CEKLIST.ID – Perkembangan digital yang semakin canggih, kini membuat alat scanner dokumen dibutuhkan untuk mengubah dokumen fisik menjadi digital agar lebih mudah dikirimkan melalui berbagai macam media. Tentunya pengiriman dokumen digital tersebut bisa menghemat waktu dan tenaga Anda ketika sifatnya urgent. Meskipun smartphone juga bisa digunakan untuk memotret dokumen penting, namun tetap saja akan ada kekurangan.

Alat Scanner Dokumen Terbaik
Gambar Ilustrasi Alat Scanner Dokumen / ContentCNET.Com

Kekurangan utama yang akan ditemui saat menggunakan kamera adalah besarnya resolusi pemindaiannya. Biasanya, alat scanner dokumen ada yang memang khusus untuk scanner saja dan ada yang jadi satu dengan printer dan fotocopy. Nah, Anda bisa menggunakan alat scanner dokumen untuk keperluan pribadi, kantor, maupun bisnis.

Cara Memilih Alat Scanner Dokumen yang Bagus

Demi mendapatkan hasil yang memuaskan, maka sebelum membeli perlu memilih alat scanner dokumen berkualitas bagus dengan tepat. Nah, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar tidak merasa kecewa di kemudian hari.

1. Pastikan alat scanner dokumen dapat memenuhi kebutuhan

Ada berbagai macam tipe scanner dokumen yang dijual di pasaran, seperti flatbed yang membutuhkan daya cukup rendah. Kemudian, ada scanner roller yang terdiri dari ADF (Automatic Document Feeder) untuk memindai dokumen dalam jumlah besar dan Sheet-Fed yang hemat tempat maupun daya.

Selain itu, Anda juga bisa memindai dokumen menggunakan alat scanner dokumen tipe handled scanner yang memiliki bodi ramping, namun mengharuskan untuk menggerakannya dengan tangan secara manual ke arah dokumen.

2. Ketahui besaran resolusi pemindaian pada scanner

Hal lainnya yang perlu diketahui saat memilih scanner adalah besarnya resolusi pemindaian dokumen. Pada umumnya, resolusi pemindaian ditulis dengan satuan dpi (titik per inci) atau ppi (piksel per inci). Tentunya setiap alat scanner dokumen sudah pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memindai, ada yang mampu memindai dengan resolusi 600 dpi atau bahkan lebih. Nah, biasanya alat scanner juga memiliki pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, semakin besar resolusinya akan semakin bagus hasilnya.

3. Perhatikan kecepatan pemindaiannya

Selanjutnya, harus memperhatikan batas maksimal kecepatan alat scanner dokumen yang dicantumkan pada deskripsi produk. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka Anda bisa memperkirakan banyaknya waktu yang akan dihabiskan untuk memindai sebuah dokumen. Semakin tinggi kecepatannya, tentu akan semakin sedikit pula waktu yang dibutuhkan dan begitu juga sebaliknya. Biasanya, kecepatan alat scanner dituliskan menggunakan satuan ppm/ipm yang merupakan singkatan dari page per minutes dan image per minutes.

4. Cari tahu mengenai format penyimpanan yang tersedia

Kebutuhan setiap orang tentu berbeda-beda, bukan? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui format penyimpanan yang tersedia pada pengaturan alat scanner dokumen. Nah, biasanya akan diberikan pilihan untuk menyimpan hasil pindaian dalam format JPG, PDF, PNG, TIFF, BMP, TXT, DOC, XLS, dan sebagainya. Tentu saja setiap format tersebut bisa dilihat menggunakan software yang berbeda satu sama lain.

5. Ketahui fitur tambahan pada scanner

Alat scanner dokumen yang dipatok dengan harga mahal biasanya akan memiliki fitur tambahan untuk memudahkan pekerjaan Anda. Nah, fitur-fitur tersebut, antara lain koreksi otomatis yang akan memperbaiki posisi kertas dan melewatkan halaman yang kosong.

Lalu, ada juga alat scanner yang dilengkapi dengan berbagai macam konektivitas sehingga Anda bisa mengoperasikan scanner menggunakan WiFi dan Bluetooth. Selain itu, Anda juga akan menemui scanner yang memiliki fitur duplexing sehingga bisa memindai dua lembar dokumen secara bersamaan dan fitur scan to cloud untuk menyimpan hasil pindai ke Google Drive, One Drive, atau Dropbox.

10 Rekomendasi Alat Scanner Dokumen Terbaik

Saat ini sudah ada banyak merk yang menyediakan alat scanner dokumen yang dijual dengan harga bervariasi. Jika masih merasa bingung harus memilih produk yang mana, Anda bisa memilih salah satu dari sepuluh rekomendasi alat scanner dokumen yang bagus pilihan ceklist.id di bawah ini.

1. FUJITSU ScanSnap SV600

Alat Scanner Dokumen FUJITSU ScanSnap SV600
Scanner Dokumen FUJITSU ScanSnap SV600
Nama ProdukFUJITSU ScanSnap SV600
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Ada banyak jenis dokumen fisik yang bisa diubah menjadi digital menggunakan alat scanner dokumen, seperti buku bersejarah yang jumlahnya terbatas, surat perjanjian, koran, kartu nama, majalah, rekam medis pasien, formulir, maupun dokumen penting lainnya. Dokumen-dokumen tersebut tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang kecil dan besar. Menariknya, Anda bisa memindai ukuran A3 secara langung tanpa harus melipatnya menjadi ukuran yang lebih kecil terlebih dahulu dengan menggunakan FUJITSU ScanSnap SV600.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh alat scanner dokumen ini, yaitu bisa memindai apapun yang bentuknya rata maupun tidak rata. Hal itu karena FUJITSU ScanSnap SV600 ini termasuk jenis overhead scanner dengan kepala scanner berukuran cukup besar, namun bobotnya juga cukup ringan. Jika Anda akan memindai dokumen dengan resolusi 150dpi, maka hal itu bisa dilakukan hanya dalam 3 detik.

2. Brother ADS-1700W

Alat Scanner Dokumen - Brother ADS-1700W
Scanner Dokumen – Brother ADS-1700W
Nama ProdukBrother ADS-1700W
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sebuah perusahaan yang masih kecil atau sudah besar tentu tidak bisa jauh-jauh dari administrasi keuangan, bukan? Setiap kali melakukan pembelian yang menggunakan uang perusahaan tentu saja harus dicatat secara rinci karena berpengaruh terhadap cashflow perusahaan. Pegawai pun bisa meminta reimbursement asalkan ada struk aslinya, lho. Nah, biasanya bagian administrasi keuangan akan menyimpan struk tersebut untuk dilampirkan pada laporan keuangan setiap bulannya.

Selain struk fisik, bagian administrasi keuangan juga bisa memanfaatkan alat scanner dokumen untuk menyimpan struk asli dalam bentuk digital sebagai cadangan kalau sewaktu-waktu ada kerusakan atau kehilangan. Oleh karena itu, Brother ADS-1700W sangatlah cocok untuk dipilih karena alat tersebut mampu memindai struk belanja, ID Card, kartu nama hingga kertas dengan panjang mencapai 86 cm. File hasil pemindaian juga bisa diakses dimanapun dan kapapun dengan adanya fitur scan-to-cloud.

3. Plustek SmartOffice PN2040

Alat Scanner Dokumen - Plustek SmartOffice PN2040
Scanner Dokumen – Plustek SmartOffice PN2040
Nama ProdukPlustek SmartOffice PN2040
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Apa Anda pernah menjumpai alat scanner dokumen yang harus dipanaskan terlebih dahulu baru boleh digunakan? Hal itu bisa sedikit mengganggu ketika Anda harus memindai dokumen yang jumlahnya banyak dalam waktu singkat. Namun, kejadian tersebut dapat diminimalisir apabila Anda menggunakan Plustek SmartOffice PN2040 karena alat ini tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu dan mampu memindai hingga 1.000 dokumen setiap harinya.

Selain Automatic Document Feeder, SmartOffice PN2040 ini juga bisa digunakan sebagai Flatbed Scanner untuk memindai fragile documents, kuitansi, atau kartu nama. Menariknya, alat scanner dokumen ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur tambahan yang bisa mempermudah pekerjaan Anda untuk mengoreksi hasil pindaian. Nah, fitu-fitur tersebut, antara lain Auto Threshold, Auto Rotate, Auto Crop & Deskew, Color Dropout, dan Blank Page Removal.

4. Canon DR-M160II

Alat Scanner Dokumen - Canon DR-M160II
Scanner Dokumen – Canon DR-M160II
Nama ProdukCanon DR-M160II
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi alat scanner dokumen selanjutnya berasal dari merk Canon yang menjual berbagai macam alat elektronik kebutuhan Anda. Salah satunya adalah Canon DR-M160II yang dikenal sebagai pemindai handal, tangguh, dan tentunya super cepat. Hal itu karena produk ini mampu memberikan akurasi tinggi saat memindai berbagai dokumen dengan berbagai ukuran. Dalam sekali memindai, tray kertas bisa menampung setidaknya 60 lembar dokumen.

Tidak butuh waktu yang cukup lama karena Canon DR-M160II akan melakukan pekerjaannya dengan kecepatan 60 ppm/120 ipm dan bisa memindai 2 sisi sekaligus. Kalau masalah kualitas gambarnya tidak perlu Anda khawatirkan karena alat scanner dokumen ini bisa menghasilkan gambar berwarna 24-bit berkualitas tinggi. Alat ini juga mampu mendeteksi kertas rangkap yang rangkap, lho. Ketika proses pemindaian selesai, Anda menyempurnakan hasilnya tersebut dengan fitur pengolahan gambar yang tersedia.

5. HP ScanJet Pro N4000 SNW1

Alat Scanner Dokumen - HP ScanJet Pro N4000 SNW1
Scanner Dokumen – HP ScanJet Pro N4000 SNW1
Nama ProdukHP ScanJet Pro N4000 SNW1
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Setelah melakukan pemindaian menggunakan alat scanner dokumen, tentunya Anda harus menyimpan hasilnya. Namun, tempat penyimpanan yang mulai menipis tentu akan merepotkan, terlebih lagi kalau dokumen yang akan dipindai itu jumlahnya banyak. Nah, Anda akan menemukan solusinya ketika menggunakan HP ScanJet Pro N4000 SNW1 karena alat ini memiliki fitur scan-to-cloud. Kelebihan dari fitur tersebut membuat Anda tetap bisa mengakses hasil pemindaian dokumen kapanpun dan dimanapun, meskipun tidak menggunakan perangkat yang sama.

Batas maksimal resolusi pemindaian yang bisa dilakukan oleh Sheet-Fed Scanner ini 600 dpi sehingga setiap tulisan, angka, simbol, maupun gambar pada dokumen bisa Anda lihat dengan jelas. Sedangkan, kecepatannya bisa mencapai 40 ppm/80 ipm untuk hasil 300 dpi, baik itu dokumen berwarna maupun hitam putih. Jangan gunakan alat scanner dokumen ini untuk memindai lebih dari 4.000 lembar per harinya, ya.

6. Epson ES-60W

Alat Scanner Dokumen - Epson ES-60W
Scanner Dokumen – Epson ES-60W
Nama ProdukEpson ES-60W
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Jika Anda sedang mencari alat scanner dokumen yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, maka Epson ES-60W cocok untuk Anda pilih sebagai portable scanner. Pada dasarnya alat elektronik memang membutuhkan listrik untuk beroperasi sehingga Epson telah melengkapi perangkat ini dengan baterai internal dan adaptor AC. Dengan adanya konektivitas melalui WiFi, smartphone Anda bisa melakukan pemindaian dan penyimpanan melalui Epson ScanSmart.

Ukuran dokumen yang bisa dipindai oleh alat scanner dokumen ini adalah A4, ya. Meskipun bobotnya cukup ringan, namun Epson ES-60 W mampu memindai dengan kecepatan 4 detik per lembar dan menghasilkan resolusi pemindaian 200-300 dpi saat menggunakan baterai. Tapi bukan berarti scanner ini tidak mampu menghasilkan resolusi 600 dpi, lho. Nah, Anda bisa memilih untuk menyimpan hasil pemindaian dalam JPEG, PDF, Searchable PDF, DOCX, XLSX, atau PPTX*3.

7. CZUR Shine Ultra

Alat Scanner Dokumen - CZUR Shine Ultra
Scanner Dokumen – CZUR Shine Ultra
Nama ProdukCZUR Shine Ultra
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Rekomendasi alat scanner dokumen selanjutnya yang bisa menjadi referensi Anda adalah CZUR Shine Ultra. Produk berbahan aluminium ini juga mampu memindai berbagai macam dokumen bahkan mainan anak-anak yang bentuknya tidak rata. Overhead scanner ini bisa Anda atur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan, terlebih lagi saat memindai dokumen berukuran kecil. Hebatnya lagi, waktu yang dibutuhkan oleh portable scanner ini hanya sekitar satu detik.

Tidak perlu khawatir karena hasil pemindaian yang dilakukan oleh alat scanner ini akan memuaskan. Hal lainnya yang cukup menarik dari CZUR Shine Ultra, yaitu mampu membuat rekaman video. Jadi, tidak heran kalau sudah banyak industri yang menggunakan alat ini untuk berbagai macam kebutuhan.

8. Avision AD215L

Alat Scanner Dokumen - Avision AD215L
Scanner Dokumen – Avision AD215L
Nama ProdukAvision AD215L
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Sampai saat ini ada banyak merk elektronik yang berasal dari Taiwan, namun produknya bisa ditemukan di berbagai negara. Salah satunya adalah Avision yang menyediakan berbagai macam alat scanner dokumen, mulai dari Flatbed, Portable, dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa memilih salah satu produknya untuk melakukan proses pemindaian di saat-saat tertentu, seperti AD215L. Meskipun harga produk yang dipatok cukup terjangkau, tetapi fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup banyak.

Dengan menggunakan Avision AD215L, kecepatan pemindaiannya bisa mencapai 20 ppm/40 ipm. Nah, Button Manager V2 pada alat scanner dokumen ini bisa dimanfaatkan untuk memindai dua sisi halaman sekaligus yang disimpan dengan format PDF, JPEG, Microsoft Word, Microsoft Excel dan sebagainya. Selain itu, hasil pemindaian bisa langsung dikirim ke email, aplikasi pengedit gambar, Google Drive, maupun lainnya. Kalau ada dokumen yang letaknya agak miring, Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun karena hasilnya akan lurus secara otomatis.

9. iScan Portable Scanner

Alat Scanner Dokumen - iScan Portable Scanner
Scanner Dokumen – iScan Portable Scanner
Nama ProdukIScan Portable Scanner
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Bagi Anda yang sedang mencari alat scanner dokumen dengan harga yang sangat terjangkau, maka iScan Portable Scanner bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, produk ini bisa dengan mudah dipindahkan kemanapun karena bobotnya yang cukup ringan. Agar dapat digunakan untuk memindai berbagai macam dokumen, maka Anda perlu menyiapkan dua baterai AA. Dengan dua baterai tersebut, produk iScan ini bisa memindai di bawah 200 halaman.

Setelah itu, sambungkan scanner dengan perangkat lain menggunakan kabel USB untuk menyimpan hasil pindaian berupa JPG dan PDF. Meskipun begitu, resolusi maksimal yang bisa dihasilkan adalah 900 dpi. Sama seperti beberapa alat lain, ukuran maksimal lembaran yang bisa Anda pindai menggunakan iScan Portable Scanner ini adalah A4. Kecepatan pemindaiannya juga bisa Anda atur, ya.

10. Panasonic KV-S1015C

Alat Scanner Dokumen - Panasonic KV-S1015C
Scanner Dokumen – Panasonic KV-S1015C
Nama ProdukPanasonic KV-S1015C
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan merk Panasonic, bukan? Salah satu produknya yang bisa Anda pilih adalah alat scanner dokumen KV-S1015C. Akan lebih cocok lagi kalau alat scanner ini digunakan untuk bisnis skala kecil hingga menengah karena harganya juga cukup terjangkau. Kapasitas maksimal dokumen yang bisa Anda pindai itu 50 lembar berukuran A4, ya.

Dengan menggunakan KV-S1015C yang merupakan ADF Scanner ini, resolusi hasil pemindaian bisa mencapai 600 dpi dengan kecepatan sampai 20 ppm/40 ipm. Selain itu, Panasonic juga telah melengkapi alat ini dengan teknologi CIS (Contact Image Sensor) sehingga hasil pemindaian bisa lebih maksimal.

Cara Menggunakan Alat Scanner Dokumen Terbaik

Biasanya Anda akan diberikan buku panduan setiap kali membeli alat elektronik, begitu juga saat membeli alat scanner dokumen. Namun, berikut ini akan diuraikan cara menggunakan alat scanner secara umum untuk menambah sedikit pengetahuan Anda mengenai alat scanner.

1. Persiapan

Pertama-tama lakukan persiapan dengan cara menghubungkan alat scanner dokumen pada perangkat penyimpanan hasil pemindaian, seperti laptop dan komputer. Biasanya proses menghubungan perangkat tersebut bisa dilakukan menggunakan kabel yang disediakan saat membeli alat scanner, WiFi, Bluetooth, dan sebagainya. Lalu, atur resolusi yang dibutuhkan dan format penyimpanannya. Siapkan dokumen yang akan dipindai juga, ya.

2. Pemindaian

Setelah itu, mulai lakukan pemindaian dokumen yang Anda inginkan menggunakan alat scanner dokumen. Jika dirasa hasilnya kurang sesuai, Anda bisa melakukan editing pada aplikasi scanner tersebut. Biasanya cepat atau lambatnya proses pemindaian bergantung pada besar atau kecilnya resolusi yang dipilih. Tentunya kemampuan kecepatan alat scanner juga akan mempengaruhi banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk memindai dokumen.

3. Penyimpanan

Setelah proses pemindaian selesai, biasanya Anda akan melihat hasilnya yang ditampilkan pada layar laptop atau komputer. Nah, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan saat menggunakan alat scanner dokumen adalah melakukan proses penyimpanan. Anda bisa memilih untuk menyimpan hasilnya pada laptop, komputer, flashdisk, maupun cloud.

Kesimpulan

Setelah membaca sepuluh rekomendasi alat scanner dokumen terbaik, produk dari merk manakah yang akan Anda pilih? Pastikan untuk memilih produk yang tepat, ya. Anda juga harus mengetahui cara menggunakan alat scanner dokumen yang benar. Jika sudah membelinya, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */