CEKLIST.ID – Banyak yang mengatakan bahwa buku merupakan jendela pengetahuan, karena membuat orang bisa menjelajahi pemikiran dan pengalaman orang lain melalui membaca buku. Secara garis besar, buku terbagi menjadi buku fiksi dan non fiksi. Dari sekian banyaknya buku di pasaran, tentu ada beberapa judul yang masuk dalam kategori best seller. Jadi pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai buku best seller, khususnya buku-buku non fiksi.

Buku Best Seller
Gambar Ilustrasi Salahsatu Buku Best Seller Atomic Habits / jamesclear.com

Pada toko buku besar seperti Gramedia, biasanya ada 1 buku untuk setiap judul yang sudah dibuka plastik wrap-nya, jadi pembaca bisa mengetahui gambaran dari buku yang akan dibeli. Cara lain yang lebih mudah dalam memilih buku adalah memilih buku best seller yang digemari oleh banyak orang, meski belum tentu sesuai selera.

Tips Memilih Buku Berkualitas Bagus

Supaya tidak salah pilih buku, ikuti beberapa tips memilih buku berkualitas bagus berikut ini.

1. Menyesuaikan buku yang dibeli dengan tujuan

Untuk memastikan bahwa buku best seller yang dibeli sesuai dengan tujuan, pastikan untuk mengecek sampul buku, pendahuluan, daftar isi, dan sampul belakang. Pada beberapa bagian tersebut seringkali sudah tertulis simple message dari penulisnya. Terlebih lagi di bagian belakang buku, umumnya terdapat sinopsis yang mendeskripsikan isi buku secara keseluruhan. Dengan mengecek hal-hal tersebut, Anda akan memperoleh buku yang sesuai dengan tujuan.

2. Mengecek waktu buku diterbitkan

Bagaimanapun, ilmu dan pengetahuan selalu mengikuti perkembangan zaman sehingga buku-buku yang sudah terlalu lama bisa saja tidak relevan. Memang ada beberapa buku best seller yang diterbitkan pada tahun 90-an masih bisa dibaca maupun dipraktikkan sampai sekarang, namun biasanya masih ditemui banyak kekurangan sehingga diperlukan buku yang up to date.

Anda bisa mengecek kapan buku pertama kali diterbitkan pada lembar sebelum pendahuluan atau di belakang Daftar Pustaka. Kalau buku best seller yang dibeli merupakan jenis buku non fiksi dan pengetahuan, jarak toleransi yang diberikan bisa 5 tahun dan maksimal 10 tahun dari tahun membeli buku. Tetapi kalau untuk buku fiksi seperti novel dan kumpulan puisi, jarak terbit lebih dari 10 atau bahkan 20 tahun sebenarnya bukan suatu masalah.

3. Mengamati cara author menyampaikan pesannya

Setiap penulis tentu memiliki latar belakang yang berbeda, baik itu tingkat pendidikan, suku, agama, keluarga, lingkungan pertemanan, pekerjaan, pengalaman hidup, dan lainnya. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi bagaimana penulis menyampaikan pesannya kepada pembaca. Kalau pesan yang disampaikan penulis belum sesuai dengan selera namun bukunya sudah memenuhi tujuan Anda, coba dulu untuk mencari alternatif buku best seller lain yang bertema sama tetapi ditulis oleh orang yang berbeda.

4. Mengecek review pembaca sebelumnya

Saat ini sudah ada beberapa platform yang memugkinkan pembaca untuk memberikan review terhadap sebuah buku, salah satu yang terbesar adalah Good Reads. Melalui platform tersebut, Anda bisa mengetahui pendapat pembaca sebelumnya dari buku yang akan dibeli. Meski tidak semua opini itu sesuai dengan opini Anda nantinya, setidaknya Anda sudah mengetahui gambaran menarik atau tidaknya sebuah buku. Tentu tidak mau bukan uang melayang begitu saja karena membeli buku yang tidak sesuai selera, meski statusnya buku best seller?

10 Rekomendasi Berbagai Buku Best Seller

Ada cukup banyak buku non-fiksi, terutama kategori motivasi atau self improvement yang cukup laris manis di pasaran. Berikut rekomendasi beberapa buku best seller non-fiksi dari ceklist.id untuk mengisi hari-hari Anda.

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Buku Best Seller Gramedia 2022 - SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT - Mark Manson
Buku Best Seller – Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson
Nama ProdukSebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson banyak menulis hal-hal yang mengoreksi harapan-harapan delusional melalui blognya dan menjadi sangat populer di berbagai kalangan. Berbagai pemikirannya tersebut kemudian dituangkan dalam buku ini dan menjadi salah satu buku best seller di Indonesia dengan cepat.

Selain ditunjang dengan judul yang unik, isi buku juga tidak kalah menarik. Pada buku ini, Mark Manson menuliskan bahwa, “Kunci untuk kehidupan menjadi lebih baik bukan tentang mempedulikan banyak hal; namun tentang mempedulikan hal yang sederhana saja, hanya peduli tentang apa yang benar dan mendesak dan penting”. Dipasarkan secara luas di toko buku online maupun offline, buku best seller ini dibandrol dengan harga 60 ribuan rupiah.

2. Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa – James Clear

Buku Best Seller Gramedia 2022 - Atomic Habits- Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa - James Clear
Atomic Habits- Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa – James Clear
Nama ProdukAtomic Habits: Perubahan Kecil Yang Memberikan Hasil Luar Biasa
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

James Clear menemukan bahwa perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan atau bahkan ribuan keputusan kecil, misalnya mengerjakan dua push-up sehari, bangun lima menit lebih awal, sampai menahan sebentar hasrat untuk menelepon. Semua kebiasaan itu disebut sebagai Atomic Habits, sebagaimana judul buku best seller yang ditulisnya.

Dalam buku best seller ini, Clear mengungkapkan bagaimana perubahan-perubahan yang sangat kecil dapat tumbuh menjadi hasil-hasil yang mengubah hidup. Ia menyingkap beberapa trik sederhana dalam hidup, seperti kekuatan tak terduga Aturan Dua Menit, dan menggali teori psikologi serta neurosains untuk menjelaskan pentingnya perubahan kecil tersebut. Kalau Anda memerlukan motivasi yang sederhana tapi mengena, buku yang dijual 100 ribuan rupiah ini cocok untuk Anda.

3. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki – Baek Se Hee

Buku Best Seller Gramedia 2022 - I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki - Baek Se Hee – Haru
Buku Best Seller – I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki – Baek Se Hee – Haru
Nama ProdukI Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Ditulis oleh Baek Se Hee, I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki menjadi salah satu buku best seller di Korea Selatan dan banyak digemari juga oleh orang Indonesia. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki merupakan sebuah esai tentang pertanyaan, penilaian, saran, nasihat, dan evaluasi diri dengan tujuan membuat pembaca bisa menerima dan mencintai dirinya sendiri. Kisah Baek Se Hee ditulis dengan menyentuh sehingga tidak heran jika buku self improvement ini memperoleh sambutan baik dari para pembaca di negara asalnya.

Untuk versi terjemahan bahasa Indonesianya, diterbitkan oleh Penerbit Haru dengan tebal 236 halaman. Buku best seller ini dijual di banyak toko buku, baik secara online maupun offline dan harganya 90 ribuan rupiah.

4. Filosofi Teras – Henry Manampiring

Buku Best Seller Gramedia 2022 - Filosofi Teras - Henry Manampiring
Buku Best Seller – Filosofi Teras – Henry Manampiring
Nama ProdukFilosofi Teras
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Stoisisme atau yang dikenal sebagai Filosofi Teras yang telah ditemukan sekitar 2000 tahun lalu adalah filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu manusia untuk mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang kuat dalam menghadapi kehidupan. Namun berbeda dengan filsafat yang berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras justru relevan dan mudah dimengerti dengan kehidupan manusia masa kini. Hal itu membuat Filosofi Teras karya Henry Manampiring ini menjadi salah satu buku best seller di Indonesia.

Buku best seller ini ditulis setebal 320 halaman dan diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas. Anda bisa membelinya di Gramedia atau toko buku lain secara online maupun offline dan dijual dengan harga 100 ribuan rupiah.

5. The Psychology of Money – Morgan Housel

Buku Best Seller Gramedia 2022 - The Psychology of Money – Morgan Housel
Buku Best Seller – The Psychology of Money – Morgan Housel
Nama ProdukThe Psychology Of Money
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Kalau Anda termasuk orang yang sulit mengatur pengeluaran dengan baik, buku best seller The Psychology of Money karya Morgan Housel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam buku ini, Morgan Housel membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi cara-cara ‘aneh’ dari orang-orang yang berpikir tentang uang dan mengajari pembacanya memahami topik finansial dengan lebih baik.

Buku best seller ini hanya setebal 262 halaman, jadi tidak akan menyita waktu terlalu banyak untuk menamatkannya. The Psychology of Money dicetak dalam varian soft cover dan dijual 70 ribuan rupiah. Ada juga varian hard cover dan dijual dengan harga 100 ribuan rupiah.

6. The Life Changing Magic Of Tidying Up – Marie Kondo

Buku Best Seller Gramedia 2022 - The Life Changing Magic Of Tidying Up - Marie Kondo
Buku Best Seller – The Life Changing Magic Of Tidying Up – Marie Kondo
Nama ProdukThe Life Changing Magic Of Tidying Up
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo menjadi salah satu buku dengan predikat #1 New York Times best seller dan telah terjual lebih dari 5 juta kopi. Marie Kondo yang menulis buku best seller ini merupakan konsultan berbenah perabotan rumah asal Jepang. Dalam buku ini, ia memperkenalkan metode merapikan yang bernama KonMari yang kini semakin banyak diterapkan di Jepang dan juga mulai diterapkan pada berbagai negara di dunia.

Selain mengetahui metode KonMari, melalui buku best seller ini Anda juga berkesempatan untuk menjadi klien jarak jauh Kondo, memulai kebiasaan berbenah yang efektif berdasarkan kategori, hingga mengetahui efek ajaib dari rumah yang rapi sekaligus kedamaian yang mengikutinya. Harga The Life Changing Magic of Tidying Up juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 60 ribuan rupiah.

7. Mindset – DR. Carol S Dweck

Buku Best Seller Gramedia 2022 - Mindset – DR. Carol S Dweck
Buku Best Seller – Mindset – DR. Carol S Dweck
Nama ProdukMindset - Carol Dweck
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Carol S Dweck merupakan seorang psikolog dari Stanford University yang sudah melakukan penelitian tentang pencapaian dan kesuksesan selama sekitar satu dekade. Dalam buku best seller ini dituliskan bahwa kesuksesan bukan hanya memerlukan talenta dan kemampuan, tetapi juga growth mindset. Dengan pola pikir yang tepat, para orang tua bisa memberikan motivasi kepada anak-anak untuk meraih apa yang mereka cita-citakan dengan cara yang benar.

Mindset sendiri menjadi salah satu buku best seller berbahasa Inggris di Indonesia, dan saat ini sudah tersedia versi terjemahannya juga. Buku setebal 320 halaman ini diterbitkan oleh Brown Book Group, London, mulai tahun 2017. Versi bahasa Inggris dari Mindset dijual200 ribuan rupiah, sedangkan versi terjemahnya dijual dengan harga 100 ribuan rupiah.

8. How To Respect Myself – Yoon Hong Gyun

Buku Best Seller Gramedia 2022 - How To Respect Myself - Yoon Hong Gyun
Buku Best Seller – How To Respect Myself – Yoon Hong Gyun
Nama ProdukHow To Respect Myself
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Yoon Hong Gyun yang menulis How To Respect Myself merupakan seorang dokter kejiwaan asal Korea. Buku best seller ini berisi tentang 24 latihan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan terbagi dari tujuh bagian. Bagian pertama tentang menyadari pentingnya kepercayaan diri dalam kehidupan, bagian dua dan tiga memaparkan penanganan hubungan yang dapat menurunkan kepercayaan diri, bagian empat dan lima merupakan panduan menangani emosi, serta bagian enam dan tujuh berisi berbagai tips untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Tujuan Yoon Hong Gyun menuliskan How To Respect Myself adalah membuat pembaca memiliki perspektif hidup yang berbeda, mencintai diri sendiri apa adanya, dan tidak bimbang dalam memutuskan sesuatu karena penilaian orang lain. Buku best seller ini bisa dibeli melalui e-commerce dan harganya 90 ribuan rupiah.

9. Who The Hell Are You? – Helmy Yahya

Buku Best Seller Gramedia 2022 - Buku Who The Hell Are You - Helmy Yahya
Buku Best Seller – Buku Who The Hell Are You – Helmy Yahya
Nama ProdukWho The Hell Are You?
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan karir adalah memiliki personal branding yang bagus, kuat, dan positif. Oleh karena itu, buku best seller yang ditulis oleh presenter terkenal di Indonesia ini berisi tentang 8 jurus praktis untuk membangun personal branding yang bisa diaplikasikan oleh berbagai profesi, baik pengusaha, karyawan, selebriti, tokoh publik, dan siapapun yang ingin karirnya mentereng. Untuk memiliki Who The Hell Are You?, Anda bisa membelinya dengan harga 240 ribuan rupiah.

10. The Book Of Ikigai – Ken Mogi

Buku Best Seller Gramedia 2022 - THE BOOK OF IKIGAI – Ken Mogi
Buku Best Seller – THE BOOK OF IKIGAI – Ken Mogi
Nama ProdukTHE BOOK OF IKIGAI
Voucher & Diskon Cek Promo Terbaru Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Ikigai merupakan filosofi hidup dari Jepang yang akan memberikan motivasi, semangat, gairah, dan tujuan untuk menjalani hidup. Ken Mogi, seorang brain scientist menunjukkan keajaiban ikigai dalam hidup manusia melalui The Book of Ikigai. Salah satu kisah yang ada pada buku best seller ini adalah kisah tentang Jiro Ono, 91 tahun, yang merupakan chef bintang-tiga-Michelin paling tua di dunia yang masih hidup sampai saat ini. Melalui Ikigainya, Jiro Ono bisa memiliki restoran sushi kelas dunia yang bahkan pernah dipuji oleh Presiden Barack Obama.

The Book of Ikigai diterbitkan oleh Mizan Grup dengan ketebalan hanya 200 halaman. Produk original buku best seller ini bisa dibeli langsug melalui Mizan Store dan harganya tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 60 ribuan rupiah.

Apa Saja Manfaat Membaca Buku?

Selain menambah pengetahuan, membaca buku apapun, termasuk buku best seller yang dibahas sebelumnya masih memiliki banyak manfaat lain. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika Anda rutin menyempatkan membaca buku, setidaknya 1-2 jam sehari.

1. Mencerahkan imajinasi

Buku merupakan salah satu bentuk seni yang paling kreatif dan setiap buku memiliki kekuatan untuk mengajak pembacanya menjelajahi dunia berbeda yang penuh dengan karakter luar biasa. Dengan demikian, membaca buku dapat meningkatkan daya imajinasi dan dapat bertindak sebagai gerbang ke dunia mimpi yang berbeda dari kehidupan nyata. Imajinasi dan kreativitas ini bisa terasah dengan sangat baik, terutama ketika menemukan buku best seller fiksi dengan isi yang menarik.

2. Memberikan perspektif unik tentang dunia

Buku best seller dengan kualitas bagus biasanya memiliki kekuatan untuk mengubah cara berpikir, berbicara, dan menganalisis sesuatu pembacanya. Baik itu buku fiksi, non-fiksi, novel, drama, thriller, suspense, fiksi ilmiah, dan lainnya, tentu hadir dengan perspektif uniknya sendiri. Seorang pembaca yang rajin biasanya bisa menciptakan perspektif sendiri yang berbeda dari orang lain, sekaligus lebih jeli dalam mengamati berbagai hal di sekelilingnya.

3. Membangun kepercayaan diri

Kalau buku yang dibaca merupakan buku best seller kategori self improvement, biasanya akan menghadirkan kepercayaan diri. Memahami situasi karakter pada sebuah buku, mengetahui bagaimana karakter itu mengatasi masa-masa sulit, juga bisa menularkan kepercayaan diri kepada pembacanya untuk menghadapi masalah.

4. Mengasah kecerdasan mental dan emosional

Kebiasaan membaca buku dapat memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi, sehingga membantu pembacanya untuk berinteraksi lebih baik dengan orang lain, meningkatkan memori, bahkan meningkatkan fokus. Lebih dari itu, membaca buku juga bisa menjadikan seseorang bisa lebih berempati dan memahami situasi orang lain tanpa tergesa-gesa untuk menghakimi.

5. Meningkatkan keterampilan menulis

Kalau Anda bercita-cita menulis sebuah buku best seller, tentu perlu diawali dulu dengan rajin membaca buku. Semakin banyaknya buku yang dibaca, semakin luas wawasan yang dimiliki, semakin banyak diksi dan kosa kata di dalam kepala, sehingga keterampilan menulis akan semakin baik.

Kesimpulan

Buku menjadi salah satu media terbaik untuk belajar, membuka wawasan, mengasah imajinasi, hingga menumbuhkan rasa percaya diri. Beberapa penulis menghadirkan buku yang unik dan menarik sehingga berhasil menjadi buku best seller yang menarik banyak pembaca. Artikel ini sudah membahas mengenai rekomendasi berbagai buku best seller non-fiksi. Selamat membaca.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */