CEKLIST.ID – Fase pertumbuhan anak usia 4, 5, hingga 6 tahun begitu penting untuk Anda dukung dengan berbagai kegiatan yang aktif mendorong kemampuan berpikirnya. Anda bisa memilihkan mainan edukasi yang ditargetkan untuk pengguna dengan kelompok usia tersebut. Ada banyak pilihan mainan, namun manakah yang paling Anda butuhkan untuk diberikan kepada buah hati?

Jangan sampai salah pilih! Setiap mainan dirancang untuk merangsang daya dan kemampuan kognitif anak. Ada mainan edukasi untuk mengenal ruang, bentuk, angka, huruf, dan lain sebagainya. Mainan ini dapat dimainkan sendiri untuk mendorong imajinasi dan proses berpikir kreatif. Sedangkan sebagian lain ada yang dimainkan secara berkelompok sehingga anak bisa berbaur untuk memulai pengalamannya mengenal perasaan kalah dan menang.

Gambar Mainan Edukasi Terbaik
Gambar Ilustrasi Mainan Edukasi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Pada tulisan ini, kami akan mengulas secara spesial untuk Anda perihal mainan edukasi anak. Sebelum memilih produk, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, atau 6 tahun. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui. Simak langsung untuk melihat selengkapnya!

1. Untuk mengembangkan kemampuan berekspresi, Anda bisa memilihkan mainan huruf dan angka

Pada masa prasekolah atau sekitar 4 – 5 tahun, anak akan mulai menyukai bentuk angka dan huruf. Anda bisa memberikan sang buah hati dengan mainan edukasi ini. Belikan mainan huruf dan angka untuk menunjang kecerdasan berekspresi di dalam otak anak. Jika anak ditemani dan dilatih untuk terus mengenali bentuk angka dan huruf, Anda bisa melihat bagaimana dirinya mulai mampu menghitung hingga puluhan atau bahkan ratusan pada usia tersebut.

2. Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berikan anak mainan kartu atau board games

Board games atau mainan sejenis kartu yang melibatkan banyak pemain akan membantu anak Anda mengenali kasih kepada selain anggota keluarga. Sewaktu usia anak menginjak 4 hingga 6 tahun, Anda bisa ajak anak bermain ke play group untuk bermain secara kelompok. Pada saat bermain bersama, anak pun secara langsung melatih kemampuan berkomunikasi dengan anak lain yang seusianya.

Mainan berupa kartu, board games, atau jenis lainnya dapat mengajarkan anak tentang serunya bermain bersama. Bukan cuma itu, jika permainan yang dimainkan memerlukan aturan atau strategi, anak pun mulai belajar berpikir logis agar bisa memenangkan permainan. Yang lebih penting lagi, anak bisa merasakan pengalaman menang atau kalah dengan mainan edukasi sejenis ini.

3. Untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak, Anda bisa memberikannya mainan sejenis block brick

Block brick adalah mainan yang cocok untuk Anda yang ingin mendorong kemampuan imajinasi dan kreativitas anak. Jenis mainan ini dapat dimainkan oleh anak usia 5 – 6 tahun. Berbeda dengan mainan kartu, mainan block brick ini dapat dimainkan sendiri. Jenis mainan ini akan mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak dalam membangun berbagai bentuk bangunan, benda, kendaraan, dan lain sebagainya.

4. Belikan puzzle untuk melatih otak anak mengenali ruang

Selain bisa mengenali angka dan huruf, otak besar anak pun dapat mulai Anda latih untuk mengenali bentuk ruang kosong sejak umur 5 tahun. Mainan seperti puzzle 3D atau puzzle siluet dapat Anda berikan kepada buah hati. Biarkan dia mengasah kecerdasannya dengan mengenali ruang-ruang yang kosong. Jangan lupa untuk membimbing anak Anda sehingga proses belajar anak akan semakin menyenangkan.

10 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun

Setelah membaca ulasan pada bagian cara memilih sebelumnya, sudahkah Anda memahami jenis mainan seperti apa yang paling cocok untuk anak Anda? Anda pun bisa memilihkan lebih dari satu macam mainan sehingga saat anak bosan dengan satu mainan, dirinya dapat mengganti mainan tersebut dengan mainan jenis lainnya. Berikut ini ceklist.id memberikan daftar sepuluh mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, dan 6 tahun.

1. Kartu Edukasi Puzzlo Puzzle What Color

Mainan Kartu Edukasi Puzzlo Puzzle What Color
Gambar Mainan Kartu Edukasi Puzzlo Puzzle What Color

Tentu Anda menginginkan anak yang berotak cemerlang sejak usia dini, bukan? Untuk mewujudkannya, kami sarankan Anda memberikan buah hati mainan edukasi ini. Puzzlo merupakan mainan edukasi untuk anak yang memiliki bentuk lingkaran lengkap dengan kosakata berbeda pada setiap kepingannya. Setiap kepingan circle puzzle mempunyai warna-warna yang menarik.

Mainan berupa kartu edukasi ini terbuat dari karton ekstra tebal sehingga tak mudah bengkok dan lebih tahan lama. Pada satu set Puzzlo tersedia 15 kepingan dengan 15 warna berbeda. Untuk setiap kepingan terdapat nama-nama kendaraan, hewan, pakaian, bangunan, dan masih banyak lagi. Dengan mainan ini, anak Anda akan belajar untuk mengingat bentuk dan nama benda dengan lebih menyenangkan.

2. Mainan Edukasi Balance Shapes

Mainan Edukasi Balance Shapes
Gambar Mainan Edukasi Balance Shapes

Sangat baik bila Anda membelikan anak mainan edukasi yang bisa mendorong kemampuan otaknya dalam berpikir logis dan mengenali bentuk serta ruang. Mainan edukasi yang kami rekomendasikan ini berguna untuk melatih intelektual anak untuk berpikir logis. Mekanisme permainan yang mudah takkan membuat putra dan putri Anda cepat bosan saat memainkan mainan ini.

Anak Anda akan diajak untuk menyusun bentuk-bentuk benda seperti kubus dan bulat. Setiap bentuk memiliki berat yang berbeda-beda. Anak bisa menempatkan ke-12 bentuk benda yang disediakan pada dua sisi yang disediakan. Jika penyusunannya benar, maka setiap susunan akan menghasilkan berat yang sama dari masing-masing sisi. Inti dari mainan ini adalah mengenalkan konsep keseimbangan kepada anak.

3. My Family Doctor

Mainan Edukasi My Family Doctor
Gambar My Family Doctor

Saat usia sekolah, banyak anak yang mengatakan cita-citanya untuk menjadi dokter sewaktu dewasa nanti. Jika Anda menginginkan anak tumbuh besar menjadi seorang dokter, maka mainan edukasi ini tak boleh Anda lewatkan. My Family Doctor merupakan mainan untuk anak perempuan yang dirancang untuk mengenalkan anak dengan profesi dokter.

Terdapat 8 macam peralatan dokter yang tersedia dalam satu paket produk. Setiap alat dikemas dengan bentuk yang menggemaskan dan memiliki warna-warna terang. Selagi bermain dengan mainan edukasi ini, anak Anda bisa sekaligus belajar berkomunikasi selayaknya dokter yang menjelaskan tentang kondisi pasien yang diperiksa.

4. Funny Gear Bricks

Mainan Edukasi Anak Funny Gear Bricks
Gambar Funny Gear Bricks

Permainan menyusun blocks akan memacu anak untuk berkonsentrasi lebih dalam. Mainan edukasi satu ini menyediakan 81 blocks yang dilengkapi dengan 3 gigi roda yang dapat berputar. Setelah semua blocks terpasang sempurna, Anda atau anak Anda bisa menghidupkan mainan dengan sumber tenaga baterai. Dalam sekejap, mainan akan tampak hidup dan anak Anda pun dijamin kegirangan.

Funny Gear Bricks tergolong mainan edukasi yang aman. Setiap kepingan blocks mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga sangat aman bagi anak dengan rasa penasaran tinggi. Terdapat ragam bentuk menyerupai kotak dengan gerigi di keempat sisinya hingga kepingan berbentuk bundar yang dibalut oleh warna-warni pelangi. Bila Anda memerlukan mainan yang dapat mendorong kemampuan otak anak dengan pesat, cobalah berikan mainan ini.

5. Sweet Shop Luxury Candy Cart

Mainan Edukasi Sweet Shop Luxury Candy Cart
Gambar Sweet Shop Luxury Candy Cart

Tak terhitung betapa banyak mainan edukasi anak yang dimainkan dengan mekanisme perakitan. Jika Anda cukup bosan dengan konsep mainan yang terkesan begitu-begitu saja, Anda perlu mencoba Sweet Shop Luxury Candy Cart. Ini adalah mainan edukasi yang akan mengajarkan anak merakit bagian untuk membentuk gerobak es krim dan permen manis.

Terdapat 39 bagian yang dapat dirakit hingga menjadi sebuah gerobak. Mainan ini memiliki dimensi 33 x 20 x 38 cm, cukup besar sehingga anak Anda bisa mendorong gerobak sewaktu seluruh rakitan terpasang dengan benar. Mainan ini terbuat dari bahan plastik sehingga ringan dan aman dimainkan. Jika Anda ingin melatih jiwa entrepreneurship anak, segera belikan anak Anda mainan ini.

6. El-Hana First Busy Bag

Mainan Edukasi untuk Anak usia Dini El-Hana First Busy Bag
Gambar El-Hana First Busy Bag

Banyak detail yang tercantum dalam mainan anak ini. Setidaknya, El-Hana First Busy Bag menyediakan 6 jenis mainan dengan mekanisme bermain yang berbeda dimana masing-masing dapat melatih kecerdasan dan kreativitas anak. Cukup membelikan anak mainan ini, Anda bisa lebih hemat anggaran karena tak perlu menyiapkan mainan lain dengan fungsi berbeda.

El-Hana First Busy Bag dapat dimainkan untuk mengenali huruf dan angka. Bukan hanya itu, Anda pun bisa mengacak urutan huruf untuk disusun oleh anak Anda yang bila dilatih terus menerus maka daya ingat anak dapat meningkat pesat. Selain mengurutkan angka dan huruf, terdapat juga mainan dengan fungsi mengurutkan bentuk, warna, hingga menyamakan kartu yang kemudian menuntut anak untuk berpikir secara logis.

7. Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi

Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi
Gambar Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi

Tidak banyak mainan edukasi yang menitikberatkan fungsinya untuk melatih jiwa seni anak. Jika Anda mau memperkenalkan anak dengan dunia seni, Anda bisa memberikan mainan satu ini kepada buah hati. Mainan berbentuk kolintang ini dapat mengeluarkan suara sewaktu dipukul. Terdapat 5 nada berbeda pada setiap ketukan yang akan melatih sensitivitas pendengaran anak terhadap tinggi rendah nada.

Untuk menghasilkan nada, tersedia dua pemukul yang terbuat dari kayu pinus yang cukup kokoh. Pada bagian bodi kolintang juga dibalut dengan material kayu pinus untuk menjamin daya tahan mainan lebih lama. Mainan ini bukan hanya menarik dari segi penampilan, tetapi sangat berguna untuk mengembangkan potensi anak Anda dalam bidang seni dan musik.

8. Mainan Edukasi Stiker Mosaik

Mainan Edukasi Stiker Mosaik
Gambar Mainan Edukasi Stiker Mosaik

Anak-anak terkenal dengan sifat mudah bosannya, termasuk dalam urusan memainkan mainan edukasi. Karena itu, Anda bisa mengakali hal ini dengan memilihkan mainan edukasi dengan harga murah. Stiker mosaik ini termasuk mainan yang tergolong murah, namun tetap efektif dalam melatih motorik halus pada otak anak.

Hanya dengan kisaran 10 – 15 ribu, Anda sudah bisa memberikan mainan edukasi ini kepada buah hati kesayangan Anda. Setiap potongan mosaik dapat disusun hingga menghasilkan bentuk dan gambaran yang sempurna. Jangan lupa untuk mendampingi anak saat pertama kali menyusun stiker mosaik ini sebab mainan edukasi ini tergolong sulit.

9. Drawing Board Funny Toys Studio Easel

Mainan Edukasi Anak Drawing Board Funny Toys Studio Easel
Gambar Drawing Board Funny Toys Studio Easel

Tak jarang aktivitas di prasekolah atau TK yang memaksimalkan kreativitas dan imajinasi anak. Salah satu aktivitas yang kerap dipilih yakni menggambar. Jika Anda menginginkan anak yang pintar menggambar, cobalah produk satu ini. Drawing Board Funny Toys Studio Easel merupakan mainan berbentuk meja baki yang di dalamnya dapat diisi dengan 66 buah keping mainan. Ada kepingan huruf, angka, dan simbol lain yang bisa disusun untuk membentuk padanan kata.

Mainan ini juga menyediakan papan tulis yang dapat digunakan untuk menempelkan kepingan ataupun digunakan untuk menggambar. Pada awal-awal, anak Anda mungkin hanya mencorat-coret papan. Tapi lama-kelamaan, Anda akan terkejut ketika mengetahui anak Anda mulai bisa belajar memuat bentuk lingkaran, kotak, segitiga, atau bangun lain.

10. Nobie Toy Balok Bangun Ekono

Mainan Edukasi Nobie Toy Balok Bangun Ekono
Gambar Nobie Toy Balok Bangun Ekono

Nobie menghadirkan mainan balok dari bahan kayu yang dibuat dengan berbagai bentuk sehingga mampu meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas setiap anak. Mainan edukasi dengan nilai jual ekonomis ini terdiri dari 21 kepingan balok kayu berukuran kecil. Ada banyak amcam bentuk yang jika disusun dengan benar, mainan ini akan membentuk seperti istana dengan dua tiang penyangga pada samping kanan dan kirinya.

Pada saat pertama kali diberikan, anak Anda mungkin memerlukan sedikit waktu hingga mendapatkan hasil yang sebagaimana harusnya. Namun, Anda bisa memainkan peran sebagai guide sehingga buah hati Anda mampu beradaptasi lebih cepat. Meski tampilannya sederhana, mainan ini butuh konsentrasi ekstra, lho! Untuk itu, pastikan Anda membiarkan anak melatih kreativitasnya secara bertahap saat memainkan mainan ini.

Lainnya : Rekomendasi Kursi Bayi untuk Belajar Duduk

Kesimpulan

Kami harap mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, atau 6 tahun dalam daftar tersebut ada yang berhasil menarik perhatian Anda. Jika Anda tak ingin membelikan mainan yang tergolong sulit dimainkan, Anda bisa mencoba mainan dengan level mudah hingga medium sehingga anak pun bisa lebih antusias saat bermain dan tidak merasa terpaksa

Write A Comment

/* */