CEKLIST.ID – Selain memperindah ruangan, tanaman hias indoor yang mudah dirawat juga dapat memberikan suasana yang asri, tenang dan nyaman. Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di ruang kerja, ruang tamu atau kamar tidur. Tahukah Anda, dengan adanya tanaman hias ini di ruangan kerja dapat mengurangi tingkat stres dan Anda bisa bekerja lebih rileks.

Saat-saat senggang Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk merawat tanaman tersebut tanpa harus memaksakan diri. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut mudah untuk dirawat dan tidak membutuhkan banyak hal seperti menanam bunga outdoor dihalaman seperti biasanya.

Tanaman Hias Indoor untuk Atas Meja Kerja
Gambar Ilustrasi Tanaman Hias Indoor Kecil / Freepik.com

Berbicara tentang tanaman hias indoor yang mudah dirawat, topik ini kini semakin hangat untuk diperbincangkan. Seiring bertambahnya orang bekerja dari rumah dan membuat ruangan kerja senyaman mungkin, tanaman hias indoor telah menjadi salah satu pendukung yang baik.

Dengan topik tanaman hias indoor yang mudah dirawat, artikel ini akan membahas bagaimana cara memilih tanaman hias indoor, membahas 10 tanaman hias bagus yang bisa jadi pilihan Anda dan manfaat yang bisa dirasakan dalam memelihara tanaman tersebut.

Cara Memilih Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Saat ini tanaman hias indoor kini semakin digeluti oleh banyak orang. Tanaman hias tersebut juga kini semakin ramai diperjual belikan. Nah, sebelum Anda membeli tanaman hias tersebut, ketahui dulu beberapa tips memilih tanaman hias indoor yang mudah dirawat berikut ini. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tanaman yang tepat.

1. Perhatikan space yang tersedia untuk tanaman

Sebelum Anda memulai untuk memelihara tanaman indoor yang mudah dirawat, selalu pastikan terlebih dahulu apakah tersedia ruangan untuk menempatkan tanaman tersebut. Jika ruangan yang tersedia tidak terlalu luas, sebaiknya pilihlah tumbuhan yang tidak terlalu besar serta tingkat pertumbuhannya tidak terlalu cepat agar space ruangan Anda tetap terjaga.

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Pelihara
Gambar Ilustrasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat / pinterest.com

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, Anda bisa dengan bebas memilih tanaman yang hendak Anda pelihara. Namun, tetap menjadi perhatian khusus bahwa Anda juga wajib memperhatikan sirkulasi udara dan arah pertumbuhan tanaman tersebut. Jadi, selain ketersediaan ruangan yang cukup Anda juga perlu memperhatikan arah pertumbuhan tanaman termasuk sumber udara dan cahaya yang masuk kedalam ruangan.

2. Cek apakah tanaman bisa tumbuh ditempat teduh

Berbicara tentang arah pertumbuhan tanaman, biasanya tanaman akan bertumbuh ke arah sumber cahaya. Jika Anda meletakkan tanaman di dalam suatu ruangan yang berventilasi, maka besar kemungkinan tanaman yang ada di dalam ruangan akan bertumbuh ke arah ventilasi tersebut. Namun, bagaimana jika ruangan yang tidak berventilasi, atau hanya sebatas cahaya redup dari balik tirai?

Untuk case tersebut, Anda wajib mengecek terlebih dahulu apakah tanaman indoor tersebut bisa bertumbuh ditempat yang teduh yang kurang akan cahaya matahari? Dengan mengecek apakah tanaman tersebut bisa tumbuh di tempat teduh atau tidak, Anda bisa menemukan tanaman yang tepat untuk ruangan indoor Anda.

3. Cek apakah tanaman tahan terhadap panas

Sebaliknya, Anda juga perlu melakukan pengecekan apakah tanaman tersebut tahan terhadap panas atau cahaya langsung matahari? Tak sedikit ruangan indoor yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Itu sebabnya Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap case yang satu ini. Biasanya, tumbuhan yang tidak tahan terhadap panas matahari akan layu dalam waktu dekat dan mati atau bisa saja tanaman tersebut tetap bertumbuh namun memiliki daun berwarna kuning.

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat
Gambar Ilustrasi Tanaman Hias Indoor / pinterest.com

4. Gunakan pot sesuai dengan panduan

Selain ruangan, salah satu hal penting lainnya yang wajib Anda perhatikan adalah pot yang digunakan untuk tanaman. Gunakan pot yang sesuai dengan panduan agar tanaman bisa bertumbuh dengan baik. Dengan begitu, ruangan Anda semakin estetik dan asri.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih  tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Selain dari keempat hal diatas, Anda juga perlu menyiapkan budget dalam membeli tanaman tersebut.

10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara memilih tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Selanjutnya adalah Anda akan disuguhkan rekomendasi tanaman tersebut. Penasaran tanaman apa saja? Berikut pembahasan ceklist.id selengkapnya.

1. Tanaman Kaktus

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Kaktus
Tanaman Kaktus
Nama ProdukTanaman Kaktus
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi tanaman yang pertama adalah tanaman kaktus. Kaktus ini sendiri memiliki banyak varian. Jadi Anda bisa bebas memilih varian yang Anda sukai. Dan jangan lupa sesuaikan dengan kapasitas ruangan Anda. Mampu bertahan di kelembaban yang rendah, Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat yang satu ini dapat Anda taruh didalam pot dan diletakkan diatas meja kerja atau di rak terbuka. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu menyiram tanaman ini setiap hari.

Perlu diketahui, karena tumbuhan kaktus ini memiliki duri, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

2. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Lidah mertua
Tanaman Lidah mertua
Nama ProdukTanaman Lidah Mertua
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Pernahkan Anda mendengar jenis tanaman ‘lidah mertua’? Lidah mertua adalah salah satu Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat karena tidak memerlukan perawatan yang khusus. Tanaman lidah mertua ini membutuhkan perawatan yang sangat praktis.

Memiliki bentuk daun yang panjang dan bertubuh keatas, lidah mertua ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan dan dekorasi untuk memperindah ruangan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan tanaman ini di sudut ruangan.

Perlu diketahui tanaman ini tahan terhadap kondisi kering. Jadi, siram sedikit saja saat tanah mulai kering. Hal ini dikarenakan, tidak disiram sekalipun tanaman ini bisa bertahan dan bertumbuh dengan baik. Namun, Anda harus tetap sesekali menyiramnya.

3. Tanaman Monstera Deliciosa

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Monstera Deliciosa
Tanaman Monstera Deliciosa
Nama ProdukMonstera Deliciosa
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Berikutnya ada tanaman hias yang sangat dibanggakan oleh masyarakat yaitu Monstera Deliciosa. Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat yang satu ini banyak digunakan untuk menghias ruang tamu, ruang kerja, cafe dan tempat-tempat cozy lainnya. Untuk memelihara tanaman ini, hindari dari anak-anak atau pun binatang peliharaan. Hal ini dikarenakan bahwa ada yang menyebutkan daun tanaman ini sangat berbahaya apabila tertelan.

Untuk pertumbuhannya, tanaman ini akan memanjang ketas. Dan untuk ukurannya, tanaman ini termasuk ke dalam ukuran yang sedang. Untuk penyiramannya, cukup siram sedikit apabila tanah tampak kering dan usahakan tanaman ini diletakkan di pencahayaan yang terang setengah teduh.

4. Sirih Gading

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Sirih gading
Tanaman Sirih gading
Nama ProdukTanaman Sirih Gading
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Berjenis tanaman gantung, Sirih gading merupakan Tanaman hias indoor yang mudah dirawat yang memiliki daun berbentuk hati dengan warna hijau corak kekuning-kuningan. Cara menanam bunga ini cukup praktis. Cukup tanam di dalam pot, gantung dan biarkan akarnya bertumbuh. Tanaman ini sangat cocok digantung di area teras rumah atau ruangan indoor dekat jendela.

Untuk perawatan tanaman ini, cukup siram seperlunya saja ketika tanah mulai kering. Dan apabila terdapat hama pada daun, segera gunting daun tersebut agar hama tidak menyebar. Perlu diketahui, tanaman ini bertumbuh secara menjalar. Untuk hasil yang lebih indah, gantung tanaman di area dinding, agar tanaman bisa menjalar ke dinding tersebut.

5. Tanaman Paku Tanduk Rusa

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Paku tanduk rusa
Tanaman Paku tanduk rusa
Nama ProdukTanaman Paku Tanduk Rusa
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sering disebut dengan tumbuhan pakis, Tanaman hias indoor yang mudah dirawat berikutnya adalah Paku tanduk rusa. Tumbuhan ini juga sering disebut sebagai tanaman parasit karena sering menempel pada tanaman lainnya seperti pohon besar. Memiliki bentuk yang eksotis, ruangan indoor Anda akan tampak lebih asri dan menarik dengan tanaman yang satu ini.

Untuk menanamnya, Anda bisa menggantungkannya dan kemudian akan bertumbuh ke bawah. Dan tahukah Anda, jika perawatan yang Anda berikan kepada tanaman ini tepat,  Paku tanduk rusa bisa bertumbuh hingga sebesar manusia dewasa. Gimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk memelihara tanaman hias yang satu ini?

6. Tanaman Doa atau Calathea

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat doa atau Calathea
Tanaman doa atau Calathea
Nama ProdukTanaman Calathea
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sempat naik daun dan dijadikan tanaman favorit oleh banyak orang, Tanaman hias indoor yang mudah dirawat selanjutnya adalah Tanaman doa atau Calathea. Tanaman ini memiliki bentuk dan warna yang sangat unik dan indah. Ciri khas daun tanaman ini adalah memiliki corak garis-garis dengan bentuk daun yang cukup lebar. Sangat cocok dijadikan hiasan di sudut ruangan, tahukah Anda bahwa tanaman doa ini mampu menggerakkan daunnya pada malam hari dan akan menurunkannya pada siang hari. Hal tersebut terjadi mengikuti ritme sirkadian.

Dilihat dari pergerakan tersebut, hal itulah yang membuat tanaman ini disebut tanaman doa karena ritme tersebut mengikuti gerakan berdoa.

7. Tanaman Palem Waregu

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Palem Waregu
Tanaman Palem Waregu
Nama ProdukTanaman Palem Waregu
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Masih di topik yang sama yaitu tanaman hias indoor yang mudah dirawat adalah Palem Waregu. Tanaman ini cocok diletakkan di sudut ruangan karena dipastikan bisa memperindah ruangan. Untuk penyiramannya, tanaman ini tidak membutuhkan air yang banyak. Cukup siram tanaman ketika tanah mulai kering.

Tahukah Anda bahwa tanaman ini sangat tahan udara dingin dan kering. Tak heran tanaman ini banyak sekali dijumpai di dalam ruangan seperti mall, kantor, dan gedung gedung besar lainnya.

Bagi Anda yang ingin memelihara tanaman ini, pastikan terlebih dahulu space kosong karena tanaman ini tergolong ke dalam ukuran yang besar. Pertumbuhan palem waregu ini adalah keatas menjulang tinggi. Gimana? Apakah Anda sudah pernah melihat tamanan ini sebelumnya?

8. Tanaman Sukulen

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Sukulen
Tanaman Sukulen
Nama ProdukTanaman Sukulen
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Mampu menyimpan air didalam batangnya, berikutnya ada Tanaman hias indoor yang mudah dirawat yaitu sukulen. Tanaman ini memiliki tampilan khas yang sangat unik. Oleh sebab itu tanaman ini dapat digunakan sebagai elemen dekorasi atau hiasan ruangan. Didukung lagi dengan bentuknya yang sangat unik dan estetik, tanaman ini cocok diletakkan diatas meja kerja. Dengan begitu Anda bisa rileks saat bekerja.

Untuk pertumbuhannya, tanaman ini tumbuh ke atas namun tidak melewati ukuran sedang. Biasanya, tanaman ini memiliki ukuran yang kecil. Oleh sebab itu banyak orang yang memelihara tanaman ini dalam jumlah yang cukup banyak agar terlihat ramai.

9. Tanaman Peperomia Obtusifolia Hijau Polos

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Peperomia Obtusifolia Hijau Polos
Tanaman Peperomia Obtusifolia Hijau Polos
Nama ProdukTanaman Peperomia Obtusifolia Hijau Polos
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Dapat bertumbuh dalam keadaan cahaya setengah teduh, Tanaman hias indoor yang mudah dirawat adalah Peperomia Obtusifolia Hijau Polos. Tanaman ini memiliki ukuran yang kecil dimana dapat memberikan kesan yang indah dan asri pada ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana daunnya yang bulat dan daging daun yang gemuk.

Tanaman ini sangat cocok diletakkan di meja kerja, meja ruang tamu ataupun meja hias lainnya. Tanaman ini membutuhkan siraman yang sedikit saja, ketika tanah sudah kering. Untuk pertumbuhannya ke atas dan juga menjuntai ke bawah. Gimana? Apakah Anda tertarik menghias meja kantor Anda dengan tanaman ini?

10. Tanaman Siklok (Agave Attenuata)

Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Siklok (Agave Attenuata)
Tanaman Siklok (Agave Attenuata)
Nama ProdukTanaman Siklok
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Terakhir ada tanaman Siklok (Agave Attenuata). Tanaman hias indoor yang mudah dirawat yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar. Jadi, ketika Anda berencana ingin memelihara tanaman ini, pastikan ruangan Anda memiliki space yang cukup. Hal ini dikarenakan Siklok (Agave Attenuata) memiliki arah pertumbuhan ke atas dan melebar kesamping.

Untuk penyiramannya, 3 sampai 6 kali dalam seminggu menyesuaikan suhu udara dan keadaan tanah. Dan untuk pencahayaan, tanaman ini cocok ditempat yang terang dan tahan terhadap dingin dan panas meskipun lebih cenderung tahan panas. Perlu diketahui bahwa Siklok (Agave Attenuata) bukanlah tanaman asli Indonesia melainkan tanaman yang berasal dari Meksiko.

Itulah pembahasan tanaman hias indoor yang mudah dirawat yang patut Anda coba untuk dipelihara. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Anda akan mendapatkan manfaat tersebut, saat Anda sudah mencoba memelihara tanaman tersebut. Tunggu apalagi? Yuk, coba memelihara tanaman di ruangan Anda.

5 Manfaat Memelihara Tanaman Hias Indoor

Menjadi salah satu trend saat ini, memelihara tanaman indoor memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut pembahasannya.

1. Menangkal polusi udara

Polusi udara tidak hanya ada di luar ruangan saja, di dalam ruangan sekalipun polusi udara kerap menemani aktivitas Anda. Salah satu penangkal polusi yang bisa Anda gunakan adalah tanaman indoor. Tanaman tersebut dapat menyerap polusi kimia yang ada di dalam ruangan sehingga udara lebih bersih dan sejuk.

2. Menjaga kesehatan mental

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merawat tanaman indoor dapat mengurangi tingkat stress. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut dapat memberikan suasana relaks, tingkat stress pun menurun dan kesehatan mental pun terjaga. Itu sebabnya tak sedikit orang menganjurkan untuk melihat tumbuh-tumbuhan untuk mengembalikan mood yang sedang kacau.

3. Menjadi aromaterapi alami

Tak sedikit tamanan memiliki aroma khas yang menenangkan. Beberapa tanaman tersebut dapat Anda jadikan aroma terapi alami di dalam ruangan Anda. Hal tersebut akan memberikan suasana rileks yang mampu meningkatkan suasana hati. Salah satunya adalah tanaman lavender.

4. Meningkatkan fokus

Selain dapat meningkatkan suasana hati, tanaman indoor juga diakui dapat meningkatkan produktivitas dan fokus saat sedang bekerja. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut dapat memberikan suasana yang menenangkan dengan warnanya yang hijau bahkan indah sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih dan fokus.

5. Mempercepat pemulihan setelah sakit

Sering menjadi buah tangan saat sedang menjenguk teman, tanaman indoor bukanlah hanya sebatas buah tangan saja. Tanaman tersebut memiliki manfaat yang sangat besar yaitu dapat mempercepat pemulihan orang-orang yang baru saja sakit.

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini telah dijelaskan dengan lengkap mengenai tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Mulai dari cara pemilihan tanaman nya, rekomendasi hingga manfaat yang bisa Anda dapatkan saat  memelihara tanaman hias indoor tersebut. Apakah artikel kali ini bisa menjawab rasa pertanyaan-pertanyaan Anda terkait tanaman indoor tersebut?

Sebagai kesimpulan, dalam memelihara tanaman indoor tersebut adalah menyediakan budget yang cukup untuk membeli tanamanan. Mempersiapkan ruang yang cukup, memeriksa sumber udara dan cahaya, memeriksa apakah tanaman tahan panas atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa memelihara tanaman hias indoor dan dapat merawatnya dengan baik.

Rekomendasi Lainnya :

Write A Comment

/* */