CEKLIST.ID – Smartwatch merupakan gadget praktis yang telah banyak dipakai oleh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Semenjak kemunculan Apple Watch, beberapa produsen turut memproduksi secara mandiri maupun bekerja sama untuk menciptakan smartwatch dengan fitur yang tak kalah baik dari Apple.

Nama-nama seperti Samsung, Huawei, Sony, dan beberapa lain menjadi salah satu pemain besar dalam pasar smartwatch. Apabila Anda ingin memakai smartwatch, pastikan Anda membeli produk yang tepat dengan kebutuhan. Setiap produk memiliki fitur dan spesifikasi yang tentu saja berbeda, karena itu belilah yang menawarkan segala sesuatu yang Anda perlukan!

Smartwatch Terbaik
Gambar Ilustrasi Smartwatch /Smartwatchesguide

Cara memilih smartwatch yang Bagus

Sebagai produk yang sekaligus menampilkan kesan modis, tentu Anda akan tertarik membeli smartwatch dengan memperhatikan desain dan modelnya. Akan tetapi, kami menyarankan Anda untuk tidak melupakan aspek penting lain. Mengingat harga smartwatch yang tidak murah, maka pastikanlah produk Anda dapat bekerja secara optimal. Setidaknya. inilah hal-hal penting untuk diperhatikan ketika memilih smartwatch.

1. Pilih yang OS-nya kompatibel dengan smartphone Anda

Smartwatch dapat berfungsi sempurna dengan smartphone Anda ketika memliki sistem operasi atau operating system (OS) yang mendukung di kedua perangkat. Sebagai contoh, produk Apple Watch yang dibekali OS hanya kompatibel dengan iPhone dan produk Apple lain.

Meski begitu, Google telah mengembangkan OS yang kompatibel untuk perangkat Apple ataupun Android, sebut saja Wear OS atau Android Wear. Sedangkan di pihak lain, Samsung dan Inten ikut bekerja sama menghasilkan OS bernama Tizen yang dapat terhubung dengan baik pada iOs maupun Android.

2. Kedepankan fitur, pertimbangkan memilih tipe digital ketimbang analog

Sama seperti jam pada umumnya, smartwatch juga dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe analog dan tipe digital. Apabila Anda ingin memperoleh jam yang memiliki ketahanan baterai lama, tipe analog dapat digunakan, akan tetapi pengoperasiannya memerlukan daya besar. Sedangkan tipe digital dapat Anda pilih jika ingin mendapatkan fitur lebih.

Smartwatch dengan tipe digital juga mempunyai tampilan lebih modis dibandingkan analog. Pengoperasiannya pun lebih mudah tanpa harus menekan tombol pada band atau strap-nya. Walau lebih unggul soal fitur, tipe analog juga banyak pula yang dilengkapi fitur berguna, seperti melakukan transaksi dengan uang elektronik dan sebagainya.

3. Periksa fitur penerima panggilan masuk, pesan, atau email

Fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap smartwatch dapat berbeda satu sama lain. Namun pada umumnya, fitur notifikasi panggilan masuk dimiliki. Anda juga bisa menerima pemberitahuan ketika ada pesan atau email masuk dengan konfigurasi yang mudah. Fitur semacam ini memudahkan Anda untuk terus update dan keep in touch, terutama bagi Anda yang posisi pekerjaannya cukup penting.

Beberapa orang mungkin terganggu dengan fitur notifikasi pesan masuk, karena itu Anda yang termasuk salah sa tunya dapat memilih smartwatch dengna fitur notifikasi panggilan masuk saja. Ada pula smartwatch yang bukan hanya mampu menjawab panggilan masuk, tetapi membuat panggilan telepon ke smartphone atau mengirim dan membalas pesan singkat.

4. Periksa pula ketahanan airnya

Baik tipe analog dan digital, masing-masing mempunyai fitur yang mengatur durabilitas penggunaan, salah satunya antiair. Fitur antiair atau water resistant pada smartwatch memungkinkannya dipakai saat hujan atau bahkan berenang dan menyelan. Perhatikanlah level waterproof pada smartwatch. Biasannya, level waterproof IPX5 ke atas akan tahan pada air di kedalaman 50 m. Sementara IPX4 sudah tergolong cukup untuk fitur antiair biasa, terlebih bagi Anda yang tidak memakainya saat berenang.

Selain antiair, tak ada salahnya memilih smartwatch yang dilengkapi fitur antidebu (dust resistant). Fitur ini dapat tahan ketika Anda pakai beraktivitas di luar ruangan. Untuk kedua fitur, yakni water resistant dan dust resistant yang tergolong baik,dan cocok pada kondisi cuaca di Indonesia, umumnya produk telah memiliki sertifikasi IP57 ke atas.

5. Pertimbangkan fitur yang dapat mengontrol kesehatan Anda

Selain terhubung ke smartphone untuk membantu sejumlah aktivitas, smartwatch juga banyak dirancang untuk keperluan kesehatan. Dalam hal ini, produk smartwatch mampu memonitor beberapa kondisi, seperti detak jantung melalui heart rate monitor-nya. Selain itu, tak sedikit pula yang memiliki pedometer untuk mengetahui total langkah kaki penggunanya.

Apabila Anda ingin lebih aktif dan mudah terhubung tanpa harus melulu memegang smartphone sekaligus memantau status kesehatan, seperti detak jantung, total kalori terbakar, dan jumlah langkah kaki, pilihlah smartwatch yang dibekali fitur-fitur pengontrol kondisi tubuh Anda. Beberapa produk bahkan bisa dipadukan dengan aplikasi lain.

6. Jangan lupa memeriksa daya dan ketahanan baterai

Layaknya smartphone, smartwatch juga mampu beroperasi sebab mengambil tenaga yang bersumber dari baterai. Kapasitas baterai adalah salah satu aspek yang tak boleh dilupakan. Umumnya, smartwatch tipe digital dapat bertahan setengah hari sebelum diisi ulang. Bila Anda ingin menggunakannya seharian, pastikanlah produk tersebut mempunyai ketahanan baterai yang lebih lama.

Sementara tipe analog biasanya memiliki kapasitas baterai yang besar dengan daya tahan lebih lama. Bilamana tipe digital hanya bertahan setengah hingga beberapa hari, tipe analog memungkinkan untuk aktif hingga beberapa bulan. Pilihlah kapasitas baterai berdasarkan kebutuhan Anda terhadap smartwatch, ya!

10 Rekomendasi smartwatch terbaik

Sekarang akan ceklist.id lanjutkan pembahasan dengan menampilkan sepuluh smartwatch terbaik hasil penelusuran kami, khusus untuk Anda! Silakan Anda pilih salah satu atau lebih produk sebagai referensi Anda memilih. Semua smartwatch dalam daftar ini juga dapat Anda dapatkan secara online. Jadi, selamat memilih!

1. Smartwatch IQI i4 Air

IQI i4 Air
Smartwatch IQI i4 Air

IQI i4 Air telah dibekali OS Android yang dapat beroperasi pada perangkat Android Anda. Dilengkapi slot untuk nano SIM card, produk ini mampu bekerja layaknya smartphone pada umumnya, baik untuk menerima panggilan masuk atau pesan singkat.

Smartwatch dengan OS Android 5.1 ini juga memiliki peran layaknya smartphone. Bukan hanya karena menyediakan slot kartu SIM berukuran mini, tetapi produsen juga menyematkan kamera beresolusi 5 MP. Dengan fitur kamera, Anda bisa mengabadikan momen lebih mudah tanpa harus mengeluarkan smartphone dari kantong.

2. Fitbit Versa Peach/Rose-Gold Aluminium

Smartwatch Fitbit Versa Peach Rose-Gold Aluminium
Smartwatch Fitbit Versa Peach Rose-Gold Aluminium

Smartwatch dari Fitbit seri Versa hadir dengna dua pilihan warna, tinggal disesuaikan oleh preferensi Anda masing-masing. Setiap varian memiliki warna yang cantik dan menarik serta cocok dipakai oleh pria ataupun wanita. Hadir dengan kesan minimalis yang manis dan cantik, Anda akan satu tingkat lebih keren saat memakainya.

Produk ini bukan hanya mengedepankan desain, tetapi juga fitur-fitur yang tidak kalah lengkap dan berkualitas. Menggunakan OS orisinal, smartwatch berikut kompatibel dengan Android, iOs, dan WIndows Phone. Lengkap dengan lebih dari 15 mode latihan, Anda bisa melakukan berbagai variasi olahraga untuk menjaga kebugaran.

3. Samsung Gear Sport SM-R600NZBAXSA

Smartwatch Terbaik Samsung Gear Sport SM-R600NZBAXSA
Smartwatch Samsung Gear Sport SM-R600NZBAXSA

Produk keluaran Samsung satu ini akan tepat bagi Anda yang menyukai kegiatan olahraga. Didesain khusus dengan tampilan simpel, produk ini membuat aktivitas lari Anda semakin menyenangkan. Selain untuk berlari, ANda juga bisa menggunakannya sambil berenang tanpa takut rusak berkat fitur antiairnya.

Smartwatch Gear Sport SM-R600NZBAXSA persembahan Samsung telah mengusung GOrilla Glass 3 yang membuat layarnya tahan dari debu, benturan, serta antipecah. Band-nya juga dapat diganti dengan band lain yang berukuran 20 mm. Produk ini kompatible baik pada perangkat iOs ataupun Android.

4. ASUS ZenWatch 3

Smartwatch ASUS ZenWatch 3
Smartwatch ASUS ZenWatch 3

ASUS ZenWatch 3 dapat Anda pilih bila ingin menggunakan smartwatch yang dapat di-recharge dalam waktu singkat. Teknologi HyperCharge menjadikan produk ini dapat mempersingkat waktu pengisian daya, yakni hanya 15 menit untuk mencapai daya 0 – 60%.

Lengkap dengan teknologi Eco Mode, produk ini dapat diaktifkan dengan tingkat penghematan daya mencapai 200%! Selain menawarkan efisiensi waktu pengisian, smartwatch ini juga dikategorikan sebagai smartwatch tertipis di kelasnya sebab berketebalan hanya 9,95 mm!

5. Samsung Gear S3 Classic

Smartwatch Samsung Gear S3 Classic
Smartwatch Samsung Gear S3 Classic

Apabila Anda mencari smartwatch tipe analog yang dapat menjawab panggilan darurat masuk secara praktis, produk dari Samsung layak dipilih. Terdapat notifikasi panggilan yang membuat Anda bisa menerima panggilan tersebut tanpa perlu mengeluarkan smartphone dari kantong. Hemat waktu dan minim upaya!

Produk ini mengandalkan Tizen sebagai OS-nya, menjadikan smartphone berikut kompatibel pada perangkat Android maupun iOs. Menggunakan band berbasis kulit, produk ini tampak klasik bahkan tidak tampak seperti smartwatch pada umumnya.

6. Apple Watch Series 3

Apple Watch Series 3
Apple Watch Series 3

Anda penyuka produk Apple? Jangan lewatkan Apple Watch Series 3 ini. Produk ini merupakan smartwatch generasi ketiga dari Apple Watch yang digemari oleh berbagai kalangan, terutama mereka ynag benar-benar antusias dengan gadget yang dirumuskan oleh perusahaan Steve Jobs ini.

Apple Watch Series 3 mengusung model digital dengan berbagai fitur, seperti notifikasi panggila masuk, waterproof pada kedalaman 50 m, pemonitor detak jantung, hingga memantau jumlah kalori yang terbakar harian. Semua fitur tersebut dapat Anda nikmati hingga 18 jam berdasarkan ketahanan baterainya, luar biasa!

7. Nokia Steel Activity & Sleep Watch

Nokia Steel Activity & Sleep Watch
Nokia Steel Activity & Sleep Watch

Walau telah menurun pamornya, nama Nokia pada jajaran smartwatch tetap layak dipertimbangkan. Steel Activity & Sleep Watch menjadi salah satu smartwatch andalan dari Nokia yang dapat Anda miliki dengan harga yang lebih ramah. Ingin mencari smartwatch murah? Inilah pilihannya!

Hadir dengan tipe analog, produk ini mengantongi baterai dengan daya tahan sekitar 8 bulan. Anda tidak harus mengecas baterai lebih sering, bukan? Produk ini lebih tepat bagi Anda yang ingin mengontrol kondisi kesehatan tubuh.Terdapat aplikasi untuk berbagai aktivitas olahraga dan kesehatan Anda yang kompatibel pada Android dan iOs.

8. Garmin Instinct™ Graphite

Garmin Instinct™ Graphite
Smartwatch Garmin Instinct™ Graphite

Ini adalah produk jam pintar yang merumuskan tipe digital dengan desain menyerupai jam analog. Memiliki strap karet yang anti selip, produk ini terasa nyaman ketika melekat di tangan. Garmin juga menjamin tangan pengguna bebas keringat karena pada band-nya terdapat rongga-rongga sirkulasi udara.

Produk ini sangat layak dipilih untuk Anda yang hobi berlari atau fitness di gym tanpa takut tangan lembap. Memiliki daya tahan yang tangguh hingga 14 hari, produk ini akan membantu Anda terus aktif lebih lama berkat automatic daylight saving time-nya.

9. Sony SmartWatch 2 SW2 Silver

Sony SmartWatch 2 SW2 Silver
Sony SmartWatch 2 SW2 Silver

Menggunakan bahan metal pada bodi serta band-nya, smartwatch ini memberikan kesan formal dan modern pada penampilan Anda. Akan cocok memakai produk ini ke berbagai acara, baik untuk acara formal ataupun sekadar jalan-jalan bersama teman.

Desainnya yang tidak kuno juga menjadikannya ideal dipakai segala usia. Bahan stainless steel pada strap smartwatch ini menjadikannya kuat dan tahan lama. Sony SmartWatch 2 SW2 Silver ini kompatibel dengan perangkat Android 4.0 ke atas.

10. Huawei Watch 2

Huawei Watch 2
Smartwatch Huawei Watch 2

Bila Anda belum menemukan produk yang diinginkan, dalam urutan terakhir kami rekomendasikan Huawei Watch 2 untuk Anda. Bagi Anda yang menyukai item berdesain sporty, produk ini patut dijadikan daftar pilihan. Mengusung konsep band yang dapat diganti, Anda bisa mengubah gaya berdasarkan mood dan selera.

Dibekali OS Android Wear 2.0, smartwatch dari Huawei ini akan kompatibel dengan baik pada banyak perangkat, tidak hanya iOs dan Anroid, tetapi termasuk Windows Phone juga! Panel dari keramiknya juga semakin meningkatkan kesan keren dan elegan darinya.

Rekomendasi lainnya : 10 Smartwatch Terbaik 2020

Kesimpulan

Kami telah mengulas tips memilih smartwatch sekaligus memperkenalkan produk smartwatch terbaik untuk Anda jadikan referensi. Walau beberapa nama mungkin asing di telinga, tidak ada salahnya Anda memberi kesempatan untuk mengetahui performanya lebih jauh. Produsen-produsen gadget mendunia mungkin akan menarik perhatian Anda, tetapi bila harganya tidak pas di kantong, maka itu menjadi alasan tepat untuk Anda mencoba brand lain.

Write A Comment

/* */