CEKLIST.ID – Mainan kucing berguna untuk melatih ketangkasan kucing. Di pasaran, Anda akan menemui cukup banyak pilihan mainan berdasarkan jenisnya, seperti yang digigit, dikejar, ditangkap, dan sebagainya. Setiap kucing memiliki karakteristik yang berbeda sehingga Anda perlu membeli mainan yang cocok untuknya.

Jika Anda belum terlalu mengenali karakteristik kucing kesayangan Anda, sebaiknya belikan beberapa buah mainan dengan jenis yang berbeda. Di bawah ini, kami akan ulas mainan kucing terbaik yang dapat Anda belikan untuk menyenangkan kucing kesayangan. Sebelum membeli, kami akan beritahukan terlebih dahulu cara memilihnya. Simaklah informasi menarik ini hingga akhir!

Tips dan Cara memilih mainan kucing yang Bagus

Mainan Kucing yang Bagus
Gambar Ilustrasi Mainan Kucing / catTime

Setiap mainan kucing dirancang untuk kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung jenisnya. Pada umumnya, kucing menyukai mainan yang dapat digigt dan dipeluk untuk ditendang-tendang. Di samping itu, jenis mainan kucing juga memengaruhi cara bermainnya. Untuk memahami lebih jauh, Anda dapat membaca panduan dalam memilih mainan kucing berikut ini.

1. Pilihlah yang mudah digigt sebagai media olahraga

Baik pada kucing anakan ataupun dewasa, mereka umumnya menyukai mainan yang dapat digigit. Karena itulah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kalau mainan tersebut dapat dengan mudah digigit oleh kucing kesayangan Anda.

Akan tetapi, sebagian mainan dirancang dengan karakteristik permainan kejar-kejaran dan tidak mungkin untuk digigit. Sebagai contoh adalah mainan yang mengeluarkan cahaya. Karakteristik mainan seperti ini lebih tepat untuk membuat kucing aktif bergerak sehingga bisa membangkitkan semangatnya.

2. Pilih mainan berdasarkan tipe dan karakteristiknya

Syarat utama dari mainan kucing yang Anda berikan haruslah disukai olehnya. Kucing Anda akan senang apabila bisa bermain dengan mainan yang disukainya. Meski banyak orang yang membeli mainan dengan jenis serupa, belum tentu mainan tersebut cocok untuk Anda. Dengan begitu, sesuaikanlah mainan berdasarkan tipe dan karakteristiknya agar cocok dimainkan oleh kucing Anda berdasarkan usia dan aktivitasnya.

  • Tipe Cat Teaser. Mainan ini memiliki bentuk seperti pancingan. Terdapat tongkat elastis yang di bagian ujungnya dipasang bulu-bulu berwarna-warni untuk menarik perhatian kucing. Beberapa produsen menambahkan tali pada ujung tongkat untuk mengikat hewan berukuran kecil, seperti tikus mainan, serangga kecil, bulu burung, dan sebagainya.
  • Tipe Bola atau Tikus-tikusan. Mainan yang bentuknya bulat seperti bola dapat bergulir dengan mudah. Mainan kucing seperti ini dapat membuat kucing peliharaan Anda bebas bergerak dengan sendirinya. Dirinya pun bisa bermain sendiri tanpa harus Anda temani. Jika memilih tipe ini, pastikan mainannya tidak berukuran sangat kecil karena dapat berisiko membuatnya tertelan secara tidak sengaja.
  • Tipe Boneka. Walau tidak bisa disamaratakan, namun faktanya kucing menyukai aktivitas menggigiti benda-benda di sekitarnya atau bahkan jari Anda. Untuk mendukung kebiasaannya, berikanlah mainan tipe boneka yang dapat digigit dengan nyaman. Mainan boneka untuk kucing dalam bentuk tikus, ikan, atau bentuk bangun yang dibalut warna-warna menarik akan disukai kucing Anda.
  • Tipe yang Menyala. Mainan tipe ini cocok untuk dimainkan oleh kucing Anda tanpa harus membuat Anda dekat dengan kucing. Umumnya mainan yang menyala ini berbentuk fisik kecil yang bisa mengeluarkan cahaya, entahkah cahaya LED atau sinar laser. Jika Anda khawatir sinar laser yang mampu mengirimkan cahaya jarak jauh mengenai mata dan membahayakan kucing Anda, Anda dapat memilih mainan yang menyala dari sumber LED saja.

3. Pilih mainan yang aman untuk kucing kesayangan

Kucing Anda tidak bisa memilih mainan seperti apa yang hendak dimainkannya. Kontrol tersebut ada pada Anda. Dengan begitu, Anda harus mengutamakan mainan yang bukan hanya disukai kucing Anda dan membuatnya asyik bermain, tetapi juga aman untuknya.

Jika Anda membeli mainan berbentuk cat teaser atau pancingan, pilihlah part tambahan yang digantungkan di ujung tongkat yang tidak mudah lepas semisal ditarik atau digigit oleh kucing. Sementara mainan yang berbentuk bola ataupun boneka yang dapat dipeluk dan digigit, sebaiknya pilih yang tidak mudah ditelan, bisa dengan memperhatikan ukuran ataupun bahan yang digunakan.

10 Rekomendasi mainan kucing terbaik

Walau bukan negara ramah kucing, Indonesia tetap banyak memproduksi segala sesuatu yang berguna untuk kucing, termasuk mainan. Saat datang ke tempat yang menjual makanan kucing, Anda mungkin akan bingung saking banyaknya pilihan. Untuk itu, ceklist.id telah pilihkan sepuluh mainan kucing terbaik yang dapat Anda beli atau jadikan referensi. Selamat memilih!

1. Mainan Kucing Squeaky Mouse

Mainan Kucing Squeaky Mouse Terbaik
Mainan Kucing Squeaky Mouse

Anda dapat membeli lebih dari satu mainan boneka untuk kucing ini. Dipasarkan dengan berbagai varian warna, Anda bisa sekaligus mengoleksi untuk dipajang di kamar atau rumah kucing Anda. Mainan dalam bentuk tikus-tikusan ini bukan hanya menyajikan warna dan bentuk yang menarik, tetapi juga mampu mengeluarkan suara.

Kucing Anda pasti menyukai mainan ini. Dirinya pun tidak mudah bosan karena terdapat suara-suara yang dihasilkan. Agar bunyinya keluar, Anda harus menyalakannya terlebih dahulu sebelum melemparkan boneka ke area tertentu. Mainan ini bisa mendukung kucing Anda agar lebih gerak aktif sehingga tubuhnya pun semakin sehat.

2. Mainan Kucing Boneka Ikan dengan Catnip

Mainan Kucing Boneka Ikan dengan Catnip
Mainan Kucing Boneka Ikan dengan Catnip

Jika Anda tidak ingin membuat kucing terlalu lelah bermain lempar tangkap, mainan kucing berbentuk boneka ikan ini patut dipertimbangkan. Boneka dengan bentuk ikan yang ukurannya cukup besar ini bukan hanya bisa digigit oleh kucing Anda, melainkan dipeluk juga!

Ukuran mainan ini sekitar 18 – 20 cm sehingga cukup besar dan aman meski sering digigit. Anda pun tak perlu takut mainan terselip dan hilang karena ukurannya yang agak besar. Di dalam boneka ikan ini terdapat catnip atau tanaman kering beraroma yang bakal membuat kucing Anda ketagihan bermain lama-lama dengan mainan ini.

3. Catit Play ‘n Scratch

Catit Play n Scratch
Catit Play n Scratch

Mainan dari Catit ini sangatlah serbaguna. Dirancang dengan banyak tipe permainan, kucing Anda tentu bakal menyukai setiap kali masuk waktu bermainnya. Catit mendesain mainan ini dengan tipe tipe sekaligus. Ada permainan kejar bola beserta jalurnya, bulu pom-pom yang menempel pada tongkat elastis, dan alas khusus untuk menggarukkan cakar kucing ke atasnya.

Mainan ini juga hadir dalam pilihan warna ungu yang menarik. Bila Anda ingin membelikan mainan yang tidak hanya melatih ketangkasan atau daya gigit kucing, tetapi sekaligus menjaga cakar kucing tetap tajam, Catit Play ‘n Scratch ini merupakan pilihan yang ideal.

4. Mainan Kucing Bola Interaktif 3 Tingkat

Mainan Kucing Bola Interaktif 3 Tingkat
Mainan Kucing Bola Interaktif 3 Tingkat

Rasa penasaran kucing anakan yang besar perlu didukung dengan jenis permainan yang dimainkannya. Apabila Anda mempunyai kitten yang belum aktif bergerak, latihlah ketangkasannya tanpa harus membuatnya banyak bergerak dengan mainan ini.

Ini adalah mainan yang terdiri dari tiga susun lingkaran yang pada setiap tingkatannya terdapat bagian untuk memasukkan bola. Setiap kali kucing menyentuh bola, bola tersebut akan bergulir ke sisi lain lingkaran. Mainan ini bisa dimainkan di mana pun, bahkan pada area yang terbatas sekalipun.

5. Mainan Kucing Rainbow Ball

Mainan Kucing Rainbow Ball
Mainan Kucing Rainbow Ball

Tertarik untuk menghadiahkan kucing Anda mainan yang pasti disukainya? Belikanlah Rainbow Ball ini. Mainan berupa bola-bolaan dengan warna-warni pelangi ini pasti akan membuat kucing Anda senang. Mainan ini terbuat dari bahan EVA (Ethylene-vinyl acetate) yang aman, ringan, dan lembut. Selain itu, bahan tersebut juga cukup awet meski kucing Anda sangat sering menggigitnya.

Rainbow Ball mempunyai diameter 3,5 cm. Di satu sisi, ukurannya yang kecil memungkinkan Anda melempar dan menggelindingkan bola lebih mudah,. Namun, di sisi lain, mainan ini juga berisiko tertelan. Karena itulah, lebih baik memberikan mainan ini pada anak kucing yang rongga mulutnya belum terlalu besar.

6. Mainan Kucing dengan Lonceng dan Pita

Mainan Kucing dengan Lonceng dan Pita
Mainan Kucing dengan Lonceng dan Pita

Terdapat pita dengan warna-warni cantik dan tambahan lonceng pada tali pancing yang mengikat di ujung tongkat mainan ini. Baik kucing anakan ataupun kucing dewasa, mereka pasti akan menyukai aktivitas bermain dengan mainan ini. Anda pun bisa berinteraksi sekaligus bermain dengan kucing kesayangan dalam jarak dekat.

Gagang pancingannya memiliki panjang 10 cm dengan tali pancing yang terbuat dari kawat lentur. Anda bisa memegang pegangan pancingan ini dengan mudah. Tali pancing dari kawat tersbeut juga tidak mudah kusut meski Anda menggulungnya.

7. Kong Cat Wobbler

Kong Cat Wobbler
Kong Cat Wobbler

Ajak kucing bermain dan makan dalam waktu bersamaan dengan mainan ini. Kong Cat Wobbler adalah mainan yang sangat interaktif dan unik. Bentuknya yang unik dengan tambahan detail yang sederhana akan menyenangkan hati kucing yang Anda pelihara di rumah.

Dikatakan bisa dipakai bermain dan untuk makan secara bersama karena mainan ini memiliki bagian tertutup yang bisa dijadikan wadah untuk makanan kering. Terdapat lubang berukuran kecil yang akan mengeluarkan isinya apabila mainan digulirkan oleh kucing Anda. Dengan begitu, kucing Anda akan bebas bermain sekaligus makan camilan keringnya pada saat yang bersamaan.

8. Mainan Kucing Laser LED

Mainan Kucing Laser LED
Mainan Kucing Laser LED

Anda bisa membuat kucing berlari kesana kemari atau bahkan melompat-lompat ke arah tembok dengan mainan ini. Bebrentuk laser dengan cahaya LED, mainan ini bukan hanya menarik perhatian kucing, tetapi juga aman untuknya apabila tidak sengaja mengenai matanya.

Mainan kucing dalam bentuk laser ini tidak akan membuat kucing Anda ataupun Anda sebagai pemilik bosan ketika mengajak kucing bermain. Alasannya, cahaya laser yang dikeluarkan memiliki bentuk yang beragam, seperti tikus, ikan, atau telapak kucing. Buat kucing Anda berlari-lari riang mengejar titik cahaya yang dilaserkan oleh mainan ini!

9. Mainan Kucing Tikus dengan Remote Control

Mainan Kucing Tikus dengan Remote Control
Mainan Kucing Tikus dengan Remote Control

Insting berburu pada kucing Anda akan lebih terlatih dengan mainan ini. Anda dapat membeli mainan ini apabila kucing di rumah sedang dalam proses transformasi dari kitten menjadi kucing dewasa. Mainan bentuk boneka tikus ini bukan hanya bisa digigit oleh kucing Anda, tetapi juga bisa bergerak!

Untuk menggerakannya, terdapat remot pengontrol yang bertenagakan 2 baterai AA. Sedangkan pada boneka tikusnya sendiri diperlukan 3 buah baterai jenis AAA agar bisa menyala. Saat tikus-tikusan ini bergerak maju atau mundur, naluri berburu kucing Anda akan muncul.

10. Mainan Kucing Bulu dan Lonceng

Mainan Kucing Bulu dan Lonceng
Mainan Kucing Bulu dan Lonceng

Telinga kucing memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terhadap suara-suara di sekitarnya. Mainan ini bukan hanya dipasangkan bulu lembut yang menarik perhatian kucing karena terdiri dari banyak warna, melainkan dilengkapi pula oleh lonceng kecil yang akan selalu menyedot rasa penasaran kucing dengan suara yang tertangkap oleh telinganya.

Berjenis cat teaser, mainan ini tidak akan menyebabkan kebosanan meski kucing Anda terus-terusan bermain dengannya hingga lelah. Mainan ini ideal diberikan pada anak kucing maupun kucing dewasa. Jika kucing Anda sedang tidak bersemangat, pancinglah keinginan geraknya dengan mainan ini. Pasti berhasil!

Review Lainnya : 10 Makanan Kucing Terbaik

Kesimpulan

Cukup banyak bukan mainan kucing yang dapat Anda beli, bahkan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membeli lebih dari satu mainan sehingga ketika kucing Anda bosan memainkan satu jenis mainan, Anda bisa menggantinya dengan mainan jenis lain. Saat memilih mainan, perhatikanlah bagaimana mainan tersebut dimainkan. Utamakan yang dapat menyenangkan sekaligus melatih ketangkasan kucing Anda, ya!

Write A Comment

/* */