CEKLIST.ID – Celana jeans menjadi salah satu outfit yang tidak lekang oleh waktu. Celana jeans cocok dipadukan dengan beragam pakaian dan bisa digunakan dalam banyak aktivitas, baik itu aktivitas non-formal ataupun formal. Ulasan berikut ini membahas mengenai rekomendasi berbagai merk celana jeans pria terbaik.

Celana Jeans Pria Terbaik
Gambar Ilustrasi Celana Jeans Pria / Esquiree

Tips Memilih Celana Jeans Pria yang Bagus

Memilih celana jeans terbilang gampang-gampang susah, karena kesalahan kecil saja bisa menjadikan penampilan kurang maksimal. Sebelum membeli celana jeans pria untuk Anda, perhatikan detail-detail tips memilih celana jeans pria di bawah ini.

1. Mengenali model jeans-nya

Ada banyak model celana jeans pria terbaik yang beredar luas di pasaran, dengan lima model yang populer berikut ini.

Pertama, skinny jeans yang memiliki potongan ketat dari bagian pinggang hingga leg opening. Celana jeans model skinny cukup populer di kalangan remaja dan young adult dan cocok untuk Anda yang ingin menonjolkan bentuk kaki proporsional. Masalahnya, potongan ketat tersebut bisa membuat pergerakan jadi terbatas dan kurang nyaman dipakai. Untuk mengatasi ini, Anda bisa memilih skinny jeans yang terbuat dari bahan stretch.

Kedua, slim jeans yang bisa menonjolkan bentuk kaki, sekaligus memberikan sirkulasi udara yang baik. Slim jeans memiliki potongan berbentuk mengerucut dari bagian thigh hingga leg opening, namun tidak seketat skinny jeans. Jadi, sirkulasi udara pada kaki tetap berjalan baik, tapi bentuk kaki Anda masih terlihat dengan jelas.

Ketiga, regular jeans yang cocok digunakan oleh pria dengan ukuran pinggang, paha, dan betis yang besar dan membuatnya tampak lebih ramping. Celana ini juga cocok digunakan oleh pria dengan ukuran pinggang, paha, dan betis yang kecil, karena akan membuat kaki terlihat lebih berisi.

Keempat, relaxed jeans yang cocok digunakan untuk berbagai kegiatan. Saat Anda duduk atau berjongkok, celana jeans mode ini tidak akan memberikan tekanan di kaki karena memiliki potongan yang longgar di bagian hips dan thigh. Dengan kelonggaran di bagian knee dan leg opening, celana ini akan nyaman digunakan saat jongkok.

Kelima, loose jeans yang memiliki potongan lurus dari bagian waist hingga leg opening yang memberikan Anda kebebasan untuk bergerak. Terdapat dua jenis leg opening pada loose jeans, yakni di bawah ankle dan di atas ankle. Kalau Anda memiliki kaki yang cenderung pendek, sebaiknya memilih loose jeans dengan leg opening di atas ankle supaya kaki terlihat lebih panjang.

2. Mengetahui ukuran rise jeans

Rise merupakan bagian tengah dari celana jeans. Pengukurannya dihitung dari jahitan di antara kedua paha dalam sampai bagian atas ikat pinggang. Secara garis besar, ukuran rise dikelompokkan menjadi tiga.

Pertama, high-rise yang memiliki ukuran rise di atas 11 inci sehingga bagian ikat pinggangnya berada di atas pusar ketika dikenakan. Celana ini cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang berpostur tubuh pendek untuk memperoleh tampilan kaki yang panjang. High-rise jeans juga cocok digunakan untuk orang dengang postur tinggi, tetapi ukuran kakinya pendek, jadi tampak menyeimbangkan tubuh bagian atas dan bawah.

Kedua, mid-rise yang memiliki ukuran sekitar 9–11 inci sehingga bagian ikat pinggangnya berada sedikit di bawah pusar ketika dikenakan. Celana jeans ini akan membuat bentuk tubuh Anda terlihat jelas dan tampak rapi saat pakaian dimasukkan ke dalam celana.

Ketiga, low-rise yang memiliki ukuran kurang dari 9 inci yang lebih cocok digunakan oleh orang dengan ukuran kaki yang panjang. Kalau dikenakan oleh orang yang memiliki ukuran pendek, kakinya akan terlihat semakin pendek dan proporsi tubuh tampak tidak seimbang.

3. Menyesuaikan bentuk celana jeans dengan bentuk tubuh

Untuk Anda yang mempunyai bentuk tubuh rectangle, sebaiknya hindari skinny jeans karena bisa membuat kaki tampak semakin kecil. Namun penggunaan relaxed jeans dan loose jeans juga kurang tepat, karena akan tampak kebesaran. Anda bisa memilih slim atau regular jeans dengan low-rise yang akan membuat kaki Anda terlihat lebih berisi.

Jika bentuk tubuh Anda trapezoid, sebaiknya hindari penggunaan skinny jeans dan loose jeans. Skinny jeans membuat tubuh tampak kurang proporsional, sedangkan loose jeans menutupi bentuk kaki Anda. Kenakan jeans model slim, regular, dan relaxed dengan low-rise untuk tetap tampil keren.

Pemilik tubuh inverted triangle biasanya memiliki otot yang tampak jelas, namun kurang cocok mengenakan skinny jeans karena akan membuat otot terlihat berlebihan. Loose jeans juga kurang tepat dan justru bisa membuat penampilan terlihat berat. Anda bisa memilih regular dan relaxed jeans untuk aktivitas sehari-hari.

Kalau bentuk tubuh Anda termasuk dalam kategori triangle, sebaiknya hindari skinny dan slim jeans karena membuat tubuh terlihat kurang seimbang. Sebaiknya pilih regular atau loose jeans supaya tubuh Anda tampak lebih seimbang.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh oval, celana jeans model skinny, slim, dan reguler akan menampilkan bentuk tubuh dengan bagian atas semakin besar dan tidak seimbang. Anda bisa memilih relaxed dan loose jeans untuk memberikan ruang gerak yang semakin leluasa pada kaki Anda.

10 Rekomendasi Celana Jeans Pria Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih celana jeans pria terbaik, berikut rekomendasi berbagai produk dari beberapa merk celana jeans terbaik untuk pria pilihan ceklist.id

1. ALOWALO Denim Basic Relax-Men

Celana Jeans Pria Terbaik Alowalo denim basic relax-men
Celana Jeans Pria Alowalo denim basic relax-men
Nama ProdukALOWALO Denim Basic Relax-Men
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

ALOWALO Denim Basic Relax-Men merupakan salah satu produk celana jeans pria terbaik yang keren namun dijual dengan harga terjangkau. Celana jeans ini didesain dengan model relaxed fit dan dibuat dari bahan Katun 80%, poliester 12 %, elastan 2%. Tersedia dalam ukuran 26-36, celana yang  potongannya agak longgar ini tidak akan menghambat gerakan Anda saat beraktivitas. Produk ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp200.000-an.

2. Marks & Spencer Slim Fit Vintage Wash Stretch Jeans

Celana Jeans Pria Terbaik Marks_spencer slim fit vintage wash stretch jeans
Celana Jeans Pria Marks_spencer slim fit vintage wash stretch jeans
Nama ProdukMarks & Spencer Slim Fit Vintage Wash Stretch Jeans
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Sesuai dengan nama merknya, produk celana jeans pria terbaik keluaran Marks & Spencer ini didesain dengan model slim fit namun memiliki clean cut yang menarik perhatian. Terbuat dari bahan Cotton 99%, elastane 1 % dan tersedia dalam ukuran 28-42, celana ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu light denim, indigo, med blue denim, dan tint. Untuk Anda yang ingin memiliki celana jeans buatan perusahaan asal Inggris ini bisa membelinya dengan harga sekitar Rp300.000-an.

3. Cardinal Celana Jeans Regular 6

Celana Jeans Pria Terbaik Cardinal celana jeans regular 6
Celana Jeans Pria Cardinal celana jeans regular 6
Nama ProdukCardinal Celana Jeans Regular 6
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Cardinal Celana Jeans Regular 6 ini memberikan kesan vintage look ketika dikenakan oleh orang yang memiliki bentuk badan rectangle, terlebih jika opening leg-nya dilipat sampai mata kaki terlihat. Namun ketika digunakan oleh orang yang memiliki bentuk badan trapezoid, tampilannya akan tampak casual. Celana jeans model regular mid-rise ini terbuat dari bahan denim dan tersedia dalam ukuran 27-32. Anda bisa memiliki salah satu produk celana jeans pria terbaik ini dengan harga Rp400.000-an.

4. Wrangler Men Denim Vegas Med Blue

Celana Jeans Pria Terbaik Wrangler men denim vegas med blue
Celana Jeans Pria Wrangler men denim vegas med blue
Nama ProdukWrangler Men Denim Vegas Med Blue
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Biasanya skinny jeans didesain dengan potongan yang ketat dan mengerucut dari bagian pinggang sampai leg opening. Namun, Wrangler Men Denim Vegas Med Blue ini bagian mengerucutnya hanya di waist hingga thigh, dengan bentuk lurus dari knee sampai leg opening. Produk celana jeans pria terbaik yang memiliki tipe mid-rise ini terbuat dari bahan cotton spandex dan tersedia dalam ukuran 27-38. Wrangler Men Denim Vegas Med Blue dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp400.000-an.

5. Edwin Jeans Nagoya

Celana Jeans Pria Terbaik Edwin jeans nagoya
Celana Jeans Pria Edwin jeans nagoya
Nama ProdukEdwin Jeans Nagoya
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Untuk Anda yang menyukai gaya streetwear, Anda bisa mencoba Edwin Jeans Nagoya berikut ini. Anda bisa memadukan dengan oversized t-shit, baseball jacket, dan sneakers untuk memperkuat gaya streetwear-nya. Salah satu produk celana jeans pria terbaik dari Edwin Jeans ini memiliki model regular fit, terbuat dari bahan jeans, dan tersedia dalam ukuran 29-40. Anda bisa membeli celana jeans ini dengan harga sekitar Rp500.000-an.

6. Lois Jeans Slim Fit Jeans

Celana Jeans Pria Terbaik Lois jeans slim fit jeans
Celana Jeans Pria Lois jeans slim fit jeans
Nama ProdukLois Jeans Slim Fit Jeans
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Kalau Anda sedang bosan dengan celana jeans berwarna biru, Anda bisa mencoba Lois Jeans Slim Fit Jeans yang tersedia dalam warna soft black stone. Ketika Anda memadukan dengan pakaian berwarna kuat, warna celana akan tampak redup. Namun ketika dipadukan dengan atasan dan sneakers putih, warnanya akan keluar dan efek washed-nya akan terlihat sangat jelas. Produk celana jeans pria terbaik ini terbuat dari bahan katun dan tersedia dalam ukuran 27-38.

Anda tertarik untuk mencoba slim fit jeans ini? Harga jualnya di pasaran berkisar antara Rp500.000-an.

7. Pepe Jeans Slim Fit Jeans Vapour

Celana Jeans Pria Terbaik Pepe jeans slim fit jeans vapour
Celana Jeans Pria Pepe jeans slim fit jeans vapour
Nama ProdukPepe Jeans Slim Fit Jeans
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Kalau Anda memiliki bentuk kaki yang kecil, Anda bisa mencoba Pepe Jeans Slim Fit Jeans Vapour supaya kaki Anda tampak lebih berisi. Meski dibuat dengan model slim-fit, celana jeans pria terbaik ini memiliki potongan yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Tersedia dalam ukuran 28-38, Pepe Jeans Slim Fit Jeans Vapour memiliki beragam pilihan warna, yaitu medium worn, vintage blue, indigo, dan mid blue. Harganya di pasaran sekitar Rp600.000-an.

8. Levi’s 510™ Skinny Fit Native Cali

Celana Jeans Pria Terbaik Levis 510™ skinny fit native cali
Celana Jeans Pria Levis 510™ skinny fit native cali
Nama ProdukLevi's 510 Skinny Fit Native Cali
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Produk celana jeans pria terbaik berikutnya adalah Levi’s 510™ Skinny Fit Native Cali yang memiliki model skinny jeans dengan pilihan warna yang netral, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis atasan, seperti kaus, kemeja, hoodie, dan sweatshirt. Celana ini terbuat dari bahan yang stretch, yaitu cotton 99% dan elastane 1% yang akan membuat Anda bergerak dengan leluasa. Kalau Anda ingin memiliki celana jeans ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp700.000-an.

9. Levi’s 562 Loose Taper Cinch

Celana Jeans Pria Terbaik Levi_s 562 Loose Taper Cinch
Celana Jeans Pria Levi’s 562 Loose Taper Cinch
Nama ProdukLevi's 562 Loose Taper Cinch
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Selanjutnya ada Levi’s 564 Loose Taper Cinch sebagai salah satu celana jeans pria terbaik dengan model loose yang longar di bagian waist hingga leg opening. Banyak orang yang malas menggunakan celana loose jeans karena membuat kaki tenggelam, namun Levi’s melakukan inovasi pada produk ini dengan membuat leg opening-nya menjadi tappered sehingga kaki Anda tidak akan tenggelam ketika mengenakan celana ini. Terbuat dari bahan katun 99% dan elastane 1%, celana ini tersedia dalam ukuran 27-38. Anda bisa membeli produk ini dengan harga sekitar Rp900.000-an.

10. Levi’s Stay Loose Cottonized Hemp Men’s Jeans

Celana Jeans Pria Terbaik Levi_s Stay Loose Cottonized Hemp Men_s Jeans
Celana Jeans Pria Levi’s Stay Loose Cottonized Hemp Men’s Jeans
Nama ProdukLevis Stay Loose
Cek Diskon & Harga Shopee Blibli Lazada

Masih dari Levi’s, Levi’s Stay Loose Cottonized Hemp Men’s Jeans ini dibuat dengan model loose yang bernuansa model fashion 90-an. Terbuat dari cotton 77%, hemp 23%, celana ini tersedia dalam ukuran 27-38. Selain memberi tampilan yang beda dari loose jeans lain, celana ini akan memberikan ruang gerak yang luas pada Anda. Kalau Anda tertarik untuk memiliki salah satu celana jeans pria terbaik dari Levi’s ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp900.000-an.

Rekomendasi Lainnya :

Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar

Celana jeans pria yang Anda miliki tentu memerlukan perawatan yang maksimal juga, termasuk saat mencucinya. Untuk mengetahui cara mencuci celana jeans yang benar, Anda bisa membaca ulasan berikut sampai tuntas.

1. Tidak menggunakan mesin cuci

Penggunaan mesin cuci saat mencuci celana jeans bisa mengubah bentuk, ukuran, dan warna celana jeans. Memang berat kalau dicuci dengan tangan, karenanya Anda bisa menyiasati ini dengan merendam celana tersebut selama 5-10 menit menggunakan deterjen yang tidak mengandung pemutih, kemudian langsung bilas dan dijemur.

2. Menggunakan deterjen tanpa kandungan pemutih

Proses pencucian yang salah bisa menjadi penyebab celana jeans tidak bertahan lama, misalnya warnanya yang cepat memudar. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan deterjen tanpa kandungan pemutih untuk mencuci celana jeans Anda, terutama untuk celana jeans yang berwarna gelap.

3. Memanfaatkan cuka untuk memperkuat warna

Seperti pakaian pada umumnya, warna celana jeans bisa saja pudar dari waktu ke waktu. Anda bisa mengembalikan atau memperkuat warnanya dengan cara mencuci menggunakan cairan cuka. Tapi jangan terlalu banyak ya, karena hal itu bisa saja merusak warna jeans Anda.

4. Menggunakan air dingin untuk mencuci

Untuk celana jeans yang warnanya gelap, sebaiknya gunakan air dingin saat mencuci untuk menjaga warnanya tetap bagus. Air hangat dapat merusak keaslian warna jeans atau membuat warnanya memudar.

5. Tidak menggunakan sikat

Merk celana jeans pria terbaik di atas memang dipersiapkan untuk penggunaan sehari-hari di lapangan. Jadi, Anda bisa mencucinya jika celana jeans dirasa sudah sangat kotor. Kalau terlihat ada noda, Anda cukup sikat bagian itu secara perlahan.

6. Tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari

Proses menjemur celana jeans juga perlu diperhatikan. Celana jeans sebaiknya tidak dijemur langsung di bawah sinar matahari karena bisa memudarkan warnanya, dan bahkan bisa membuat tekstur jeans menjadi lebih kasar. Angin-anginkan saja di tempat yang teduh sampai celana jeans itu kering. Mungkin butuh waktu lebih lama, tapi lebih aman untuk ketahanan celana jeans Anda.

Selain itu, biasakan menjemur celana jeans dalam keadaan terbalik. Dengan demikian, bagian luar celana jeans tidak akan pudar warnanya dan lebih tahan lama.

8. Tidak perlu disetrika dan dilipat

Pada dasarnya, celana jeans ditujukan untuk kegiatan non formal dan santai. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyetrika celana jeans itu. Penyetrikaan celana jeans justru bisa membuat celana menjadi menyusut dan kurang nyaman dikenakan. Selain itu, sebaiknya celana jeans disimpan dengan cara disimpan, bukan digantung. Melipat celana jeans saat menyimpannya justru bisa mengurangi nilai estetik pada celana tersebut.

9. Tidak terlalu sering dicuci

Celana jeans memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan celana jenis lain. Semakin sering celana ini dipakai, justru akan semakin terasa nyaman di kaki. Terlebih berbagai merk celana jeans pria di atas, tentu dibuat dengan bahan-bahan terbaik yang tetap nyaman digunakan meski jarang dicuci.

Lalu bagaimana jika celana jeans itu menimbulkan bau tidak sedap? Untuk menghilangkan aroma tidak sedap itu bisa dengan meletakan celana dalam plastik kemudian diamkan dalam freezer selama beberapa jam.

Sekian ulasan mengenai rekomendasi celana jeans pria terbaik. Semoga membantu Anda untuk menemukan celana jeans pilihan.

Write A Comment

/* */