CEKLIST.ID – Bantal bayi anti peyang adalah salah satu item penting yang wajib dimiliki oleh orang tua yang sedang mengasuh bayi. Dalam hal ini, bantal anti peyang dibutuhkan untuk menjaga agar kepala sang bayi tetap bulat normal, meskipun ia menghabiskan sebagian besar waktu hariannya untuk tidur dan beristirahat. Tanpa penggunaan bantal bayi anti peyang terbaik, si kecil berisiko mengalami Flat Head Syndrome atau bentuk kepala flat.

Bantal Anti Peyang Terbaik
Gambar Ilustrasi Bantal Anti Peyang / (brand clevamama)

Selain untuk mencegah kepala flat pada bayi, bantal anti peyang juga dibutuhkan untuk memberikan perasaan nyaman bagi bayi selama tidur. Bentuknya yang pas dengan ukuran kepala bayi dapat melindungi dan memberikan kenyaman sehingga si kecil agar dapat beristirahat dengan lebih nyenyak dan maksimal.

Tips Memilih Bantal Anti Peang yang Bagus & Nyaman untuk Bayi

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam menghadirkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan sang bayi. Nah, agar bantal anti peyang yang dibeli cocok dan pas untuk sang bayi, mari simak penjelasan mengenai tips memilih bantal anti peyang yang bagus berikut ini.

1. Sesuaikan dengan umur bayi

Tips pertama yang perlu diperhatikan saat membelikan bantal anti peyang terbaik untuk sang bayi adalah dengan menyesuaikannya dengan umur bayi. Hal ini penting agar fungsi dari bantal anti peyang tersebut dapat lebih maksimal dalam melindungi kepalanya.

Bantal anti peyang terbaik yang terlalu besar dan seharusnya diperuntukkan untuk bayi berusia lebih tua, akan mencederai kepala bayi yang berusia lebih kecil apabila dipaksakan. Sebaliknya, bantal bayi anti peyang dengan ukuran kecil yang seharusnya diperuntukkan bagi bayi usia lebih mudah, tentu akan membatasi gerak bayi berusia lebih tua jika dipaksakan. Untuk itu, pilihlah bantal anti peyang yang sesuai dengan usia sang bayi.

2. Perhatikan material bantal

Material bantal adalah hal penting yang akan menentukan kenyamanan dan kesehatan sang bayi. Untuk itu, pilihlah bantal anti peyang terbaik yang terbuat dari material berkualitas, dengan kain yang lembut dan nyaman.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan bantal bayi anti peyang dengan material yang mudah dirawat. Perhatikan bagaimana cara membersihkan bantal yang tepat, apakah harus dicuci menggunakan tangan, ataupun dapat dibersihkan dengan hanya menggunakan mesin cuci.

3. Perhatikan bahan cover bantal

Selain material penyusun bantal, periksa pula bahan dari cover bantal anti peyang terbaik yang akan dipilih. Dalam hal ini, dibanding mengutamakan desain atau motif yang lucu, sebaiknya prioritaskan kenyamanan dari bahan cover bantal anti peyang tersebut.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan cover bantal yang bersifat breathable untuk membuat si kecil tertidur dengan nyaman. Pilih juga material dengan fitur anti bakteri, memiliki klaim hypoallergenic, serta bebas dari bahan kimia berbahaya untuk menjamin kesehatan si kecil.

10 Rekomendasi Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik

Ada banyak sekali pilihan produk bantal anti peyang terbaik yang beredar di luar sana. Berbagai macam bantal anti peyang ini hadir dalam berbagai macam model, ukuran, desain, dan pastinya memiliki keunggulannya masing-masing. Sebagai pertimbangan, berikut ini ceklist.id bahas rekomendasi bantal anti peyang untuk bayi yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda.

1. Beiens Newborn Head Pillow

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Beiens Newborn Head Pillow
Bantal Bayi Beiens Newborn Head Pillow
Nama ProdukBeiens Newborn Head Pillow
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Rekomendasi bantal anti peyang yang pertama adalah Beiens Newborn Head Pillow. Bantal anti peyang yang satu ini merupakan bantal bersifat Anti Bacterial, Anti Tungau, dan Anti Apnea, sehingga cocok untuk digunakan bayi yang baru lahir. Bantal ini juga tergolong aman untuk para newborn, karena bebas alergen dan aman dari pewarna dengan kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh bantal anti peyang terbaik ini adalah Beiens Newborn Head Pillow memiliki ventilasi breathable yang memungkinkan bayi tidur dengan baik, nyaman, dan berkeringat lebih sedikit dan terhindar dari kekurangan nafas. Penggunaan bantal anti peyang dengan ketebalan 0,5 cm ini akan mencegah sindrom kepala datar pada bayi karena tingginya yang sejajar dengan tulang belakang.

2. Leleoncare Baby Pillow Plus

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Leoncare Baby Pillow Plus
Bantal Bayi Leoncare Baby Pillow Plus
Nama ProdukLeleoncare Baby Pillow Plus
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bantal anti peyang untuk bayi berikutnya yang patut dipertimbangkan adalah Leleoncare Baby Pillow Plus. Bantal anti peyang yang satu ini memiliki desain yang mampu menyesuaikan dengan kepala bayi, agar menjadi bulat dengan normal tanpa harus membatasi ruang gerak kepalanya. Selain itu, ukuran bantalnya yang lebih besar menjadikan bantal ini cocok untuk digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Material yang digunakan oleh bantal anti peyang terbaik ini merupakan Thermo-regulating and Antibacterial Cool Max Fabrics, yang mampu menyerap keringat dan menyesuaikan suhu dengan kepala sang bayi. Selain itu, pada bagian bawah bantal juga telah dilengkapi fitur non-slip yang akan menjaga bantal tetap berada pada posisi amannya.

3. Vee & Mee Bantal Peang Foaming Karakter

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Vee & Mee Bantal Peang Foaming Karakter
Bantal Bayi Vee & Mee Bantal Peang Foaming Karakter
Nama ProdukVee & Mee Bantal Peang Foaming Karakter
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Rekomendasi bantal anti peang terbaik untuk bayi selanjutnya ini memiliki desain karakter yang lucu. Terlepas dari itu, bantal peang Vee & Mee ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan produk-produk bantal untuk bayi dari merk lainnya. Pastinya, bantal anti peyang ini juga ditujukan untuk membantu mencegah terbentuknya kepala datar pada bayi.

Bahan yang digunakan untuk bantal anti peyang terbaik ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya. Selain itu, serat kainnya juga terbilang sangat halus dan lembut, sehingga mampu memberikan kenyamanan yang maksimal pada bayi. Pada sisi lainnya bantal ini terdapat permukaan timbul yang dapat merangsang sensitivitas indera bayi yang sedang berkembang.

4. Mama’s Choice Flat Head Prevention

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Mamas Choice Flat Head Prevention
Bantal Bayi Mamas Choice Flat Head Prevention
Nama ProdukMamas Choice Flat Head Prevention
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Mama’s Choice Flat Head Prevention sebagaimana namanya, merupakan bantal khusus bayi yang ditujukan untuk mencegah terjadinya Flat Head Syndrome atau kepala peyang. Untuk itulah, bantal anti peyang ini dirancang dengan kontur cekung ideal yang dapat menjaga bentuk asli kepala bayi, serta dapat mengurangi tegang otot pada leher bayi.

Kelebihan yang dimiliki oleh bantal anti peyang terbaik ini terletak pada bahannya yang merupakan memory foam, dengan bahan luarnya yang terbuat dari katun lembut, sehingga akan terasa sangat nyaman dan empuk ketika digunakan. Desainnya yang ergonomis memungkinkan bantal ini cocok untuk diletakkan di berbagai posisi, seperti tidur stroller, hingga kursi mobil. Hadir dalam 3 varian warna berbeda, Mama’s Choice Flat Head Prevention ini sangat cocok untuk digunakan bayi rentang usia 0-12 bulan.

5. Kintakun Baby Set Luxury Shooting Star

Bantal Anti Peyang Terbaik - Kintakun Baby Set Luxury Shooting Star
Bantal Bayi Kintakun Baby Set Luxury Shooting Star
Nama ProdukKintakun Baby Set Luxury Shooting Star
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Banyak dikenal sebagai salah satu brand yang memproduksi berbagai macam produk sprei yang bagus, Kintakun ternyata juga memproduksi produk bantal anti peyang untuk membantu mencegah kepala datar pada bayi. Adapun salah satu produk bantal anti peyang Kintakun yang patut dipertimbangkan adalah Kintakun Baby Set Luxury Shooting Star.

Bantal anti peyang terbaik Kintakun ini terbuat dari bahan Super Soft Microfiber yang sangat lembut dan halus untuk bayi. Bantal ini juga telah dilengkapi dengan teknologi HEIQ Smart Temperature yang akan secara otomatis menyesuaikan suhu bantal dengan suhu tubuh bayi. Ada pula fitur anti iritasi dan anti bakteri pada bantal anti peyang ini yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk si kecil.

6. Clevamama ClevaFoam Infant Pillow

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Clevamama ClevaFoam Infant Pillow
Bantal Bayi Clevamama ClevaFoam Infant Pillow
Nama ProdukClevamama ClevaFoam Infant Pillow
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Clevafoam Infant Pillow adalah bantal anti peyang dari brand Clevamama yang dibuat dengan menggunakan busa ringan terbaik dengan airflow. Busa khusus ini merupakan satu-satunya foam yang terbukti dapat melindungi dan mendukung kepala dan juga leher bayi hingga 50%. Tidak hanya terbuat dari busa yang bagus, cover dari bantal peang ini juga memiliki bahan yang lembut, breathable, dan pastinya nyaman untuk sang bayi.

Keunggulan Clevafoam Infant Pillow tidak berhenti sampai di situ saja, karena bantal anti peyang terbaik ini juga telah memiliki klaim hypoallergenic, bebas racun, dan memiliki pH yang seimbang. Ini kemudian menjadikan bantal anti peyang dari Clevamama ini sangat aman bagi bayi, terutama yang memiliki asma dan alergi.

7. Babymoov Lovenest Natural Care

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Babymoov Lovenest Natural Care
Bantal Bayi Babymoov Lovenest Natural Care
Nama ProdukBabymoov Lovenest Natural Care
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Babymoov Lovenest Natural Care merupakan salah satu varian bantal anti peyang untuk newborn yang dapat dipertimbangkan. Bantal ini dibuat dengan menggunakan sistem copptech technology yang terbukti dapat mencegah pertumbuhan bakteri hingga 99,9%, melindungi kulit bayi dari iritasi dan infeksi, serta mengurangi bau. Pada bantal anti peyang ini juga terdapat lapisan benang yang terdiri dari benang tembaga yang ramah lingkungan.

Pada bagian foam bantal dengan desain yang elegance ini, terdapat lubang mikro yang berfungsi sebagai ventilasi udara yang baik. Adapun pada bagian belakangnya, bantal anti peyang terbaik ini memiliki fitur anti-slip yang akan membuat bantal menjadi sangat aman dan tidak mudah bergeser ketika digunakan. Selain itu, bantal anti peyang ini juga telah memegang sertifikat Oeko-tex yang berarti bahwa produknya aman dari zat kimia berbahaya.

8. Babybee Newborn Pillow

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Babybee Newborn Pillow
Bantal Bayi Babybee Newborn Pillow
Nama ProdukBabybee Newborn Pillow
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Bantal anti peyang berikutnya adalah Babybee Newborn Pillow yang terbuat dari material terbaik yakni Belgium Natural Latex. Bantal peaanti peyangng yang satu ini dirancang khusus untuk bayi usia 6 bulan ke bawah, untuk membantu mengurangi risiko peang. Dengan isinya yang padat namun tetap empuk, Babybee Newborn Pillow ini akan cocok untuk memberikan kenyamanan pada leher dan kepala bayi.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Babybee Newborn Pillow ini juga telah dilengkapi dengan lubang-lubang ventilasi dan rongga sirkulasi untuk menjaganya tetap adem dan tidak panas. Dari segi keamanannya, bantal anti peyang terbaik ini telah memegang sertifikat hypoallergenic yang dapat mencegah alergi, tungau, bakteri dan jamur, serta terjamin bebas dari bahan kimia berbahaya.

9. MOOIMOM Flathead Prevention Baby Pillow

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - MOOIMOM Flat Head Prevention Pillow
Bantal Bayi MOOIMOM Flat Head Prevention Pillow
Nama ProdukMOOIMOM Flathead Prevention Baby Pillow
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

MOOIMOM Flathead Prevention Baby Pillow adalah rekomendasi bantal anti peyang selanjutnya yang dapat menjadi pilihan. Bantal anti peyang ini memiliki bentuk ergonomis dengan tujuan untuk menghindari terbentuknya kepala datar pada bayi, sekaligus menjaga tulang belakang bayi tetap lurus. Adapun bentuk busa pada bagian belakang kepala tidaklah menekan dan akan sangat membantu sang bayi tetap nyaman dan bebas bergerak selama tidur.

MOOIMOM Flathead Prevention Baby Pillow juga memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga si kecil tidak akan kepanasan saat tidur, bahkan dalam waktu yang lama. Bahan dari bantal anti peyang terbaik ini terbuat dari kain rajut scuba bambu yang terkenal akan sifat anti bakterinya, anti panas, serta cocok bagi kulit sensitif bayi.

10. Baby Loop Newborn Pillow Minky Lion

Bantal Bayi Anti Peyang Terbaik - Baby Loop Newborn Pillow Minky Lion
Bantal Bayi Baby Loop Newborn Pillow Minky Lion
Nama ProdukBaby Loop Newborn Pillow Minky Lion
Voucher & Diskon Cek Promo 10.10 Shopee Cek Promo SOS Tokopedia

Pada urutan terakhir rekomendasi bantal anti peyang adalah Baby Loop Newborn Pillow Minky Lion. Bantal anti peyang ini memiliki kontur cekung yang sangat ideal untuk menjaga bentuk asli kepala si kecil. Baby Loop Newborn Pillow Minky Lion juga tergolong cukup empuk, lembut, dan tidak menyebabkan gerah dan panas bagi si kecil.

Bahan pembuat bantal anti peyang terbaik ini adalah katun Jepang/Minky Dotted Import yang memiliki sertifikat untuk menjamin kualitasnya. Bahan ini telah memiliki klaim hypoallergenic yang dapat mencegah alergi dan iritasi pada kulit bayi. Adapun bagian inner bantal menggunakan microfiber yang kenyamanannya setara dengan bulu angsa. Pastinya, sang bayi akan merasa sangat comfy saat tidur menggunakan bantal anti peyang dengan bentuk kepala singa ini.

Manfaat Penggunaan Bantal anti peyang

Setelah membahas tentang rekomendasi bantal anti peyang terbaik, adakah yang masih bertanya-tanya mengenai pentingnya bantal anti peyang untuk bayi? Apakah penggunaan bantal anti peyang memang sewajib itu? Mengapa bayi berusia di bawah dua tahun harus menggunakan bantal peang dan bukanlah bantal biasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah manfaat penggunaan bantal anti peyang untuk bayi.

1. Mencegah kepala peang

Sebagaimana namanya, bantal bayi anti peyang memang memiliki fungsi utama untuk mencegah kepala peang. Penggunaan bantal biasa hanya akan memicu Flat Head Syndrome atau bentuk kepala datar. Hal ini bisa terjadi karena newborn atau bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur atau berada dalam posisi tiduran.

2. Mencegah alergi

Bantal biasa tidak bisa diberikan kepada bayi karena bisa saja menjadi sarang debu, tungau dan bakteri. Apabila hal-hal tersebut menyerang kulit orang dewasa saja sudah bisa dikatakan cukup berbahaya, terutama jika terjadi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Hal ini hanya akan membuat si kecil lebih rentan mengalami alergi. Untuk itu, bantal anti peyang terbaik, khususnya yang memiliki klaim hypoallergenic, sangatlah dibutuhkan.

3. Mencegah bayi tersedak muntah

Muntah atau gumoh pada bayi merupakan suatu hal yang cukup sering terjadi. Apabila saat mengalami gumoh bayi menggunakan bantal berbentuk U, ia dapat tersedak akan muntahnya sendiri. Hal ini karena bantal U akan membatasi geraknya ke kiri maupun ke kanan, sehingga muntah akan dapat masuk kembali ke dalam mulut dan menyebabkannya tersedak.

4. Mencegah SIDS

SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome adalah Sindrom Kematian Mendadak yang dapat terjadi pada bayi. Kondisi ini salah satunya dapat terjadi ketika bayi tidur dan ia secara tidak sengaja tertindih bantal tinggi nan berat yang digunakannya. Dengan menggunakan bantal anti peyang terbaik dengan bahan breathable, sang bayi akan terhindar dari risiko SIDS ini.

Kesimpulan

Setelah menyimak penjelasan mengenai bantal anti peyang terbaik di atas, tibalah kita pada penghujung artikel ini. Pada akhirnya, dapat kita pahami bersama bahwa penggunaan bantal peang sejatinya adalah lebih daripada membentuk kepala yang sempurna pada bayi.

Lebih dari pada itu, bantal anti peyang terbaik juga dapat menghindarkan bayi dari berbagai risiko yang mengancam kesehatannya. Bantal peang juga dapat menjamin kenyamanan selama beristirahat. Kita semua tentu setuju bahwa istirahat yang cukup dan nyaman adalah hal penting bagi tumbuh kembang bayi, bukan?

Semoga penjelasan kali ini dapat membantu para orang tua baru yang sedang bingung memilih bantal anti peyang terbaik untuk si kecil. Jangan lupa untuk memerhatikan tips pemilihan bantal peang yang tepat, agar produk yang dibeli nantinya benar-benar cocok dan sesuai dengan si kecil.

Rekomendasi Lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */