CEKLIST.ID – Semakin meningkanya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi membuat pasar saham mulai dilirik oleh berbagai kalangan. Namun untuk pemula, investasi saham tentu bukan hal yang mudah dan diperlukan panduan untuk bisa melakukannya dengan baik, salah satunya melalui buku saham. Jadi pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi buku saham terbaik, serta beberapa tips belajar saham untuk pemula.

Buku Belajar Saham Terbaik
Gambar Ilustrasi Buku Belajar Saham / (everylibrary.org)

Bursa saham mungkin terkesan membingungkan bagi orang-orang yang belum mengerti cara kerjanya, padahal tempat tersebut bisa menjadi ladang uang jika sudah memahami caranya dengan baik.

Cara Memilih Buku untuk Belajar Saham yang Bagus

Ketika akan memilih buku belajar investasi saham yang bagus untuk menemani Anda belajar saham, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Memilih buku sesuai dengan topik yang ingin dipelajari

Secara garis besar, ada empat hal yang perlu dipelajari terkait saham. Pertama, gambaran umum mengenai saham yang menyampaikan hal-hal dasar saat bertransaksi saham sehingga akan membentuk pola pikir yang tepat. Salah satu buku saham terbaik untuk keperluan ini adalah Yuk Belajar Nabung Saham yang ditulis oleh Ryan Filbert. Buku tersebut mengulas dasar-dasar saham yang cukup lengkap untuk pemula dan ditulis dalam bahasa Indonesia, jadi akan lebih mudah dimengerti.

Kedua, analisis fundamental dan teknikal yang membahas tentang bagaimana kriteria saham perusahaan yang bagus dan layak dibeli. Pembahasan analisis fundamental saham biasanya meliputi kondisi neraca keuangan, potensi perusahaan, sampai profil orang-orang di baliknya. Sedangkan pembahasan analisis teknikal biasanya mencakup pergerakan saham dalam waktu tertentu. Buku saham terbaik yang membahas kedua hal ini tentunya lebih cocok dipelajari oleh orang-orang yang telah mengerti dasar saham dengan baik.

Meski fluktuatif dan tidak bisa diprediksi secara akurat 100%, namun mengetahui pola pasar saham akan sangat membantu untuk memprediksi saham yang akan naik dan waktu yang tepat untuk membelinya. Salah satu buku saham terbaik untuk mempelajari analisis teknikal adalah Technical Analysis for Mega Profit yang ditulis oleh Edianto Ong.

Ketiga, psikologi trading yang akan mengajarkan Anda untuk tidak terlalu melibatkan emosi ketika melakukan transaksi saham. Meskipun sudah mahir menganalisis saham, rasa ragu untuk menjual atau membeli saham biasanya akan tetap muncul. Rasa takut dan terlalu ingin memperoleh keuntungan lebih ini termasuk dalam psikologi trading yang harus dikuasai dengan baik. Untuk mempelajari ini, Anda bisa membaca buku saham terbaik berjudul Market Wizards dari Jack D. Schwager.

Keempat, konsep saham syariah yang membantu Anda untuk memilih instrumen investasi yang halal atau sesuai syariah agama. Beberapa hal yang perlu diketahui terkait saham syariah adalah perbedaannya dengan saham biasa dan saham-saham apa saja yag masuk dalam kategori saham syariah. Salah satu buku saham terbaik untuk mempelajari saham syariah adalah Saham Syariah Kelas Pemula karangan Mang Amsi.

Buku Belajar Saham
Gambar Ilustrasi Buku Belajar Saham / (medium.com)

2. Memulai belajar dari pemahaman saham saat ini

Kalau untuk pemula, pilih buku saham terbaik yang mengajarkan sejarah pasar saham, istilah dalam saham, hingga mengenai mindset yang tepat terkait saham. Hal-hal teknis mendasar yang perlu diketahui ketika baru belajar saham adalah cara membuat akun trading, cara bertransaksi, dan analisis umum. Tidak perlu untuk langsung membaca buku saham terbaik yang berisi teknik analisis khusus, seperti Fibonacci atau Bandarmology karena masih terlalu sulit untuk pemula.

Kalau sudah level menengah hingga profesional, carilah buku saham terbaik yang sudah menyampaikan teknik analisis yang lebih rumit untuk meningkatkan skill dalam bermain saham. Tidak ada salahnya juga untuk mulai mempelajari pasar saham di Asia, Eropa, atau Amerika sehingga pemahaman terkait saham bisa lebih luas lagi. Untuk orang-orang yag sudah berinvestasi saham beberapa waktu, pasti sudah mengalami naik turunnya pasar saham dan memerlukan buku yang membahas saham dengan lebih mendalam, misalnya How to Make Money in Stocks.

3. Mengutamakan buku yang ditulis oleh praktisi saham

Membaca buku terbaik saham sama saja dengan belajar langsung dari penulisnya, jadi pastikan buku tersebut ditulis oleh praktisi saham, ahli ekonomi, atau profesi lain terkait yang sudah berpengalaman di bidang saham dan keuangan. Review dari pembeli sebelumnya juga bisa menjadi pertimbangan saat akan membeli sebuah buku untuk belajar saham.

Hal lain yang bisa dipertimbangkan ketika memilih buku saham terbaik adalah membeli buku import dari negara yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia saham, misalnya Amerika Serikat. Buku import tetang saham biasanya menyajikan bahasan yang lebih mendalam dengan studi kasus yang lebih banyak, namun harganya masih cukup tinggi dan belum tentu sesuai dengan kondisi lapangan. Di sisi lain, buku saham dari praktisi lokal memang masih terbatas, namun lebih mudah dimengerti dan sesuai dengan kondisi pasar saham di Indonesia.

10 Rekomendasi Buku Belajar Investasi Saham Terbaik

Meski kesadaran masyarakat untuk berinvestasi saham baru muncul belum lama ini, namun di pasaran sudah ada cukup banyak buku untuk belajar saham. Berikut rekomendasi beberapa buku saham terbaik untuk berbagai tingkatan, baik untuk pemula maupun profesional.

1. Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia – Ryan Filbert, William Prasetya

Buku Belajar Saham - Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia
Buku Belajar Saham – Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia
Nama ProdukInvestasi Saham Ala Fundamentalis Dunia
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Buku saham terbaik yang pertama ini ditulis oleh Ryan Filbert dan William Prasetya. Ryan Filbert sendiri merupakan seorang pengusaha dan praktisi saham yang tentunya telah memahami kinerja bursa efek dengan baik. Dalam buku ini dibahas mengenai kriteria perusahaan yang sahamnya baik untuk dibeli, analisis yang diperlukan sebelum memutuskan membeli saham, dan cara mempelajari laporan keuangan perusahaan.

Dari uraian di atas, terlihat bahwa pembahasan yang ada pada buku saham terbaik ini lebih ke arah analisis fundamental, sehingga kurang cocok untuk pemula di pasar saham. Diterbitkan oleh Elex Media Computindo, Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia dijual dengan harga 80 ribuan rupiah.

2. Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Volume I – Joeliardi Sunendar

Buku Belajar Saham - Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Volume I - Joeliardi Sunendar
Buku Belajar Saham – Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Volume I – Joeliardi Sunendar
Nama ProdukCara Simpel Berinvestasi Di Pasar Modal Volume I
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Melalui buku saham terbaik ini, Joeliardi Sunendar menunjukkan bahwa saham merupakan instrumen investasi dengan imbal-hasil tertinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Contohnya, jika pada 15 tahun lalu Anda menyimpan tabungan 10 juta di Bank BRI, dengan asumsi bunga 8% per-tahun, tabungan itu akan menjadi 22 juta saat ini. Akan tetapi kalau dana 10 juta tadi ditanam sebagai saham Bank BRI, dana itu bisa menjadi hingga 400 juta atau 4000%-nya saat ini.

Sayangnya banyak orang yang masih menganggap bahwa investasi di pasar modal merupakan hal yang sulit dan harus diserahkan kepada ahli. Oleh karena itu, buku saham terbaik ini menyampaikan cara simpel sekaligus contoh aktual bahwa imbal-hasil ratusan persen melalui saham bukanlah hal yang mustahil. Penasaran dengan isi bukunya? Anda bisa membeli buku untuk belajar saham ini dengan harga 250 ribuan rupiah.

3. Value Investing Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat

Buku Belajar Saham - Value Investing Beat the Market in Five Minutes - Teguh Hidayat
Buku Belajar Saham – Value Investing Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat
Nama ProdukValue Investing Beat The Market In Five Minutes
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Meski mempunyai judul bahasa Inggris, namun isi dari Value Investing: Beat The Market in Five Minutes ditulis dalam bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Dalam buku saham terbaik ini, Teguh Hidayat menuliskan tentang metode value investing, penerapannya dalam investasi, hingga menilai bagus tidaknya sebuah saham. Jadi ketika metode value investing ini sudah dikuasai, Anda hanya perlu bekerja kurang dari 5 menit setiap harinya untuk berinvestasi di saham terbaik.

Buku saham terbaik ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dengan ketebalan hanya sekitar 256 halaman. Value Investing: Beat The Market in Five Minutes bisa dibeli di Gramedia maupun melalui e-commerce dengan harga 100 ribuan rupiah.

4. MULTIBAGGER: Cara Meraih Profit 100% dari Pasar Saham – Rivan Kurniawan

Buku Belajar Saham - MULTIBAGGER Cara Meraih Profit 100_ dari Pasar Saham - Rivan Kurniawan
Buku Belajar Saham – MULTIBAGGER Cara Meraih Profit 100_ dari Pasar Saham – Rivan Kurniawan
Nama ProdukMULTIBAGGER: Cara Meraih Profit 100% Dari Pasar Saham
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Buku saham terbaik yang ditulis oleh Rivan Kurniawan ini juga menghadirkan penjelasan tentang value investing yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan metode trading jangka pendek. Value investing memungkinkan Anda menjadi seorang multibagger, yaitu para pelaku pasar yang berhasil memperoleh profit lebih dari 100%.

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Rivan Kurniawan yang telah memperoleh sejumlah saham dengan profit multibagger sejak tahun 2008, pembaca akan bisa menemukan berbagai saham yang berpotensi menghasilkan keuntungan 100% atau lebih menggunakan metode value investing. Buku saham terbaik ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan dijual dengan harga 80 ribuan rupiah.

5. The Intelligent Investor (Edisi Revisi) – Benjamin Graham HC

Buku Belajar Saham - The Intelligent Investor (Edisi Revisi) - Benjamin Graham HC
Buku Belajar Saham – The Intelligent Investor (Edisi Revisi) – Benjamin Graham HC
Nama ProdukThe Intelligent Investor (Edisi Revisi) - Benjamin Graham HC
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Benjamin Graham merupakan seorang expert di bidang sekuritas dengan pengetahuan yang begitu detail, bahkan disebutkan nyaris ke tingkat molekuler. Sejak pertama terbit pada tahun 1949, berbagai anjuran Benjamin Graham dalam buku saham terbaik ini tetap relevan dengan aktivitas pasar terkini.

Dalam buku saham terbaik ini, Graham menggambarkan kerangka emosional dan alat-alat analisis penting penentu kesuksesan finansial dari seorang investor. The Intelligent Investor juga sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan ketebalan mencapai 826 halaman. Buku ini cukup mudah ditemui di e-commerce dan harganya 160 ribuan rupiah.

6. Anak Muda Maen Saham Tanpa Perlu Cut Loss – Herman Soegoto

Buku Belajar Saham - Anak Muda Maen Saham Tanpa Perlu Cut Loss – Herman Soegoto
Buku Belajar Saham – Anak Muda Maen Saham Tanpa Perlu Cut Loss – Herman Soegoto
Nama ProdukAnak Muda Maen Saham Tanpa Perlu Cut Loss
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Untuk pemula, terutama gen Z dan milenial yang ingin belajar saham, buku saham terbaik Anak Muda Maen Saham Tanpa Perlu Cut Loss bisa menjadi pilihan yang tepat. Ditulis oleh seorang akademisi sekaligus praktisi saham yang berpengalaman, buku ini berisi wawasan terkait investasi dan dunia saham, cara mengidentifikasi dan menghindari emiten dengan kinerja fundamental yang kurang baik, serta menghindari kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh investor pemula.

Buku saham terbaik ini juga berisi pengalaman penulis dalam dunia saham, cara efektif untuk menganalisis kinerja fundamental 34 emiten saham terbaik di Indonesia, dan mendalami pergerakan harga saham berdasarkan analisis teknikal. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami, buku yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer ini dibandrol sekitar 60 ribuan rupiah.

7. Berani Bermain Saham Edisi Revisi – Adler Haymans Manurung

Buku Belajar Saham - Berani Bermain Saham Edisi Revisi - Adler Haymans Manur
Buku Belajar Saham – Berani Bermain Saham Edisi Revisi – Adler Haymans Manur
Nama ProdukBerani Bermain Saham Edisi Revisi
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Terjun ke bursa efek tidak hanya memerlukan pengetahuan yang baik, tapi juga keberanian dan kecerdikan. Melalui buku saham terbaik ini, Anda akan mengetahui mengenai soal seluk beluk dunia saham, cara menganalisis harga saham, dan pola-pola harganya. Di dalamnya juga terdapat strategi yang jitu untuk bermain saham dalam berbagai kesempatan.

Buku saham terbaik ini bisa menjadi langkah awal Anda untuk menjadi seorang investor saham dan berani menghadapi berbagai risiko yang mungkin muncul. Khusus untuk edisi revisi, ada juga bekal untuk berinvestasi saham di masa pandemi. Berani Bermain Saham Edisi Revisi bisa dibeli melalui e-commerce dengan harga 60 ribuan rupiah.

8. Berkah dengan Investasi Syariah: Saham Syariah Kelas Pemula – Mang Amsi

Buku Belajar Saham - Berkah dengan Investasi Syariah Saham Syariah Kelas Pemula – Mang Amsi
Buku Belajar Saham – Berkah dengan Investasi Syariah Saham Syariah Kelas Pemula – Mang Amsi
Nama ProdukBerkah Dengan Investasi Syariah: Saham Syariah Kelas Pemula
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Sejak diluncurkannya reksadana syariah oleh Danareksa Syariah pada tahun 1997 kemudian peluncuran Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2000, geliat pasar modal syariah Indonesia mulai terasa. Sayangnya, literasi keuangan syariah dan pengenalan risiko berinvestasi masih terbilang minim, jadi perkembangan investasi syariah belum sebaik perkembangan investasi konvensional. Untuk itulah buku saham terbaik ini hadir, sehingga pemula yang ingin belajar saham syariah bisa menemukan referensi yang tepat untuk proses belajarnya.

Melalui buku saham terbaik ini, Mang Amsi menuliskan dasar-dasar terkait saham syariah dan bagaimana cara memilih memilih saham seperti yang dilakukan oleh investor besar di Indonesia. Buku Saham Syariah Kelas Pemula bisa dibeli melalui e-commerce dan harganya sekitar 80 ribuan rupiah.

9. #MulaidariETF – Ignasius Denny Wicaksono dan Tim PT Bursa Efek Indonesia

Buku Belajar Saham - #MulaidariETF – Ignasius Denny Wicaksono dan Tim PT Bursa Efek Indonesia
Buku Belajar Saham – #MulaidariETF – Ignasius Denny Wicaksono dan Tim PT Bursa Efek Indonesia
Nama ProdukMulaidariETF
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

ETF atau Exchange Traded Fund merupakan instrumen saham untuk investasi berbasis indeks yang sudah cukup banyak digunakan di negara lain, salah satunya Amerika Serikat, namun masih kurang dikenal di Indonesia. Melalui buku saham terbaik ini, Anda akan memperoleh penjelasan ETF secara menyeluruh, mulai dari melihat perbedaan antara investasi pasif dan investasi aktif, mempelajari indeks, cara melakukan investasi pasif, serta cara memilih dan melakukan evaluasi kinerja ETF. Buku #MulaidariETF bisa dibeli di Gramedia maupun melalui e-commerce dengan harga 90 ribuan rupiah.

10. Perilaku Penipuan Diri di Bursa Saham – Mahatma Kufepaksi

Buku Belajar Saham - Perilaku Penipuan Diri di Bursa Saham – Mahatma Kufepaksi
Buku Belajar Saham – Perilaku Penipuan Diri di Bursa Saham – Mahatma Kufepaksi
Nama ProdukPerilaku Penipuan Diri Di Bursa Saham
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Behavior finance merupakan cabang ilmu keuangan yang mempelajari perilaku investor yang tidak rasional di bursa saham, dan salah satu yang dibahas adalah overconfident. Overconfident menunjukkan perilaku penipuan diri dengan memberi penilaian yang berlebihan pada pengetahuan dan informasi yang dimiliki sehingga menimbulkan persepsi bahwa kemampuannya diatas rata-rata. Dalam berinvestasi, perilaku ini bisa menghasilkan keputusan yang bias dan tidak akurat yang bisa berujung pada kerugian. Jadi dalam buku saham terbaik ini, dituliskan implikasi, dimensi, temuan dan fenomena penelitian terkait overconfident di bursa saham, supaya pembaca bisa menghindarinya.

Buku Perilaku Penipuan Diri di Bursa Saham ditulis oleh Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, S.E., M.Sc. yang merupakan guru besar bidang Manajemen Keuangan. Diterbitkan oleh Penerbit Graha Ilmu, buku saham terbaik ini dijual dengan harga 90 ribuan rupiah.

Tips Belajar Saham untuk Pemula

Setelah mempelajari dasar-dasar saham melalui buku saham terbaik, Anda bisa mencoba untuk mulai terjun ke pasar modal. Sebagai langkah memulainya, coba terapkan beberapa tips belajar saham untuk pemula di bawah ini.

  1. Memilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil.
  2. Memulai dengan modal yang kecil, misalnya 100 ribu rupiah dan mulai membeli saham yang harganya tidak terlalu mahal.
  3. Memilih saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30, atau yang dikenal saham blue chip karena punya likuiditas yang sangat tinggi dan fundamental perusahaannya dinilai baik.
  4. Membeli saham-saham perbankan.
  5. Disiplin dengan melakukan stop-loss kalau terjadi penurunan yang disebabkan faktor fundamental keuangan yang bertujuan membatasi kerugian.
  6. Menentukan mau jadi trader atau investor.
  7. Membeli saham saat harga sedang turun.
  8. Melakukan diversifikasi saham, misalnya membeli di sektor perbankan, consumer good, dan properti.

Kesimpulan

Berinvestasi saham memang bukan hal mudah untuk orang awam, karenanya diperlukan buku saham terbaik yang bisa memberikan panduan kepada siapapun untuk investasi saham. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi buku saham terbaik untuk proses belajar Anda.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */