CEKLIST.ID – Air cooler adalah alat elektronik yang digunakan sebagai pendingin ruangan yang bisa ditempatkan dimana saja. Air cooler bisa jadi alternatif yang bersifat lebih ramah lingkungan dibanding air conditioner (AC).  Harga pasaran yang lebih terjangkau dan portabilitas yang tinggi juga menjadikan ideal untuk digunakan oleh setiap rumah tangga, terutama untuk menyejukkan ruangan.

Beberapa merek yang memproduksi air cooler diantaranya Midea, Sanken, dan Sharp. Masing-masing produsen memiliki berbagai fitur dan keunggulan masing-masing. Pada artikel ini akan dibahas tentang 10 produk rekomendasi air cooler terbaik yang bisa menjadi pilihan. Sebelum penjelasan tersebut berikut adalah tips untuk memilih air cooler terbaik. Selamat membaca!

Gambar Ilustrasi Air Cooler
Gambar Ilustrasi Air Cooler

Cara memilih air cooler yang Bagus

Sembarang memilih produk dengan tidak didasari informasi yang jelas memungkinkan timbul rasa kecewa jika tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh karena itu, simak cara memilih air cooler berikut supaya mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

1. Pilih sesuai pemakaian

Air cooler ada yang dibuat untuk keperluan di rumah atau untuk keperluan bisnis. Untuk pemakaian di rumah, pilih air cooler yang ringkas serta mudah digunakan. Daya listrik yang dibutuhkan produk ini biasanya kompatibel dengan daya listrik di rumah.

Sedangkan untuk keperluan bisnis pilih yang ukurannya lebih besar. Daya listrik besar cocok  ditempatkan pada tempat yang besar, sepert kantor. Sehingga daya listrik tidak terlalu membebani dan sesuai kebutuhan.

2. Perhatikan ukuran dan bentuknya

Salah satu keunggulan air cooler adalah mudah dipindah-pindah. Oleh karena itu sebelum membeli harus perhatikan dulu berat dan kemudahannya ketika dipindah. Beberapa produk ada yang dilengkapi dengan roda agar mudah digeser. Akan tetapi ada juga produk air cooler yang tidak dilengkapi roda. Selain itu, cek ukuran air cooler. Pilih yang memudahkan saat menentukan lokasi pemasangan.

3. Perhatikan kekuatan air flow

Jika AC memiliki PK untuk kekuatan pendingin, air cooler punya air flow. Bagian ini penting sekali karena menentukan volume hembusan udara yang dikeluarkan. Makin besar kekuatan air flow maka ruangan lebih cepat sejuk, tetapi juga lembab. Sehingga harus memperhatikan juga keberadaan ventilasi ruangan agar kelembapan tetap stabil.

4. Periksa bagian kapasitas tangka air

Cara kerja air cooler beda dengan AC atau kipas angin. Cara kerja Air cooler dengan menyemburkan partikel air dari proses penguapan dala tangki. Setiap air cooler memiliki tangka di dalamnya. masing-masing tangka didesain dengan kapasitas berbeda-beda. Kapasitas yang besar akan meringankan kerja karena tidak perlu sering mengisi ulang.

Jangan biarkan air cooler bekerja dengan tangka kosong karena bisa mnimbulkan kerusakan. Selain itu, sebaiknya bersihkan bagian dalam tangki setiap bulan agar tetap segar dan terjaga.

5. Cek fitur lainnya

Fitur timer. Saat suhu sudah terasa cukup dingin dan ingin mematikan air cooler dan malas beranjak dari kursi atau Kasur maka fitur timer ini bisa dimanfaatkan. Atau alasan lain seperti tidak ingin tagihan listrik yang terlalu besar, maka bisa disesuaikan waktu aktif air cooler-nya. Ada beberapa produsen yang menyediakan fitur timer agar konsumen bisa mengatur sesuai ketubuthan dan air cooler akan mati sesuai waktu yang ditentukan.

Humidifier dan dehumidifier. Kedua fitur ini berfungsi untuk mengatur kelembapan udara. Humidifier untuk menambah kelembapan udara saat ruangan terlalu kering atau panas. Sebaliknya fitur dehumidifier berfungsi mengurangi kelembapan supaya kembali normal. Udara yang terlalu lembab bisa membuat hidung tersumbat, alergi atau asma.  Selain itu perabotan menjadi mudah berjamurdan mudah lapuk.

10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik

Setiap produsen menyematkan air cooler dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing. Setiap fitur atau keunggulan mempengaruhi performa air cooler. Oleh karena itu perlu mengetahui fitur dan keunggulan masing-masing produk agar saat membeli produk pendingin ruangan sesuai dengan performa yang diinginkan. Simak uraian ceklist.id berikut ini!

1. Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler

Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler
Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler

Sharp mengeluarkan air cooler terbaiknya dengan dua pilihan warna yaitu putih dan hitam. Konsumen bisa menyesuaikan warna produk dengan desain ruangan. Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler didesain agar tidak perlu dilakukan instalasi yang rumit. Cukup disambungkan ke sumber listrik dan pengguna bisa menyalakannya.

Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler dapat menghembuskan angin lebih segar dan dingin dikarenakan adanya 4 kantong es dan tangki air kapasitas 6 liter yang disediakan oleh produk tersebut sehingga dapat menyebarkan udara ke seluruh ruangan. Selain itu produk ini didukung teknologi Auto Swing Lovers membuat angin yang dikeluarkkan tersirkulasi dengan baik. setiap bagian dalam ruangan pun terkena hembusan angin dari air cooler ini.

Konsumsi listrik: 65 watt

Kapasitas tangka air: 6 liter

Fitur : kantong es, panel control bahasa Indonesia, dan auto swing lovers

2. Midea AC100-A Air Cooler

Midea AC100-A Air Cooler
Midea AC100-A Air Cooler

Udara kencang yang dikeluarkan dari air cooler produksi Midea dapat membuat ruangan kamar menjadi sejuk. Kelembapan udara yang tercipta tidak akan membuat kulit menjadi kering atau tenggorokan gatal. Midea AC100-A dipasangi kipas di dalamnya dengan kecepatan putar yang dapat diatur untuk menghasilkan angin yang kencang.

Sistem penyegaran disertakan sehingga menjadikan lebih baik dalam mendinginkan udara. Bagian penghembus angin hasil penguapan tersebar seluas 70o untuk menjangkau lebih banyak sisi di ruangan. Inovasi Midea dihadirkan dalam bagian depan air cooler yang bisa ditutup saat tidak digunakan sehingga terhindar dari debu.

Konsumsi listrik: 55 watt

Kapasitas tangka air: 6 liter

Fitur : 3 mode operasi, 3 tingkat kecepatan kipas, pegaturan waktu hingga 7 jam, LED display, built in ionizer, wide angle oscillation, dan closed front grilling.

3. Kangaroo KG-50F09 Air Cooler

Kangaroo KG-50F09 Air Cooler
Kangaroo KG-50F09 Air Cooler

Kangaroo KG-50F09 merupakan air cooler yang menciptakan ruangan yang bukan hanya sejuk, tetapi juga udara yang bersih. Dengan adanya ionizer  partikel kotor yang bertebaran di udara diubah menjadi udara yang leih segar dan bersih.

Pompa humidifying akan menjaga kelembapan udara sehingga terbebas dari kondisi kering atau bersisik. Motor kipas dengan tenaga besar juga membuat Kangaroo KG-50F09 lebih tangguh dalam menyediakan pasokan udara sejuk dalam ruangan.

Konsumsi listrik: 65 watt

Kapasitas tangka air: 8 liter

Fitur : pompa humidifying dan ionizer

4. Misty Cool

Misty Cool
Misty Cool

jika ruangan cukup besar kadang membuat bingung mengenai posisi yang tepat untuk meletakkan air cooler. Hal tersebut karena beberapa air cooler hanya dilengkapi swing atas-bawah. Dan akibatnya angin tidak menyebar merata. Akan tetapi produk ini berbeda, selain swing atas-bawah, Misty Cool juga dilengkapi swing kiri-kanan. Sehingga pengguna bisamemilih arah angin sesuai kebutuhan dan angin sejuk akan dirasakan oleh semua sudut ruangan.

Konsumsi listrik: 200 watt

Kapasitas tangka air: 20  liter

Fitur : ionizer, timer, humadifier

5. Changhong CMA-B16 Air Cooler

Changhong CMA-B16 Air Cooler
Changhong CMA-B16 Air Cooler

Produk air cooler ini memiliki kapasitas tamping air lebih besar. Sehingga pengguna tidak harus mengisi ulang terlalu sering. Changhong CMA-B16 tidak hanya menawarkan kemampuan hasil udara yang sejuk dalam waktu singkat. Produk ini juga dibekali motor kipas tenaga besar yang tidak berisik saat digunakan. Changhong bersifat ramah lingkungan karena komponen penyerap air menggunakan serat tanaman.

Konsumsi listrik: 130 watt

Kapasitas tangka air: 16 liter

Fitur : ionizer, timer.

6. Denpoo AR1103XF Air Cooler

Denpoo AR1103XF Air Cooler
Denpoo AR1103XF Air Cooler

Agar air cooler bekerja dengan baik, tangki harus selalu diisi. Tanpa perlu repot harus bolak-balik memeriksa dan mengisi tangki, produk ini dilengkapi water level sensor yang memungkinkan pengguna mengetahui persediaan air dalam tangka.

Konsumsi listrik: 200 watt

Kapasitas tangka air: 20 liter

Fitur : water level sensor

7. Symphony Ice Cube i AC Portable

Symphony Ice Cube i AC Portable
Symphony Ice Cube i AC Portable

Udara yang penuh partikel kotor dapat merusak kenyamanan dan mengganggu kesehatan. Jika terlalu lama dibiarkan maka bisa menginfeksi organ pernapasan dan sebagainya. Untuk menjaga aliran udara tetap bersi, Shymphony mengeluarkan produk air cooler andalan, Shymphony Ice Cube i AC Portable, yang dilengkapi dengan teknologi i-Pure yang dapat menyaring udara kotor agar kualitas udara pada ruangan meningkat.

Konsumsi listrik: 105 watt

Kapasitas tangka air: 17 liter

Fitur : Teknologi i-Pure, pompa berdurabilitas tinggi dan swing mode multi arah

8. Sanken SAC-38 Air Cooler

Sanken SAC-38 Air Cooler
Sanken SAC-38 Air Cooler

Produk penyejuk ruangan dari Sanken memiliki fitur yang diadopsi dari air conditioner yaitu pembersih udara. Teknologi ionizer-nya menjadikan produk ini mempu menyedot udara kotor dan mengubahnya menjadi lebih bersih, sejuk serta membuat ruangan nyaman dihuni.

Konsumsi listrik: 69 watt

Kapasitas tangka air: 6 liter

Fitur : water diagnose, wide swing angle, dan ionizer

9. Sanyo REF-B130 Air Cooler

Sanyo REF-B130 Air Cooler
Sanyo REF-B130 Air Cooler

Sanyo merupakan produsen perangkat elektronik terkemuka di Indonesia. Tak mau ketinggalan, Sanyo meluncurkan produk air cooler dengan nama Sanyo REF-B130. Produk ini menjadi best seller bagi produk elektronik Sanyo.

Produk air cooler ini dirancang dengan bentuk memanjang ke atas sehingga ideal untuk ditempatkan dimana saja. Sanyo juga membekali produk ini dengan ionizer yang memungkinkan air cooler menyaring partikel kotor udara. Artinya pengguna hanya menghirup udara sehat selama air cooler dioperasikan. Fitur unggulan lain dari produk Sanyo ini adalah adanya fitur sleep mode yang bisa menjamin jam tidur agar tidak terganggu.

Konsumsi listrik: 70 watt

Kapasitas tangka air: 0,5 liter

Fitur : sleep mode, swing mode, kantong es 1 unit

10. Honeywell TC10PM Air Cooler

Honeywell TC10PM Air Cooler
Honeywell TC10PM Air Cooler

Tidak perlu uang jutaan rupiah untuk merasakan udara sejuk dan sehat di ruangan. Honeywell bisa diandalkan. Nyaman beraktivitas akan terasa saat menghidupkan alat tersebut. Air cooler satu ini bisa ditempatkan pada ruangan lebih kecil.

Kipas dalam produk ini dapat berputar kencang tanpa suara bising. Berkat performa yang dapat diandalkan dan tidak mengganggu pendengaran. Air cooler ini bisa menjadi teman setia di malam hari.

Konsumsi listrik: 40 watt

Kapasitas tangka air: 10 liter

Fitur : louvre bergerak, kompartemen es batu, alam level air.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Humidifier Terbaik

Kesimpulan

Diantara produk-produk di atas, paling favorite adalah Sanyo REF-B130 karena memiliki sleep mode yang bisa mengatur air cooler sehingga tidak mengganggu jam tidur malam hari.

Demikian 10 rekomendasi produk air cooler terbaik. Semoga bermanfaat.

Write A Comment

/* */