CEKLIST.ID – Seluruh peralatan yang digunakan saat ini sangat bergantung dengan adanya aliran arus listrik. Mulai dari memasak nasi, air, membersihkan kain dan lainnya. Arus listrik ini membantu mempercepat pekerjaan rumah karena dapat menghantarkan energi panas ke peralatan yang digunakan.

Namun, beberapa peralatan elektronik yang digunakan sering membuat tegangan listrik menjadi tidak normal sehingga menimbulkan arus listrik naik dan turun. Dengan kondisi ini besar kemungkinannya terjadi korsleting arus listrik. Untuk mengatasi hal ini, maka perlu digunakan stabilizer listrik. Stabilizer listrik akan mampu menjaga voltase listrik tetap stabil dan normal yang berdampak positif juga kepada keamanan alat elektronik Anda.

Stabilizer Listrik Terbaik
Gambar Ilustrasi Stabilizer Listrik / Prolink

Saat ini stabilizer listrik sangat banyak dipasarkan baik secara online ataupun offline. Hal ini akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang tepat dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu, artikel ini akan menyediakan beberapa informasi yang Anda butuhkan mulai dari tips memilih stabilizer listrik terbaik setelah itu ada juga 10 daftar stabilizer listrik yang banyak direkomendasikan oleh para penggunannya, hingga cara merawat stabilizer listrik dengan baik agar tetap awet dan tahan lama. Mari simak informasi yang akan disajikan berikut ini.

Tips Memilih Stabilizer Listrik yang Bagus

Sebelum membeli stabilizer listrik, sebaik nya Anda perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini sehingga Anda tidak akan salah pilih yang menyebabkan kerugian saat menggunakannya. Berikut beberapa tips untuk memilih stabilizer listrik terbaik.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Pilihlah stabilizer sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Perhatikan apakah stabilizer digunakan hanya untuk menstabilkan perangkat elektronik tertentu saja, atau menstabilkan seluruh tegangan listrik dirumah Anda. Jika hanya digunakan untuk beberapa barang elektronik saja, maka stablizer dengan kekuatan tegangan yang kecil saja sudah cukup.

Namun untuk menstabilkan seluruh tegangan listrik dirumah maka Anda perlu melakukan perhitungan seperti berikut: Daya Stavol = 125% x total daya listrik yang ingin distabilkan). Misalkan daya TV 100 watt, kulkas 50 watt rice cooker 150 watt, maka kebutuhannya sekitar= 125% X (100+50+150) = 375 watt. Berdasarkan contoh diatas, maka stabilizer listrik terbaik yang dapat digunakan sudah cukup dengan ukuran 500VA saja.

2. Ukuran Satuan Daya

Biasanya PLN akan menghitung daya listrik dengan perhitungan daya listrik semu yaitu perkalian antara tegangan dan arus listrik atau Volt Ampere. Jika daya listrik dirumah Anda sebesar 900 VA maka nilai daya nyatanya adalah VA dikali dengan CosPhi yang sama dengan 900 VA x O,8 = 720 Watt.

Daya yang Anda gunakan sebesar 375 watt seperti contoh diatas, sedangkan stabilizer Anda memiliki satuan 500 VA maka untuk mengetahui sudah mencukupi atau tidaknya dapat dilakukan perhitungan seperti berikut: 375 watt x 0,8 = 300 Volt Ampere. Dari hasil ini maka Stabilizer listrik dengan ukuran 500 VA sudah mumpuni untuk melengkapi kebutuhan Anda.

3. Tipe Stabilizernya

Stabilizer listrik juga ternyata memiliki beberapa tipe seperti menggunakan relay, digital control, servo motor dan ferro resonant/ line conditioner. Sebelum membelinya pertimbangkan dahulu tipe ini agar Anda mudah dalam mengatur watt yang pas dan tepat. Stabilizer dengan tipe servo motor ini yang paling banyak ditemui dipasaran. Stabilizer ini memiliki komponen utama yaitu gulungan dinamo untuk menstabilkan listrik yang naik turun.

Stabilizer dengan tipe ferro resonan merupakan tipe yang menggunakan teknologi paling tinggi dari seluruh stabilizer. Terdapat kapasitor dan isolation transformer yang digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari noise dan termaksud stabilizer dengan respon tercepat.

Stabilizer dengan menggunakan relay ini bekerja apabila tegangan listrik naik turun namun kurang stabil. Stabilizer dengan sistem digital control ini lebih canggih dibandingkan dengan sistem relay karena dilengkapi dengan filter.

4. Stabilizer dengan Proteksi

Agar performa dari stabilizer yang Anda miliki semakin maksimal, maka perlu memerhatikan proteksi yang dapat dilakukan untuk mencegah atau sebagai antisipasi jika terjadi gangguan. Terdapat beberapa proteksi stabilizer seperti Under Voltage Protection, Overload Protection, Over Voltage Protection dan Short Circuit Protection.

Under Voltage Protection ini dapat digunakan sebagai proteksi jika terjadinya tegangan turun dibawah batas range terendah. Overload Protection ini berfungsi ketika daya yang masuk melebihi batas daya yang dimiliki oleh stabilizer.

Over Voltage Protection akan berguna untuk melakukan proteksi saat terjadinya tegangan naik melebihi range tertinggi yang di berikan oleh stabilizer. Dan yang terakhir adalah Short Circuit Protection yang akan memproteksi stabilizer saat terjadi kebocoran listrik.

10 Daftar Rekomendasi Stabilizer Listrik Terbaik

Setelah mengetahui tips memilih stabilizer yang baik, saatnya Anda perlu mengetahui daftar rekomendasi stabilizer terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk membeli stabilizer. Berikut merupakan 10 daftar rekomendasi stabilizer listrik terbaik pilihan ceklist.id

1. Prolink PVR1000D

Stabilizer Listrik Terbaik Prolink PVR1000D
Stabilizer Listrik Prolink PVR1000D
Nama ProdukProlink PVR1000D
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Stabilizer dengan desain modern dilengkapi oleh adanya display parameter digital pada layar LDC nya apalagi jika bukan stabilizer listrik terbaik Prolink PVR1000D. Tidak perlu kerepotan untuk mengontrol indikator AVR, indikator Fault, dan setting Time Delay nya dengan tampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Anda juga dapat menggunakan stabilizer ini untuk berbagai alat elektronik rumah seperti kulkas, AC dan lainnya karena telah dilengkapi dengan Universal Socket kompatibel untuk berbagai perangkat.

Memiliki kapasitas sebesar 1000VA, stabilizer listrik terbaik ini juga menawarkan voltase sekitar 220VAC. Jika tegangan listrik dirumah Anda mati, maka Time Delay yang terdapat pada stabilizer ini akan melindungi perangkat elektronik Anda dari lonjakan balik sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan. Pengendali mikroprosesornya sangat efisien untuk mendeteksi serta menstabilkan kembali tegangan listrik.

2. Matsuyama 5000 VA

Stabilizer Listrik Terbaik Matsuyama 5000 VA
Stabilizer Listrik Matsuyama 5000 VA
Nama ProdukMatsuyama 5000 VA
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Menawarkan berbagai kemudahan untuk Anda dalam proses pemasangannya, stabilizer listrik terbaik Matsuyama 5000 VA ini dapat digunakan untuk berbagai peralatan elektronik yang ada dirumah Anda. Dengan kapasitas yang dimiliki sebesar 5000VA, mampu menghasilkan output listrik yang stabil yaitu sekitar 220V walau sudah dihubungkan dengan berbagai peralatan listrik.

Memiliki waktu respon yang begitu cepat hanya sekitar 1 detik saja, sehingga tidak perlu khawatir listrik yang masuk atau terputus dari alat elektronik bermasalah ketika terjadi fluktuasi tegangan. Jika Anda memiliki usaha industri rumahan, maka sangat disarankan untuk menggunakan stabilizer terbaik ini karena sangat mumpuni dengan daya yang cukup besar.

3. Edson 3000VA

Stabilizer Listrik Terbaik Edson 3000VA
Stabilizer Listrik Edson 3000VA
Nama ProdukEdson 3000VA
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Mengadopsi teknologi Eropa, stabilizer listrik terbaik Edson 3000VA ini termaksud salah satu stabilizer dengan performa tertinggi di golongannya. Terdapat pengukuran digital dan servo dengan automatic voltage regulator. Terbuat dari 100% tembaga murni, stabilizer ini tidak hanya tahan lama, tetapi sangat kuat.

Dengan daya mencapai 99%, maka alat elektronik Anda yang disambungkan dengan stabilizer ini dapat distabilkan dengan output daya sekitar 130V hingga 220V. Memiliki keunggulan dalam hal mengatasi tegangan listrik yang ekstrim dengan rentang voltage yang diberikan berkisar 60V-250V. Jangan mau ketinggalan, Anda dapat memperoleh stabilizer listrik terbaik ini dari berbagai ecommerce terkenal.

4. Lexos ST500D

Stabilizer Listrik Terbaik Lexos ST500D
Stabilizer Listrik Lexos ST500D
Nama ProdukLexos ST500D
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Stabilizer listrik terbaik berikutnya adalah Lexos ST500D. Dirancang dengan kualitas tinggi yang dimilikinya, stabilizer ini dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat elektronik rumah sekaligus. Terdapat dua parameter manual dan digital akan semakin memudahkan Anda dalam proses kontrol atau pengoperasiannya. Memberikan perlindungan over-under current dan over-under voltage saat terjadinya lonjakan tegangan listrik.

Memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 500VA dengan arus input 140V sampai 250V dan arus output 220V sampai 11V. Dibuat dengan material utama yaitu gulungan tembaga murni 100% sehinga sangat aman dan kuat. Tidak perlu khawatir perangkat ini panas karena digunakan seharian, karena stabilizer listrik terbaik ini dilengkapi dengan Automatic Cooling Fan dan Sensor V yang dapat menjaga suhunya tetap dingin.

5. Minamoto SM 1000

Stabilizer Listrik Terbaik Minamoto SM 1000
Stabilizer Listrik Minamoto SM 1000
Nama ProdukMinamoto SM 1000
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Stabilizer listrik terbaik dengan waktu tanggap yang paling cepat ketika terjadinya perubahan tegangan, hanya kurang dari 0,5s adalah Minamoto SM 1000. Anda akan mendapatkan garansi resmi 1 tahun ketika membeli stabilizer ini, dengan garansi yang mencakup service dan spare partnya. Memiliki warna dominan putih dengan sentuhan warna biru untuk area tombol dan merk nya.

Stabilizer listrik 1000 watt ini memiliki bobot sebesar 6 Kg dengan dimensi 210x180x135mm. Saat digunakan, stabilizer listrik terbaik ini hanya akan panas pada dejarat maksimum 40 celcius. Frekuensi yang ditawarkan mencapai 50Hz/60Hz. Dilengkapi dengan gulungan travo motor yang sangat berkualitas sehingga mampu melindungi kerusakan alat elektronik Anda akibat listrik yang tidak stabil.

6. Sako SVC 10000VA

Stabilizer Listrik Terbaik Sako SVC 10000VA
Stabilizer Listrik Sako SVC 10000VA
Nama ProdukSako SVC 10000VA
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Awet dan tahan lama merupakan faktor utama yang pastinya dicari oleh para pembeli. Anda akan mendapatkannya pada stabilizer listrik terbaik Sako DVC 10000VA ini. Memiliki dua output voltage hingga 220V, Anda sudah dapat menggunakan stabilizer ini untuk berbagai peralatan elektronik seperti kulkas, AC dan lainnya.

Tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan, karena stabilizer ini memiliki garansi hingga 1 tahun untuk service dan spare part nya. Memiliki bobot mencapai 6,5Kg dengan daya yang dapat dihasilkan hingga 1000 watt. Stabilizer ini dapat menerima input voltage sekitar 140V hingga 220V. Anda sudah dapat memiliki dan menggunakan stabilizer listrik terbaik ini dengan membelinya di berbagai ecommerce terbaik.

7. Toyosaki SVC-1000N

Stabilizer Listrik Terbaik Toyosaki SVC-1000N
Stabilizer Listrik Toyosaki SVC-1000N
Nama ProdukToyosaki SVC-1000N
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Ada harga maka ada kualitas, begitu juga pada stabilizer listrik terbaik Tayosaki SVC 1000N ini. Memiliki mesin dinamo yang kuat didalamnya yang disertai dengan sekring pengaman, stabilizer ini dapat melindungi alat elektronik Anda dari sambaran petir yang masuk ke aliran listrik. Terdapat juga spool yang tahan panas dan stavol untuk menjaga tegangan listrik.

Memiliki dua output 110VAC yang sesuai jika digunakan untuk peralatan elektronik dari luar negeri dan output 220VAC untuk alat elektronik lokal. Sangat cocok untuk digunakan jika listrik di rumah Anda tidak menentu apalagi terdapat barang elektronik seperti komputer, televisi dan lainnya.

8. Samoto 1000VA

Stabilizer Listrik Terbaik Samoto 1000VA
Stabilizer Listrik Samoto 1000VA
Nama ProdukXiaomi
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Jikalau faktor utama yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih stabilizer adalah kuat dan tahan lama, maka stabilizer listrik terbaik Samoto 1000VA ini adalah rekomendasinya. Termaksud salah satu produk terbaik yang pernah ada, stabilizer ini memiliki performa yang cukup baik untuk melindungi alat elektronik dari ancaman tegangan listrik. Terdapat fitur soft system dan auto return sehingga performanya lebih mulus dan maksimal. Analog meter memudahkan Anda untuk melihat setiap informasi yang tertera.

Stabilizer listrik terbaik ini dilengkapi dengan dual MCB untuk melakukan perlindungan ekstra. Terbuat dari bahan tembaga 100% sehingga sangat kuat dan mampu menyerap panas. Selain itu stabilizer ini juga dilengkapi cooling fan untuk mencegah overheat. Yang lebih baiknya adalah, ketika stabilizer berada pada suhu yang terlalu panas, maka overheat protection ini akan langsung memutus output arus sehingga mampu mencegah terjadinya korslet listrik.

9. Emmerich 5 KVA/ IDVM 5-ST

Stabilizer Listrik Terbaik Emmerich 5 KVA IDVM 5-ST
Stabilizer Listrik Emmerich 5 KVA IDVM 5-ST
Nama ProdukEmmerich 5 KVA/ IDVM 5-ST
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Listrik yang mengalir kedalam alat elektronik Anda tetap stabil dengan respon yang super cepat dapat ditemukan dengan menggunakan stabilizer listrik terbaik Emmerich 5KVA/ IDVM 5-ST. Stabilizer dengan listrik 3000 watt yang dilengkapi dengan Dual MCB berfungsi sebagai bypass tanpa perlu memasang COS lagi. Terdapat volt meter digital untuk menampilkan tegangan output yang diberikan secara real time.

Berbeda dengan produk lainnya, stabilizer ini menawarkan garansi 5 tahun yaitu service dan spare partnya. Stabilizer ini juga lebih modern dengan adanya fitur over voltage, outo return dan delay output yang dapat dikontrol melalui LED indikator. Menggunakan teknologi servo motor sehingga Anda dapat menstabilkan tegangan listrik yang keluar ataupun yang masuk.

10. Nisson AVS 1KOE

Stabilizer Listrik Terbaik Nisson AVS 1KOE
Stabilizer Listrik Nisson AVS 1KOE
Nama ProdukNisson AVS 1KOE
Cek Promo & Diskon Shopee Tokopedia Lazada

Stabilizer listrik terbaik yang juga selalu memiliki review positif dan banyak direkomendasikan adalah Nisson AVS 1KOE. Stabilizer ini dapat menjaga aliran listrik dengan baik saat arus listrik mati atau menyala tiba-tiba. Terdapat sekring pengaman dengan daya 10A/ 220VAC. Sangat cocok digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga seperti kulkas, rice cooker, TV dan lainnya.

Dinamo yang kuat dan spool tahan panas merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh produk ini. Output listrik yang stabil sangat sesuai untuk Anda yang bertempat tinggal didaerah yang memiliki tegangan listrik tidak menentu.

Cara Merawat Stabilizer Listrik

Setelah Anda mengetahui atau memiliki stabilizer listrik terbaik, maka Anda juga harus melakukan maintenancenya agar memiliki umur yang lama dan tetap bekerja dengan baik. Berikut merupakan beberapa cara untuk merawat stabilizer listrik.

1. Rutin Membersihkan Stabilizer

Agar performa stabilizer Anda tetap terjaga, maka rutinlah untuk membersihkannya. Berada ditempat yang jarang terlihat, stabilizer ini akan berdebu hingga ke bagian dalam. Bersihkan bagian luar dan dalam stabilizer dengan menggunakan kuas lembut.

Bersihkan juga kumparan kawatnya dengan kertas pasir lalu usap dengan lembut atau hati-hati. Hal ini perlu dilakukan agar karbon atau serbuk coil tidak menutupi permukaan yang dapat menyebabkan timbulnya percikan api atau menghasilkan suara yang mengganggu.

2. Perhatikan Faktor Keamanan

Stabilizer yang sudah memiliki umur lebih dari 5 tahun memerlukan perawatan khusus dengan mengecek kabel input outputnya untuk mencegah kerusakan kabel. Terkadang kulit kabel rusak akibat digigit oleh tikus.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik sehingga stabilizer jadi rusak parah bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Agar hal ini tidak terjadi, maka sangat disarankan selalu memperhatikan kondisi kabel stabilizer dan jika sudah rusak harap untuk segera menggantinya dengan kabel yang sesuai.

3. Perhatikan Penempatan Stabilizer

Posisi letak stabilizer juga merupakan faktor penting yang perlu untuk diperhatikan. Pastikan stabilizer berada jauh dari lokasi yang sering menimbulkan air atau bahkan menyebabkan stabilizer terkena air. Jika stabilizer terkena air maka akan besar kemungkinannya untuk menyebabkan korsleting listrik.

Air yang masuk ke dalam stabilizer akan menyebabkan aktifnya garam pada logam sehingga menyebabkan korosi. Selain itu akan besar kemungkinannya jika seluruh fungsi pada stabilizer berhenti atau tidak dapat mengaliri arus listrik lagi, sehingga tidak dapat dilakukan perbaikan lagi.

Penutup

Itulah beberapa informasi terkait stabilizer listrik, kiranya informasi yang disajikan dapat membantu Anda untuk memilih stabilizer listrik terbaik dan merawatnya dengan baik. Jika ingin mengetahui beberapa informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi laman artikel rekomendasi yang dapat menjawab segala kebingungan Anda.

Rekomendasi lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */