tanaman ini sangat cantik. Tanaman hias ini sangat cocok ditempatkan di teras rumah dan jika Anda menambahkan lumut hijau dan bebatuan di sekitar bonsai maka akan terlihat lebih mempesona.

Bonsai sisir ini tergolong mudah dalam hal perawatannya dan perawatan yang cukup sederhana ini juga akan dapat lebih mudah mempercantik bonsai sisir ini.

8. Bonsai Lantana

Jenis Bonsai Terbaik Lantana
Jenis Bonsai Lantana
Nama ProdukBonsai Lantana
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Selanjutnya ada bonsai yang tidak kalah populer dengan bonsai adenium yang mana tanaman bonsai ini memiliki bunga warna warni yang sangat cantik. Bonsai ini juga sangat diminati oleh banyak orang dan perawatannya juga cukup mudah.

Bonsai lantana sangat cocok ditempatkan di sebuah ruangan sehingga akan memberikan kesan yang asri, estetik dan bahagia. Pohon lantana hidup di daerah tropis dan pohon lantana juga memiliki fungsi dan kegunaan bagi kesehatan manusia.

9. Bonsai Penjing

Jenis Bonsai Terbaik Penjing
Jenis Bonsai Penjing
Nama ProdukBonsai Penjing
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bonsai penjing memiliki bentuk yang cukup berbeda dan juga dengan dahan pohon yang sudah melebihi porsi pot. Bonsai tampak lebih liar dan biasanya ditanam di dalam pot yang memiliki warna yang cerah sehingga bentuknya juga lebih lucu dan lebih unik. Salah satu bonsai yang unik dan bagus sehingga bonsai penjing ini menjadi salah satu bonsai yang paling tepat dan bagus untuk semua orang.

Dari segi harga, harga bonsai penjing juga berbeda beda tergantung dari segi ukuran, bentuk, umur dan juga warnanya. Semakin tua tanaman bonsai penjingnya maka akan semakin mahal juga harga tanaman bonsai tersebut. Jadi, pastikan Anda tertarik memilih yang mana dan tentunya disesuaikan juga dengan kantong Anda.

10. Bonsai Wahong

Jenis Bonsai Terbaik Wahong
Jenis Bonsai Wahong
Nama ProdukBonsai Wahong
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Rekomendasi bonsai terbaik sebagai hiasan rumah Anda selanjutnya adalah bonsai wahong. Bonsai wahong juga menjadi salah satu jenis bonsai yang populer dan terkenal bagi orang yang pecinta bonsai. Memiliki susunan bentuk yang baik dan memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga orang tidak mudah bosan melihatnya. Namun, perawatan bonsai wahong ini terbilang cukup sulit salah satunya dikarenakan daun yang cukup lebar.

Anda harus melakukan pemotongan daun secara rutin agar bonsai tetap kelihatan unik dan cantik karena akan berpengaruh ke estetikanya. Selain ini tanaman wahong juga memiliki aroma yang kurang sedap sehingga harus rutin juga untuk menghilangkan aroma bau. Dari segi harga, bonsai wahong juga dihargai berdasarkan ukuran, bentuk dan juga usia bonsai.

Cara merawat tanaman bonsai agar tidak cepat mati

Nah, Anda sudah mengetahui rekomendasi bonsai terbaik untuk rumah Anda. Selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara merawat tanaman bonsai agar tidak cepat mati.

1. Siram secara rutin

Salah satu poin utama dalam merawat bonsai yakni dengan menyiramnya secara rutin. Siramlah tanaman bonsai Anda pada pagi hari atau malam hari. Jagalah kelembapannya agar tidak terlalu kering maupun tidak terlalu basah. Air yang digunakan untuk menyiram tanaman ini harus air bersih atau jernih yang memiliki pH netral. Dan jumlah airnya juga jangan terlalu banyak karena dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur disekitar tanaman.

Salah satu poin yang perlu diperhatikan ketika menyiram tanaman ini adalah agar air menembus lubang kecil yang ada pada dasar pot. Sebagai penanda bahwa potnya tidak tersumbat oleh batu atau gangguan lainnya. Setelah menyiram tanaman ini sebaiknya hindari terkena matahari langsung karena dapat membuat daunnya menjadi cepat hangus.

2. Lakukan penyiangan dan pemangkasan

Nah, agar bonsai terlihat lebih cantik, lakukanlah penyiangan dan pemangkasan pada cabang-cabang yang tumbuh kurang baik. Bila pertumbuhan bonsai tergolong cepat maka pemangkasan dilakukan setiap satu bulan sekali.

Sebaliknya bila tanaman bonsai pertumbuhannya lambat, maka cukup lakukan pemangkasan setiap dua atau tiga bulan sekali. Selain cabang dan ranting yang dipangkas, Anda juga bisa membentuk bonsai sesuai dengan keinginan Anda.

3. Lakukan pemupukan

Agar pertumbuhan tanaman bonsai Anda semakin maksimal lakukanlah pemupukan dengan dosis yang tepat setiap sebulan sekali. Dengan nutrisi yang tepat maka tanaman bonsai dapat tumbuh dan hidup lebih lama. Biasanya jenis pupuk yang bisa diberikan seperti kombinasi dari beberapa pupuk organik seperti kotoran ayam maupun kambing.

Selain itu dapat juga menggunakan pupuk NPK atau urea sesuai dengan takaran yang pas sesuai dengan ukuran tanaman.  Selain memberikan pupuk tanaman berikan juga pupuk daun sebanyak tiga kali setiap bulannya.

4. Lakukan penggantian pot tanaman

Biasanya bonsai ditanam pada wadah pot yang dangkal sehingga seiring pertumbuhannya maka dibutuhkan penggantian pot sesuai dengan besar tanaman bonsai. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi pertumbuhan tanaman bonsai yang semakin bertumbuh.

Media tanam atau pot biasanya perlu diganti setiap beberapa bulan sekali. Selain itu perlu diperhatikan bahwa pot yang digunakan juga harus memiliki lubang kecil dibagian bawah pot sebagai jalur keluarnya air yang berlebih pada pot tanaman.

5. Pengendalian hama dan penyakit tanaman

Kondisi tanaman bonsai pastinya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang menyebar dapat merusak tanaman bonsai. Hama tananam seperti ulat, semut, tungau daun, wereng coklat dan serangga lainnya sangatlah mengganggu pertumbuhan tanaman.

Cara yang paling mudah membasmi hama dan penyakit tanaman adalah dengan menyemprotkan pestisida, atau fungsida. Untuk takarannya tergantung kepada tingkat keparahan dan jenis penyakit yang menyerang tanaman tersebut.

Kesimpulan

Bonsai yang pertama kali ditemukan di Tiongkok menjadi salah satu tanaman yang sengaja dibuat dalam ukuran kecil dan kerdil agar dapat ditanam di pot. Keindahan bonsai tersebut pun memasuki pasar lokal sehingga banyak orang di Indonesia memilikinya. Namun, pemilihannya tetap memerlukan beberapa pertimbangan agar menemukan bonsai dengan kualitas yang bagus.

Ada sepuluh rekomendasi bonsai bagus yang bisa menambah referensi Anda dan layak dipilih untuk mempercantik rumah dan kebun di rumah. Pastikan Anda melakukan perawatan dengan telaten, baik, mulai dari menyiram, menyiangi dan memangkas, memupuk, mengganti pot, hingga berusaha mengendalikan hama dan penyakit. Dengan menjaga keharmonisan dari pola merawatnya, tentu saja akan membuat tanaman bonsai tumbuh dengan sehat dan indah.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */