CEKLIST.ID – Menurut laporan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), terdapat 30% dari total keseluruhan kunjungan ke dokter adalah demam. Kondisi ini bisa menimpa setiap orang dengan segala usia, termasuk bayi. Apabila Anda ingin mengontrol suhu badan anak dengan lebih mudah, maka sudah sepatutnya Anda mempunyai sebuah termometer untuk bayi di rumah.

Termometer akan membantu Anda memantau perkembangan anak saat sakit. Dengan alat pengukur suhu ini, Anda juga bisa membuat keputusan untuk dibawa ke dokter ketika panasnya benar-benar tinggi atau hanya dirawat dirumah selama suhu badannya masih bisa diobati sendiri. Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan termometer. Ada merek Puretech, Mothercare, Beurer, Omron, dan masih banyak lagi.

Termometer untuk Bayi
Gambar Ilustrasi Termometer untuk Bayi

Cara Memilih Termometer untuk Bayi

Jika Anda ingin mengetahui mengapa anak Anda tiba-tiba murung, mungkin dia sedang demam. Dengan menyimpan termometer sendiri di kotak P3K ataupun kotak penyimpanan biasa, Anda bisa mengetahui lebih dini kenaikan suhu tubuh anak. Agar tidak salah dalam menentukan produk, kami akan memaparkan cara memilih termometer terbaik untuk bayi pada bagian ini.

1. Pilih termometer digital untuk hasil pengukuran yang lebih akurat

Terdapat banyak tipe termometer untuk bayi, seperti bentuk digital, analog, infrared, dan sebagainya. Untu termometer digital sendiri dibagi lagi menjadi dua, yakni termometer dengan pengukuran aktual dan prediktif. Pada tipe aktual, alat ini akan mengukur suhu badan dengan nilai akurasi tinggi. Sementara termometer prediktif hanya bisa mengukur perkiraan suhu tubuh melalui formula hitung tertentu.

Kedua tipe termometer digital ini memiliki nilai lebih dan kurangnya masing-masing. Pada tipe aktual misalnya, walaupun mampu mengukur secara tepat, umumnya butuh waktu lebih lama dibandingkan tipe prediktif. Setidaknya Anda harus menunggu 10 menit sampai hasilnya keluar. Sedangkan tipe prediktif bisa mengetahui perkiraan suhu anak Anda hanya dalam waktu 20 detik. Jika Anda tidak menganggap waktu 10 menit adalah waktu yang lama, maka pilihlah termometer digital tipe aktual.

2. Pilihlah termometer inframerah untuk mengukur suhu lebih singkat

Jenis termometer ini memiliki kelebihan pada waktu pengukuran yang tak perlu lama. Anda bisa lebih cepat mengetahui berapa suhu badan anak dengan termometer infrared. Bahkan, sebagian pabrikan ada yang memiliki produk dengan kecepatan mengukur suhu hanya dalam 1 detik. Tak heran jika jenis ini dirancang untuk menampilkan hasil lebih cepat karena pemakaiannya di area telinga.

Berbeda dengan termometer digital yang bisa diletakkan pada lipatan lengan, ketiak, ataupun leher anak. Termometer inframerah diaplikasikan ke dalam telinga. Bagian detektor dari termometer ini akan mengirimkan gelombang infrared untuk menganalisis berapa panas badan anak. Jenis ini juga telah menghadirkan versi lebih canggih dimana termometernya bisa bekerja tanpa harus menyentuh bagian tubuh bayi.

3. Pastikan termometer mudah dibersihkan

Saat hendak digunakan untuk mengukur suhu anak Anda yang demam, termometer akan lebih baik jika dalam kondisi yang bersih. Maka dari itu, Anda wajib memilih termometer yang mudah dibersihkan hanya dengan dicuci dengan air ataupun dilap kain basah. Dengan menjaga kebersihan termometer, maka saat diaplikasikan kepada bayi Anda tentu lebih aman untuknya.

Kebersihan dari termometer bukan hanya menjamin keamanannya, tetapi juga membuat bayi merasa nyaman. Penting juga mempertimbangkan termometer dengan ujung yang lembut atau lentur. Bagian detektor yang lentur tak akan menyakiti tubuh bayi apabila tidak sengaja tertekan.

10 Rekomendasi Termometer untuk Bayi Terbaik

Baik orang usia dewasa ataupun bayi, saat badan demam maka harus segera dirawat dengan penanganan yang tepat. Langkah pertama yang biasa dilakukan adalah mengukur suhu tubuh dengan termometer. Maka dari itu, Anda sebagai orang tua bisa menerapkan pertolongan pertama dengan memantau kenaikan suhu anak dengan termometer. Berikut ini beberapa termometer bayi yang bisa Anda beli untuk disimpan dan digunakan di rumah.

1. Puretech Baby 4-in-1 Thermometer

Termometer untuk Bayi Puretech Baby 4-in-1 Thermometer
Gambar Puretech Baby 4-in-1 Thermometer

Jika Anda terbilang awam dalam hal menginterpretasikan angka suhu yang diperlihatkan pada sebuah termometer, tentu Puretech Baby 4-in-1 Thermometer akan menyenangkan Anda. Bagaimana tidak, produk ini dibekali lampu indikator yang akan menerangkan kondisi demam anak Anda termasuk ringan atau sudah memerlukan pertolongan dari dokter.

Dengan tiga warna lampu yang berbeda, Anda bisa mengetahui kondisi anak sekaligus melakukan langkah preventif lebih cepat. Bukan cuma itu, termometer ini juga dilengkapi teknologi inframerah sehingga dapat mengukur suhu dalam waktu kurang dari 5 detik. Bagian detektor pada suhu ini bisa Anda tempelkan ke dahi atau telinga untuk membaca suhu anak. Produk ini juga mudah dibersihkan menggunakan lap basah.

2. Mothercare Forehead Thermometer Strips

Mothercare Forehead Thermometer Strips
Gambar Mothercare Forehead Thermometer Strips

Mothercare merupakan produsen yang telah menjadi brand kondang dalam meluncurkan perlengkapan bayi, termasuk termometer. Satu dari termometer terbaik untuk bayi dimiliki oleh Mothercare. Forehead Thermometer Strips sendiri diciptakan dalam bentuk lembaran berisikan cairan kristal yang sensitif terhadap perubahan suhu.

Termometer ini akan sangat membantu Anda dalam mengukur kenaikan suhu pada anak yang sedang rewel (banyak gerak). Cukup menempelkan lembaran produk ke dahi anak, Anda sudah bisa mengetahui hasilnya dalam waktu 15 detik saja. Termometer bayi ini juga menyediakan kotak penyimpanan sehingga bisa Anda bawa kemana-mana tanpa takut kotor karena tersentuh benda lain di dalam tas.

3. Vicks Pacifier Thermometer V925P-A

Termometer Bayi Vicks Pacifier Thermometer V925P-A
Gambar Vicks Pacifier Thermometer V925P-A

Vicks Pacifier Thermometer V925P-A merupakan alat pengukur suhu dengan sistem digital yang didesain dalam bentuk menyerupai dot. Untuk penggunaannya juga sama seperti dot, sehingga anak Anda tak akan merasa terawasi ketika dipakaikan perangkat ini. Berbekal bentuk ini pula yang menjadikan produk seharga 150 ribuan ini dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Tugas Anda hanyalah membujuk anak agar mau mengisap dot orthodontic ini. Setelah melewati waktu pendeteksian selama 2 menit, termometer dot ini bisa dikeluarkan untuk melihat hasilnya. Karena produk ini langsung berkontak dengan mulut anak, maka Vicks memastikan bagian detektor pada termometer ini mudah dibersihkan dengan sabun dan air ataupun alkohol 70%.

4. Omron Gentle Temp MC-720-E

Termometer Bayi Omron GentleTemp MC-720-E
Gambar Omron GentleTemp MC-720-E

Perubahan suhu saat demam dapat dialami setiap bayi, termasuk buah hati Anda. Untuk memudahkan Anda dalam memantau fluktuasi suhu ini, Anda bisa menggunakan Omron Gentle Temp MC-720-E yang dipasarkan dengan nilai jual setengah jutaan rupiah. Produk ini dikatakan mampu menyimpan hasil pengukuran hingga 25 data yang dapat diubah setelah mencapai batas maksimum.

Dengan teknologi inframerah yang diterapkan, termometer dari Omron ini juga mempermudah Anda dalam membaca hasil pengukuran suhu bayi. Untuk waktu pengukurannya sendiri, termometer ini hanya memerlukan waktu 1 detik. Karena sedemikian cepatnya, bayi Anda tidak akan merasa terganggu. Bahkan, fitur ini juga memungkinkan Anda mengukur suhu badan anak saat tidur tanpa membangunkannya.

5. Beurer Multifunction Thermometer FT 65

Termometer Bayi Beurer Multifunction Thermometer FT 65
Gambar Beurer Multifunction Thermometer FT 65

Termometer bayi ini dapat mengetahui berapa suhu bayi Anda setelah diterapkan pada telinga maupun dahi. Hanya dalam hitungan detik, hasil pengukuran langsung diperlihatkan. Beurer Multifunction Thermometer FT 65 memang secepat itu dalam performa pengukurannya. Dengan pasaran harga menyentuh 500 ribuan, alat ini tak akan membuat Anda kecewa.

Beurer juga menawarkan garansi hingga 5 tahun sejak tanggal pembelian. Termometer ini menggunakan sistem infrared yang canggih untuk membantu pengguna melakukan pengukuran dengan jauh lebih mudah dan cepat. Produk pengukur suhu asal Jerman ini dapat dibersihkan hanya dengan memakai lap atau cotton bud basah.

6. Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520

Termometer Bayi Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520
Gambar Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520

Suhu demam pada anak tidak bisa dikategorikan sama pada tingkatan usia berbeda. Sebagai contoh, untuk balita berusia di atas 3 tahun, suhu badan yang dianggap normal bisa jadi suhu demam pada balita di bawah 3 tahun. Perbedaan ini tentu menyulitkan sebagian orang, terlebih yang belum memperoleh informasi terkait masalah ini.

Maka dari itu, agar Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui suhu badan anak termasuk normal atau demam, Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520 dapat Anda beli. Termometer berjenis inframerah ini tak bisa dipakai untuk semua rentang usia dengan keterangan yang tertera pada jendela digital di bagian depan produk Hanya perlu waktu 3 detik, alat ini akan menampilkan hasil pengukuran beserta tampilan warna yang berbeda-beda sesuai dengan usia dan hasil pengukuran.

7. HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-300

Termometer Bayi HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-300
Gambar HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-300

Pernahkah Anda melihat barcode scanner di supermarket atau outlet pakaian? Konsep yang diusung dalam termometer ini juga terbilang mirip. Bahkan, desain yang digunakan juga tak jauh beda. Dengan teknologi pengirim gelombang infrared ekstra cepat, termometer ini dapat menampilkan hasil pengukuran tanpa harus disentuhkan pada bagian tubuh bayi.

Fitur yang memudahkan ini tak semerta-merat menjadikannya mahal. Sebab faktanya, produk ini hanya dijual dengan kisaran harga 300 – 400 ribuan. Dengan mengarahkan bagian konektor pada jarak 2 – 3 cm ke pelipis bayi, Anda bisa langsung mengetahui suhu anak setelah 2 detik saja. Produk ini juga menyematkan fitur berupa suara notifikasi yang bisa Anda atur besar kecil volumenya.

8. Omron Digital Thermometer MC-246

Termometer Bayi Omron Digital Thermometer MC-246
Gambar Omron Digital Thermometer MC-246

Termometer bayi yang paling mudah ditemui di pasaran adalah Omron Digital Thermometer MC-246. Produk ini dirancang dalam bentuk sederhana namun tetap optimal dipakai mengukur suhu anak Anda saat demam ataupun tidak. Produk yang mudah digenggam ini dibekali notifikasi buzzer  yang akan berbunyi ketika proses pengukuran suhu selesai.

Anda juga bisa mengatur produk agar hemat daya berkat tombol on/off yang disediakan. Alat ini lebih dianjurkan pemakaiannya pada dubur bayi untuk hasil lebih akurat. Dengan menekan tombol hidup, Anda bisa langsung menyelipkan alat ini ke dubur anak saat tidur. Tak sampai 1 menit, hasilnya langsung ditampilkan.

9. ThermoOne Thermometer Alpha 3

Termometer Bayi ThermoOne Thermometer Alpha 3
Gambar ThermoOne Thermometer Alpha 3

Bagi Anda yang tidak ingin menimbulkan perasaan tidak nyaman pada buah hati saat mengukur suhu tubuhnya, tentu termometer Puretech ini jawabannya. Dengan ujung sensor yang lentur ke dua arah, Anda bisa lebih tenang tanpa khawatir anak Anda rewel dan tidak nyaman. Produk ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, cocok untuk Anda yang berbujet terbatas.

Hanya dengan mengeluarkan dana tak sampai 50 ribu, Anda sudah bisa mengantongi produk ini. ThermoOne Thermometer Alpha 3 dapat memperoleh hasil pengukuran yang cukup akurat. Kelebihan lain dari produk ini terletak pada waktu yang dibutuhkan, yaitu hanya 1 menit. Dengan harga yang terjangkau dan kebutuhan waktu mengukur suhu yang tergolong cepat, apalagi yang kurang?

10. Tecnimed Visiofocus Mini O6700

Termometer Bayi Tecnimed Visiofocus Mini O6700
Gambar Tecnimed Visiofocus Mini O6700

Inovasi berupa proyeksi yang diterapkan oleh Tecnimed pada termometer ini terbilang baru dan modern, belum banyak produsen lain yang menggunakannya. Dengan fitur tersebut, Anda bisa melihat hasil pengukuran tanpa harus mengangkat termometer atau melihat jendela panel yang disediakan pada termometer.

Termometer ini berjalan pada sistem inframerah yang akan menampilkan derajat suhu anak pada permukaan objek yang diukur, misalnya dahi. Untuk melihat hasilnya dalam layar proyeksi, Anda harus memposisikan bagian sensor pada ujung produk secara tepat. Hanya dalam 10 detik saja, tampilan suhu akan keluar pada area yang Anda proyeksikan.

Lainnya : Termometer Suhu Badan Terbaik

Kesimpulan Rekomendasi Termometer untuk Bayi

Jika punya termometer bayi di rumah, Anda bisa lebih tenang saat si kecil tiba-tiba tak aktif bergerak. Mungkin saja dia demam atau memang sedang tak ingin bermain. Untuk mengetahuinya, Anda tak perlu menebak-nebak lagi. Cukup menempelkan alat pengukur suhu ini, Anda bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan berikutnya.

Write A Comment

/* */