CEKLIST.ID – Pada usia 2 – 3 tahun, setiap anak memasuki fase ideal untuk berbagai kemampuan. Meski tidak bisa disamaratakan, namun sebaiknya mengetahui bagaimana perkembangan anak pada usia-usia keemasan (golden age) ini. Untuk mendukung perkembangannya semakin pesat, Anda bisa menunjangnya dengan pemberian mainan edukasi yang direkomendasikan untuk kelompok usia tersebut.

Saat memasuki usia 2 sampai 3 tahun, anak mulai bisa menghapal lebih banyak kosakata, menggenggam benda lebih baik, mengerti konsep kepemilikan, memiliki keseimbangan yang semakin baik, dan masih banyak lagi. Pertumbuhan anak akan semakin pesat apabila Anda membantunya dengan mainan edukasi. Tersedia banyak macam mainan edukasi untuk anak usia 2 – 3 tahun. Anda bisa menemukannya pada artikel ini!

Mainan Edukasi Anak 2 sampai 3 Tahun
Gambar Ilustrasi Mainan Edukasi untuk Anak usia 2 sampai 3 tahun

Tips dan Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Sebelum menampilkan mainan edukasi apa saja yang dapat Anda berikan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih mainan edukasi yang tepat untuk anak usia 2 – 3 tahun. Agar semakin cermat dan tidak salah pilih, silakan dibaca langsung penjelasannya di bagian ini!

1. Pilih mainan berdasarkan kemampuan yang ingin ditingkatkan

Meski terdapat fase ideal terhadap perkembangan anak di setiap tingkatan usianya, Anda mungkin akan menemukan perbedaan antara anak Anda dengan yang lain. Untuk itu, Anda tidak perlu memaksa anak agar bisa menyamai kemampuan anak lainnya. Akan lebih baik Anda menemani perkembangan motorik, bahasa, emosi, dan selainnya dengan memilihkan mainan yang dirancang khusus untuk melatih kemampuan tertentu yang belum dimilikinya.

Sebagai contoh, apabila Anda ingin mengajarkan si kecil untuk belajar menggenggam benda dengan baik, Anda bisa memberikannya mainan edukasi seperti balok susun. Jari-jari anak akan terdorong untuk mengangkat balok mainan tersebut. Bahkan, anak Anda akan mulai melatih kemampuan kognitifnya untuk menyusun balok menjadi susunan dengan bentuk tertentu.

Sementara bila Anda ingin melatih daya imajinatif anak, Anda bisa membelikan mainan semacam mainan masak-masakan, dokter-dokteran, dan semacamnya. Pada rentang usia 2 hingga 3 tahun, anak mulai meniru sikap orang dewasa di sekitarnya. Anda bisa mengajarkan anak untuk meniru sesuatu yang baik dengan mainan-mainan tersebut. Bahkan, Anda pun bisa melatih kemampuannya untuk meningkatkan dan menambah kosakata anak dengan memperkenalkan setiap alat yang tersedia pada mainan.

2. Pastikan mainan tersebut aman baginya

Adalah penting untuk memperhatikan yang satu ini. Setiap produsen umumnya mencantumkan label target usia yang bisa Anda temukan pada kemasan. Perekomendasian usia ini tidak dimaksudkan untuk mereferensikan seberapa sulit atau mudah mainan tersebut dimainkan pada usia yang dituliskan. Namun, keterangan usia tersebut menunjukkan standar yang aman bagi anak untuk memainkan mainan tersebut.

Sebagian mainan yang berbentuk puzzle atau balok susun ada yang diciptakan dalam ukuran kecil. Jika terdapat bagian-bagian yang terlalu kecil, maka akan berisiko tertelan saat dimainkan anak. Sedangkan mainan yang lain, meski terbuat dari bahan plastik, ada yang memiliki bagian yang tajam semisal di ujungnya. Untuk itu, Anda harus memastikan betul seberapa aman mainan yang hendak dimainkan buah hati Anda dengan mencermati label target usia pada kemasan.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Bagaimana, sekarang Anda telah mengetahui cara yang benar dalam memilihkan mainan untuk anak usia 2 – 3 tahun, bukan? Selanjutnya, ceklist.id akan berikan rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 hingga 3 tahun. Silakan dipilih manakah mainan yang dapat menunjang perkembangan motorik, emosi, kognitif, emosi, dan sebagainya. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan si kecil, ya!

1. Mainan Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara

Mainan Anak 2 3 Tahun Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara
Gambar Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara

Anda tentu sudah tak asing dengan mainan satu ini. Boneka dalam bentuk anjing yang bisa berusaha dan berjalan dapat Anda berikan kepada buah hati. Ini bukan sembarang boneka mainan, tapi lebih dari itu. Dengan mainan ini, Anda akan mengajarkan anak untuk menyayangi binatang meski bukan dalam representasi hewan asli.

Sementara fitur suara yang dimiliki bisa membuat anak mengenali suara anjing yang sebenarnya. Empat kaki yang dapat bergerak juga bisa meningkatkan daya tangkap anak untuk mengamati pergerakan anjing. Mainan edukasi dalam bentuk anjing yang lucu ini memiliki dimensi 23 x 11 x 25 cm dengan saran usia anak 2 tahun ke atas.

2. Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk

Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk
Gambar Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk

Bentuk bangun dasar sederhana bisa Anda kenalkan kepada anak sedari usia dini. Berikanlah mainan satu ini untuk membantu mewujudkan keinginan Anda. Produk mainan edukasi ini mempunyai 4 bentuk geometri, seperti lingkaran, segitiga, segiempat, dan persegi panjang. Setiap bentuk terbuat dari balok kayu yang bebas kandungan racun sehingga aman untuk anak Anda.

Terdapat papan yang terdiri dari empat baris tiang dimana setiap baris dapat diselipkan bentuk geometri yang sesuai. Kelihatannya mainan ini sulit, tapi sebenarnya tidak. Anak Anda akan belajar secara mandiri untuk menyesuaikan setiap tiang dengan lubang pada balok berbentuk geometri. Semakin sering anak dilatih dengan mainan ini, dirinya pun akan semakin pintar dalam mengidentifikasi bentuk benda.

3. Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table No.889-68

Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table No 889-68
Gambar Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table No 889-68

Sikap tantrum anak harus terus dilatih agar bisa berkurang dari waktu ke waktu. Untuk itu, Anda bisa mengajarkan kesabaran pada sang buah hati dengan memberikannya mainan ini. Seperti namanya, ini adalah mainan edukasi berbentuk kolam pemancingan yang didesain secara menarik. Anak Anda takkan mudah bosan saat memainkannya.

Mainan ini menghadirkan konsep memancing sebagaimana aslinya. Tersedia kolam berisikan air berikut ikan-ikannya. Adanya tali pancing dan sekop untuk menangkap ikan akan mengajarkan anak pentingnya kesabaran dan kegigihan untuk mendapatkan sesuatu. Produk berdimensi 41 x 32 x 33 cm ini cocok juga untuk memperkenalkan anak dengan berbagai biota dan benda laut.

4. Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka

Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka
Gambar Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka

Setidaknya anak mampu menghapal hingga 50 kosakata dalam kisaran usia 2 – 3 tahun. Jika Anda ingin melatih kemampuan anak menghapal lebih banyak kata, Anda bisa menyokong kemampuan berbahasa anak dengan mengenalkannya pada huruf dan angka. Mainan yang berbentuk menyerupai puzzle ini sangat cocok untuk Anda berikan kepada sang anak.

Cara memainkan mainan ini pun sangatlah mudah. Anak Anda hanya perlu mencocokkan dan memasukkan huruf atau angka ke dalam lubang yang tersedia dalam papan. Warna-warni pada setiap keping huruf atau angka dari mainan ini pun akan membantu anak mengingat lebih banyak warna. Ingin memiliki anak yang cemerlang saat besar nanti? Yuk, dukung perkembangannya sejak kecil dengan mainan ini!

5. Doctor Toys Play Set

Doctor Toys Play Set
Gambar Doctor Toys Play Set

Pada usia prasekolah, tak jarang guru menanyakan cita-cita anak kelak dewasa nanti. Jawabannya pun beragam, namun yang paling sering ditemui tak lain seperti menjadi dokter, guru, polisi, pilot, dan sebagainya. Nah, semisal anak Anda bercita-cita menjadi dokter, maka produk satu ini dapat Anda berikan pada anak Anda yang masih berusia 2 – 3 tahun ke atas.

Doctor Toys Play Set merupakan mainan untuk mengajari anak tentang dunia kedokteran. Anda bisa memperkenalkan buah hati dengan beragam peralatan dalam dunia medis yang umum digunakan, seperti jarum suntik, stetoskop, gunting, dan semacamnya. Setiap peralatan dapat disusun rapi pada tas koper kecil yang disediakan, Anda pun bisa mengajarkan anak untuk menyusun mainannya sendiri.

6. Goldkids Building Blocks

Goldkids Building Blocks
Gambar Goldkids Building Blocks

Fase keemasan anak akan dimulai sejak 3 tahun ke atas. Anda harus memberikan perhatian lebih saat anak menginjak usia tersebut. Kami menyarankan Anda untuk membelikannya mainan satu ini. Goldkids Building Blocks merupakan blok susun yang terbuat dari plastik. Sesuai namanya, mainan ini dimainkan dengan cara disusun hingga membentuk sebuah benda, bangunan, kendaraan, dan lain semacamnya.

Jika Anda ingin melatih daya imajinatif dan kreativitas anak, mainan ini tentu sangat cocok baginya. Bukan hanya itu, anak Anda pasti akan menyukai produk satu ini. Pasalnya, Goldkids merancang setiap balok dalam warna-warna pastel yang cantik dan menarik. Bersama mainan ini, daya berpikir anak akan berkembang sangat pesat.

7. 3D Animal Block Puzzle

3D Animal Block Puzzle
Gambar 3D Animal Block Puzzle

Jika Anda takut anak memasukkan bagian-bagian kecil pada mainan ke dalam mulutnya, tentu produk satu ini ideal untuk Anda pilih. 3D Animal Block Puzzle dihadirkan untuk mengenalkan berbagai nama binatang serta gambaran ilustrasinya sebelum Anda membawa anak melihat langsung binatang dalam wujud aslinya di kebun binatang.

Setiap balok mainan mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga Anda takkan waswas sewaktu meninggalkan anak bermain sendiri dengan mainan ini. Terdapat 12 jenis binatang yang bisa disusun dalam satu papan, semisal gajah, anjing, jerapah, buaya, dan sebagainya. Setiap kepingan balok mempunyai warna yang ceria. Dijamin anak Anda akan betah saat menyusun puzzle binatang ini!

8. DIY Dream Kitchen

DIY Dream Kitchen
Gambar DIY Dream Kitchen

Punya anak perempuan yang besar nanti bercita-cita ingin menjadi koki andal? Anda bisa asah kemampuannya sejak kecil dengan memberikannya mainan satu ini. Sebagai langkah awal, mainan ini akan membuat si kecil jatuh hati dengan dunia masak-memasan. Harapannya tentu sewaktu besar nanti, bakat masak anak Anda sudah kelihatan lebih dulu sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan pendidikannya yang sejalan dengan passion-nya.

Mainan edukasi masak-masakan ini berdimensi 29 x 13 x 28 cm. Pada satu set pembelian, DIY Dream Kitchen terdiri dari banyak peralatan masak dan bahan masakan dari bahan plastik. Setiap komponen terbuat dari plastik yang bebas kandungan berbahaya. Bagi Anda yang ingin memacu anak berimajinasi seakan-akan memasak di dapur sungguhan, mainan inilah pilihannya.

9. Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada

Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada
Gambar Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada

Kulintang atau kolintang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Sekarang sudah banyak ditemukan mainan edukasi anak berbentuk alat musik mini, seperti gitar, piano, dan tentunya kolintang. Bila Anda ingin mengenalkan anak dengan musik sekaligus melatih pendengarannya, mainan satu ini tentu akan cocok baginya.

Mainan berikut mempunyai 8 tangga nada yang bisa mempertajam kepekaa saraf pendengaran anak dalam mengenal setiap tangga nada. Bukan hanya itu, bila Anda merasa punya bakat dalam seni, Anda pun bisa mengajarkan anak membentuk sebuah alunan musik indah dengan alat ini. Selain mampu menggali potensi anak dalam bidang seni, mainan ini pun dapat merangsang gerak motorik kasar dan halus anak.

10. Momo Little Helper No.667G

Momo Little Helper No 667G
Gambar Momo Little Helper No 667G

Produk yang seluruhnya terbuat dari bahan plastik berlabelkan SNI (Standar Nasional Indonesia) ini akan mengajarkan kebersihan pada anak Anda. Anda bisa membeli produk ini tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam. Hanya dengan kisaran harga di bawah 100 ribu, Anda sudah bisa membawa pulang mainan satu ini untuk dimainkan oleh buah hati di rumah.

Pada satu setnya tersedia 9 alat kebersihan dengan beragam fungsi, seperti sapu, pengki, sikat, ember, dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin menanamkan kebiasaan baik kepada anak sejak usia dini, Momo Little Helper No.667G merupakan produk yang patut Anda pertimbangkan. Produk ini dapat dimainkan oleh anak yang berusia mulai dari 3 tahun hingga ke atas.

Lainnya : Mainan Edukasi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai cara memilih sekaligus rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun. Sudahkah Anda menemukan mainan yang paling cocok untuk buah hati di rumah? Setiap mainan dirancang untuk melatih kemampuan tertentu pada anak. Maka dari itu, ketahui dulu kemampuan apa yang Anda rasa belum dimiliki atau masih kurang baik dari anak Anda sehingga mainannya akan sangat berguna ketika dipakai nanti.

 

Write A Comment

/* */