CEKLIST.ID – Apakah Anda gemar melakukan selfie dengan smartphone? Tahukah Anda kalau saat ini kamera digital juga bisa dipakai untuk melakukan swafoto, bedanya bisa dilihat dari hasil foto yang lebih ciamik dan memiliki efek bokeh. Sayangnya, mendapatkan kamera digital untuk selfie tidaklah mudah. Anda harus pintar memilih dengan mengecek fiturnya secara saksama.

Berbagai pilihan kamera digital dihadirkan sederet produsen. Kami akan perlihatkan 10 produk terbaik dari bermacam brand terkemuka, seperti Panasonic, Sony, dan Canon. Namun, mari sejenak ikuti penjelasan kami tentang cara memilih kamera digital untuk selfie di bagian pertama di bawah ini. Yuk, buat hasil foto selfie Anda lebih estetis dengan kamera digital!

Kamera Digital untuk Selfie dan Vlogging Terbaik
Gambar Ilustrasi Kamera Digital / Youtube

Cara memilih kamera digital untuk selfie yang Bagus

Saat membeli kamera digital yang dipergunakan untuk selfie, Anda perlu mengetahui fungsionalitas layar LCD-nya, ukuran dan bobotnya, hingga fitur-fitur lain, termasuk jenisnya, apakah kamera mirrorless atau compact digital (kamera saku)? Mari temukan jawabannya di bagian ini.

1. Lebih nyaman dengan kamera berbobot ringan dan berukuran kompak

Kamera digital yang dipakai untuk selfie sebaiknya mempunyai bobot ringan dan ukuran kecil. Alasannya, Anda akan lebih sering mengoperasikan kamera dengan satu tangan. Tentu akan kurang nyaman dan menyebabkan tangan pegal bila memakai kamera yang berat dan berukuran besar untuk banyak memotret diri. Oleh karena itu, periksalah dimensi produk secara keseluruhan berikut bobotnya.

Anda dapat memilih produk dengan berat tidak lebih dari 200 gram. Di pasaran mungkin lebih banyak dijumpai kamera digital dengan bobot 300 – 400 gram, sehingga perlu dipertimbangkan kenyamanan pengoperasiannya. Kami sarankan Anda memilih kamera dengan tombol shutter yang berada di bagian depan kamera. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengambil gambar layaknya memakai smartphone.

2. Periksa apakah layar LCD bisa diputar 180 derajat dan terdapat fitur touch screen serta image stabilization

Selain menimbang-nimbang ukuran dan bobot produk, kamera digital yang mempunyai layar LCD bisa diputar 180 derajat dapat menjadi pilihan utama. Layar LCD yang dapat diputar memudahkan Anda melihat ekspresi wajah untuk menentukan waktu yang pas memencet tombol shutter. Terasa lebih mudah jika terdapat fitur layar sentuh pada layar kamera sehingga Anda seolah memakai smartphone.

Kemudian, bobot kamera digital yang lebih berat dibandingkan smartphone membuat hasil jepretan rentan tidak fokus dan blur. Untuk mengatasi guncangan saat menjepret, Anda harus memerhatikan fitur penyeimbang hasil foto, seperti image stabilization. Fitur ini akan membantu hasil potret Anda bebas dari blur, sehingga Anda tidak harus melakukan swafoto berulang kali untuk dapatkan hasil yang diinginkan.

3. Lebih memilih kamera mirrorless atau compact digital? Pertimbangkanlah dari segi harga dan fungsi

Kamera saku atau compact digital mempunyai ukuran yang kecil, tetapi hasilnya tidak sebaik dan sebagus kamera mirrorless. Jadi, mana yang hendak Anda pilih? Kamera mirrorless memang menghasilkan kualitas foto jauh lebih baik ketimbang compact digital (comdig) camera, namun harga jualnya yang rata-rata Rp5.000.000 serta bobot lensa cukup berat mengharuskan Anda lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Jika dibandingkan dengan kamera mirrorless yang menerapkan teknologi DSLR, beda halnya dengan kamera saku yang kualitas gambar potretannya tidak terlalu tajam, namun mempunyai beragam fungsi, lebih ringan, dan ukurannya kompak. Sangat nyaman digunakan adalah kelebihan utama dari kamera saku, sehingga cocok dipakai untuk Anda yang hobi selfie.

4. Pilih berdasarkan ada tidaknya bluetooth atau Wi-Fi agar bisa dihubungkan ke smartphone

Kamera yang dapat disambungkan dengan smartphone memudahkan Anda mengirim gambar hasil foto, sehingga lebih praktis. Fitur bluetooth atau Wi-Fi akan mempermudah proses transfer dan menyimpan foto dari kamera digital ke smartphone tanpa harus melakukan proses pemindahan manual ke komputer atau laptop.

Sementara fitur koneksi internet wireless-nya memungkinkan Anda mentransfer foto mengunggah foto jepretan secara instan ke sosial media atau disimpan langsung ke penyimpanan awan (cloud storage). Anda bisa upload langsung ke Facebook atau Instagram untuk menunggu respon “Like” atau “Comment” dari teman-teman di akun sosial media Anda.

10 Rekomendasi kamera digital terbaik untuk selfie

Selanjutnya, ceklist.id akan paparkan sederet produk kamera digital terbaik yang bisa Anda pakai dengan leluasa untuk selfie. Berswafoto kini semakin mudah dengan kamera digital. Pilihlah berdasarkan fitur, ukuran, dan harganya, ya!

1. Kamera Digital Sony α5100

Sony α5100
Sony α5100

Sony bukanlah pemeran baru dalam industri teknologi digital camera. Salah satu jagoannya yang bertipekan mirrorless ini dipatok dengan harga sekitar Rp5.500.000. Apabila Anda menginginkan hasil potret selfie yang berdaya estetis tinggi, pilihlah Sony α5100 dengan berat 283 gram ini.

Walau berjenis mirrorless, kamera digital dengan jumlah piksel 24,3 MP ini mampu mengambil gambar dengan sangat fokus. Teknologi Autofokus 4D yang disematkan dapat mendukung kualitas bidikan yang terlihat tajam tanpa disertai blur atau “gambar goyang”. Berentang ISO tinggi, produk yang nyaman buat selfie ini memungkinkan Anda memotret dalam kondisi minim cahaya.

2. Kamera Digital Ricoh Theta S

Ricoh Theta S
Ricoh Theta S

Kamera Ricoh Theta S dibekali selfie shutter di bagian depan sehingga mudah dijangkau oleh jari. Anda dapat menjajal sensasi selfie dengan pemandangan 360 derajat sebagai background dengan kamera digital berjumlah piksel 14 MP ini. Setiap bidikan terasa effortless berkat bobotnya yang hanya 125 gram. Sangat ringan!

Yang menjadi pertimbangan sebelum membeli produk ini adalah absennya display LCD, namun Anda tetap bisa melihat live preview dengan menghubungkannya ke smartphone. Meski demikian, kamera digital ini cocok dijadikan pilihan karena ukurannya yang begitu kompak sehingga praktis untuk travelling.

3. Kamera Digital Fujifilm X-A20

Fujifilm X-A20
Fujifilm X-A20

Fujifilm menawarkan kamera digital dalam level entri mirrorless untuk menemani hari-hari Anda mengabadikan berbagai momen dengan kawan atau pasangan. Saat dijadikan selfie mode, Fujifilm X-A20 mampu menerapkan portrait skin model sehingga tampilan objek pada foto akan mendekati warna alami kulit atau objek lain yang tertangkap.

Selain optimal untuk selfie, kamera ini juga pilihan mantap bagi Anda yang hobi macro photography berkat lensa kit Fujinon XC 15-45 mm F 3.5.5.6 OIS PZ-nya, Kemudian, selfie shutter-nya dapat dioperasikan dengan mengetuk panel LCD. Hanya saja, ketika dipasangkan lensa kit, bobot kamera ini menjadi 494 gram.

4. Kamera DIgital Nikon 1 J5

Nikon 1 J5
Nikon 1 J5

Ukuran yang kecil adalah kelebihan utama dari Nikon 1J5. Kamera yang hanya sebesar telapak tangan ini bertipe mirrorless dengan harga jual di bawah 5 jutaan. Anda yang hobi solo atau couple travelling wajib memiliki kamera dengan jumlah piksel 23,01 MP ini.

Meskipun tidak dibekali shutter untuk selfie, Anda tetap mudah menjangkau tilt LCD-nya yang dilengkapi teknologi touch screen. Ukuran kecil dari produk ini membawa pengaruh pada bobotnya yang hanya 265 gram. Selain nyaman untuk ber-selfie, kamera ini juga mampu hasilkan kualitas video yang baik.

5. Kamera Digital Panasonic Lumix G DC-GF9K

Panasonic Lumix G DC-GF9K
Panasonic Lumix G DC-GF9K

Seri Lumix dari Panasonic ini ramai dibicarakan di berbagai forum fotografi. Berbagai keunggulan yang dimilikinya telah merebut hati banyak orang, apakah Anda tertarik memilikinya? Panasonic Lumix G DC-GF9K dibekali fitur slimming yang dapat menyamarkan garis-garis wajah.

Fitur soft skin untuk menghaluskan tekstur wajah juga membuat Anda lebih percaya diri untuk mengunggah foto ke sosial media. Tentu saja, Panasonic menjamin kualitas foto yang sangat baik dengan resolusi 4K dan kecepatan 30 fps, hasilnya pun sangat jernih, tajam, dan menyesuaikan warna asli kulit.

6. Kamera Digital Canon PowerShot G7X Mark II

Canon PowerShot G7X Mark II
Canon PowerShot G7X Mark II

Canon PowerShot G7X Mark II dilengkapi fitur touch screen untuk membantu Anda menetapkan titik fokus pada mata lensa hanya dengan sapuan jari. Saat melakukan selfie, focus shutter pada layar dan kamera akan otomatis memotret dengan kualitas yang jernih dan tidak blur.

Kamera saku yang berani menjamin kualitas gambar dengan minim noise ini dapat menjadi opsi utnuk Anda yang tidak puas dengan hasil bidikan smartphone, namun enggam berpaling menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Di samping itu,  Anda bisa langsung mengonversi format foto RAW menjadi bentuk JPEG tanpa bantuan komputer.

7. Kamera Digital Fujifilm X-A3

Fujifilm X-A3
Fujifilm X-A3

Kamera dari Fujifilm yang berikut ini mempunyai 3 mode self timer. Berkat fitur tersebut, Anda tidak memerlukan tombol shutter yang umumnya dimiliki oleh selfie digital camera. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan kamera digital 24,2 MP ini untuk memotret lebih banyak orang dalam satu frame.

Jika ingin foto sendirian pun tidaklah masalah. Anda bisa gunakan mode portrait enhancer yang akan menyesuaikan warna kulit sehingga tampak lebih cerah dalam sekejap. Fujifilm X-A3 menawarkan hasil foto yang estetis dengan latar belakang bokeh berkualitas tinggi.

8. Kamera Digital Canon EOS M100 Kit

Canon EOS M100 Kit
Canon EOS M100 Kit

Canon kembali hadir dalam seri EOS-nya. Untuk kamera yang satu ini, disematkan teknologi autofokus yang sangat baik untuk ciptakan foto berkepadatan tinggi. Anda yang ingin selfie untuk memperindah timeline profil Instagram wajib memiliki produk ini.

Berbobot 302 gram, sepintas terkesan berat, namun berkat dukungan desain ukuran yang compact, kamera ini menjadi mudah dan ringan dibawa ataupun dipegang dengan satu tangan. Canon EOS M100 kit telah dilengkapi pula oleh teknologi Dual Pixel CMOS AF yang memungkinkannya disandingkan dengan DSLR.

9. Kamera Digital Sony DSC-HX90V

Sony DSC-HX90V
Sony DSC-HX90V

Kamera digital berjenis compact digital persembahan Sony dalam poin ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan selfie atau lebih banyak mode foto. Anda bisa mengambil gambar portrait, close-up, ataupun lanskap. Selain multifungsi, kamera ini juga tidak sampai harga setengah juta pasarannya.

Lensa Zeiss legendaris dengan 30x optical zoom bekerja sama dengan sensor gambar CMOS berperforma tinggi dan prosesor secepat kilat untuk hasilkan kualitas foto yang sangat tajam dan tanpa blur. Anda juga tidak kerepotan saat ingin membawa kamera ini sebab ukurannya yang kompak dan berbobot ringan.

10. Olympus OM-D E-M10 Mark III

Olympus OM-D E-M10 Mark III
Olympus OM-D E-M10 Mark III

Jajaran terakhir produk rekomendasi kami jatuh kepada Olympus OM-D E-M10 Mark II. Kamera ini termasuk pricey sehingga lebih tepat bagi Anda yang telah berpengalaman dalam dunia fotografi atau memang menginginkan kualitas gambar super bagus.

Semua kebutuhan Anda untuk melakukan berbagai jenis pemotretan hampir dimiliki produk ini. Jadi, harga yang melambung membuat kamera mirrorless ini terlihat sepadan untuk dimiliki. Salah satu keunggulannya, kamera ini dapat mereduksi guncangan yang parah sekalipun tanpa peduli apa pun lensanya.

Review Lainnya : 10 Smartwatch Terbaik

Kesimpulan

Kini, Anda telah memiliki kamera digital yang cocok untuk selfie! Berfoto ria sendiri atau dengan kerabat saat berkumpul dan melakukan travelling kian menyenangkan berkat kualitas foto yang lebih baik ketimbang memakai smartphone. Selain itu, adanya fitur-fitur seperti Wi-Fi membuat Anda lebih mudah mengirim foto secara praktis ke sosial media, seperti Instagram dan Facebook.

Write A Comment

/* */