CEKLIST.ID – Selama berkendara dengan sepeda motor, Anda tentu takkan tahu kapan hujan turun. Maka itu, menyediakan jas hujan di dalam bagasi jok motor akan membantu Anda terhindarkan dari baju atau celana basah berlebihan. Jas hujan akan melindungi pakaian Anda secara menyeluruh, terutama bagi pengendara sepeda atau sepeda bermotor.

Bila Anda berencana untuk membeli jas hujan, kami akan berikan rekomendasi jas hujan terbaik. Produsen seperti Axio, Eiger, Yama, Elmondo, dan Respiro mempunyai koleksi jas hujan yang bisa Anda gunakan. Banyaknya bentuk, model, dan kelengkapan fitur barangkali membuat Anda bingung. Karenanya, Anda bisa membaca ulasan kami kali ini!

Gambar Jas Hujan yang Bagus
Gambar Ilustrasi Jas Hujan

Cara memilih jas hujan yang Bagus

Dalam tulisan ini, kami akan mengulas secara mendetail bagaimana tata cara memilih jas hujan. Anda akan temukan produk yang tepat bila mengikuti saran dan panduan dari kami. Tanpa menunggu lama lagi, silakan diikuti pembahasan kami ini, ya!

1. Utamakan jas hujan dengan bahan waterproof berkualitas tinggi

Produsen menggunakan bahan dasar yang mampu menangkal air hujan tembus dan mengenai pakaian. Bahan tersebut sudah mempunyai sifat waterproof mirip plastik alias memiliki sifat tahan air. Dalam hal ini, produsen membagi kembali bahan tahan airnya yang kemudian memengaruhi kualitas dari masing-masing produk.

Bila Anda termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di jalanan, maka pilihlah jas hujan berbahan waterproof terbaik untuk berjaga-jaga saat hujan turun tiba-tiba. Jas hujan semacam ini akan menghalangi air hujan mengenai baju dan celana Anda dalam jangka lama.

2. Pilihlah jas hujan yang berbentuk setelan terpisah

Bila datang ke toko, Anda mungkin akan menemukan beberapa bentuk atau model dari jas hujan. Untuk pengendara sepeda motor, utamakanlah produk yang aman. Hindari jas ponco yang bentuknya menyerupai jubah, terlebih jika terdapat bagian yang menjuntai sehingga risiko tersangkut pada gir menjadi besar.

Lebih aman untuk memakai jas hujan berbentuk setelan jaket dan celana yang terpisah. Ukurlah panjang jaket dan pilih yang panjangnya sepaha Anda. Dengan begini, air yang turun melewati jaket takkan masuk ke celana dan membasahinya.

3. Agar tidak bau, pilihlah produk yang tidak menyerap air dan cepat kering

Air yang terjebak pada jas hujan bisa menyebabkan bahan lapuk dan timbul bau tak sedap. Anda pun akan merasa gatal-gatal saat memakai jas hujan yang bahannya tidak cepat kering. Produsen biasanya menerapkan bahan PVC sebagai pelapis bahan dasar karena dikenal tahan air dan sulit dilewati air. Bahan PVC juga mempunyai tingkat repellency tinggi sehingga saat terkena hujan, air akan terlewat begitu saja layaknya daun talas.

Setelah hujan reda, Anda perlu memelihara kondisi jas yang masih basah agar tidak lembap bagian dalamnya karena dapat menjadi sarang bakteri. Siramlah jas dengan air atau gunakan lap yang dibasahi air untuk mengelap seluruh bagian jas. Di samping itu, perhatikan pula tingkat permeabilitas dari bahan yang digunakan agar bagian dalam yang lembap cepat menguap dan kering.

4. Lebih praktis jika terdapat kantong penyimpanan

Setiap produsen merancang jas hujan agar berportabilitas tinggi. Bahkan, saat ini tak sulit menemukan jas hujan dengan bahan yang tipis sehingga bobotnya pun ringan. Sebagian lain juga menyediakan tambahan berupa kantong penyimpanan. Dengan adanya kantong penyimpanan, Anda bisa menaruh jas hujan dengan rapi ke dalam bagasi jok motor ataupun di rumah.

Bila Anda menyukai kerapian, maka pilihlah jas hujan yang disertai kantong. Carilah produk yang ringan dan mudah dilipat sehingga Anda pun takkan kerepotan sewaktu ingin memasukkan setelan jas ke dalam kantongnya. Poin ini hanyalah opsional dan bersifat saran sehingga Anda tak wajib menerapkannya.

Review 10 Rekomendasi jas hujan terbaik (Terbaru 2020)

Seusai melihat elemen-elemen penting apa yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli jas hujan, berikutnya ceklist.id berikan sepuluh pilihan jas hujan terbaik. Merek-merek yang tercantum dalam daftar ini telah malang-melintang cukup lama sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

1. Tiger Head Jas Hujan Pocho Celana

Gambar Tiger Head Jas Hujan Pocho Celana
Gambar Tiger Head Jas Hujan Pocho Celana

Jika Anda mencari jas hujan yang mengedepankan kepraktisan penggunaan, produk dari Tiger Head ini layak dipertimbangkan. Produsen tidak menyertakan kancing maupun resleting pada bagian depannya, membuat proses pemakaian lebih cepat. Anda hanya perlu memasukkan bagian atas jas melalui kepala dan sudah siap berkendara lagi.

Jas hujan tipe ponco ini memiliki berbagai ukuran, Anda harus menyesuaikannya agar tidak terdapat bagian yang menjuntai panjang. Terbuat dari bahan PVC, jas hujannya takkan membuat air hujan tembus dan membasahi pakaian. Penutup kepala dilengkapi tali pengencang agar tahan saat tertiup angin selama berkendara.

2. Axio Jas Hujan 882

Gambar Axio Jas Hujan 882
Gambar Axio Jas Hujan 882

Axio adalah pemain lama dalam industri perlengkapan berkendara. Dalam koleksi jas hujannya, seri 882 adalah yang paling banyak dipilih. Jas hujan ini mempunyai lapisan yang cukup tebal namun tetap ringan dan nyaman digunakan. Bagian dalam yang mengenai pakaian terbuat dari bahan furing yang tahan lembap.

Sementara pada bagian luarnya, terdapat lapisan taslan tahan air yang tebal. Pengendara takkan terkena basahan air secara sempurna, perjalanan ke kantor pun takkan menjadi hambatan. Untuk bagian jaketnya, Axio menyertakan sistem jahit ganda agar air hujan tidak menembus ke dalam jaket.

3. Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit

Gambar Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit
Gambar Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit

Eiger populer akan perlengkapan outdoornya, termasuk setelan jas hujan. Untuk Anda yang ingin tampak keren selama berkendara meski diterjang hujan, Jacket Riding Rexon Rainsuit pilihannya! Produk yang dibuat dari bahan polimer sintetis tahan air PVC coating ini akan membuat tubuh tetap hangat saat melewati hujan yang deras.

Sesampai di tempat tujuan, badan Anda tetap kering. Jas hujan ini didesain secara terpisah, ada jaket dan celananya. Walaupun dapat mengunci kehangatan, badan Anda takkan berkeringat karena kegerahan. Produsen menggunakan bahan yang halus dan ringan serta berkualitas sehingga menjamin kenyamanan saat digunakan.

4. Sun Flower Jas Hujan

Gambar Sun Flower Jas Hujan
Gambar Sun Flower Jas Hujan

Bicara soal bahan, Sun Flower mengandalkan taslan waterproof layaknya jas hujan berkualitas lainnya. Berkatnya, produk ini sangat tahan meski dipakai untuk menembus hujan selama perjalanan jauh.  Akan tetapi, Sun Flower tetap menyematkan keunikan pada jas hujan keluarannya ini. Anda tahu dimana letak keunikannya?

Keunikan jas hujan ini bisa ditemukan pada desainnya. Jadi, Sun Flower merancang agar ketika jas hujan ini selesai digunakan bisa langsung dilipat menjadi tas. Dengan begitu, buat Anda yang pelupa pun pasti akan senang saat membawa dan memakai jas hujan ini.

5. Joe Rocket Ladies RS-2 Rainsuit

Gambar Joe Rocket Ladies RS-2 Rainsuit
Gambar Joe Rocket Ladies RS-2 Rainsuit

Dari namanya saja, kami yakin Anda telah menebak kalau ini adalah jas hujan untuk wanita. Joe Rocket merancang produk ini dengan desain yang tak kalah unik dengan produk sebelumnya. Tidak mempunyai penutup kepala menjadi kelebihan tersendiri. Sebagai gantinya, Joe Rocket menyematkan kerah yang bisa menghalangi air hujan masuk ke dalamnya.

Tentunya, saat menggunakan helm, Anda pun takkan diganggu dengan keberadaan kupluknya. Beralih soal bahan, produk ini mempercayai bahannya pada nilon untuk bagian dalam dan polimer sintetis yang lembut dan tahan air pada lapisan luarnya. Adanya ventilasi di bagian belakang juga bisa mencegah tubuh Anda kepanasan, lho!

6. Respiro Rain Suit R2

Gambar Respiro Rain Suit R2
Gambar Respiro Rain Suit R2

Dapat menangkal air hingga 10.000 mmwc (milimetres water column) membuat Respiro Rain Suit R2 kian digandrungi. Walaupun mahal, produk ini tetap banyak dipilih karena kualitasnya yang tidak main-main. Kenyamanan juga menjadi aspek utama yang dikedepankan.

Selain menggunakan bahan waterproof berkualitas tinggi, Respiro turut melapisi bagian luarnya dengan bahan PES coating PU yang tahan terhadap tekanan udara dan air sehingga tidak mudah sobek. Sementara di bagian dalamnya bisa ditemui bahan PES mesh soft touch yang akan memberi kenyamanan karena sifatnya yang ringan dan tak panas.

7. Yamaha Rain Suit

Gambar Yamaha Rain Suit
Gambar Yamaha Rain Suit

Apabila Anda mempunyai motor bermerek Yamaha, maka akan terasa menyenangkan jika bisa memakai jas hujan dengan merek sama. Yamaha mengeluarkan jas hujan andalan untuk para pelanggannya. Meski demikian, buat pemilik sepeda motor bermerek lain juga tetap bisa menggunakannya, kok!

Produk ini diklaim mampu menahan debit air hingga tekanan 15.000 mm/cm2. Jas hujan ini juga cepat kering dengan tingkat kelembapan 8.000 gram/m2/24 jam. Untuk bahannya, Yamaha memilih 100% PU coating polyster pada bagian jaket dan 100% PVC coating polyster untuk celananya.

8. Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho

Gambar Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho
Gambar Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho

Jas hujan tipe ponco ini cocok buat Anda yang gemar melakukan kegiatan camping atau kegiatan outdoor lainnya. Naturehike 3 in 1 juga banyak dipilih oleh mereka yang hobi bersepeda. Jas hujan ini bersifat multifungsi sehingga berguna untuk melindungi tubuh dari terpaan air hujan pada saat berkegiatan seperti yang telah disebutkan.

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, produk ini juga bisa dibawa, lho! Saat turun hujan, Anda tetap bisa menutupi tubuh atau bahkan melindugi carrier bawaan dari percikan hujan. Didesain dengan bahan yang tipis, Anda juga bisa berjalan-jalan menelusuri gunung ketika langit mengirimkan rerintikan hujan.

9. Jack Wolfskin CJH 06 Jas Hujan Ponco

Gambar Jack Wolfskin CJH 06 Jas Hujan Ponco
Gambar Jack Wolfskin CJH 06 Jas Hujan Ponco

Jack Wolfskin atau JWS adalah salah satu brand yang termasuk populer akan jas hujan buatannya. CJH 06 misalnya, ini adalah jas hujan ponco yang terbuat dari kombinasi high quality parasit taffeta milky dan fully coating balloon. Kedua bahan tersebut sangat antiair.

Produk ini lebih kami sarankan buat Anda pakai saat berkegiatan di alam, seperti saat hiking, camping, atau climbing. Pada setiap ujungnya terdapat lubang yang bisa mengalihfungsikan jas hujan menjadi tenda emergency. Meski begitu, tak menutup kemungkinan kalau jas ini juga ideal dipakai untuk mengendarai motor ketika hujan turun.

10. Elmondo Nouvo Jas Hujan Setelan Anak 302

Gambar Elmondo Nouvo Jas Hujan Setelan Anak 302
Gambar Elmondo Nouvo Jas Hujan Setelan Anak 302

Meskipun banyak dijumpai jas hujan berjuluk “kalong” yang mana bisa dipakai untuk Anda dan anak Anda secara bersamaan, kami lebih menyarankan agar Anda menyiapkan jas hujan sendiri untuk anak Anda. Produk dari Elmondo ini akan cocok untuk anak laki-laki ataupun perempuan karena hadir dalam berbagai pilihan warna cerah yang cocok untuk anak usia 4 – 7 tahun.

Jas hujan ini didesain agar pas di badan anak berdasarkan tingkatan umutnya. Tak cuma itu, produk ini juga telah dibentuk dengan bahan tahan air bermutu tinggi. Pada bagian jaket bawah, terdapat dua kantong di setiap sisi yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa barang bawaan anak Anda.

Lainnya : Review Rekomendasi 10 Sarung Tangan Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Bagi orang dengan mobilitas tinggi, maka menyediakan payun belumlah cukup. Ketika berkendara untuk datang atau pergi ke kantor maupun tempat lain, hujan yang turun mendadak bisa membuat seluruh pakaian basah, Anda pun tak bisa melanjutkan aktivitas. Dengan menyediakan jas hujan di dalam tas ataupun bagasi motor, Anda tetap bisa datang ke berbagai acara meski diguyur hujan.

Write A Comment

/* */