CEKLIST.ID – Kulit kombinasi dapat terjadi dikarenakan satu dan lain hal. Gaya hidup tidak sehat, cuaca yang tidak bersahabat hingga penurunan kondisi fisik akibat pertambahan usia menjadi faktor yang memungkinkan kulit mengalami kombinasi kondisi. Untuk merawat kulit tetap sehat, Anda dianjurkan memakai pembersih wajah yang tepat.

Pembersih wajah dalam bentuk facial foam dapat Anda gunakan. Pakailah produk yang sesuai dengan kulit kombinasi Anda. Dikarenakan kulit kombinasi terdiri dari beberapa macam, kami akan jelaskan terlebih dahulu cara memilih produk berdasarkan kulit kombinasi Anda Setelah itu, barulah Anda bisa membeli facial foam yang telah kami rangkum dalam daftar. Jadi, jangan lewatkan artikel ini!

Cara Memilih Facial Foam yang Bagus untuk Kulit Kombinasi

Facial Foam Terbaik untuk Kulit Wajah Kombinasi
Gambar Ilustrasi Facial Foam / TheKlog

Pada hakikatnya, kulit kombinasi termasuk kondisi kulit yang tidak memerlukan perawatan khusus layaknya kulit normal. Hanya saja, kondisi kombinasi yang beragam tetap mengharuskan Anda memakai produk yang sesuai dengan kulit wajah Anda, apakah normal dan berminyak, normal dan kering, atau kering dan berminyak?

Untuk itulah, pastikan Anda menggunakan produk facial foam yang tepat bagi kulit kombinasi Anda. Bingung menentukannya karena tidak tahu seperti apa produk yang tepat? Gunakanlah panduan berikut agar kulit kombinasi Anda tetap terawat, kulit pun tetap sehat dan senantiasa terhindar dari beragam masalah wajah!

1. Untuk kulit kombinasi normal dan berminyak, gunakanlah produk yang mengurangi sebum dan diperkaya pelembap

Kulit kombinasi yang menggabungkan kondisi normal dan berminyak dapat dialami setiap orang, apakah Anda salah satunya? Kondisi ini ditandai dengan area yang lebih berminyak pada zona T yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Pada bagian tersebut terdapat kelenjar sebasea yang bekerja melepaskan sebum untuk melembapkan kulit. Kelebihan produksi minyak dapat terjadi karena kulit yang awalnya terlalu kering.

Apabila kondisi seperti ini yang terjadi pada wajah Anda, gunakanlah produk facial foam yang dapat mengurangi angka sebum. Di samping itu, formula pelembap juga penting dimiliki oleh facial foam yang Anda gunakan. Dengan begitu, zona T yang berminyak bisa lembap karena produk bekerja langsung menekan produksi minyak berlebih.

2. Untuk kulit kombinasi normal dan kering, gunakanlah produk dengan daya pembersih yang tidak terlalu kuat

Selain zona T, pada area wajah juga terdapat zona U yang meliputi area luar pipi. Pada beberapa orang, zona U ini terasa lebih kering. Jika pada area tersebut wajah Anda terasa kering namun tidak di area lain, termasuk zona T, maka tipe kulit kombinasi Anda adalah kulit normal dan kering. Produk facial foam yang tepat untuk kondisi kulit kombinasi semacam ini haruslah yang bisa mendorong produksi minyak lebih baik.

Di samping itu, produk pembersih yang cocok untuk kulit kering dan normal memiliki daya pembersih yang tidak terlalu kuat. Hindari penggunaan sabun berbentuk batangan karena meskipun terbuat dari bahan alami, umumnya sabun batangan dapat mengikis pertahanan kulit yang berdampak pada timbul ruam atau bahkan iritasi parah pada kulit Anda yang kering.

3. Untuk kulit kombinasi kering dan berminyak, gunakanlah produk yang membersihkan hingga ke pori-pori

Bisa dibilang kalau kondisi kulit kombinasi inilah yang paling sulit ditangani. Pada zona U yang kering dan zona T yang cenderung berminyak mengharuskan Anda menggunakan facial foam yang bekerja efektif ke dua area tersebut. Jika salah menggunakan produk, maka risiko kemunculan jerawat dan komedo akan semakin besar.

Pada area kulit yang kering juga bisa mengalami peradangan dan kasar bila produk pembersih memiliki bahan iritan. Oleh sebab itu, facial foam yang cocok bagi pemilik kulit kering dan berminyak adalah yang mampu mengangkat kotoran dan sebum dari pori-pori terdalam. Pastikan juga produk pilihan Anda dibekali tambahan formula pelembap sehingga dapat menjaga kelembapan di zona T dan U secara bersamaan.

4. Periksa komposisi bahan yang terkandung di dalam produk

Setelah mengenali tipe kulit kombinasi Anda, langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah bahan-bahan yang terkandung dari setiap produk pilihan Anda. Facial foam dalam bentuk cair lebih disarankan karena tidak memicu penurunan angka sebum yang diperlukan kulit untuk menjaga kelembapannya.

Pastikan produk yang Anda gunakan diperkaya bahan pelembap, entah apa pun tipe kulit kombinasi Anda. Kehadiran bahan pelembap akan membuat kulit yang kering tidak memicu produksi minyak berlebih, begitu pula pada area yang rentan berminyak maka kelenjar minyak sebum yang diproduksi dapat ditekan.

10 Rekomendasi facial foam untuk kulit kombinasi terbaik

Selanjutnya, ceklist.id akan memberikan sepuluh produk pembersih wajah dalam bentuk facial foam terbaik untuk kulit kombinasi. Pilihlah facial foam yang sesuai dengan kulit kombinasi Anda dan dapatkan kulit yang senantiasa terawat setiap hari!

1. Dove Deep Pure Facial Foam

Dove Deep Pure Facial Foam
Dove Deep Pure Facial Foam

Alih-alih menggunakan scrub, Dove membuat partikel pembersih bernama micropuff yang 10x lebih kecil dibandingkan scrub pada umumnya. Berkat partikel kecil tersebut, facial foam ini semakin fektif dipakai untuk membersihkan kotoran sekaligus mengeluarkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Meski bekerja hingga ke pori-pori, produk ini tidak akan mengurangi kelembapan alami wajah Anda. Hal tersebut dikarenakan Deep Pure Facial Foam diperkaya formula Nutrium Moisture Beauty Serum yang bukan hanya melembapkan, tetapi juga membaut kulit semakin halus dan bebas kilap.

2. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash
Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Purifying Neem Face Wash memberikan perawatan yang efektif pada kulit muka Anda yang bertipe kombinasi berminyak cenderung berjerawat. Adalah rahasia umum bahwasanya kulit yang dibebani minyak berlebih lebih rentan terhadap jerawat.

Oleh sebab itu, bantu hilangkan dan cegah kemunculan jerawat menggunakan pembersih wajah berupa foam dari Himalaya Herbals. Bahan alami berupa daun neem menjadikan wajah bebas bakteri. Selanjutnya, produk ini juga diperkaya oleh bahan alami lain yakni turmeric yang membantu menekan pertumbuhan jerawat.

3. Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Facial Wash

Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Facial Wash
Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Facial Wash

Produk yang dapat ditemui di minimarket terdekat ini cocok dipakai untuk menangani tiga masalah kulit, yakni kulit kombinasi berminyak, berjerawat, dan berkomedo. Sebuah pilihan tepat apabila Anda mempunyai tipe kulit kombinasi berminyak dan rentan berjerawat.

Facial foam Clean & Clear satu ini mampu menghasilkan busa melimpah tanpa mengakibatkan kulit menjadi kering. Malahan, busa tersebtu mengandung bahan aktif antibakteri yang sangat efektif dalam membersihkan kotoran sekaligus mengangkat minyak berlebih dari pori-pori wajah.

4. Laneige Fresh Calming Gel Cleanser

Laneige Fresh Calming Gel Cleanser
Laneige Fresh Calming Gel Cleanser

Bekerja secara lembut pada kulit wajah, produk ini cocok dipakai oleh Anda yang tengah memasuki usia kepala dua. Di dalamnya kaya akan formula yang teruji secara dermatologis baik untuk kesehatan kulit. Bahkan, Laneige juga memastikan produk ini mengantongi label hypoallergenic sehingga cocok bagi kulit wajah yang sensitif.

Akan tetapi, pada dasarnya produk ini dirancang untuk pemilik kulit kombinasi cenderung berminyak. Formula-formula ajaib di dalam produk ini akan menghapus minyak dan kotoran secara merata dan maksimal. Tidak mengandung pewarna, minyak mineral, dan triethanolamine, produk ini aman dipakai setiap hari.

5. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil Oily Skin Cleanser
Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil merilis cleanser yang kompatibel untuk segala kondisi kulit kombinasi. Terutama untuk kulit berminyak dan sensitif, produk ini bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan meninggalkan residu pada pori-pori yang menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Dirancang tanpa formula sabun, produk ini sangat efektif dalam mengusir kelebihan minyak ataupun debu kotoran yang menempel. Setelah memakai makeup seharian, Anda dapat membersihkan sisa-sisa makeup yang melekat secara optimal dengan bantual facial foam satu ini.

6. Bioderma Sébium Gel Moussant

Bioderma Sébium Gel Moussant
Bioderma Sébium Gel Moussant

Bioderma Sebium Gel Moussant adalah pembersih muka yang bekerja secara lembut dalam menghilangkan noda hitam pada kulit kombinasi Anda. Produk ini diperkaya bahan aktif yang dapat menghambat pertumbuhan noda gelap di area wajah.

Sama dengan produk sebelumnya, Bioderma merancang facial foam berbentuk gel ini bebas sabun sehingga tidak memicu iritasi pada kulit sensitif. Malahan, produk ini juga tidak menggunakan pewarna tambahan sehingga cocok untuk Anda yanga ingin memakainya sebagai daily cleanser.

7. Sebapharma Sebamed Facial Cleanser – For Oily and Combination Skin

Sebapharma Sebamed Facial Cleanser
Sebapharma Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin

Pembersih wajah seri ini dikeluarkan oleh Sebamed untuk membantu orang yang memiliki tipe kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Menggunakan bahan alami Hamamelis virgiana, produk ini akan bekerja menyejukkan dan menenangkan kulit.

Melihat hal tersebut, tentu saja produk ini juga cocok dipakai oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. Diciptakan tanpa menggunakan sabun dan alkali, produk ini akan melakukan efek kerja yang lembut dan ampuh dalam mengangkat kelebihan minyak. Diperkaya pula dengan provitamin B5, kelembapan kulit semakin terjaga!

8. Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser

Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser
Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser

Noda yang tersumbat dalam waktu lama bisa memicu kemunculan komedo dan membuat sebagian area menjadi kusam. Masalah ini umum terjadi pada kulit kombinasi cenderung berminyak, terutama di zona T. Untuk menangani masalah ini, Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser adalah produk yang tepat.

Jafra menerapkan teknologi Equalsmart Complex yang bukan hanya mengontrol produksi minyak di zona T, tetapi juga memperbaiki tekstur kulit wajah agar lembut dan mulus. Gunakanlah produk ini setiap hari, jaminan kulit muka yang bersih dari minyak dan sel kulit mati menjadikan muka Anda kembali cerah alami!

9. Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser
Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Formula bebas sabun pada produk ini menjadi pilihan tepat untuk segala kondisi kulit wajah. Jika hingga saat ini Anda belum yakin jenis kulit Anda, gunakanlah cleanser dari Seensatia Botanicals ini. Produk ini cocok dipakai bukan hanya oleh segala tipe kulit, tetapi juga aman digunakan oleh wanita hamil.

Tersusun atas bahan-bahan alami dan tidak mengandung sabun, produk ini tidak mengikis sebum ataupun kulit wajah yang kerap kali memunculkan efek iritasi. Meski formulanya tanpa sabun, produk ini tetaplah efektif dalam segala kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah.

10. Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash
Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash adalah sabun wajah yang dirancang dengan nilai pH seimbang dengan kulit. Bagi pemilik kulit kombinasi cenderung sensitif pada beberapa area, produk ini tidak akan menimbulkan masalah lain di kulit wajah Anda.

Produk ini tidak menggunakan zat pewarna, pewangi, etanol, dan minyak mineral, menjadikannya aman dipakai sehari-hari tanpa menimbulkan efek samping. Dalam facial foam ini bukan cuma disertakan zat pembersih yang bekerja maksimal, tetapi juga pelembap yang akan menjaga kelembapan kulit alami untuk mencegah kulit menjadi kering.

Review Lainnya : 10 Facial Foam untuk Kulit Kering

KESIMPULAN

Menggunakan facial foam untuk kulit kombinasi yang sesuai akan membantu merawat kulit muka tetap sehat. Meski sebagian tipe kulit kombinasi termasuk yang paling sulit ditangani, perawatan tetap harus dilakukan agar risiko munculnya jerawat, komedo, flek hitam, dan bentuk lain dapat diminimalisir.

Bila facial foam yang Anda pilih ternyata tidak mengeluarkan busa banyak, Anda bisa lakukan pembersihan muka dengan bantuan net penghasil busa. Dengan benda tersebut, maka busa yang dihasilkan bisa lebih melimpah. Artinya, Anda tidak perlu lagi menggosok wajah dengan keras karena hanya menimbulkan ruam atau kulit memerah.

Write A Comment

/* */