CEKLIST.ID – Selain mendapatkan asupan dalam bentuk makanan, kucing juga memerlukan nutrisi dalam bentuk lain berupa susu. Susu yang dirancang untuk kucing dapat dikatakan baik apabila memenuhi kebutuhan gizi kucing berdasarkan kategori usianya. Untuk anak kucing, kucing dewasa, dan kucing senior atau usia lanjut haruslah memperoleh zat yang pas.

Bisakah Anda mengetahui kandungan seperti apa yang diperlukan kucing berdasarkan usianya? Jenis susu seperti apa yang kiranya Anda sukai untuk diberikan pada kucing kesayangan? Untuk menjawab hal tersebut, sebaiknya Anda memahami poin-poin yang akan kami sajikan dalam proses pemilihan susu tersebut. Kami juga merekomendasikan susu kucing terbaik di sini!

Cara memilih susu untuk kucing yang Bagus

Susu Terbaik untuk Kucing
Gambar Ilustrasi Kucing dan Susu

Kucing akan terus tumbuh kembang secara aktif bilamana keperluan tubuh terhadap nutrisi selalu terpenuhi dengan baik. Makanan utama dalam bentuk kering dan basah belumlah cukup. Sebagai camilan, Anda bisa berikan susu yang di dalamnya terkandung beragam zat nutrisi penitng bagi tubuh kucing kesayangan Anda.

Produsen makanan hewan seperti Hartz, Whiskas, dan Royal Canin banyak merilis produk susu untuk kucing. Anda bebas memilih berdasarkan selera atau bagaimana ketertarikan kucing Anda terhadap salah satu produk keluaran pabrikan tertentu. Hanya saja, dalam pemilihannya Anda harus memperhatikan beberapa hal. Simaklah poin-poin berikut untuk mengetahuinya!

1. Sesuaikan susu dengan usia kucing Anda

Pada kucing yang masih kitten alias anak-anak, mereka belum memiliki daya gigit yang kuat. Dalam usia tersebut, Anda bisa berikan susu yang cocok untuk usianya. Begitu pula untuk kucing dewasa dan usia lanjut, tidak bisa mereka mendapatkan sembarangan nutrisi karena harus disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuhnya. Lantas bagaimana? Inilah penjelasannya.

Apabila Anda memiliki kucing yang masin berusia anak, berilah susu dengan kandungan gizi tinggi dalam bentuk protein dan lemak. Selama periode kitten, susu yang tinggi kandungan protein dan lemak juga menyimpan laktoferin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kucing agar terhindar dari penyakit menular.

Sementara kucing yang telah berusia 4 bulan ke atas, lambat laut pertumbuhannya melambat. Dalam fase ini, susu yang tepat diberikan haruslah yang rendah kalori, rendah lemak, dan berprotein cukup. Apabila diberi susu dengan kandungan kalori dan lemak tinggi, tubuh kucing Anda bisa menjadi gemuk.

Selanjutnya, bagi kucing yang berusia lanjut atau senior, pilihlah susu yang rendah kandungan lemak. Bukan hanya membantu mencegah kucing dari kegemukan, susu yang rendah lemak juga akan membuat kucing lebih sehat dan berumur panjang. Pada kucing senior, mungkin agak kesulitan meminum susu sehingga Anda bisa memercikkan sedikit susu pada makanannya setiap hari.

2. 3Pilih berdasarkan bentuk susu (cair dan bubuk)

Sama seperti susu untuk manusia, susu untuk kucing juga memiliki dua macam bentuk, yaitu cair dan bubuk. Setiap bentuk susu memiliki kelebihannya masing-masing, Anda hanya perlu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Apabila Anda ingin susu yang lebih tahan lama, belilah susu kucing dalam bentuk bubuk. Jenis ini lebih tahan lama dan Anda juga bisa membuat lebih banyak berdasarkan takaran yang dianjurkan. Hanya saja, susu bubuk memerlukan upaya lebih untuk Anda dalam pembuatannya. Namun, bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran, rasanya tidak masalah meluangkan beberapa menit untuk melarutkan susu bubuk sebelum diberikan pada kucing Anda.

Susu kucing dalam wujud cair lebih cocok untuk Anda yang tidak punya waktu banyak untuk melarutkan bubuk susu. Kepraktisan yang dimiliki oleh susu cair menjadi nilai lebih yang pastinya Anda sukai. Namun, susu kucing dalam bentuk cair biasanya dijual dengan ukuran berbeda-beda. Biasanya pula, susu yang kemasannya telah dibuka harus segera dihabiskan. Jika masih ada sisa, maka sisa susu harus dibuang agar terhindar dari bakteri.

3. Pilih yang dibekali nutrisi penting lainnya

Kandungan utama seperti protein dari susu dapat membantu kucing tetap bertumbuh dengan sehat. Sementara nutrisi lain seperti taurin, asam linoleat, glukosamina, dan asam docosahexaenoic dapat memelihara fungsi beberapa organ tubuh lain secara khusus.

Probiotik misalnya, kandungan dalam wujud bakteri asam laktat ini dapat membantu menjaga kesehatan gastrintestinal kucing. Terutama pada kucing anakan dan senior yang rentan mengalami gangguan perut, susu yang diperkaya kandungan probiotik akan baik bagi usus kucing.

Zat baik semacam asam linoleat dan asam docosahexaenoic akan membantu kucing terhindar dari penyakit kardiovaskular. FOS di dalam susu juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, DHA dan EPA juga akan meningkatkan fungsi kognitif kucing Anda serta memelihara fungsi retina anak kucing. Selain itu, taurin juga termasuk zat berguna dalam menjaga kesehatan mata dan organ dalam kucing.

10 Susu Terbaik untuk Kucing

Susu yang Anda berikan kepada kucing haruslah khusus alias tidak bisa disamakan dengan susu manusia. Umumnya susu kucing menyimpan kalori dan laktosa lebih sedikit. Apabila Anda belum mengetahui produk mana yang ingin dibeli, Anda dapat menyimak rekomendasi susu kucing terbaik yang ceklist.id bagikan ini!

1. New Zealand Growssy Milk

Susu untuk Kucing New Zealand Growssy Milk
New Zealand Growssy Milk

Growssy Milk adalah susu kucing asal Selandia Baru yang sangat laris di Indonesia. Harga jual ekonomis menjadikannya diminati banyak orang. Susu ini dirancang dalam bentuk bubuk berukuran mikro yang cepat larut dan tidak menggumpal.

Kadar laktosa pada susu ini cukup rendah sehingga mudah dicerna. Terkandung antoksidan kompleks seperti taurin, minyak ikan, frukto-oligosakarida, vitamin E, dan vitamin C, membuatnya mampu memelihara sistem kekebalan tubuh anak kucing. Selain itu, Anda juga bisa berikan kucing induk susu ini sebagai suplemen.

2. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Susu untuk Kucing Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula
Susu untuk Kucing Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Hartz adalah produsen makanan hewan premium yang mengeluarkan beberapa koleksi susu kucing. Kitten Milk Replacer Powdered Formula adalah susu kucing untuk memaksimalkan pertumbuhan anak kucing pada periode 6 minggu setelah dilahirkan.

Produk ini kaya akan kalsium untuk tulang, vitamin untuk pertumbuhan menyeluruh, dan asam linoleat yang baik bagi kesehatan kulit. Terdapat formulasi nutrisi esensial yang membuat susu ini ideal diberikan pada kucing indukan yang sedang mengandung, menyusui, atau untuk kucing dalam masa pemulihan.

3. Zeal Pet Food 100% Natural Lactose Free Pet Milk for Cats & Dogs

Susu untuk Kucing Zeal Pet Food 100% Natural Lactose Free Pet Milk for Cats & Dogs
Susu untuk Kucing Zeal Pet Food 100% Natural Lactose Free Pet Milk for Cats & Dogs

Laktosa dalam jumlah banyak bisa menimbulkan masalah pencernaan serius pada kucing. Apabil Anda tidak ingin cemas akan hal tersebut, berikanlah susu satu ini karena diklaim bebas kadar laktosa hingga 99,5% dari setiap nutrisinya. Produk dari Selandia Baru ini juga tidak mengandung gluten dan rendah alergen sehingga sangat baik untuk segala usia kucing.

Dihadirkan dalam bentuk cair, Anda tidak memerlukan usaha dan waktu lebih untuk membuatnya. Produk ini bukan hanya membantu pertumbuhan kucing karena tingginya vitamin dan kalsium saja, tetapi juga menyimpan beta karoten, CLA, dan lemak omega-3 yang baik bagi daya tahan tubuh, tulang, dan jantung kucing Anda.

4. Whiskas Milk for Cats

Susu untuk Kucing Whiskas Milk for Cats
Susu untuk Kucing Whiskas Milk for Cats

Di Indonesia, Whiskas sangatlah terkenal. Susu keluaran Whiskas satu ini diproses dengan menghilangkan kadar laktosa hingga 98% pada setiap nutrisinya. Jika Anda ingin memberikan kucing peliharaan susu sebagai suplemen pendamping yang tidak memicu gangguan gastrintestinal, berikanlah susu ini.

Kemasan botol yang menarik dengan kombinasi warna ungu yang “Whiskas” banget menjadikannya sangat menarik dilihat. Produk satu ini dipilih sebagai salah satu rekomendasi susu kucing terbaik oleh nutrisionis dunia. Pasalnya, Whiskas merancang susu ini dengan nutrisi utama yang seimbang, termasuk nutrisi tambahannya.

5. Royal Canin Babycat Milk

Susu untuk Kucing Royal Canin Babycat Milk
Susu untuk Kucing Royal Canin Babycat Milk

Selain Whiskas, pabrikan asal Perancis, Royal Canin, juga termasuk produsen makanan hewan yang populer di dunia. Segala kebaikan nutrisi berupa probiotik FOS, energi, protein, dan kalsium tinggi di dalam Babycat Milk akan mendukung pertumbuhan anak kucing Anda.

Anak kucing kesayangan Anda juga menerima zat DHA yang akan meningkatkan kemampuan kognitifnya. Di samping itu, produk dalam betnuk bubuk mudah larut ini bisa Anda buat dengan air hangat ataupun dingin tanpa adanya penggumpalan. Anda dapat memberikan susu ini untuk anak kucing usia 0 – 2 bulan.

6. PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder

Susu untuk Kucing PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder
Susu untuk Kucing PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder

Bila Anda memiliki anak kucing yang tidak mendapatkan asupan susu dari indukannya, berikan segera susu ini. KMR Kitten Milk Replacer Powder adalah susu yang menggunakan bahan baku paling mendekati ASI (mother’s milk). D samping berkalori tinggi, produk ini juga kaya lemak, protein, dan karbohidrat.

Kombinasi dari seluruh nutrisi tersebut membantu pemenuhan gizi anak kucing untuk pertumbuhannya. Berkat kelebihannya ini, banyak rumah sakit hewan yang merekomendasikan produk asal Amerika Serikat ini untuk diberikan pada kucing yang berusia kurang dari 6 minggu.

7. Dr. Clauder’s Pro Life – Kittenmilk Plus

Susu untuk Kucing Dr Clauders Pro Life – Kittenmilk Plus
Susu untuk Kucing Dr Clauders Pro Life – Kittenmilk Plus

Produk susu asal Jerman ini layak diberikan pada anak kucing dan kucing dewasa, sangat cocok bagi Anda yang merawat beberapa kucing dalam rentang usia berbeda. Dirancang dalam bentuk bubuk, Anda bisa menyimpannya lebih lama dibandingkan susu dalam wujud cair.

Meski tidak begitu praktis dalam pembuatannya, Anda tetap senang karena bisa menghemat uang, bukan? Belum lagi mengetahui deretan nutrisi penting dalam kadar tinggi seperti asam amino, asam lemak omega 3, vitamin, mineral, protein hayati, dan karbohidrat, susu ini akan menjadi pengganti ASI terbaik bagi anak kucing Anda, begitu pun pada kucing dewasa.

8. Beaphar Kitty Milk

Susu untuk Kucing Beaphar Kitty Milk
Susu untuk Kucing Beaphar Kitty Milk

Periode pertumbuhan kucing anakan menjadi periode paling krusial di mana Anda haruslah memperhatikan segala asupan yang diterimanya. Apalagi jika kucing tersebut tidak memiliki indukan, tentu saja kebutuhan tubuh akan zat nutrisi utama menjadi aspek penting yang harus dipenuhi.

Apabila kucing anakan Anda mengalami kondisi tersebut, berikanlah Beaphar Kitty Milk. Dikemas dalam ukuran 200 gram, susu bubuk ini dikatakan setara dengan 700 ml susu cair. Di dalamnya terdapat 32% protein yang dikombinasikan dengan minyak, vitamin, mineral, dan taurin untuk memastikan kitten tumbuh sehat dan aktif.

9. Gimborn GimCat Cat-Milk

Susu untuk Kucing Gimborn GimCat Cat-Milk
Susu untuk Kucing Gimborn GimCat Cat-Milk

Berikutnya, GimCat Cat-Milk hadir dengan nutrisi dalam bentuk protein sebesar 35% dan lemak 28%. Kedua nutrisi tersebut sangatlah diperlukan bagi pertumbuhan anak kucing. Bahkan, kucing hamil dan menyusui, kucing senior, kucing tanpa induk, dan kucing dalam masa penyembuhann juga memerlukan seluruh kandungan tersebut.

Dengan kata lain, inilah susu kucing yang ideal untuk segala usia kucing. Memiliki rasa yang mendekati ASI, produk ini diperkaya pula oleh taurin, asam arachidonic, dan turunan laktosa yang masing-asing baik untuk kesehatan kulit, bulu, dan usus kucing.

10. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats

Susu untuk Kucing Bioline Goat Milk for Dogs and Cats
Susu untuk Kucing Bioline Goat Milk for Dogs and Cats

Bioline Goat Milk adalah susu yang berasal dari induk kambing. Menurut berbagai penelitian, susu hewan yang mendekati karakteristik susu induk kucing adalah susu yang diperoleh dari induk kambing. Jadi, produk satu ini bukan hanya cocok untuk kucing, tetapi juga anjing peliharaan.

Produk berikut diformulasikan rendah laktosa dan hipoalergenik sehingga aman bagi pertumbuhan dan saluran cerna kucing Anda. Anda dapat memberikan Bioline Goat Milk sebagai susu untuk kucing anakan, kucing dwasa, kucing hamil, atau kucing sakit.

Rekomendasi Lainnya : 10 Makanan Kucing Terbaik

Kesimpulan

Setelah membeli salah satu susu kucing terbaik yang telah kami rekomendasikan, tiba saatnya Anda untuk memberikannya pada kucing kesayangan. Apabila Anda memiliki kucing yang baru lahir, berikanlah susu dengan tidak membaringkan kucing. Hal tersebut dapat memicu penyumbatan air susu di dalam saluran pernapasan.

Untuk kucing dewasa dan usia lanjut, berikanlah susu dengan suhu yang lebih dingin. Sementara untuk kucing yang pertumbuhannya masih cepat, buatlah susu dengan air hangat yang suhunya mendekati suhu tubuh kucing. Jangan terlal udingin atau panas karena bisa memicu kucing anakan Anda mengalami gangguan perut.

Write A Comment

/* */