CEKLIST.ID – Untuk membuat prakarya hingga keperluan kantor, lem kertas dapat sekali diandalkan. Benda satu ini mampu merekatkan dengan kekuatan yang berbeda-beda, mulai dari relatif rendah hingga paling kuat. Kecepatan kering juga menjadi aspek penting untuk diperhatikan ketika memilih lem kertas. Jadi, sudah siap memilih lem kertas Anda?

Terdapat beberapa macam lem kertas, namun yang paling umum dijumpai adalah lem kertas berbentuk cair dan padat atau batang (stik). Sekarang ini, ada pula lem kertas berjenis roller yang sangat praktis penggunaannya. Berbagai merek dapat Anda temukan. Akan tetapi, pilihlah yang paling tepat. Kami akan pandu Anda memperoleh lem kertas yang ideal melalui artikel ini.

Lem Kertas Terbaik 2020
Gambar Ilustrasi Lem Kertas / Sheknows

Cara Memilih Lem Kertas yang Bagus

UHU, Povinal, Fox, dan Giotto adalah nama-nama produsen lem kertas ternama di dunia. Masing-masing produsen mengeluarkan lem kertas dalam wujud padat, cair, ataupun roller. Apabila Anda ingin menggunakan lem, sesuaikan dengan kebutuhan. Selain memperhatikan kekuatan merekat, pikirkan pula kemudahan pemakaian, tingkat detail, dan kemudahannya dilepas.

Apabila terjadi kesalahan, penting memilih produk yang mudah dilepas dengan sejumlah cara untuk pemasangan ulang. Selain itu, beberapa produk lem juga bisa mengubah warna kertas. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya kenali terlebih dahulu karakteristik dari masing-masing bentuk lem kertas. Akan kami jelaskan secara rinci berikut ini.

1. Lem cair yang baik untuk bidang luas

Lem cair merupakan bentuk lem paling pertama yang dikeluarkan untuk mengelem bidang kertas. Anda bisa menempelkan kertas berbidang luas dengan lem cair. Umumnya diciptakan dalam botol yang bagian mulutnya berbeda-beda ukurannya, ada yang bermulut besar dan bermulut kecil. Biasanya, lem bermulut besar lebih sulit dikontrol ketika ingin mengeluarkan isinya.

Lem kertas berjenis cair dapat dipakai untuk membuat DIY (Do It Yourself) atau proyek kerajinan tangan lain. Karakteristik dari lem cair adalah butuh waktu cukup lama untuk kering dan bisa membuat media yang dilem mengerut. Akan tetapi, lem cair memiliki daya rekat cukup kuat dan bisa diaplikasikan pada bidang luas dengan mudah.

2. Lem padat yang cocok untuk bidang kecil

Lem padat atau batang biasanya berbentuk stik dengan permukaan rata. Jenis lem ini lebih cepat keirng jika dibandingkan lem cair. Kelebihannya terletak pada kemudahan pemakaian, bisa diterapkan pada bidang kecil maupun luas, serta memungkinkan untuk dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah isinya. Lem padat banyak digunakan oleh anak-anak untuk membuat kerajinan.

Meski bernilai praktis, lem padat umumnya memiliki daya rekat yang relatif rendah. Bahkan, bila tidak dipulaskan lem hingga beberapa kali, daya rekatnya bisa hilang dan media yang direkatkan bisa lepas seiring berjalan waktu. Anda dapat menggunakan lem padat untuk menutup amplop ataupun menempelkan kertas laporan belanja pada buku catatan anggaran bulanan.

3. Lem roller yang praktis dan tidak perlu mengenai tangan

Apabila Anda memerlukan lem yang praktis dan berdaya lekat baik, gunakanlah lem bertipe roller. Ada beberapa bentuk lem ini, tapi kami sarankan agar Anda memilih lem roller yang menyerupai correction tape. Tipe lem berikut ini dapat Anda andalkan untuk mengelem secara detail, seperti di bidang-bidang yang sempit.

Lem berbentuk roller memang praktis, tetapi dari segi harga cukup tinggi. Jadi, pertimbangkanlah bila Anda ingin menggunakannya dalam jumlah banyak. Lebih baik menggunakan lem roller hanya untuk merekatkan bidang yang sempit atau bergaris lurus. Saat membeli lem tipe ini, ketahui pula apakah isinya bisa diisi ulang atau tidak. Agar lebih ekonomis, pilihlah yang bisa di-refill.

4. Perhatikan portabilitas dari produk pilihan Anda

Bagi anak-anak, lem kertas termasuk benda penting yang wajib dibawa ketika sekolah. Di samping itu, untuk pekerjaan kantor, lem kertas juga memiliki kegunaannya tersendiri, seperti menempel memo, catatan kecil, dan sebagainya pada buku kontrol. Apa pun kebutuhan Anda terhadap sebuah lem kertas, pastikan lem kepunyaan Anda mudah dibawa ke mana-mana.

Belilah lem yang ukurannya mudah digenggam serta mudah dibawa. Utamakan memilih lem padat atau roller yang tidak rentan tumpah ketika dimasukkan ke tempat pensil. Untuk keperluan kantor, lem kertas pilihan Anda harus bisa muat di pen stand atau ukurannya sesuai dengan meja kantor. Jika emmilih lem roller, pastikan Anda pilih yang paling praktis pemakaiannya.

10 Rekomendasi lem kertas terbaik

Setelah mengetahui karakteristik dari masing-masing lem kertas berdasarkan wujud dan bentuknya, sekarang Anda bisa mengetahui 10 lem kertas terbaik yang terdiri dari bentuk dan kelebihan dari setiap produk yang akan ceklist review dibawah ini. Pilihlah lem yang bukan hanya berdaya rekat baik, tetapi juga praktis serta terjangkau harganya. Selamat memilih!

1. Lem 3M Super 77

3M Super 77
Produk 3M Super 77

Jika Anda ingin menghemat pemakaian lem, Anda bisa menggunakan lem tipe semprot ini. 3M Super 77 mampu merekatkan dengan waktu pengeringan singkat, yaitu sekitar 15 – 30 detik saja. Apabila Anda tidak punya waktu banyak untuk menunggu lem kering, lem kertas satu ini layak dijadikan pilihan.

Pekerjaan bisa selesai lebih cepat karena kelebihannya tadi. Di samping itu, karena berbentuk spray, maka lem ini bisa menyebarkan partikel lengket ke bidang yang lebih luas. Karena itu, lem ini lebih cocok untuk perekatan media yang cukup luas, seperti kain, kertas, logam, kayu, plastik, isolasi, hingga car board.

2. UHU Twist & Glue

UHU Twist & Glue
Produk UHU Twist & Glue

Tentu saja Anda pernah mendengar merek lem satu ini, bukan? UHU mengeluarkan seri Twist & Glue yang merupakan lem cair dengan 3 fungsi perekatan, yakni berbentuk titik, garis, dan permukaan rata. Lem ini memiliki mulut berukuran kecil sehingga Anda dapat mengatur pemakaiannya di berbagai bidang.

Baik pada bidang kecil, sedang, dan besar, semuanya dapat dilekatkan dengan baik. Anda dapat mengandalkan lem ini pada banyak media, mulai dari kertas yang umum, hingga gabus, kayu, logam, kulit, porselen, plastik, kaca, hingga foto. Lem UHU berikut dapat diisi ulang serta mudah dibersihkan dengan air hangat.

3. Tombow Pit Power-C Glue Tape

Tombow Pit Power-C Glue Tape
Produk Tombow Pit Power-C Glue Tape

Tombow Pit Power-C Glue Tape adalah lem roller asal Jepang yang dapat Anda miliki ketika mengutamakan kepraktisan penggunaan. Pemakainnya mirip seperti menggunakan correction tape. Cukup ditekan dan digeser, maka lem akan keluar dan siap melekatkan banyak media, terutama yang memerlukan hasil detail.

Misalnya saja, Anda bisa mengelem tepi ampop atau kertas kado. Dengan lem ini, Anda bisa merekatkan dengan hasil sangat kuat dan rapi namun tidak membuat tangan Anda kotor atau lengket akibat ketidaksengajaan. Anda bisa pula membuat scrapbook berornamen menarik dengan lem ini.

4. Giotto Glue Stick

Giotto Glue Stick
Produk Giotto Glue Stick

Giotto Glue Stick mempunyai bentuk padat sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menempel. Berbeda dengan lem padat lainnya, produk ini justru memiliki daya rekat yang tinggi. Selain itu, Anda juga nyaman ketika menerapkan lem ini karena tidak memiliki bau menyengat layaknya lem pada umumnya.

Anak-anak juga aman ketika menggunakan lem ini, termasuk orang dewasa yang berhidung sensitif terhadap aroma menyengat. Walaupun berwujud padat, lem ini dapat dipindahkan ke media dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memutar bagian ujung lalu oleskan pada media yang ingin Anda lekatkan. Begitu saja dan lem pun langsung melekat dengan kuat.

5. Lem Fox Stik untuk Karton, Kertas, Kain dan Kayu

Lem Fox Stik
Produk Lem Fox Stik

Apakah Anda membutuhkan lem untuk pemakaian lebih sering? Kami sarankan Anda memilih lem ini karena berdaya jual rendah. Lem Fox berbentuk stik ini mudah diatur penggunaannya berkat dikemas dalam ujung menyerupai pipet. Di samping itu, lem ini juga tidak mengandung bahan kimia sehingga aman serta ramah lingkungan.

Saat lem tidak sengaja terkena tangan, Anda tidak perlu khawatir akan efek buruk yang ditimbulkan ketika lem kering di tangan. Berwarna puti, lem ini mampu merekat sangat kuat pada material kertas, karton, kain, dan bahkan kayu. Jika Anda mencari lem yang tidak membuat kertas tipis mengerut, Lem Fox Stik satu-satunya pilihan ekonomis dan terbaik!

6. Kokuyo Dotliner Tape Glue

Kokuyo Dotliner Tape Glue
Produk Kokuyo Dotliner Tape Glue

Kokuyo adalah produsen asal Jepang yang menyediakan lem kertas bertipe roller atau tape. Hadir dalam dua tipe, yaitu permanen dan removable, Anda bisa gunakan berdasarkan kebutuhan. Ketika memilih yang permanen, lemnya melekat sangat kuat sehingga risiko lepas semakin kecil.

Sementara tipe yang dapat dilepas (removable) tidak meninggalkan bekas lengket di tangan. Produk ini ideal penggunaannya untuk mendukung kreativitas Anda, baik dalam membuat scrapbook, crafting, hingga melakukan pekerjaan umum dengan lem lainnya.

7. Castol U-Glue

Castol U-Glue
Produk Castol U-Glue

Apabila Anda mencari lem cair yang berwarna bening atau transparan, milikilah Castol U-Glue. Lem berikut memiliki warna bening dengna daya rekat yang relatif baik. Anda dapat mengaplikasikan lem ini pada sejumlah media, seperti kertas, plastik, keramik atau porselen, kaca kristal, kulit, dan kayu. Anda juga bisa menggunakan lem ini untuk merekatkan styrofoam.

Praktis penggunaannya adalah kelebihan dari lem ini. Hanya saja, Anda harus berhati-hati ketika menekan badan lem karena isinya bisa keluar banyak bila tidak dikontrol secara baik Selain itu, lem ini juga perlu waktu cukup lama sebelum mengering. Jadi, untuk hasil maksimal, diperlukan ketenangan dan kesabaran saat memakai produk ini.

8. Povinal Lem Cair

Povinal Lem Cair
Produk Povinal Lem Cair

Povinal adalah merek lem cair yang terkenal di Indonesia Produk ini umum dipilih oleh anak-anak yang hobi membuat prakarya atau kerajinan tangan. Ketika mendapat perintah dari guru untuk membawa lem, umumnya mereka akan membawa lem ini karena relatif terjangkau harganya untuk kalangan anak sekolah.

Lem cair ini juga ideal dipakai untuk keperluan rumahan hingga kantoran. Akan tetapi, lem ini lebih tepat untuk bidang yang luas. Penggunaannya juga mudah, termasuk perataannya. Dengan ujung mulut yang pipih, Anda bisa manfaatkan bagian tersebut untuk meratakan lem, tangan pun tidak kotor.

9. Scotch Purple Glue Stick

Scotch Purple Glue Stick
Produk Scotch Purple Glue Stick

Produk perekat berbentuk padat satu ini memiliki kemasan yang menarik, yaitu warna ungu. Uniknya lagi, warna lem satu ini juga ungu, sehingga akan tampak menarik ketika pertama kali diaplikasikan. Saat lemnya mengering, yang tadinya berwarna ungu akan berubah menjadi transparan.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah lem telah kering sempurna atau belum hanya dengan melihat warnanya. Kemudian, lem padat ini juga berdaya rekat baik serta mudah menempel ke berbagai media. Bagi anak-anak, lem ini aman digunakan karena tidak mengandung toksin.

10. Kokuyo Dotliner Stamp

Kokuyo Dotliner Stamp
Produk Kokuyo Dotliner Stamp

Apabila Anda memerlukan lem berbentuk stamp, mungkin Dotliner Stamp dari Kokuyo berikut dapat dijadikan pilihan. Walaupun dibandrol dengan harga cukup tinggi, lem ini bisa digunakan hingga 600 kali pengecapan, lho! Belum lagi dengan kepraktisan pemakaiannya, hanya ditekan, lem sudah keluar dengan jumlah yang ideal.

Anda pun bisa lebih hemat ketika menggunakan lem ini. Di samping itu, lem berbentuk stempel ini juga dapat Anda gunakan sebagai lem roller. Tinggal atur sesuai kebutuhan atau preferensi Anda. Untuk pekerjaan rumahan hingga kantoran, lem ini sangat bisa diandalkan.

Rekomendasi Lainnya : 10 Wallpaper Dinding Terbaik

Kesimpulan

Ketika memakai lem kertas, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Ketika mengaplikasikan lem, jangan gunakan secara berlebihan agar tidak menimbulkan kerutan atau membuat waktu pengeringan lebih lama. Gunakanlah secara perlahan, tipis-tipis di permukaan, baru diratakan pada seluruh permukaan.

Ketika menerapkan lem padat, jangan tekan terlalu kuat sehingga menimbulkan gumpalan di media kertas atau media perekatan lain. Jika Anda menggunakan lem untuk merekatkan setruk belanja, ingatlah bahwa beberapa produk bisa membuat setruk belanja berubah warna. Kemudian saat terjadi masalah, Anda dapat mengandalkan uap panas untuk melunakkan lem sehingga mungkin untuk melakukan pengeleman ulang.

Write A Comment

/* */