CEKLIST.ID – Sebagian orang lebih suka mencuci tanpa harus memindahkan hasil cucian basah ke pengering. Untuk itu, mesin cuci top loading diciptakan. Hanya dengan 1 tabung, maka kegiatan pencucian dan pengeringan dapat dilakukan pada tabung yang sama. Dengan begini, maka ukuran mesin cuci pun menjadi lebih kecil sehingga muat ditempatkan di ruang pencucian yang tidak terlalu besar.

Berbagai produsen mesin cuci Panasonic, Samsung, Hitachi, dan LG, terus bersaing memproduksi mesin cuci top loading agar dipilih masyarakat. Setiap produsen fokus menyajikan kualitas mesin yang tangguh, sementara sebagian lain juga menekankan kemudahan penggunaan. Jadi, mana hendak Anda pilih? Yuk, dapatkan mesin cuci top loading terbaik Anda di artikel ini!

Gambar Ilustrasi Mesin Cuci Top Loading Yang Bagus
Gambar Ilustrasi Mesin Cuci Top Loading

Cara memilih mesin cuci top loading yang Bagus

Proses pemilihan mesin cuci top loading tidaklah menyulitkan. Tetapi, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa poin agar tidak keliru dalam memilih. Berikut kami sajikan sejumlah elemen yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci top loading.

1. Pilih ukuran mesi cuci berdasarkan kapasitas pencucian

Pada umumnya, masing-masing orang dewasa aktif menghabiskan 1,5 kg berat pakaian dalam sehari. Jika Anda tidak tinggal sendirian, alias sudah berkeluarga atau tinggal di apartemen dengan teman, hitunglah dengan mengalikan jumlah standar berat pakaian setiap orang dengan jumlah orang yang tinggal. Setelah mendapatkan kapasitas pencucian yang dibutuhkan, pilihlah mesin cuci yang memampukan pencucian 30% lebih banyak dari total berat pakaian.

Sejatinya, ukuran mesin cuci yang lebih besar akan mengoptimalkan hasil cucian. Namun, apabila Anda lebih suka menumpuk pakaian untuk dicuci sekaligus dalam beberapa hari sekali, Anda dapat memilih ukuran yang lebih kecil. Hanya saja, perlu waktu lebih lama karena Anda harus melakukan pencucian beberapa kali. Meski begitu, memilih ukuran mesin cuci yang lebih kecil sama saja menghemat pengeluaran Anda untuk pembelian mesin cuci.

2. 3Pilihlah ketinggian mesin cuci yang sesuai agar nyaman

Selain memperhatikan volume mesin cuci, Anda juga perlu memeriksa ketinggian dari mesin cuci yang hendak digunakan. Mesin cuci top loading menggunakan pintu bukaan atas sehinga Anda harus bisa melihat ke dalam tabung secara sempurna. Dengan kata lain, tinggi badan Anda mudah menjangkau mesin cuci dari atas.

Kita ambil contoh, jika tinggi badan Anda 160 – 170 cm, sebaiknya Anda memilih produk yang mempunyai ketinggian 90 – 100 cm. Ketinggian yang sesuai akan memberikan kenyamanan bagi Anda. Anda pun tidak harus membungkuk akibat mesin cuci yang terlalu pendek. Selain itu, jika Anda letakkan rak gantung di atas mesin cuci, maka Anda atau tutup mesin tidak akan terhalang oleh rak gantung.

3. Pilihlah yang dilengkapi fitur pengering

Diciptakannya mesin cuci tak lain untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pencucian, bukan? Selain bisa mencuci, pastikan produk pilihan Anda juga dibekali fitur pengering dalam tabung yang sama. Fungsi ini sebenarnya umum dijumpai pada mesin cuci 2 tabung, tetapi beberapa mesin cuci 1 tabung semacam top loading tidak selalu disertakan.

Dengan adanya fitur pengering, Anda pun bisa langsung menjemur pakaian yang setengah kering. Jadi tidak perlu waktu lama lagi agar pakaian bisa kering sempurna ketika dijemur. Meski demikian, daya pengering pada mesin cuci top loading dinilai lebih lemah jika dibandingkan dengan mesin cuci front loading alias bukaan depan.

4. Pertimbangkan fitur inverter agar bisa mencuci di malam hari

Banyaknya fitur pada mesin cuci tentu akan sangat membantu setiap pengguna. Salah satu fitur yang sebaiknya hadir dalam mesin cuci pilihan Anda adalah inverter. Inverter adalah teknologi yang berpusat untuk mnegatur perputaran motor mesin agar bekerja tanpa menghasilkan suara berisik.

Berkat fitur ini, Anda tetap bisa mencuci di malam hari tanpa mengganggu anggota keluarga lain yang sedang tidur atau tetangga sebelah yang lagi beristirahat. Selain bisa membuat mesin cuci tidak bising, fungsi inverter juga menjadikan mesin cuci lebih hemat energi dan air.

10 Rekomendasi mesin cuci top loading terbaik

Sudahkah Anda mendapat gambaran mesin cuci top loading seperti bagaimana yang hendak dipilih? Di bawah ini, ceklist.id perlihatkan mesin cuci top loading terbaik dari brang-brand elektronik rumah tangga terbesar. Selamat memilih!

1. Mesin Cuci Top Loading Panasonic NA-F80A5HSG

Gambar Mesin Cuci Top Loading Panasonic NA-F80A5HSG
Mesin Cuci Top Loading Panasonic NA-F80A5HSG

Panasonic menciptakan mesin cuci top loading yang dapat membersihkan noda dan kotoran membandel secara optimal. Bahkan, mesin cuci ini andal dalam menghilangkan noda kecap, saus, lumpur, dan bahkan keringat. Proses pengeringan juga dapat dilakukan oleh mesin cuci ini. Satu produk untuk segala proses yang Anda butuhkan akan dilakukan oleh Panasonic NA-F80A5HSG.

Teknologi ActiveFoam yang dibenamkan membuat mesin cuci menghasilkan busa halus yang dapat menembus ke dalam sert kain untuk menghilangkan kotoran. Melalui mesin ini, Panasonic memberikan solusi penghematan air dan energi karena teknologi ActiveFoam dan StainMasternya. Berkapasitas 8 kg, produk ini cocok dipakai oleh keluarga dengan anggota 4 – 5  orang, termasuk Anda.

2. Mesin Cuci Top Loading AQUA AQW-97D-H

Mesin Cuci Top Loading AQUA AQW-97D-H
Mesin Cuci Top Loading AQUA AQW-97D-H

Produk dari AQUA ini terkenal akan kemampuannya mencuci jenis pakaian yang berserat kain halus. Jilbab, blus, dan kemeja kerja yang berbahan lembut akan mudah rusak ketika dicuci dengan mesin cuci. Tetapi, mesin cuci berkapasitas 9 kg ini dibekali mode khusus yang akan membuat bahan lembut tidak mudah rusak saat diduci.

Dilengkapi pula dengan daya pengering yang baik, Anda pun bisa mengeluarkan hasil cucian yang siap dijemur dalam waktu singkat. Mesin cuci top loading dari AQUA ini memastikan ukurannya ringkas, yaitu hanya berdimensi 55 x 57 x 94 cm sehingga muat ditempatkan di ruang cuci yang tidak begitu luas.

3. Mesin Cuci Top Loading Sanken AW-S907

Mesin Cuci Top Loading Sanken AW-S907
Mesin Cuci Top Loading Sanken AW-S907

Saat musim penghujan, salah satu masalah yang dikeluhkan orang adalah pakaian sulit kering. Bila Anda ingin tetap optimal dalam menjalani aktivitas tanpa diganggu pakaian yang sulit kering, mesin cuci dari Sanken ini layak dipertimbangkan. Dengan teknologi Tornado Dry-nya, produk ini bisa menciptakan cucian 40% lebih kering dalam waktu singkat.

Anda akan terhindarkan dari pakaian tidak kering dan bau meskipun langit mendung atau kurang panas matahari. Walau tidak menerapkan inverter, teknologi Fuzzy Logic yang disematkan membuat Sanken AW-S907 tetap efisien dalam mencuci. Berukuran 55 x 56,4 x 91 cm dengan kapasitas 9 kg, produk ini tergolong ramping untuk membersihkan lebih banyak pakaian.

4. Mesin Cuci Top Loading Samsung WA90J5711SW

Samsung WA90J5711SW
Mesin Cuci Top Loading Samsung WA90J5711SW

Samsung WA90J571SW dihadirkan dengan memadukan funsgi pencucia otomatis dan manual. Ketika Anda menemukan noda pakaian yang belum bersih, Anda bisa mengaktifkan fitur Activ DualwashTM agar dapat mencuci atau mengucek pakaian secara manual.

Produk berkapasitas 9 kg ini telah dilengkapi teknologi inverter agar Anda dapat nyaman mencuci tanpa diganggu suara bising. Tentu saja, proses pencucian takkan memangkas banyak air maupun energi berkat teknologi tersebut.Di samping itu, Anda dapat membersihkan tabung mesin cuci hanya dengan menekan 1 tombol yang disediakan.

5. Mesin Cuci Top Loading Midea Marine MAM110-S2005T

Midea Marine MAM110-S2005T
Mesin Cuci Top Loading Midea Marine MAM110-S2005T

Mesin cuci Midea ini dibekali volume tabung 11 kg yang ideal dipakai untuk Anda yang telah berkeluarga dan memiliki 3 – 4 orang anak. Produk ini dirancang agar pintar dan mandiri. Maksudnya, cukup menekan 1 tombol pada panel kontrolnya, mesin cuci pun akan bekerja otomatis menimbang bobot cucian serta menyesuaikan air dan waktu pengeringan yang dibutuhkan.

Mesin cuci berlayar operasi LED ini dibekali pulsator yang bukan hanya tanguh, tetapi juga berdesain unik. Tabung pebbble drum yang terletak di dalamnya akan membantu pakaian tercuci secara optimal tanpa kusut atau menyangkut ke lubang tabung. Mesin cuci berdimensi 58 x 64 x 99 cm ini telah dilengkapi pula oleh pengaman yang mengunci otomatis saat mesin bekerja.

6. Mesin Cuci Top Loading Hitachi SF-140XAV

Mesin Cuci Top Loading Hitachi SF-140XAV
Mesin Cuci Top Loading Hitachi SF-140XAV

Mencuci pakaian bukan lagi beban ketika memakai mesin cuci ini. Hanya tersedia 4 tombol pada panel kontrol, Anda yang awam dalam mengoperasiakn mesin cuci takkan kesulitan saat menggunakan produk ini. Hitachi menjatahkan mesin cuci ini untuk kebutuhan hingga 7 orang dengan karakteristik produk yang user friendly.

Selain sederhana dan mudah digunakan, produk ini lengkap dengan fitur inverter yang Anda butuhkan agar kegiatan mencuci tidak mengganggu kenyamanan orang di rumah. Anda dapat mengandalkan keempat tombo untuk mencuci, mengeringkan, serta melakukan penyesuaian jumlah air dan jumlah pembilasan.

7. Mesin Cuci Top Loading LG T2721SSAV

Mesin Cuci Top Loading LG T2721SSAV
Mesin Cuci Top Loading LG T2721SSAV

Jika Anda ingin mencuci pakaian menumpuk beberapa hari sekali tanpa melakukan pencucian berulang, mesin cuci top loading persembahan LG ini solusinya. Memiliki kapasitas hingga 21 kg, produk ini setara untuk mencuci berat pakaian 10 orang!

Kapasitas superbesar dari LG T2721SSAV akan membantu aktivitas mencuci selesai lebih cepat. Walau berkapasitas jumbo, mesin cuci ini hanya berdimensi 66,6 x 68,6 x 102 cm sehingga desainnya pun tetap penuh gaya, termasuk tutupnya yang sleek. Sudah disertakan fitur inverter, Anda tidak perlu lagi membuang air dan energi terlalu banyak!

8. Mesin Cuci Top Loading SHARP Megamouth Series ES-M805P-WR/WB

SHARP Megamouth Series ES-M805P-WR WB
Mesin Cuci Top Loading SHARP Megamouth Series ES-M805P-WR WB

Anda bisa mengurangi frekuensi memasukkan muatan cucian ke dalam tabung berkat mulut tabung yang berukuran besar. Produk ini mempuynai dimensi 53 x 58,5 x 96,3. Dengan demikian, walaupun bermulut besar, mesin cuci ini tetap berukuran kompak sehingga tidak memakan banyak ruang.

Menyediakan kapasitas 8 kg untuk jatah 3 – 4 orang, mesin cuci ini mengandalkan pulsator bertekstur yang mampu menciptakan arus kuat agar kotoran serta noda pada pakaian terangkat sempurna. Produk dari Sharp ini juga dibekali automatic cleaning tube agar Anda tidak perlu membersihkannya manual.

9. Mesin Cuci Top Loading LG TSA115ND6

Mesin Cuci Top Loading LG TSA115ND6
Mesin Cuci Top Loading LG TSA115ND6

Jika Anda menyukai kesederhanaan, mesin cuci LG satu ini pastilah Anda sukai. Berukuran ramping dan kompak dengan dimensi 54 x 54 x 94,5, produk ini cukup proporsional sehingga tetap elegan dari kejauhan. Menawarkan kapasitas muatan 11,5 kg, produk ini akan mempersingkat waktu pencucian.

Tak lupa, LG juga memasangkan fitur pengeringan ke dalam produk unggulannya ini. Teknologi inverter dimiliki juga, membuat mesin cuci ini mampu bekerja tanpa berisik. Kemudian, TurboShotTM Technology yang dibenamkan memampukan mesin melakukan 6 gerakan mencuci agar hasilnya tetap optimal.

10. Mesin Cuci Top Loading Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513

Mesin Cuci Top Loading Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513
Mesin Cuci Top Loading Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513

Polytron Zeromatic Belleza PAW-7513 dipersejatai oleh 9 mode pencucian yang daapt disesuaikan berdasarkan jenis dan bahan pakaian serta bobot cucian. Waktu pencucian juga bisa dipercepat hanya dengan menyetel durasinya pada panel kontrol.

Produk berkapasitas 7,5 kg ini telah dilengkapi pengering. Mempunyai dimensi 54 x 55,2 x 89 cm, mesin cuci dengan 3 pilihan warna ini juga memberikan kemudahan tatkala Anda mencuci di malam hari atau ruangan yang gelap. Pada panel kontrolnya terdapat sensor tangan yang akan menyala ketika tangan Anda mendekat.

Rekomendasi Lainnya : 10 Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Kesimpulan

Banyaknya produsen mesin cuci top loading saat ini tentu tak lagi menjadi hambatan bagi Anda dalam memilih. Dengan dibahasnya tips memilih berikut 10 produk rekomendasinya, Anda pun semakin leluasa dalam memilih berdasarkan spesifikasi yang dimiliki masing-masing produk. Bila memungkinkan, pilihlah mesin cuci yang juga diberikan garansi berjangka panjang oleh produsen, ya!

Write A Comment

/* */