CEKLIST.ID – Saat tali pusar telah lepas, bayi biasanya akan mulai tumbuh kembang dengan gerak lebih aktif. Agar tidak membatasi ruang geraknya, Anda bisa memberikan si kecil romper. Romper merupakan jenis pakaian bayi yang pertama kali muncul di Amerika pada awal tahun 1900-an. Namun, belum ditemukan catatan siapa yang pertama kali mendesain romper.

Romper awalnya digunakan untuk bayi dengan memprioritaskan tampilan lucu dan menggemaskan. Setelahnya, barulah romper dibuat agar memberikan kenyamanan sesuai usia bayi. Anda bisa memakai romper yang dikeluarkan oleh beberapa produsen. Tapi sebelumnya, kami akan membantu Anda dalam memilih romper bayi terbaik.

Romper Bayi Terbaik dan Lucu
Gambar Ilustrasi Romper Bayi Lucu

Cara Memilih Romper Bayi

Romper bayi yang bagus bukan hanya berdesain menarik, tetapi juga menjamin kenyamanan pada bayi Anda. Pada bagian ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih romper yang tepat. Silakan disimak, ya!

1. Pilih romper yang mudah proses pemakaiannya

Terdapat dua jenis romper berdasarkan cara memakainya, yakni romper dengan kancing depan dan romper yang tidak disertai kancing depan. Bagi Anda yang ingin mengganti popok dengan lebih mudah, maka pilihlah romper dengan kancing depan. Biasanya model romper ini menyediakan kancing dari bagian dada hingga selangkangan. Anda bisa membuka bagian bawahnya saja sewaktu ingin mengganti popok.

Sedangkan untuk Anda yang ingin lebih mudah saat proses pemakaiannya, jenis romper yang tepat yaitu romper dengan bentuk menyerupai baju. Anda bisa memakai romper ini dari bagian atas kepala sebagaimana mengenakan kaos kepada anak. Romper jenis kedua ini dinilai lebih praktis karena Anda bisa memakainya dengan lebih mudah dan cepat.

2. Pastikan romper nyaman bagi kulit bayi

Karena pakaian ini langsung mengenai kulit bayi Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan produk yang terbuat dari bahan lembut sehingga tidak menimbulkan gatal atau efek tidak nyaman lainnya. Pastikan juga romper tersebut tidak terlalu tebal dan mempunyai kemampuan menyerap keringat yang cukup baik.

Romper yang disarankan adalah terbuat dari bahan katun dengan rongga serat pada seluruh bagiannya. Romper ini akan membantu sirkulasi udara mengalir dengan baik. Anda juga bisa menutupi badan bayi dengan romper dari bahan kapas organik yang ramah bagi kulit. Bahan ini bertekstur halus dan aman digunakan karena tak mengandung tambahan pewarna apapun.

3. Pilih produk yang tahan lama meski sering dicuci

Romper bayi akan menjadi “lahan basah” bagi muntahan, air liur, atau tumpahan susu. Kebersihan romper tetap dijaga dengan selalu mencucinya. Akan tetapi, romper yang berbahan tipis biasanya kurang awet. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui daya tahan dari bahan katun ataupun kapas organik sebuah romper yang hendak Anda beli.

Jangan sampai romper tersebut langsung rusak atau semakin tipis pada pencucian ke-4 atau ke-5 kalinya. Dengan memastikan produk tahan lama, Anda juga bisa menghemat biaya karena tak perlu membeli romper baru. Selain itu, romper yang berdaya tahan tinggi dapat digunakan untuk jangka panjang juga, bahkan sampai ukurannya sudah tak muat di badan bayi Anda.

10 Rekomendasi Romper Bayi Terbaik 2020

Setelah menyelesaikan pemaparan tentang cara memilih romper, selanjutnya ceklist.id akan memberikan 10 rekomendasi romper bayi terbaik untuk Anda. Dalam daftar ini, Anda bisa menyesuaikan romper dengan jenis bahan dan cara memakainya. Utamakan memilih produk yang memprioritaskan kenyamanan, sedangkan desain biarlah nomor selanjutnya. Selamat memilih!

1. Romper Baby Strawberry

Romper Baby Strawberry
Gambar Romper Baby Strawberry

Kenalkan bayi Anda dengan bentuk buah stroberi dengan memakaikan romper ini pada fase emasnya. Dengan sering menggunakan Romper Baby Strawberry, anak Anda bukan hanya merasa nyaman untuk bergerak menjelajahi banyak hal dengan tangan dan kakinya, tetapi juga dapat familiar dengan detail dari buah stroberi.

Warna merah merekah dengan corak yang identik dengan buah storberi menjadikan romper ini cocok untuk setiap bayi. Romper ini diciptakan dengan tiga varian ukuran berdasarkan tingkatan usia berbeda, yaitu antara 0 – 6 bulan, 6 – 12 bulan, dan 12 – 18 bulan. Kelebihan dari romper ini yaitu Anda bisa mengganti popok dengan lebih mudah karena terdapatnya kancing di bagian selangkangan.

2. Short Baby Jeans Romper

Short Baby Jeans Romper
Gambar Short Baby Jeans Romper

Pada tahun 1950-an, bayi perempuan mulai banyak yang memakai romper. Bagi Anda yang ingin mengenakan romper kepada buah hati Anda yang perempuan, Anda bisa membeli Short Baby Jeans Romper. Sesuai namanya, romper ini mempunyai tampilan seperti jeans. Warna biru khas yang melekat akan meningkatkan kesan trendy saat dipakai bayi perempuan Anda.

Meski terlihat seperti jeans, sebenarnya itu hanya tampilan. Sebab, bahan utama yang dipakai tetap katun namun diwarnai agar terlihat seperti jeans. Penggunaan katun jeans akan lebih nyaman, berbeda dengan jeans murni yang mana lebih berat bobotnya dan tak mampu menyerap keringat dengan baik. Romper ini mempunyai model yang seperti pakaian sambung dengan celana pendek. Di bagian pinggang terdapat tali untuk menambah detail.

3. Bohemian Baby Romper

Bohemian Baby Romper
Gambar Bohemian Baby Romper

Motif yang beragam akan memberikan keleluasaan pada setiap orang tua untuk menyesuaikannya dengan jenis kelamin atau tujuan pemakaian. Misal Anda ingin mengajak bayi perempuan Anda berlibur menikmati angin pantai, pastikan Anda menutupi badannya dengan romper ini. Bohemian Baby Romper sangat cocok untuk bayi perempuan Anda.

Balutan warna putih gading dengan motif bunga-bunga akan membuat anak Anda terlihat cantik dan menggemaskan saat mengenakannya. Pada waktu bersamaan, romper ini juga memunculkan kesan modis karena adanya unsur vintage. Produk ini bisa digunakan untuk bayi perempuan berusia 3 – 6 bulan. anda dapat memakaikan buah hati dengan romper ini untuk ke pantai, kebun binatang, maupun taman bermain.

4. Newborn Baby Boy Romper

Newborn Baby Boy Romper
Gambar Newborn Baby Boy Romper

Bayi yang baru lahir biasanya akan dibedung untuk menghangatkan badannya. Akan tetapi, jika Anda terlalu lama membedung bayi dengan selimut, tak jarang si kecil rewel karena tidak nyaman. Pada kondisi ini, Anda bisa membuka bedungnya dan mengganti pakaiannya dengan romper ini.

Newborn Baby Boy Romper adalah pakaian yang nyaman digunakan untuk bayi laki-laki Anda. Produk ini mempunyai model lengan panjang untuk membatasi udara dingin yang datang dari luar. Anda bisa memakaikan romper ini sebagai pakaian tidur anak. Karena romper ini tidak memiliki bagian penutup kaki, Anda bisa menggunakan selimut tambahan untuk menghangatkan bagian kakinya.

5. Muslin Newborn Kimono Romper

Muslin Newborn Kimono Romper
Gambar Muslin Newborn Kimono Romper

Salah satu kekurangan yang umum ditemui pada romper murah adalah bahan yang tak mampu menyerap keringat dengan baik. Tapi pada Muslin Newborn Kimono Romper, kekurangan tersebut tak ditemui. Dengan nilai jual yang dianggap ekonomis, romper ini akan memberikan kenyamanan pada setiap bayi, baik bayi perempuan ataupun laki-laki.

Dirancang dengan motif yang tak ramai dengan warna dasar putih, romper ini tak akan menonjolkan kesan maskulin maupun feminin. Bahan yang digunakan pada romper ini ringan dan mampu menghindarkan bayi Anda dari panas tubuh berlebih. Produk ini dihadirkan sebagai pilihan untuk Anda yang mempunyai bayi berusia 0 – 6 bulan.

6. Carters Baby Romper Collar Grey

Carters Baby Romper Collar Grey
Gambar Carters Baby Romper Collar Grey

Bagi yang ingin datang ke acara keluarga dengan bayi laki-laki, Anda bisa memilih Carters Baby Romper Collar Grey. Warna abu-abu yang kalem akan menyatu pada segala jenis acara tanpa membuat bayi Anda terkesan kuno. Romper ini dirancang untuk menunjang penampilan bayi laki-laki Anda dalam setiap kesempatan.

Selain warna dasar abu-abu, Carters Baby Romper Collar Grey juga dihiasi motif kumis kecil pada seluruh permukaannya. Anda bisa menambahkan detail seperti topi dan kaus kaki untuk memberikan tampilan modis namun tetap simpel. Bahan katun yang dipilih menjadikan produk ini menjamin kenyamanan pada bayi Anda meski dipakai dalam waktu lama.

7. Romper Baby Avengers

Romper Baby Avengers
Gambar Romper Baby Avengers

Ingin mencari romper yang cocok untuk bayi laki-laki berusia 3 – 18 bulan? Anda bisa memilih Romper Baby Avengers ini. Pada bagian depan romper terdapat empat buah tokoh utama dari komik kenamaan Marvel. Ada pahlawan super seperti Spiderman, Hulk, Captain America, dan Iron Man yang diilustrasikan dengan gambar lucu dan sama sekali tidak mengerikan.

Anda bisa memakaikan romper ini saat ingin mengajak bayi Anda ke acara keluarga maupun kumpul dengan tetangga. Dijamin, anak Anda akan menjadi pusat perhatian karena terlihat lebih keren dibandingkan anak yang lain. Romper Baby Avengers sendiri dibuat dari bahan katun yang ringan dan lembut. Anda bisa memilih tiga varian ukuran yang disesuaikan dengan kelompok umur bayi Anda.

8. Romper Baby Rose

Romper Baby Rose
Gambar Romper Baby Rose

Romper Baby Rose akan menjadikan bayi perempuan Anda terlihat lebih cantik dan menawan. Model romper menyerupai gaun ini dibalut dengan kombinasi warna merah muda dan putih. Motif bunga dan corak polkadot pada bagian belakang akan menambah nilai modis dari romper ini.

Pada bagian pinggang belakang romper terdapat pita berwarna pink yang sudah terikat sebagai detail tambahan. Romper ini terbuat dari bahan yang bisa menjaga perputaran udara tetap baik. Meski demikian, Anda bisa memakaikan bayi perempuan Anda untuk dibawa jalan-jalan dengan stroller keliling komplek atau taman di dekat rumah.

9. Carters Pink Polkadots Baby Romper

Carters Pink Polkadots Baby Romper
Gambar Carters Pink Polkadots Baby Romper

Motif polkadot banyak digunakan oleh produsen dalam merumuskan sebuah romper karena bisa cocok ke semua bayi perempuan. Salah satu produsen yang mengadopsi desain ini adalah Cartes dalam Baby Romper Pink Polkadots-nya. Romper ini mempunyai warna merah muda yang pada bagian atas hingga bawah dipenuhi motif polkadot berwarna putih.

Pada bagian pinggang terdapat tali karet yang bisa Anda kencangkan sehingga menambah kenyamanan saat dikenakan.  Romper ini dilengkapi dengan celana pendek yang berukuran cukup besar sehingga bayi Anda tak akan terganggu karena ruang geraknya yang lega. Baju bayi satu ini terbuat dari 100% katun untuk mengalirkan udara serta mendukung proses penyerapan keringat lebih baik.

10. Elephant Romper

Elephant Romper
Gambar Elephant Romper

Saat cuaca sedang panas dan Anda tidak memiliki pendingin udara, Elephant Romper ini dapat dikenakan oleh bayi Anda agar tidak rewel karena gerah. Bahan katun yang digunakan untuk merancang romper ini tak akan membuat bayi Anda semakin kepanasan. Di bagian lengan juga tidak disertai kain tambahan, termasuk bagian celana yang juga ditiadakan.

Selain mengedepankan aspek kenyamanan pada bayi, terutama saat suhu ruangan sedikit panas, romper ini juga tetap mengedepankan desainnya. Terdapat muka gajah beserta belalai yang digambar sedemikian rupa sehingga terlihat menggemaskan. Warna biru dan putih yang lembut juga pasti akan disukai oleh anak Anda.

Lainnya : Rekomendasi Selimut Bayi Lucu Terbaik 2020

Kesimpulan Rekomendasi Romper Bayi Terbaik

Anda dapat memilih satu atau lebih romper bayi terbaik dari daftar tersebut. Jika ingin membeli lebih banyak, kami sarankan Anda memilih jenis romper yang berbeda berdasarkan tujuan pemakaian. Sediakan romper yang bisa dipakai untuk di rumah, dipakai jalan-jalan, ataupun saat kondisi ruangan sedang gerah sehingga bayi tetap memperoleh udara lebih banyak.

Write A Comment

/* */