CEKLIST.ID – Salah satu elektronik pencacah sayuran dan buah-buahan yang sering digunakan adalah blender. Walau dari segi tampilan fisik terlihat sama, sejatinya antara food processor, juicer, dan blender berbeda. Blender memiliki daya kerja dengan memanfaatkan energi putar untuk menghancurkan makanan dengan memotongnya menjadi berukuran kecil terlebih dahulu.

Model dan fitur dari setiap merek pabrikan penghasil blender pun bermacam-macam. Apabila Anda kesulitan memilihnya, artikel ini akan membahas cara memilih blender yang tepat dengan memperhatikan sejumlah elemen. Setelah memahaminya, kami melanjutkan tulisan dengan membagikan rekomendasi blender terbaik dari brand-brand terpercaya. Selamat membaca!

Blender Terbaik
Gambar Ilustrasi Blender / Foodism

Cara Memilih Blender yang Bagus untuk Jus dan Makanan

Blender akan membantu pekerjaan harian Anda. Bukan cuma berguna untuk membuat smoothies, jus, atau olahan nikmat lain, blender juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan bumbu. Namun, tingkat kehalusan dari hasil pemrosesan bergantung pada daya listrik, jenis mata pisau, dan kapasitas tabungnya. Jadi, mari simak terlebih dahulu poin-poin tersebut.

1. Perhatikan daya listrik yang dikeluarkan saat blender bekerja

Agar motor pada badan blender bekerja, diperlukan energi yang didapat dari tenaga listrik. Meski beberapa jenis blender dibuat portabel dan dapat beroperasi dengan baterai, untuk kebutuhan keluarga lebih baik memilih blender yang mengonsumsi listrik langsung dari sumbernya.

Dalam hal ini, kami sarankan agar Anda memilih blender dengan daya listrik yang rendah. Umumnya, blender memerlukan konsumsi daya listrik antara 180 watt – 900 watt. Jika daya listriknya besar, maka putaran motor semakin kencang dan proses penghalusan makanan pun semakin cepat. Begitu juga sebaliknya.

2. Periksa jenis mata pisau yang digunakan

Mata pisau adalah elemen utama dari blender yang berhubungan langsung dengan sayuran dan buah-buahan yang dimasukkan ke dalam tabung. Secara umum, blender dibekali mata pisau dengan dua bentuk, yaitu flat blade cutter yang mata pisaunya lurus atau datar dan wave blade cutter yang dibuat bergelombang.

Flate blade cutter memberikan performa pemotongan lebih baik untuk bahan makanan berupa sayuran. Selain itu, mata pisau yang lurus ini juga mampu mengaduk daging giling. Biasanya, flate blade cutter dapat dilepas sehingga Anda bisa mengasahnya agar tetap tajam.

Untuk versi lainnya yaitu tipe wave blade cutter, bentukan semacam ini mampu menghancurkan bahan makanan yang keras sekalipun. Bahan-bahan seeprti kacang, es batu, dan sebagainya dapat dicacah dan diaduk dengan sempurna hingga halus. Pilihlah mata pisau yang terbuat dari stainless steel agar tidak mudah berkarat dan gampang dibersihkan.

3. Lihat juga kapasitas tabung blender

Tabung blender biasanya memiliki dua ukuran. Ukuran yang kecil dipakai untuk mengolah bumbu dapur sedangkan tabung yang besar biasanya dipakai untuk membuat jus dan smoothies. Poin penting dalam hal ini bukan sebatas ukuran yang disediakan, tetapi kapasitas tampung dari masing-masing tabung tersebut.

Agar lebih memudahkan Anda, lakukan penghitungan terlebih dahulu akan kebutuhan Anda menyajikan olahan dalam sekali proses. Sebagai acuan, smoothies yang dikonsumsi setiap orang untuk sekali minum berkisar antara 150 – 200 ml. Jadi, apabila Anda ingin membuat smoothies untuk 2 orang, belilah blender yang kapasitas tabungnya sekitar 400 ml ke atas.

4. Pilihlah yang dilengkapi pengaman serta tidak berisik

Pabrikan elektronik telah mencetuskan produk blender dengan teknologi canggih serta fitur yang aman. Salah satu fitur yang memberikan ketenangan bagi pengguna adalah penonaktifkan motor otomatis ketika tutup blender tidak tertutup rapat. Hal ini tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat malafungsi dan keteledoran pemakai.

Di samping itu, blender juga menggunakan motor yang bergerak dengan level kebisingan berbeda. Agar tidak mengganggu seisi anggota rumah, pilihlah blender yang motornya tidak terlalu berisik. Jika Anda membeli secara online, baca terlebih dahulu testimonium dari pembeli yang pernah menggunakannya.

10 Rekomendasi blender terbaik 2020

Ceklist telah merangkum sepuluh produk blender terbaik dari produsen-produsen besar. Jika Anda ingin membeli blender untuk dipakai di rumah, belilah yang daya listriknya rendah. Tetapi, jika ingin mengejus saat bepergian, saat ini sudah banyak blender berukuran mini yang portabel. Jadi, tinggal pilih berdasarkan kebutuhan Anda saja!

1. Cosmos Blender Plastik CB-180 Trinity/F

Cosmos Blender Plastik CB-180 Trinity F
Cosmos Blender Plastik CB-180 Trinity F

Produk pertama rekomendasi kami jatuh kepada Cosmos CB-180 Trinity/F. Elektronik ini dibuat dari material plastik sehingga lebih ringan dan tahan lama. Material plastik yang digunakan juga tidak sembarangan, tetapi sudah berlabelkan food grade sehingga aman dipakai untuk berbagai olahan makanan dan minuman.

Mata pisau pada blender berdesain cantik ini terdiri dari tiga lapis mata pisau. Berkat rancangan mata pisau tersebut, Anda dapat haluskan makanan dengan halus lebih lembut. Jika Anda ingin menggiling kacang dan biji-bjian, wadah blender yang mengerucut bakal memaksimalkan hasil penggilingan.

2. Shake N Take 3 Blender

Shake N Take 3 Blender
Shake N Take 3 Blender

Membawa smoothies untuk diminum di ruang kerja kini tidak lagi merepotkan. Shake N Take 3 Blender hadir untuk menjawab kebutuhan orang-orang seperti Anda. Blender ini dirancang portabel karena bagian tabungnya bisa dijadikan botol minum untuk menampung hasil pengejusan.

Tentu saja, built-in botol minum pada blender ini membuat cucian piring Anda lebih sedikit. Anda bahkan merasa senang setiap kali ingin minum karena botol pada blender ini memiliki desain warna yang sporty dan keren. Pilihan warnanya pun banyak, Anda bisa pilih berdasarkan selera.

3. Philips Daily Collection Blender Tangan HR1603/00

Philips Daily Collection Blender Tangan HR1603 00
Philips Daily Collection Blender Tangan HR1603 00

Philips adalah brand yang diminati karena kualitas produk elektronik besutannya. Salah satu koleksi blender cetusan Philips yang juga fenomenal adalah Philips HR1603/00. Ini adalah blender tangan yang mudah dioperasikan. Cukup menginstalasi pisau pemotong, alat pun bisa digunakan hanya menekan tombolnya.

Jika Anda ingin merasakan kontrol penuh saat mengolah bahan makanan, Philips menyematkan teknologi ProMix yang memungkinkan mata pisau berputar lancar dan memotong lebih cepat. Blender dengan daya listrik 500 watt ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengganti peran mixer saat membuat kue.

4. Oxone OX-864N Ice Blender Oxone – White

Oxone OX-864N Ice Blender Oxone – White
Oxone OX-864N Ice Blender Oxone – White

Produk Oxone juga telah malang-melintang di tanah air. Satu blender unggulan Oxone yang terkenal adalah Oxone OX-864N. Blender ini terbuat dari material berkualitas. Mata pisau di dalamnya terbentuk dari stainless steel sehingga awet dan tahan lama.

Wadah yang kukuh juga membuat produk ini berumur panjang meski dipakai dengan frekuensi tinggi. Untuk motornya sendiri, Oxone membekali tenaga ekstra sehingga bukan hanya mampu menggiling daging, tetapi menghancurkan es hingga halus. Berkapasitas 1,5 liter, cukup untuk kebutuhan Anda dan keluarga.

5. Sharp Blender Libre Premium Series EM-TI15LP(K)

Sharp Blender Libre Premium Series EM-TI15LP(K)
Sharp Blender Libre Premium Series EM-TI15LP(K)

Sharp EM-TI15LP(K) dibesut dengan teknologi mutakhir sehingga struktur yang dimilikinya benar-benar optimal. Mulai dari jug kaca yang tebal hingga pisau pemotong yang terbuat dari stainless steel, semuanya dijamin kuat dan tahan walaupun sering dipakai.

Sharp turut mendesain blender ini dengan tampilan berkelas nan elegan. Jadi, selain bertindak sebagai pencacah buah dan sayur, keberadaannya akan mendekorasi interior dapur Anda. Berdaya tampung sebanyak 1,5 liter, blender ini memungkinkan Anda membuat aneka olaha, mulai dari smoothie hingga milkshake lembut.

6. Sharp Blender EM-121-BK

Sharp Blender EM-121-BK
Sharp Blender EM-121-BK

Masih berkutat pada blender keluaran Sharp, pada poin ini kami rekomendasikan Anda Sharp EM-121-BK. Produk ini merupakan opsi alternatif dengan harga lebih terjangkau. Tidak memerlukan energi besar, yaitu hanya 350 watt, blender ini akan bekerja memotong segala bahan makanan yang masuk ke wadah.

Tenang saja, selain mencegah bertambahnya tagihan listrik, Sharp telah melengkapi blender ini dengan safety lock function. Fitur ini berguna agar konsumen seperti Anda mendapatkan keamanan ganda. Jadi, mesinnya tidak akan bekerja ketika blendernya tidak terpasang dengan benar.

7. Signora Nutri Blender

Signora Nutri Blender
Signora Nutri Blender

Signora Nutri Blender dirancang agar mampu menghasilkan olahan yang sehat. Tahukah Anda kalau nutrisi pada sayur dan buah bisa berkurang bila dihancurkan dengan tenaga besar? Adanya pengatur kecepatan pada blender ini, Anda dapat menyesuaikan sendiri tekstur yang diinginkan tanpa membuat nutrisi alaminya hilang.

Untuk daya terbesar, blender berukuran ringkas dan kompak ini memerlukan listrik sebesar 700 watt. Meski tergolong besar, proses penggilingan pun berlangsung lebih cepat karena motor yang bertenaga. Menariknya lagi, Signora menambahkan fitur high speed semisal Anda sedang terburu-buru.

8. Shake n Go Portable Juicer Blender

Shake n Go Portable Juicer Blender
Shake n Go Portable Juicer Blender

Shake n Go Portable Juicer Blender turut meramaikan pasar elektronik di Indonesia. Selain ekonomis, blender yang cocok untuk Anda yang mobile ini didesain dengan kesan kasual namun manis berkat sentuhan warna-warna cantiknya.

Meski tidak menyediakan tombol pengatur kecepatan motor, blender yang wadah tampungnya bisa dijadikan botol minum ini tetap mampu menghasilkan jus dan smoothie dengan tekstur yang lembut. Untuk pengoperasiannya, diperlukan baterai isi ulang yang jika terisi penuh bisa dipakai memblender hingga 10 kali.

9. Philips Daily Collection Blender HR2106/00

Philips Daily Collection Blender HR2106 00
Philips Daily Collection Blender HR2106 00

Koleksi blender yang dikeluarkan oleh Philips memang tidak sedikit. Tetapi tenang, kami hanya rekomendasikan yang kualitasnya unggul untuk Anda, salah satunya Philips HR2106/00 ini. Dengan harga tak sampai setengah juta, Anda dan anggota keluarga bisa nikmati smoothie bersamaan berkat wadah berkapasitas 1,5 liternya.

Philips memilihkan bahan kaca pada wadahnya sehingga bukan hanya cantik dan tampak berkelas, tetapi membuat hasil olahan tidak bau dan kacanya pun mudah dibersihkan. Blender dengan bilah pisau ProBlend 4 di dalamnya juga efektif untuk memotong dan mencampurkan bahan makanan.

10. Philips Daily Collection Blender HR2057/03

Philips Daily Collection Blender HR2057
Philips Daily Collection Blender HR2057

Produk rekomendasi terakhir ditutup oleh Philips HR2057/03. Yang satu ini merupakan koleksi lain dengan harga jauh lebih terjangkau dibandingkan produk sebelumnya. Philips HR2057/03 hanya membutuhkan daya listrik sebanyak 280 watt. Dengan mata pisau berbahan baja, hasil penggilingan semakin optimal dan bilah pisau pun lebih awet.

Philips memastikan pengguna memeroleh kemudahan ketika ingin membersihkan komponen blender. Mulai dari tabung hingga bilah pisaunya mudah dilepas dan dipasang. Uniknya lagi, pada bagian bawah blender tersedia ruang kecil yang sengaja dibuat untuk menyimpan kabel. Praktis dipakai, praktis disimpan!

Rekomendasi Lainnya : 10 Food Processor Terbaik

Kesimpulan

Saat ini blender bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari hidup banyak keluarga. Dorongan untuk memulai hidup sehat turut meningkatkan keinginan pasar terhadap blender. Anda bisa menyuguhkan jus untuk dikonsumsi sendiri atau bersama anggota keluarga lain. Selain itu, blender juga dapat diandalkan untuk kebutuhan lain, salah satunya membuat bumbu masakan.

Write A Comment

/* */